ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 26 Mei 2014

DERAJAT KEWALIAN MBAH 'UD (KH. 'ALI MAS'UD) PAGERWOJO SEJAK MASIH KECIL

===========


KEWALIAN KH. ALI MAS’UD PAGERWOJO (GUS UD) NAMPAK SEJAK KECIL

Hadhratus Syaikh KH. Utsman al-Ishaqiy bersama Gus Ud

Gus Ud mendapat derajat kewalian itu sejak masih kecil. Sangat nakal memang dan banyak tingkah hingga membuat ayahnya sering memarahinya. Sang ayah adalah orang yang alim dan sebagai guru ngaji di rumahnya. Seringkali saat ayahandanya mengajar ngaji, selalu saja terdengar gaduh oleh suara-suara teriakan Gus Ud kecil. Hingga sang ayah memarahinya bahkan memukulnya dengan kayu kecil.
Lantas sang ayah membentak: “Kamu ini banyak tingkahnya, makanya gak bisa ngaji!”
Karena mendapat olokan ayahnya seperti itu, maka Gus Ud langsung menimpali: “Ngajar ngajinya saya ganti ya!”
Ayahnya heran dengan ucapan anaknya yang baru berusia 8 tahunan itu. Gus Ud langsung mengambil kitab kuning ayahnya tersebut dan langsung membacanya. Meski kitab itu gundul (tidak berharakat), toh Gus Ud kecil itu lancar membacanya berikut gamblang dalam menjelaskan semua keterangan kitab itu. “Wah. Subhanallah!” gumam ayahnya seraya terbengong heran. Sejak itulah sang ayah membiarkan saja apa yang dilakukan putranya itu
Di Pesantren Sawahpulo daerah Jatipurwo Surabaya, kira-kira 1 km dari Ampel, pimpinan Kyai Utsman al-Ishaqi ada pengajian rutin kitab al-Hikam yang dibacakan oleh Kyai Utsman sendiri. Hampir semua yang ngaji di sana adalah para kyai yang tabarrukan kepada beliau.
Ada hal menarik di sana saat Gus Ud ikut mengaji. Sudah menjadi tabiatnya, Gus Ud banyak tingkah, kadang berdiri, duduk, berjalan dan apa saja ia lakukan dan tidak bisa diam. Lalu tiba-tiba Gus Ud mendekati Kyai Utsman yang sedang asyik membaca kitab al-Hikam itu. Gus Ud izin untuk meminta kitab yang sedang dipegang Kyai Utsman tadi. Akhirnya kitab itu pun diberikan kepada Gus Ud.
Kontan saja para jamaah pengajian itu terbelalak melihat tingkah Gus Ud seperti itu. Banyak jamaah yang berpikir dalam hatinya: “Mau apa dia meminta kitab al-Hikam itu? Memangnya dia bisa baca?”
Setelah kitab itu diserahkan kepada Gus Ud, ternyata kitab itu dibalik sehingga tulisan Arabnya terlihat terbalik. Dan dengan sangat mantapnya beliau membacakan kitab al-Hikam itu lengkap dengan penjelasannya meski dengan kitab terbalik. Kejadian ini membuat decak kagum para jamaah pengajian tersebut. Wallohu A’lam.

 CERITA PESAWAT MOGOK:
======================
Pesawat terbang mogok ? ... Kisahnya bhw saat itu musim haji .. gus ' ud berangkat haji bareng dg wak abahku , yaitu KH mas zubeir bin harits .. entah tahun berapa itu . nah ketika para jama'ah haji mau diberangkatkan , eh didalam pesawat itu gus 'ud membaca marhabanan dengan suara keras dan ngga' teratur sambil mukul2 sesuatu dipakai utk musiknya. semua yg ngelihat ga' berani melarang . karena seluruh penumpang pada tahu siapa itu gus 'ud . salah satu awak pesawat lelaki menegur gus 'ud dg halus .

" maaf pak .. pesawat mau berangkat ..tolong berhenti dulu " katanya .

kontan gus 'ud berhenti mambaca marhabanan itu dg hati yg dongkol . dan apa yg terjadi ? sampai berjam-jam mesin pesawat itu ngga' mau hidup . sudah diperiksa ternyata ngga' ada masalah . tapi tetep aja ngga' bisa hidup . akhirnya salah satu jama'ah haji ada yg memperingatkan pd awak pesawat td agar minta maaf pd gus 'ud karena telah menegurnya untuk diam . dituruti juga anjuran itu ..

" saya minta maaf ya pak atas kelancangan saya tadi . jika sekarang bapak mau baca marhabanan td , monggo " .

lalu gus 'ud menjawab :

" iyo yo ... " ...

dengan rasa suka gus 'ud langsung membaca marhabanan seperti tadi dg memukul2 sesuatu utk menjadi musiknya ... dan ? mesin pesawat langsung bisa hidup dan berangkat ke saudi dg selamat ... luar biasa beliau itu Lahu al-Fatihah...


Kisah lainnya :
beliau paling suka yang namanya seni sholawat hadrah . kalian tahu kan seni hadrah ? kalau belum tahu , coba ditanyakan aja keteman2 kalian hehehe … saking sukanya dengan seni hadrah , kemanapun ada undangan hadrah , bisa dipastikan beliau akan hadir . meski dengan suara yang tak enak dan baca’an yang kurang jelas , beliau tetap suka membaca diba’iyah dengan memukul terbang hadrah . jangan kan dapat undangan , beliau itu jika sedang ditengah jalan , naik apapun juga jika mendengar ada hadrah pst akan turun dan ikut shalawatan ditempat itu . nah , itu artinya apa ? itulah gambaran sifat amat cintanya gus ud terhadap baginda nabi Muhammad SAW .
suatu ketika ada orang yang dapat uang banyak karena habis menjual tanahnya . orang itu terbilang sangat miskin . hasil penjualan tanah itu dipakai untuk ongkos umroh aja gak cukup , apalagi naik haji . dia sangat bingung apa yang paling tepat digunakan . dalam kebingungan itu , tiba2 diluar rumah ada orang yang mengucapkan salam dengan agak teriak . dia mengenali betul siapa pemilik suara diluar pintu itu . tak lain dan tak bukan adalah gus ud !
“ oh alaikum salam , mari gus masuk didalem “ . jawab orang itu mempersilahkan gus ud masuk .
“ ya … suwun . kamu punya uang banyak ya ? “ . nah , itulah salah satu karomah gus ud ! beliau tahu jika pemilik rumah tersebut sedang punya uang banyak meski dlm keadaan bingung . jelas orang itu kaget atas diri gus ud yang tahu akan kondisi dirinya meski belum menceritakannya .
“ inggih gus ( iya gus ) … tapi saya bingung . digunakan untuk apa yang bisa bermanfaat . sedang saya ini orangnya ga punya apa2 selain duit itu “ . jawab orang itu polos .
“ ya sudah , belikan kempyeng saja semuanya !! “ . perintah gus ud yg kedengarannya agak kacau dan gak ada manfaatnya . kalian tahu ga’ , apa kempyeng itu ? itu loh , tutup botol minuman dari lempengan besi . nah coba aja bayangin , masa’ uang jutaan disuruh beli gituan ? hahaha . tapi yang namanya orang nurut , dia pun membelikan uangnya itu dengan kempyeng .uang segitu dibelikan kempyeng ? ya jelas dapet super banyak lah . berkarung2 .
nah , karena alasan dari gus ud itu ga jelas , saat kendaraan truk pengankut kempyeng nyampai dirumahnya , banyak tetangga yg Tanya : untuk apa kempyeng sebanyak itu ? . dia gak bisa jawab apa2 atas pertanyaan para tetangga dan teman2nya itu . yang terlihat , dia pasrah aja dengan apa yg terjadi . dalam hatinya ada juga rasa sayang terhadap uangnya dibuat beli gituan .
singkat kisah , gak sampai dua mingguan , ternyata ada salah satu perusahan yg mencari pasokan kempyeng utk dikirim keperusahaannya . gak jelas bagaimana kisahnya , yg penting adalah perusahaan berani membeli kempyeng orang itu dg harga dua kali lipatnya . bukan cukup itu saja , orang itu diminta agar menjadi pemasok tetap kempyeng buat perusahaan . hehehe , subhanallah … sampai saat ini , orang yg disuruh gus ud beli kempyeng tersebut tergolong orang yg kayaaaa banget . itu lah sikap dan tingkah laku para kekasih allah seperti gus ud yg terkadang nganeh-nganehi tapi membawa hikmah dan barokah . cerita hampir sama juga terjadi pada orang lain . tapi bukan kempyeng . dia disuruh gus ud membeli rantai kapal … hehehe dan berakhir sama dengan orang yg pertama tadi . wallahu a’lam …
ada lagi kisah karomah gus ud :

tahu ga’ kalau gus ud itu sering merogoh kantong baju orang ? . bagi orang2 yg ngerti siapa gus ud sih maklum . tapi bagi yg gak seberapa ngerti siapa gus ud sebenarnya ? pasti akan dongkol hatinya . dan ini memang terjadi .
suatu hari ada undangan kecil2an disebuah rumah seseorang yg ga’ aku sebutkan namanya . kebetulan gus ud lewat didepan rumah pemilik hajatan tersebut. Melihat ada acara itu , gus ud langsung masuk kedalam rumah . melihat sudah banyak orang disitu , gus ud langsung mengajak salaman satu persatu para undangan . namun , bukan salaman aja . setelah salaman pasti gus ud merogoh kantong baju para undangan satu persatu . hehehe , semua pada diem dan nurut aja karena tahu siapa itu gus ud . namun ada salah satu orang yg gak suka dengan tingkah gus ud seperti itu . dalam hati orang itu berkata : “ katanya wali allah , kok gitu perbuatannya ? “ .
sementara itu , gus ud tetap terus merogoh kantong para undangan ( tapi beliau tak mengambil apa2 dari milik para undangan itu ) . nah , disaat pas giliran orang yang gak suka atas tingkah laku gus ud tadi , beliau Cuma senyum dan ga’ merogoh kantong orang itu . sambil senyum dan memandang org itu , gus ud menirukan kata2 orang itu yg terucap Cuma dalam hati tadi :
“ katanya wali allah , kok gitu perbuatannya ? “ itulah yg diucapkan gus ud berulang-ulang dg agak keras menirukan perkataan hati orang tadi . ya jelas membuat orang itu malu dan minta maaf pada gus ud …
“ yo ,, yo .. ga popo “ ( ya ya ga apa apa ) . kata gus ud pada orang itu .

- Tambahan kisah :

- Thawaf –
Dalam hal ini , sudah banyak yg sepakat dan juga banyak saksi mata yang masih hidup . yaitu jika gus ud berthawaf saat dimakkah , sangat aneh sekali . kita pasti melihat ribuan org yg sedang thawaf disana . gimana cara jalan mereka ? sudah pasti saling berdesakan dan berhimpitan . jelas gak akan bisa berjalan dengan dg mulus dan lancar . tapi beda dengan gus ‘ud . beliau saat thawaf lancar2 saja . bahkan dengan setengah berlari . dan anehnya meski kondisi sangat berdesakan dan berhimpitan , tapi buat beliau lancar2 aja . seakan didepannya tak ada yg menghalangi jalannya thawaf . pokoknya jka dipikir dg nalar , ga’ akan masuk nalar deh …

- Kitab Al-Hikam .
Dulu , dipesantren sawahpulo pimpinan kyai utsman al-ishaqi ada pengajian rutin kitab al-hikam yg dibacakan oleh kyai utsman sendiri. hampir semua yg ngaji disana adalah para kyai2 yg tabarrukan kebeliau . ada hal yg menarik disana , yaitu suatu ketika gus ud ikut kesana . namun ya gitu , banyak tingkahnya . berdiri , duduk , berjalan dan apalah . gak bisa diem . lalu tiba2 , gus ‘ud mendekati kyai utsman yg sedang asyik membaca kitab al-hikam itu . gus ud minta izin utk meminta kitab yg dipegang kyai utsman tadi . akhirnya , kitab itupun diberikan ke gus ‘ud . kontan saja para jama’ah pengajian itu terbelalak melhat tingkah gus’ud seperti itu . dan banya yg berpikir : “ mau apa beliau minta kitab alhikam itu ? memang bisa baca ? “ . nah itulah yg ada dalam pikiran banyak orang para jama’ah pengajian itu . apa yg dilakukan gus’ud setelah menerima kitab itu coba ?? ternyata kitab itu dibalik sehingga tulisan arabnya terlihat terbalik . dan dengan sangat mantapnya beliau membaca alhikam dg berikut penjelasannya meski dengan kitab terbalik . nah disitulah beliau membuat decak kagum para jama’ah pengajian tersebut . 




Makam Mbah Ud itu berada di Desa Pagerwojo, Kecamatan Buduran. KH. Ali Mas’ud atau biasa dikenal dengan Mbah Ud itu merupakan salah satu ulama besar yang berasal dari Sidoarjo.

Sejak usia 5 tahun, Mbah Ud yang memiliki amalan “Dzikrun Nufus” yakni setiap detik nafas untuk senantiasa berdzikir kepada Allah SWT sudah mampu membaca Al-Qur’an, memahami makna tafsir Al-Qur’an, dan kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren.

Menurut penuturan Gus Hidayatuallah, Mbah Ud tidak pernah mengenyam pendidikan di manapun, baik pendidikan formal maupun informal. “Mbah Ud mempunyai ilmu laduni sehingga beliau memiliki kelebihan dibanding orang lain,” kata Gus Hidayatuallah yang sekaligus menjadi Pengelola Majelis Taklim Mbah Ud.

Menurut cucu keponakan Mbah Ud ini, di pesarean (makam) tidak ada batasan jam berziarah untuk para peziarah bisa berkunjung. Setiap hari banyak peziarah yang berkunjung, tidak hanya dari Sidoarjo, namun juga dari berbagai daerah di Tanah Air seperti Sumatra, Kalimantan, dan Jakarta.

Tak herah, akses jalan menuju makam pun sesak kendaraan pribadi serta kendaraan umum seperti bus dan angkot yang parkir. Begitupula, para pedagang pun mudah ditemui. Apalagi di malam Jumat Legi, bak pasar malam. Tentunya, kondisi itu mampu membuat perekonomian warga setempat hidup.

Jumlah peziarah akan berlipat ganda bila  Haul Almukaromah KH. Ali Mas’ud yang jatuh pada setiap tanggal 27 Rajab serta peringatan hari Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. "Sedangkan untuk pengajian umum dilaksanakan setiap malam Senin, malam Rabu, dan malam Jumat legi


 
  
Dari berbagai sumber.

Minggu, 25 Mei 2014

ISTIKHOROH LANGSUNG DAPAT PETUNJUK

=============

CARA ISTIKHOROH LANGSUNG DAPAT PETUNJUK

=================
Dari salah satu kitab Ahlul Bait didapat macam – macam istikhoroh (memohon petunjuk dari Alloh SWT)yang langsung bisa diketahui petunjuknya. Untuk itu saya memposting cara istikhoroh tersebut. Dan semoga berguna bagi rekan – rekan yang ingin beristikhoroh untuk sesuatu hajat..
I. ISTIKHARAH DENGAN AL-QUR’AN:
>>1. Baca surat al-Ikhlash tiga kali.
>>2. Baca Shalawat tiga kali.
>>3. Baca do’a sbb :
>>اللهمّ إنّي تفألت بكتابك و توكّلت عليك فأرني من كتابك ما هو مكتوم من سرّك المكنون في غيبك
>>(Allahumma inni tafaáltu bikitabika wa tawakkaltu álaika fa arini min kitabika ma huwa maktumun min sirrikal maknuni fi ghaibika).
>>Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku bertafaúl (semacam mohon petunjuk) dengan kitab-Mu dan aku bertawakkal kepda-Mu. Karena itu perlihatkanlah kepadaku dari kitab-Mu apa-apa yang tersembunyi dari rahasia-Mu yang ghaib”.
>>4. Bukalah Al-Qurán dan lihatlah ayatnya yang terdapat pada halaman sebelah kanan atas.
>>5. Pahamilah makna dan maksudnya, itulah hasil istikharahnya.Apabila ayat tersebut menceritakan hal yang baik seperti tentang syurga,rahmat Alloh,doa kebaikan dsb maka hajat tersebut dapat dilaksanakan. Tetapi bila menceritakan tentang hal yang sifatnyakebalikannya seperti menceritakan tentang neraka,kekafiran,kezholiman maka sebaiknya hajat tersebut tidak dilaksanakan atau ditunda.
>>6. Lebih baik dalam kondisi berwudhu dan bertaubat/istighfar telebih dahulu.
II.SHALAT ISTIKHARAH DENGAN KARTU:
>>1. Sediakanlah enam lembar kertas yang agak tebal sebesar kira-kira 5×10 cm.
>>2. Tulislah pada tiga lembar kertas tersebut:
>>بسم الله الرحمن الرحیم خیرة من الله العزيز الحكيم
>>ل …………………….. ابن/بنت ………………………: إفعل !
>>3. Tulislah pada tiga lembar lainnya :
>>بسم الله الرحمن الرحیم خیرة من الله العزيز الحكيم
>>ل …………………….. ابن/بنت ………………………: لا تفعل !
>>4. Letakkanlah semua lembaran kertas tersebut di bawah sajadah Anda
>>5. Lakukanlah shalat istikharah dua rakaat dan bacaan suratnya bebas
>>6. Setelah salam, lakukanlah sujud dan bacalah dalam sujud doa berikut ini sebanyak seratus kali:
>>أستخير الله برحمته خيرة في عافية 100 x
>>(Astakhirullaha birahmatihi khiratan fi áfiyah)
>>7. Setelah itu duduklah dan bacalah doa berikut ini:
>>اللهم خر لي واختر لي في جميع أموري في يسر منك و عافية
>>(Allahumma khir li wakhtar li fi jamií umuri fi yusrin minka wa áfiyah)
>>8. Kemudian pukullah/tepuklah dengan tanganmu lembaran kertas yang terdapat di bawah sejadah tersebut dan setelah itu ambillah dan aduk-aduklah/dikocok .
>>9. Selanjutnya keluarkanlah satu persatu untuk melihat yang mana yang lebih banyak.
>>10. Jika yang keluar kalimat “ifál” (إفعل ! ) berturut-turut tiga kali, maka lakukanlah apa yang telah Anda niatkan. Dan jika yang keluar kalimat “la tafál” ( لا تفعل !) berturut-turut tiga kali, maka janganlah lakukan.
>>11. Dan jika keluarnya berselang-seling, maka lihatlah kartu yang kelima, lalu lihatlah kalimat mana yang lebih banyak, jika kalmat “ifál” yang lebih banyak (tiga lembar) dan kalimat “la tafál” lebih sedikit (dua lembar), maka lakukanlah! Dan jika sebaliknya, maka janganlah lakukan.
>>12. Hendaklah senantiasa menjaga wudhu dan penuh tawakkal kepada-Nya.
>>13.Untuk yang titik diisi hajat kita.
III.ISTIKHOROH DENGAN TASBIH:
>>1.Ambil tasbih.pegang dengan kedua tangan asal saja pada bijinya . Niatkan hajat yang akan dilaksanakan.
>>2.Lalu baca Sholawat:”Allahumma sholli Alaa Muhammad wa Aali Muhammad.” sambil jalankan tasbih dengan kedua tangan biji perbiji kea rah pertemuan biji. Bila biji tasbih tidak sia maka hajat bisa dilaksanakan tapi kalau tasbih sisa satu maka hajat bisa ditunda atau tidak dilaksanakan.
Semoga berguna bagi rekan – rekan di KWA. @@@


sumber:http://wongalus.wordpress.com/2011/05/04/cara-istikhoroh-langsung-dapat-petunjuk/

Ramalan Jayabaya (Jongko Joyoboyo) Tentang Nusantara

=====================

Ramalan Jayabaya (Jongko Joyoboyo) Tentang Nusantara

=====================
perjalanan zaman dan waktuWahai saudaraku. Melanjutkan pembahasan kita sebelumnya, berikut ini saya berikan uraian yang cukup lengkap mengenai bait-bait prediksi yang pernah di tulis oleh Prabu Jayabaya, raja Kerajaan Kadiri/Kediri (1135-1159 Masehi). Apa yang terdapat di dalamnya adalah rujukan bagi orang Jawa dulu tentang apa yang sudah, sedang dan akan terjadi nanti. Sehingga bisa juga kita jadikan rujukan dalam kehidupan kita sekarang dan nanti.
Adapun tujuan artikel ini tidak bermaksud untuk membuat Anda sekalian memasuki dunia khayal dan mitos belaka, tetapi agar kita semua kembali merenungkan apa yang telah terjadi saat ini, khususnya mengenai kerusakan zaman dan moral manusia. Karena lihatlah, bangsa ini pun sangat sulit untuk maju, masih saja dijajah secara politik, ekonomi, budaya, dll (karena menjadi negara boneka Amerika) dan menjadi budaknya dari bangsa lain. Yang salah satu penyebabnya tentu karena melupakan sejarah bangsa dan wasiat bijak dari para leluhur yang waskita.
Untuk mempersingkat waktu, berikut ini adalah uraiannya:
1. Pendahuluan
Ramalan yang bernada pilu itu pantas dikumandangkan lagi agar kita bisa berkaca diri. Para elite politik dan pemegang tampuk kekuasaan pun selayaknya merefleksikan diri atas segala sesuatu yang telah dilakukannya, yang seakan-akan justru “menggenapi” ramalan itu.
Ramalan Jayabaya adalah ramalan dalam tradisi Jawa yang dipercaya telah ditulis oleh Prabu Jayabaya, raja dari kerajaan Kadiri/Kediri. Ramalan ini dikenal pada khususnya di kalangan masyarakat Jawa yang dilestarikan secara turun temurun oleh para pujangga. Asal usul utama serat Jangka Jayabaya dapat dilihat pada kitab Musarar yang digubah oleh Sunan Giri Prapen. Sekalipun banyak keraguan tentang keasliannya, tapi sangat jelas bunyi pada bait pertama dari kitab Musarar yang menuliskan bahwasanya Jayabaya lah yang membuat ramalan-ramalan tersebut; “Kitab Musarar dibuat tatkala Prabu Jayabaya di Kediri yang gagah perkasa, musuh takut dan takluk, tak ada yang berani.”
2. Asal-usul Ramalan
Tradisi Jawa mengakui, Ramalan Jayabaya ditulis oleh Prabu Jayabaya, Raja Kerajaan Kadiri/Kediri (1135-1159 Masehi) yang bergelar Sri Maharaja Sri Warmmeswara Madhusudanawatarani ndita Suhrtsingha Parakrama Digjayottunggadewan ama. Gelar yang amat panjang itu tertera pada tiga prasasti batu yang ditemukan dan dikenal sebagai peninggalan sang raja, yakni prasasti Hantang (1135 M), prasasti Talan (1136 M), dan prasasti dari Desa Jepun (1144 M).
Pada zamannya, ditopang kekuatan armada laut yang tangguh, kekuasaannya meluas tidak hanya meliputi Tanah Jawa, tetapi hingga pantai Kalimantan. Bahkan, Ternate pun menjadi kerajaan subordinat kerajaannya. Sebagai raja dan pujangga, Prabu Jayabaya memandang jauh ke depan dengan mata hati dan perasaan. Ia meramalkan keadaan kacau balau, yang disebutnya sebagai “wolak-walik ing zaman” atau keadaan zaman yang serba jungkir balik.
Dari berbagai sumber dan keterangan yang ada mengenai Ramalan Jayabaya, maka pada umumnya para sarjana sepakat bahwa sumber ramalan ini sebenarnya hanya satu, yakni Kitab Asrar (Musarar) karangan Sunan Giri Perapan (Sunan Giri ke-3) yang dikumpulkannya pada tahun Saka 1540 = 1028 H = 1618 M, hanya selisih 5 tahun dengan selesainya kitab Pararaton tentang sejarah Majapahit dan Singosari yang ditulis di pulau Bali 1535 Saka atau 1613 M. Jadi penulisan sumber ini sudah sejak zamannya Sultan Agung dari Mataram bertahta (1613-1645 M).
Kitab Jongko Joyoboyo pertama dan dipandang asli, adalah dari buah karya Pangeran Wijil I dari Kadilangu (sebutannya Pangeran Kadilangu II) yang dikarangnya pada tahun 1666-1668 Jawa = 1741-1743 M. Sang pujangga ini memang seorang pangeran yang bebas. Mempunyai hak merdeka, yang artinya punya kekuasaan wilayah “Perdikan” yang berkedudukan di Kadilangu, dekat Demak! Memang beliau keturunan Sunan Kalijaga, sehingga logis bila beliau dapat mengetahui sejarah leluhurnya dari dekat, terutama tentang riwayat masuknya Sang Prabu Brawijaya terakhir (ke-5) mengikuti agama baru; Islam, sebagai pertemuan segitiga antara Sunan Kalijaga, Brawijaya ke-V dan Penasehat sang baginda bernama Sabda Palon dan Nayagenggong.
Disamping itu beliau menjabat sebagai Kepala Jawatan Pujangga Keraton Kartasura tatkala zamannya Sri Paku Buwana II (1727-1749). Hasil karya sang Pangeran ini berupa buku-buku misalnya, Babad Pajajaran, Babad Majapahit, Babad Demak, Babad Pajang, Babad Mataram, Raja Kapa-kapa, Sejarah Empu, dll. Tatkala Sri Paku Buwana I naik tahta (1704-1719) yang penobatannya di Semarang, Gubernur Jenderalnya benama van Outhoorn yang memerintah pada tahun 1691-1704. Kemudian diganti G.G van Hoorn (1705-1706), Pangerannya Sang Pujangga yang pada waktu masih muda. Didatangkan pula di Semarang sebagai Penghulu yang memberi Restu untuk kejayaan Keraton pada tahun 1629 Jawa = 1705 M, yang disaksikan GG. Van Hoorn.
Sang pujangga wafat pada hari Senin Pon, 7 Maulud Tahun Be Jam’iah 1672 Jawa atau 1747 Masehi, yang pada zamannya Sri Paku Buwono 11 di Surakarta. Kedudukannya sebagai Pangeran Merdeka diganti oleh puteranya sendiri yakni Pangeran Soemekar, lalu berganti nama Pangeran Wijil II di Kadilangu (Pangeran Kadilangu III), sedangkan kedudukannya sebagai pujangga keraton Surakarta diganti oleh Ngabehi Yasadipura I, pada hari Kemis Legi,10 Maulud Tahun Be 1672 Jawa = 1747 Masehi.
3. Isi Ramalan
Jongko Joyoboyo yang kita kenal sekarang ini adalah gubahan dari Kitab Musarar, yang sebenarnya untuk menyebut “Kitab Asrar” karangan Sunan Giri ke-3 tersebut. Selanjutnya para pujangga dibelakangnya juga menyebut nama baru itu. Kitab Asrar/Musarar itu memuat lkhtisar (ringkasan) riwayat negara Jawa, yaitu gambaran gilir bergantinya negara sejak zaman purbakala hingga jatuhnya Majapahit lalu diganti dengan Ratu Hakikat ialah sebuah kerajaan Islam pertama di Jawa yang disebut sebagai ”Giri Kedaton”.
Berikut ini adalah sebagian dari isi kitab Musarar yang merupakan gubahan dari Jongko Joyoboyo:
a). Asmarandana
1.Kitab Musarar dibuat tatkala Prabu Jayabaya di Kediri yang gagah perkasa, Musuh takut dan takluk, tak ada yang berani.
2.Beliau sakti sebab titisan Batara wisnu. Waktu itu Sang Prabu menjadi raja agung, pasukannya raja-raja.
3.Terkisahkan bahwa Sang Prabu punya putra lelaki yang tampan. Sesudah dewasa dijadikan raja di Pagedongan. Sangat raharja negaranya.
4.Hal tersebut menggembirakan Sang Prabu. Waktu itu tersebutkan Sang Prabu akan mendapat tamu, seorang raja pandita dari Rum (Kontantinopel/Istanbul) bernama, Sultan Maolana.
5.Lengkapnya bernama Ngali Samsujen. Kedatangannya disambut sebaik-baiknya. Sebab tamu tersebut seorang raja pandita lain bangsa pantas dihormati.
6.Setelah duduk Sultan Ngali Samsujen berkata: “Sang Prabu Jayabaya, perkenankan saya memberi petuah padamu mengenai Kitab Musarar.”
7.Yang menyebutkan tinggal tiga kali lagi kemudian kerajaanmu akan diganti oleh orang lain”. Sang Prabu mendengarkan dengan sebaik-baiknya. Karena beliau telah mengerti kehendak Dewata.
8.Sang Prabu segera menjadi murid sang Raja Pandita. Segala isi Kitab Musarar sudah diketahui semua. Beliaupun ingat tinggal menitis 3 kali.
9.Kelak akan diletakkan dalam teken Sang Pandita yang ditinggal di Ka`bah yang membawa Imam Supingi untuk menaikkan kutbah.
10.Senjata ecis itu yang bernama Udharati. Dikelak kemudian hari ada Maolana masih cucu Rasul yang mengembara sampai ke Pulau Jawa membawa ecis tersebut. Kelak menjadi punden Tanah Jawa.
11.Raja Pandita pamit dan musnah dari tempat duduk. Kemudian terkisahkan setelah satu bulan Sang Prabu memanggil putranya.
12.Setelah sang putra datang lalu diajak ke gunung Padang. Ayah dan putra itu setelah datang lalu naik ke gunung.
13.Disana ada Ajar bernama Ajar Subrata. Menjemput Prabu Jayabaya seorang raja yang berincoknito termasuk titisan Bhatara Wisnu.
14.Karenanya Sang Prabu sangat waspada, tahu sebelum kejadian mengenai raja-raja karena Sang Prabu menerima sasmita gaib.
15.Bila Islam seperti Nabi. Prabu Jayabaya bercengkrama di gunung sudah lama. Bertemu dengan ki Ajar di gunung Padang. Yang bertapa brata sehingga apa yang dikehendaki terjadi.
16.Tergopoh-gopoh menghormati. Setelah duduk ki Ajar memanggil seorang endang yang membawa sesaji. Berwarna-warni isinya. Tujuh warna-warni dan lengkap delapan dengan endangnya.
17.Jadah (ketan) setakir, bawang putih satu talam, kembang melati satu bungkus, darah sepitrah, kunir sarimpang, sebatang pohon kajar dan kembang mojar satu bungkus.
18.Kedelapan endang seorang. Kemudian ki Ajar menghaturkan sembah: “Inilah hidangan kami untuk sang Prabu”. Sang Prabu waspada kemudian menarik senjata kerisnya.
19.Ki Ajar ditikam mati. Demikian juga endangnya. Keris kemudian dimasukkan lagi. Cantrik-cantrik berlarian karena takut. Sedangkan putra raja kecewa melihat perbuatan ayahnya.
20.Sang putra akan bertanya merasa takut. Kemudian mereka pun pulang. Datang di kedaton, Sang Prabu berbicara dengan putranya.
21.Hai anakku. Kamu tahu ulah si Ajar yang saya bunuh. Sebab berdosa kepada guru saya Sultan Maolana Ngali Samsujen tatkala masih muda.
b). Sinom
1.Dia itu sudah diwejang (diberitahu) oleh guru mengenai kitab Musarar. Sama seperti saya. Namun dia menyalahi janji, musnah raja-raja di Pulau Jawa. Toh saya sudah diberitahu bahwa saya tinggal 3 kali lagi (menitis).
2.Bila sudah menitis tiga kali kemudian ada jaman lagi bukan perbuatan saya. Sudah dikatakan oleh Maolana Ngali tidak mungkin berobah lagi. Diberi lambang Jaman catur semune segara asat.
3.Itulah Jenggala, Kediri, Singasari dan Ngurawan. Empat raja itu masih kekuasaan saya. Negaranya bahagia di atas bumi. Menghancurkan keburukan.
4.Setelah 100 tahun musnah keempat kerajaan tersebut. Kemudian ada jaman lagi yang bukan milik saya, sebab saya sudah terpisah dengan saudara-saudara ditempat yang rahasia.
5.Di dalam teken sang guru Maolana Ngali. Demikian harap diketahui oleh anak cucu bahwa akan ada zaman Anderpati yang bernama Kala-wisesa.
6.Lambangnya: Sumilir naga kentir semune liman pepeka. Itu negara Pajajaran. Negara tersebut tanpa keadilan dan tata negara, Setelah seratus tahun kemudian musnah.
7.Sebab berperang dengan saudara. Hasil bumi diberi pajak emas. Sebab saya mendapat hidangan Kunir sarimpang dari ki Ajar. Kemudian berganti jaman di Majapahit dengan rajanya Prabu Brawijaya.
8.Demikian nama raja bergelar Sang Rajapati Dewanata. Alamnya disebut Anderpati, lamanya sepuluh windu (80 tahun). Hasil negara berupa picis (uang). Ternyata waktu itu dari hidangan ki Ajar.
9.Hidangannya Jadah satu takir. Lambangnya waktu itu Sima galak semune curiga ketul. Kemudian berganti jaman lagi. Di Gelagahwangi dengan ibukota di Demak. Ada agama dengan pemimpinnya bergelar Diyati Kalawisaya.
10.Enam puluh lima tahun kemudian musnah. Yang bertahta Ratu Adil serta wali dan pandita semuanya cinta. Pajak rakyat berupa uang. Temyata saya diberi hidangan bunga Melati oleh ki Ajar.
11.Negara tersebut diberi lambang: Kekesahan durung kongsi kaselak kampuhe bedah. Kemudian berganti jaman Kalajangga. Beribukota Pajang dengan hukum seperti di Demak. Tidak diganti oleh anaknya. 36 tahun kemudian musnah.
12.Negara ini diberi lambang: cangkrama putung watange. Orang di desa terkena pajak pakaian dan uang. Sebab ki Ajar dahulu memberi hidangan sebatang pohon kajar. Kemudian berganti jaman di Mataram. Kalasakti Prabu Anyakrakusuma.
13.Dicintai pasukannya. Kuat angkatan perangnya dan kaya, disegani seluruh bangsa Jawa. Bahkan juga sebagai gantinya Ajar dan wali serta pandita, bersatu dalam diri Sang Prabu yang adil.
14.Raja perkasa tetapi berbudi halus. Rakyat kena pajak reyal. Sebab waktu itu saya mendapat hidangan bawang putih dari ki Ajar. Rajanya diberi gelar: Sura Kalpa semune lintang sinipat.
15.Kemudian berganti lagi dengan lambang: Kembang sempol Semune modin tanpa sreban. Raja yang keempat yang penghabisan diberi lambang Kalpa sru kanaka putung. Seratus tahun kemudian musnah sebab melawan sekutu. Kemudian ada nakhoda yang datang berdagang.
16.Berdagang di tanah Jawa kemudian mendapat sejengkal tanah. Lama kelamaan ikut perang dan selalu menang, sehingga terpandang di pulau Jawa. Zaman sudah berganti meskipun masih keturunan Mataram. Negara bernama Nyakkrawati dan ibukota di Pajang.
17.Raja berpasukan campur aduk. Disegani setanah Jawa. Yang memulai menjadi raja dengan gelar Layon keli semune satriya brangti. Kemudian berganti raja yang bergelar: semune kenya musoni. Tidak lama kemudian berganti.
18.Nama rajanya Lung gadung rara nglikasi (Raja yang penuh inisiatif dalam segala hal, namun memiliki kelemahan suka wanita; Sukarno) kemudian berganti gajah meta semune tengu lelaki (Raja yang disegani/ditakuti, namun nista; Suharto). Enam puluh tahun menerima kutukan sehingga tenggelam negaranya dan hukum tidak karu-karuan.
19.Waktu itu pajaknya rakyat adalah uang anggris dan uwang. Sebab saya diberi hidangan darah sepitrah. Kemudian negara geger. Tanah tidak berkasiat, pemerintah rusak. Rakyat celaka. Bermacam-macam bencana yang tidak dapat ditolak.
20.Negara rusak. Raja berpisah dengan rakyat. Bupati berdiri sendiri-sendiri. Kemudian berganti jaman Kutila. Rajanya Kara Murka (Raja-raja yang saling balas dendam). Lambangnya Panji loro semune Pajang Mataram (Dua kekuatan pimpinan yang saling jegal ingin menjatuhkan).
21.Nakhoda (Orang asing) ikut serta memerintah. Punya keberanian dan kaya. Sarjana (Orang arif dan bijak) tidak ada. Rakyat sengsara. Rumah hancur berantakan diterjang jalan besar. Kemudian diganti dengan lambang Rara ngangsu, randa loro nututi pijer tetukar (Ratu yang selalu diikuti/diintai dua saudara wanita tua untuk menggantikannya; Megawati).
22.Tidak berkesempatan menghias diri (Raja yang tidak sempat mengatur negara sebab adanya masalah-masalah yang merepotkan), sinjang kemben tan tinolih itu sebuah lambang yang menurut Seh Ngali Samsujen datangnya Kala Bendu. Di Semarang Tembayat itulah yang mengerti/memahami lambang tersebut.
23.Pajak rakyat banyak sekali macamnya. Semakin naik. Panen tidak membuat kenyang. Hasilnya berkurang. Orang jahat makin menjadi-jadi. Orang besar hatinya jail. Makin hari makin bertambah kesengsaraan negara.
24.Hukum dan pengadilan negara tidak berguna. Perintah berganti-ganti. Keadilan tidak ada. Yang benar dianggap salah. Yang jahat dianggap benar. Setan menyamar sebagai wahyu. Banyak orang melupakan Tuhan dan orang tua.
25.Wanita hilang kehormatannya. Sebab saya diberi hidangan Endang seorang oleh ki Ajar. Mulai perang tidak berakhir. Kemudian ada tanda negara pecah.
26.Banyak hal-hal yang luar biasa. Hujan salah waktu. Banyak gempa dan gerhana. Nyawa tidak berharga. Tanah Jawa berantakan. Kemudian raja Kara Murka Kutila musnah.
27.Kemudian kelak akan datang tunjung putih semune Pudak kasungsang (Raja berhati putih namun masih tersembunyi). Lahir di bumi Mekah (Orang Islam yang sangat bertauhid). Menjadi raja di dunia, bergelar Ratu Amisan, redalah kesengsaraan di bumi, nakhoda ikut ke dalam persidangan.
28.Raja keturunan waliyullah. Berkedaton dua di Mekah dan Tanah Jawa (Orang Islam yang sangat menghormati leluhurnya dan menyatu dengan ajaran tradisi Jawa (kawruh Jawa)). Letaknya dekat dengan gunung Perahu, sebelah barat tempuran. Dicintai pasukannya. Memang raja yang terkenal sedunia.
29.Waktu itulah ada keadilan. Rakyat pajaknya dinar, sebab saya diberi hidangan bunga seruni oleh ki Ajar. Waktu itu pemerintahan raja baik sekali. Orangnya tampan, senyumnya manis sekali.
satrio piningit 3
c). Bait-bait lain dari Jongko Joyoboyo
1.Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran — Kelak jika sudah ada kereta tanpa kuda (mobil).
2.Tanah Jawa kalungan wesi — Pulau Jawa berkalung besi (rel kereta api).
3.Prahu mlaku ing dhuwur awang-awang — Perahu berjalan di angkasa (pesawat terbang).
4.Kali ilang kedhunge — Sungai kehilangan mata air.
5.Pasar ilang kumandhang — Pasar kehilangan suara (mall, plaza).
6.Iku tandha yen tekane zaman Jayabaya wis cedhak — Itulah pertanda zaman Jayabaya telah mendekat.
7.Bumi saya suwe saya mengkeret — Bumi semakin lama semakin mengerut/ mengecil (karena majunya teknologi).
8.Sekilan bumi dipajeki — Sejengkal tanah dikenai pajak.
9.Jaran doyan mangan sambel — Kuda suka makan sambal.
10.Wong wadon nganggo pakeyan lanang — Orang perempuan berpakaian lelaki.
11.Iku tandhane yen wong bakal nemoni wolak-waliking zaman— Itu pertanda orang akan mengalami zaman berbolak-balik (zaman edan).
12.Akeh janji ora ditetepi — Banyak janji tidak ditepati.
13.Akeh wong wani nglanggar sumpahe dhewe— Banyak orang berani melanggar sumpah sendiri.
14.Manungsa padha seneng nyalah— Orang-orang saling lempar kesalahan/senang berbuat salah.
15.Ora ngendahake hukum Hyang Widhi— Tak peduli akan hukum Hyang Widhi (Tuhan).
16.Barang jahat diangkat-angkat— Yang jahat dijunjung-junjung (diagungkan).
17.Barang suci dibenci— Sesuatu yang suci (justru) dibenci.
18.Akeh manungsa mung ngutamakke dhuwit— Banyak orang hanya mementingkan uang.
19.Lali kamanungsan— Lupa jati kemanusiaan.
20.Lali kabecikan— Lupa hikmah kebaikan.
21.Lali sanak lali kadang— Lupa sanak lupa saudara.
22.Akeh bapa lali anak— Banyak ayah lupa anak.
23.Akeh anak wani nglawan ibu— Banyak anak berani melawan ibu.
24.Nantang bapa— Menantang ayah.
25.Sedulur padha cidra— Saudara dan saudara saling khianat.
26.Kulawarga padha curiga— Keluarga saling curiga.
27.Kanca dadi mungsuh — Kawan menjadi lawan.
28.Akeh manungsa lali asale — Banyak orang lupa asal-usul.
29.Ukuman Ratu ora adil — Hukuman raja/pemimpin tidak adil.
30.Akeh pangkat sing jahat lan ganjil-– Banyak pejabat jahat dan ganjil.
31.Akeh kelakuan sing ganjil — Banyak ulah-tabiat yang ganjil.
32.Wong apik-apik padha kapencil — Orang yang baik justru tersisih.
33.Akeh wong nyambut gawe apik-apik padha krasa isin — Banyak orang kerja yang halal justru merasa malu.
34.Luwih utama ngapusi — Lebih mengutamakan menipu.
35.Wegah nyambut gawe — Malas untuk bekerja.
36.Kepingin urip mewah — Inginnya hidup mewah.
37.Ngumbar nafsu angkara murka, nggedhekake duraka — Melepas nafsu angkara murka, memupuk durhaka.
38.Wong bener thenger-thenger — Orang (yang) benar termangu-mangu (dan kesulitan).
39.Wong salah bungah — Orang (yang) salah gembira ria.
40.Wong apik ditampik-tampik-– Orang (yang) baik ditolak ditampik (diping-pong).
41.Wong jahat munggah pangkat— Orang (yang) jahat naik pangkat.
42.Wong agung kasinggung— Orang (yang) mulia dilecehkan.
43.Wong ala kapuja— Orang (yang) jahat dipuji-puji.
44.Wong wadon ilang kawirangane— perempuan hilang malunya.
45.Wong lanang ilang kaprawirane— Laki-laki hilang perwira/kejantanannya (sifat kesatria).
46.Akeh wong lanang ora duwe bojo— Banyak laki-laki tak mau beristri.
47.Akeh wong wadon ora setya marang bojone— Banyak perempuan ingkar pada suami.
48.Akeh ibu padha ngedol anake— Banyak ibu menjual anak.
49.Akeh wong wadon ngedol awake— Banyak perempuan menjual diri.
50.Akeh wong ijol bebojo— Banyak orang tukar istri/suami.
51.Wong wadon nunggang jaran— Perempuan menunggang kuda (melanggar kodratnya karena menjadi kepala keluarga).
52.Wong lanang linggih plangki— Laki-laki naik tandu (pemalas).
53.Randha seuang loro— Dua janda seharga seuang (Red: seuang = 8,5 sen).
54.Prawan seaga lima— Lima perawan seharga lima picis (murah).
55.Dhudha pincang laku sembilan uang— Duda pincang laku sembilan uang (asal kaya walaupun jelek tetap laku).
56.Akeh wong ngedol ngelmu— Banyak orang berdagang ilmu (ustad, ulama gadungan).
57.Akeh wong ngaku-aku— Banyak orang mengaku diri (kampanye).
58.Njabane putih njerone dhadhu— Di luar putih di dalam jingga.
59.Ngakune suci, nanging sucine palsu— Mengaku suci, tapi palsu belaka.
60.Akeh bujuk akeh lojo— Banyak tipu banyak muslihat.
61.Akeh udan salah mangsa— Banyak hujan salah musim.
62.Akeh prawan tuwa— Banyak perawan tua.
63.Akeh randha nglairake anak— Banyak janda melahirkan bayi (tanpa nikah).
64.Akeh jabang bayi lahir nggoleki bapakne — Banyak anak lahir mencari bapaknya.
65.Agomo akeh sing nantang— Agama banyak ditentang.
66.Prikamanungsan saya ilang— Perikemanusiaan semakin hilang.
67.Omah suci dibenci— Rumah suci (tempat ibadah) dijauhi.
68.Omah ala saya dipuja— Rumah maksiat makin dipuja.
69.Wong wadon lacur ing ngendi-endi— Perempuan menjual diri dimana-mana.
70.Akeh laknat— Banyak kutukan
71.Akeh pengkianat— Banyak pengkhianat.
72.Anak mangan bapak—Anak makan (menindas) bapak.
73.Sedulur mangan sedulur—Saudara makan (menindas) saudara.
74.Kanca dadi mungsuh—Kawan menjadi lawan.
75.Guru disatru—Guru dimusuhi.
76.Tangga padha curiga—Tetangga saling curiga.
77.Kana-kene saya angkara murka — Angkara murka semakin menjadi-jadi.
78.Sing weruh kebubuhan—Barangsiapa tahu terkena beban.
79.Sing ora weruh ketutuh—Sedang yang tak tahu disalahkan.
80.Besuk yen ana peperangan—Kelak jika terjadi perang.
81.Teka saka wetan, kulon, kidul lan lor—Datang dari timur, barat, selatan, dan utara (perang dunia).
82.Akeh wong becik saya sengsara— Banyak orang baik makin sengsara.
83.Wong jahat saya seneng— Sedang yang jahat makin bahagia.
84.Wektu iku akeh dhandhang diunekake kuntul— Ketika itu burung gagak dibilang bangau.
85.Wong salah dianggep bener-–Orang salah dipandang benar.
86.Pengkhianat nikmat—Pengkhianat nikmat.
87.Durjana saya sempurna— Durjana semakin sempurna.
88.Wong jahat munggah pangkat— Orang jahat naik pangkat.
89.Wong lugu kebelenggu— Orang yang lugu dibelenggu.
90.Wong mulya dikunjara— Orang yang mulia dipenjara.
91.Sing curang garang— Yang curang berkuasa.
92.Sing jujur kojur— Yang jujur sengsara.
93.Pedagang akeh sing keplarang— Pedagang banyak yang tenggelam.
94.Wong main akeh sing ndadi—Penjudi banyak merajalela.
95.Akeh barang haram—Banyak barang haram.
96.Akeh anak haram—Banyak anak haram.
97.Wong wadon nglamar wong lanang—Perempuan melamar laki-laki.
98.Wong lanang ngasorake drajate dhewe—Laki-laki memperhina derajat sendiri.
99.Akeh barang-barang mlebu luang—Banyak barang terbuang-buang.
100.Akeh wong kaliren lan wuda—Banyak orang lapar dan telanjang.
101.Wong tuku ngglenik sing dodol—Pembeli membujuk penjual.
102.Sing dodol akal okol—Si penjual bermain siasat.
103.Wong golek pangan kaya gabah diinteri—Mencari rezki ibarat gabah ditampi.
104.Sing kebat kliwat—Yang tangkas lepas.
105.Sing telah sambat—Yang terlanjur menggerutu.
106.Sing gedhe kesasar—Yang besar tersasar.
107.Sing cilik kepleset—Yang kecil terpeleset.
108.Sing anggak ketunggak—Yang congkak terbentur.
109.Sing wedi mati—Yang takut mati.
110.Sing nekat mbrekat—Yang nekat mendapat berkat.
111.Sing jerih ketindhih—Yang hati kecil tertindih.
112.Sing ngawur makmur—Yang ngawur makmur.
113.Sing ngati-ati ngrintih—Yang berhati-hati merintih.
114.Sing ngedan keduman—Yang main gila menerima bagian.
115.Sing waras nggagas—Yang sehat pikiran berpikir.
116.Wong tani ditaleni—Orang (yang) bertani diikat.
117.Wong dora ura-ura—Orang (yang) bohong berdendang.
118.Ratu ora netepi janji, musna panguwasane—Raja/pemimpin ingkar janji, hilang wibawanya.
119.Bupati dadi rakyat—Pegawai tinggi menjadi rakyat.
120.Wong cilik dadi priyayi—Rakyat kecil jadi priyayi.
121.Sing mendele dadi gedhe—Yang curang jadi besar.
122.Sing jujur kojur—Yang jujur celaka.
123.Akeh omah ing ndhuwur jaran—Banyak rumah di punggung kuda.
124.Wong mangan wong—Orang makan sesamanya.
125.Anak lali bapak—Anak lupa bapa.
126.Wong tuwa lali tuwane—Orang tua lupa ketuaan mereka.
127.Pedagang adol barang saya laris—Jualan pedagang semakin laris.
128.Bandhane saya ludhes—Namun harta mereka makin habis.
129.Akeh wong mati kaliren ing sisihe pangan—Banyak orang mati kelaparan di samping makanan.
130.Akeh wong nyekel bandha nanging uripe sangsara—Banyak orang berlimpah harta tapi hidup sengsara.
131.Sing edan bisa dandan—Yang gila bisa bersolek.
132.Sing bengkong bisa nggalang gedhong—Si bengkok (orang jahat) membangun rumah mewah dan mahligai.
133.Wong waras lan adil uripe nggrantes lan kepencil—Yang waras dan adil hidup merana dan tersisih.
134.Ana peperangan ing njero—Terjadi perang di dalam.
135.Timbul amarga para pangkat akeh sing padha salah paham—Terjadi karena para pembesar banyak salah faham.
136.Durjana saya ngambra-ambra—Kejahatan makin merajalela.
137.Penjahat saya tambah—Penjahat makin banyak.
138.Wong apik saya sengsara—Yang baik makin sengsara.
139.Akeh wong mati jalaran saka peperangan—Banyak orang mati karena perang.
140.Kebingungan lan kobongan—Karena bingung dan kebakaran.
141.Wong bener saya thenger-thenger-–Si benar makin tertegun.
142.Wong salah saya bungah-bungah—Si salah makin sorak sorai.
143.Akeh bandha musna ora karuan lungane—Banyak harta hilang entah ke mana.
144.Akeh pangkat lan drajat pada minggat ora karuan sababe—Banyak pangkat dan derajat lenyap entah mengapa.
145.Akeh barang-barang haram, akeh bocah haram—Banyak barang haram, banyak anak haram.
146.Bejane sing lali, bejane sing eling—Beruntunglah si lupa, beruntunglah si sadar.
147.Nanging sauntung-untunge sing lali—Tapi betapapun beruntung si lupa.
148.Isih untung sing waspada—Masih lebih beruntung si waspada.
149.Angkara murka saya ndadi—Angkara murka semakin menjadi.
150.Kana-kene saya bingung-–Di sana-sini makin bingung.
151.Pedagang akeh alangane—Pedagang banyak rintangan.
152.Akeh buruh nantang juragan—Banyak buruh melawan majikan.
153.Juragan dadi umpan—Majikan menjadi umpan.
154.Sing suwarane seru oleh pengaruh—Yang bersuara tinggi (politikus) mendapat pengaruh.
155.Wong pinter diingar-ingar—Si pandai direcoki.
156.Wong ala diuja—Si jahat dimanjakan.
157.Wong ngerti mangan ati—Orang yang mengerti makan hati.
158.Bandha dadi memala—Harta benda menjadi penyakit
159.Pangkat dadi pemikat—Pangkat/jabatan menjadi pemukau.
160.Sing sawenang-wenang rumangsa menang — Yang sewenang-wenang merasa menang.
161.Sing ngalah rumangsa kabeh salah—Yang mengalah merasa serba salah.
162.Ana Bupati saka wong sing asor imane—Ada bupati berasal orang beriman rendah.
163.Patihe kepala judhi—Maha menterinya bandar judi.
164.Wong sing atine suci dibenci—Yang berhati suci dibenci.
165.Wong sing jahat lan pinter jilat saya derajat—Yang jahat dan pandai menjilat makin kuasa.
166.Pemerasan saya ndadra—Pemerasan merajalela.
167.Maling lungguh wetenge mblenduk — Pencuri (koruptor) duduk berperut gendut.
168.Pitik angrem saduwure pikulan—Ayam mengeram di atas pikulan.
169.Maling wani nantang sing duwe omah—Pencuri menantang si empunya rumah.
170.Begal pada ndhugal—Penyamun semakin kurang ajar.
171.Rampok padha keplok-keplok—Perampok semua bersorak-sorai.
172.Wong momong mitenah sing diemong—Si pengasuh memfitnah yang diasuh.
173.Wong jaga nyolong sing dijaga—Si penjaga mencuri yang dijaga.
174.Wong njamin njaluk dijamin—Si penjamin minta dijamin.
175.Akeh wong mendem donga—Banyak orang mabuk doa.
176.Kana-kene rebutan unggul—Di mana-mana berebut menang (pilkada dan pemilu).
177.Angkara murka ngombro-ombro—Angkara murka menjadi-jadi.
178.Agama ditantang—Agama ditantang.
179.Akeh wong angkara murka—Banyak orang angkara murka.
180.Nggedhekake duraka—Membesar-besarkan durhaka.
181.Ukum agama dilanggar—Hukum agama dilanggar.
182.Prikamanungsan di-iles-iles—Perikemanusiaan diinjak-injak.
183.Kasusilan ditinggal—Tata susila diabaikan.
184.Akeh wong edan, jahat lan kelangan akal budi—Banyak orang gila, jahat dan hilang akal budi.
185.Wong cilik akeh sing kepencil—Rakyat kecil banyak tersingkir.
186.Amarga dadi korbane si jahat sing jajil—Karena menjadi kurban si jahat si laknat.
187.Banjur ana Ratu duwe pengaruh lan duwe prajurit—Lalu datang Raja /pemimpin berpengaruh dan punya berprajurit.
188.Negarane ambane saprawolon—Lebar negeri seperdelapan dunia.
189.Tukang mangan suap saya ndadra—Pemakan suap semakin merajalela.
190.Wong jahat ditampa—Orang jahat diterima.
191.Wong suci dibenci—Orang suci dibenci.
192.Timah dianggep perak—Timah dianggap perak.
193.Emas diarani tembaga—Emas dibilang tembaga.
194.Dandang dikandakake kuntul—Gagak disebut bangau.
195.Wong dosa sentosa—Orang berdosa sentosa.
196.Wong cilik disalahake—Rakyat jelata dipersalahkan.
197.Wong nganggur kesungkur—Si penganggur tersungkur.
198.Wong sregep krungkep—Si tekun terjerembab.
199.Wong nyengit kesengit—Orang busuk hati dibenci.
200.Buruh mangluh—Buruh menangis.
201.Wong sugih krasa wedi—Orang kaya ketakutan.
202.Wong wedi dadi priyayi—Orang takut jadi priyayi.
203.Senenge wong jahat-–Berbahagialah si jahat.
204.Susahe wong cilik—Bersusahlah rakyat kecil.
205.Akeh wong dakwa dinakwa—Banyak orang saling tuduh.
206.Tindake manungsa saya kuciwa—Ulah manusia semakin tercela.
207.Ratu karo Ratu pada rembugan negara endi sing dipilih lan disenengi—Para raja/pemimpin berunding negeri mana yang dipilih dan disukai.
208.Wong Jawa kari separo—Orang Jawa tinggal setengah.
209.Landa-Cina kari sejodho — Belanda-Cina tinggal sepasang.
210.Akeh wong ijir, akeh wong cethil—Banyak orang kikir, banyak orang bakhil.
211.Sing eman ora keduman—Si hemat tidak mendapat bagian.
212.Sing keduman ora eman—Yang mendapat bagian tidak berhemat.
213.Akeh wong mbambung—Banyak orang berulah dungu.
214.Akeh wong limbung—Banyak orang limbung (kosong pikiran).
215.Selot-selote mbesuk wolak-waliking zaman teko—Lambat laun nanti terbolak-baliknya zaman pun datang.
Tambahan:
Selain yang telah disebutkan di atas, Prabu Jayabaya pada akhirnya membagi zaman yang sudah, sedang dan akan terjadi nanti, khususnya di Nusantara. Lama waktunya yaitu 2.100 tahun matahari (1 tahun matahari = ±10,3 tahun kita sekarang). Ramalannya itu lalu menjadi Tri-takali, yaitu:
1.Zaman permulaan disebut KALI-SWARA, lamanya 700 th matahari (721 th bulan). Pada waktu itu di jawa banyak terdengar suara alam, gara-gara geger, halintar, petir, serta banyak kejadian-kejadian yang ajaib dikarenakan banyak manusia menjadi dewa dan dewa turun ke Bumi menjadi manusia.
2.Zaman pertengahan disebut KALI-YOGA. Pada waktu ini banyak perubahan pada Bumi, Bumi belah menyebabkan terjadinya pulau kecil-kecil, banyak makhluk yang salah jalan, karena orang yang mati banyak menjelma (nitis).
3.Zaman akhir disebut KALI-SANGARA, 700 th. Pada waktu ini banyak hujan salah mangsa (musim) dan banyak kali dan bengawan (sungai) bergeser, Bumi kurang manfaatnya, menghambat datangnya kebahagian, mengurangi rasa-terima, sebab manusia yang mati banyak yang tetap memegang ilmunya.
Tiga zaman tersebut lalu masing-masingnya dibagi lagi menjadi Saptama-kala, artinya zaman kecil-kecil. Tiap zaman rata-rata berumur 100 tahun matahari (103 tahun bulan). Seperti berikut ini:
I. JAMAN KALI-SWARA dibagi menjadi:
1) Kala-kukila 100 th, (th. 1-100): Hidupnya orang seperti burung, berebutan mana yang kuat dia yang menang, belum ada raja, jadi belum ada yang mengatur/memerintah.
2) Kala-buddha (th. 101-200): Permulaan orang Jawa masuk agama Buddha menurut syariat Hyang Jagadnata (Bhatara Guru).
3) Kala-brawa (th. 201 – 300): Orang-orang di Jawa mengatur ibadahnya kepada Dewa, sebab banyak Dewa yang turun ke bumi menyiarkan ilmu.
4) Kala-tirta (th. 301-400): Banjir besar, air laut menggenang daratan, di sepanjang air itu bumi menjadi belah dua. Yang sebelah barat disebut pulau Sumatra, lalu banyak muncul sumber-sumber air, disebut umbul, sedang, telaga, dsb.
5) Kala-swabara (th. 401-500): Banyak keajaiban yang tampak atau menimpa diri manusia.
6) Kala-rebawa (th. 501-600): Orang Jawa mengadakan keramaian-kesenian dsb.
7) Kala-purwa (th. 601-700): Banyak tumbuh2an keturunan orang-orang besar yang sudah menjadi orang biasa mulai jadi orang besar lagi.
II. JAMAN KALA-YOGA dibagi menjadi:
1) Kala-brata (th. 701-800): Orang mengalami hidup sebagai fakir.
2) Kala-drawa (th. 801-900): Banyak orang mendapat ilham, orang pandai menerangkan hal-hal yang gaib.
3) Kala-dwawara (th. 901-1.000): Banyak kejadian yang mustahil.
4) Kala-praniti (th. 1.001- 1.101): Banyak orang mementingkan ulah pikir.
5) Kala-teteka (th. 1.101 – 1.200): Banyak orang datang dari negeri-negeri lain.
6) Kala-wisesa (th. 1.201 – 1.300): Banyak orang yang terhukum.
7) Kala-wisaya (th. 1.301 – 1.400): Banyak orang memfitnah.
III. JAMAN KALA-SANGARA dibagi menjadi:
1) Kala-jangga (th. 1.401 – 1.500): Banyak orang ulah kehebatan.
2) Kala-sakti (th. 1.501 – 1.600): Banyak orang ulah kesaktian.
3) Kala-jaya (th. 1.601 – 1.700): Banyak orang ulah kekuatan untuk tulang punggung kehidupannya.
4) Kala-bendu (th. 1.701 – 1.800): Banyak orang senang berbantahan, akhirnya bentrokkan (zaman kita sekarang).
5) Kala-suba (th. 1.801 – 1.900 ): Pulau Jawa mulai sejahtera, tanpa kesulitan, orang bersenang hati.
6) Kala-sumbaga (th. 1.901 – 2.000): Banyak orang tersohor pandai dan hebat.
7) Kala-surasa (th. 2.001 – 2.100): Pulau Jawa ramai sejahtera, serba teratur, tak ada kesulitan, banyak orang ulah asmara.
Semoga hal ini lebih bisa menjadi perenungan untuk kita semua – khususnya pada point yang sudah ditebalkan hurufnya. Bukan untuk mendahului takdir Tuhan, tetapi agar kita semua bisa terus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jika seandainnya nanti zaman berganti, yang dimulai dengan bencana dahsyat, maka kita sudah siap. Tetapi jika tidak terjadi, tentunya tidak menjadi masalah, karena justru kita sudah berusaha menjadi orang yang baik dan mengikuti perintah Tuhan. Sehingga kehidupan pun akan menjadi lebih baik.
3. Penutup
Wahai saudaraku. Sebagai generasi penerus, kita sepatutnya bangga dengan kearifan yang telah dimiliki oleh bangsa ini, bahkan sejak ribuan tahun silam. Lihatlah! Dengan kemampuan yang lebih dan kewaskitaannya, leluhur kita bisa mengetahui masa depan – jauh setelah kehidupan mereka – dan mau membagikannya kepada kita dalam betuk wasiat. Ini bertujuan agar kita, anak cucuk mereka, tidak masuk ke dalam pola hidup yang semrawut (kacau balau) dan jauh dari aturan agama. Yang pada akhirnya menyengsarakan kehidupan kita sendiri.
Tetapi, sungguh sangat disayangkan, banyak dari kita, khususnya para pemimpin dan generasi muda sekarang, yang tidak lagi memperhatikan hal ini. Banyak dari kita yang justru tidak tahu atau menganggap apa yang pernah diwariskan oleh para leluhur kita itu hanya sebagai dongeng dan tidak memiliki arti apa-apa dalam kehidupan ini. Padahal lihatlah, hampir semua yang telah mereka wasiatkan itu terbukti benar dan sangat mempengaruhi perjalanan sejarah bangsa ini.
Untuk itu, marilah kita semua, khususnya para pemimpin dan generasi muda bangsa ini untuk kembali pada jati diri kita sendiri sebagai bangsa Nusantara. Mari kita menilai apa yang sudah diwasiatkan oleh para leluhur di atas sebagai bahan refleksi untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara kedepannya. Banggalah menjadi bagian dari bangsa yang dulunya sangat besar – bahkan pernah memimpin dunia – ini, dengan terus membangkitkan rasa percaya diri dan tidak terlalu gandrung dengan budaya bangsa lain. Paculah kemajuan bangsa dengan banyak berkarya dan tidak hanya menjadi masyarakat konsumtif, yang ujung-ujungnya jadi “sapi perahnya” bangsa lain. Karena kita ini hebat dan punya kebudayaan yang tinggi, yang dulunya pernah disegani di seluruh dunia.
Selain itu, cukupkanlah perilaku yang tidak lagi sesuai dengan norma agama dan norma susila yang berlaku. Karena itu adalah sumber utama kehancuran bangsa ini nanti. Azab Tuhan akan menghampiri kita, semua dari kita, jika hal ini tidak segera diperbaiki. Terlebih saat banyak dari kita yang tidak lagi peduli bahwa ada kehidupan setelah mati. Maka bangsa dan negeri tercinta ini akan benar-benar hilang ditelan bencana dan azab Tuhan dalam waktu dekat. Sebagaimana dulu, nenek moyang kita yang harus meninggalkan tanah air tercinta ini – ribuan tahun – demi menyelamatkan diri dari bencana dahsyat (azab Tuhan) yang terjadi.
Akhirnya, semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan sejarah bagi Anda sekalian, yang pada akhirnya tetap menjadikan Anda bangga sebagai bagian dari bangsa yang besar ini; Nusantara. Bagi yang setuju dan meyakininya, silahkan ikuti dan jadikan prediksi di atas sebagai acuan dalam kehidupan dan tentunya untuk bekal mempersiapkan diri dalam menghadapi sesuatu yang akan menggemparkan dunia nanti. Namun bagi yang tidak mempercayainya, silahkan tinggalkan dan tolong hargai siapa saja yang sudah percaya dengan wasiat leluhur ini. Karena setiap orang punya hak yang sama dalam meyakini dan berpendapat. Kita semua harus menghormati hal yang mendasar ini, karena kita pun manusia.
Semoga zaman segera berganti, dari zaman Kala Bendu menjadi Kala Suba. Karena disanalah akan ada kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan yang sesungguhnya. Bangsa kita pun akan bangkit kembali dan memimpin dunia. Sementara kita, semoga saja bisa menyaksikan dan ikut serta dalam menikmatinya.


Yogyakarta, 24 Desember 2013
Mashudi Antoro (Oedi`)
sumber:http://oediku.wordpress.com/2013/12/24/ramalan-jayabaya-jongko-joyoboyo-tentang-nusantara/

Rabu, 21 Mei 2014

WASIAT DAN NASEHAT KH. AHMAD DAHLAN AZMATKHAN









===============
Tulisan di Papan Tulis Dekat Tempat Tidur KH. Ahmad Dahlan Azmatkhan( Tulisan ditulis dengan berbahasa arab yang artinya ):
--------------------------
 “Hai Dahlan, sungguh di depanmu pasti kau lihat perkara yang lebih besar dan mematikan, mungkin engkau selamat atau sebaliknya akan tewas. Hai Dahlan, bayangkan kau sedang berada di dunia ini sedirian beserta Alloh dan dimukamu ada kematian, pengadilan amal, surga, dan neraka. Coba kau piker, mana yang paling mendekati dirimu selain kematian. Mereka yang menyukai dunia bisa memperoleh dunia walaupun tanpa sekolah. Sementara yang sekolah dengan sungguh-sungguh karena mencintai akhirat ternyata tidak pernah naik kelas. Gambaran ini melukiskan orang-orang yang celaka di dunia dan akhirat sebagai akibat dari tidak bisa mengekang hawa-nafsunya. Apakah kau tidak bisa melihat orang-orang yang mempertuhankan hawa nafsu?”
=================

Nasehat KH. Ahmad Dahlan Azmatkhan: Kewajiban Setiap Manusia

Aku ini sudah tua, berusia lanjut, kekuatanku pun sudah sangat terbatas. Tapi, aku tetap memaksakan diri memenuhi kewajibanku beramal, bekerja, dan berjuang untuk menegakkan dan menjunjung tinggi perintah tuhan. Aku sangat yakin seyakin-yakinnya bahwa memperbaiki urusan yang terlanjur salah dan disalahgunakan atau diselewengkan adalah merupakan kewajiban setiap manusia, terutama kewajiban umat Islam.”
======================= 


Kemunduran Ummat Menurut KH. Ahmad Dahlan Azmatkhan

Menurut pendapat KH. Ahmad Dahlan, kemunduran umat Islam karena sebagian besar umat Islam terlalu jauh meninggalkan ajaran Islam. Selain itu disebabkan pula oleh kemerosotan akhlak sehingga penuh ketakutan seperti kambing dan tidak lagi memiliki keberanian seperti harimau. KH. Ahmad Dahlan berkata:
Karena itu, aku terus memperbanyak amal dan berjuang bersama anak-anakku sekalian untuk menegakkan akhlak dan moral yang sudah bengkok. Kusadari bahwa menegakkan akhlak dan moral serta berbagai persoalan Islam yang sudah bengkok memang merupakan tugas berat dan sulit.”

Lalu beliau melanjutkan:
Namun demikian, jika kita terus bekerta dengan rajin disertai kesungguhan, kemauan keras, dan kesadaran tugas yang tinggi, maka insya Allah tuhan akan memberi jalan dan pertolongan-Nya akan segera tiba.”
=================================

KH. Ahmad Dahlan: Jangan Gampang Memperebutkan Tanah

KH. Ahmad Dahlan Berkata:
“Hendaklah engkau tidak gampang melibatkan diri dalam perebutan tanah sehingga bertengkar dan berselisih, apalagi bertengkar dan berselisih di muka pengadilan. Jika itu engkau lakukan, maka Allah akan menjauhkanmu memperoleh rejeki dari tuhan.”
========================

 

Minggu, 18 Mei 2014

Puasa-puasa Istimewa di Bulan Rajab

============
Puasa-puasa Istimewa di Bulan Rajab
==============
Jumat, 16/05/2014 07:07
Puasa-puasa Istimewa di Bulan Rajab

Keistimewaan bulan rajab sebagai syahrullah ditandai dengan beberapa pelipat gandaan pahala yang disediakan oleh Allah swt kepada mereka yang berpuasa di dalam bulan Rajab. Di bawah ini akan diterangkan berbagai macam fadhilah puasa pada bulan Rajab.
عن أبى ذر رضى الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: من صام أول يوم من رجب عدل صيام شهر ومن صام سبعة أيام أغلقت عنه أبواب جهنم السبعة, ومن صام ثمانية أيام فتحت له أبواب الجنة الثمانية. ومن صام منه عشرة أيام, بدل الله سيئاته حسنات ومن صام منه ثمانية عشر يوما نادى منادى من السماء: قد غفر لك فاستأنف العمل  
Barang siapa puasa di awal bulan rajab bandingannya seperti puasa satu bulan penuh. Dan barang siapa puasa tujuh hari (di bulan Rajab) maka tertuplah baginya ketujuh pintu neraka jahanam, dan barang siapa puasa delapan hari  (di bulan Rajab) maka dibukakan untuknya kedelapan pintu surga, dan barang siapa puasa sepuluh hari (di bulan Rajab) maka Allah swt akan mengganti semua amal buruknya dengan kebaikan, dan barang siapa puasa delapan belas hari (di bulan Rajab), maka akan dia akan mendapat panggilan dari langit “sungguh telah siampuni dosamu, maka mulailah lagi beramal”
Sebagain hadits menjelaskan bahwa imbalan yang disediakan oleh Allah swt untuk mereka yang berpuasa di hari pertama bulan Rajab adalah dijauhkan dari dosa-dosa sebagaimana jauhnya langit dan bumi.
Sedangkan shabat Anas bin Malik menyatakan:
عن أنس بن مالك يرفعه "من صام أول يوم من رجب كفر الله عنه ذنوب سنتين, ومن صام خمسة عشريوما حاسبه الله حسابا يسيرا ومن صام ثلاثين يوما من رجب كتب الله له رضوانه ولم يعذبه
Barang siapa berpuasa di awal bulan Rajab, Allah menggugurkan dosa yang dilakukannya selama dua tahun, dan barang siapa puasa selama lima belas hari di bulan Rajab Allah akan menghisabnya (nanti di hari kiamat) dengan hisab yang gampang. Dan barang siapa berpuasa tiga puluh hari selama bulan Rajab Allah akan meridhainya dan tidak menyiksanya.
Pada hari yang sama pula dulu Nabi Nuh as. dan para pengikutnya berpuasa ketika berada di atas perahu. Hal ini pernah dijelaskan Rasulullah saw:
عن سهل بن سعد رضى الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: ألا إن رجب من الأشهر الحرم, وفيه حمل الله نوحا فى السفينة, فصامه نوح فى السفينة وأمر من كان معه بصيامه فأنجاهم الله تعالى وأمنهم من الغرق وطهر الله الأرض من الكفر والطغيان بالطوفان.
Ingatlah bahwa Rajab adalah termasuk bulan yang mulia, pada bulan inilah Allah swt menaikkan Nabi Nuh as di atas perahu. Maka nabi Nuhpun berpuasa di atas perahu, demikian pula ia memperintahkan puasa semua pengkutnya. Allahpun menyelamatkan mereka (dari tenggelam) dan Allah membersihkan bumi ini dari kekufuran dan kekejian dengan banjir thufan.
Selain puasa-puasa yang tersebut di atas juga ada puasa istimewa pada tanggal 27 Rajab. Sebagaimana keterangan Rasulullah saw dalam haditsnya:
عن أبى هريرة رضى الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: من صام يوم السابع والعشرين من رجب كتب له ثواب صيام ستين شهرا وهو أول يوم نزل فيه جيبريل على النبي صلى الله عليه وسلم بالرسالة    
Barang siapa puasa pada hari dua puluh tujuh di bulan Rajab ditulis untuknya pahala puasa selama enampuluh bulan. Itulah hari pertama Jibril turun membawa risalah kepada Rasulullah saw”
Dalam hadits lain diterangkan pula:
عن أبى هريرة وسلمان الفارسى رضى الله عنهما قالا: قالرسول الله صلى الله عليه وسلم إن فى رجب يوما وليلة من صام ذلك اليوم وقام تلك الليلة كان له من الأجر كمن صام مائة سنة وقامها وهى لثلاث بقين من رجب وهو اليوم الذى بعث فيه نبينا صلى الله عليه وسلم.
Bahwa sannya dalam bulan Rajab ada satu malam dan satu siang istimewa, barang siapa yang berpuasa di siang harinya dan beirbadah di malam harinya, maka bagi orang tersebut ditulis pahala puasa seratus tahun lengkap dengan ibadah di malam harinya. Hari itu adalah hari ketiga ketrakhir dari bulan Rajab, yaitu hari diutusnya Nabi kita saw.


sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,52000-lang,id-c,ubudiyah-t,Puasa+puasa+Istimewa+di+Bulan+Rajab-.phpx

Fadlilah Sedekah di Bulan Rojab

===========
Fadlilah Sedekah di Bulan Rojab
===========
Fadhilah Sedekah di Bulan Rajab


Secara bahasa kata Rajab memiliki beberapa makna diantaranya mulia atau agung.  Demikianlah bulan ini dalam tradisi jahiliyah sangat dihormati. Sebagai bukti penghormatan tidak diperbolehkannya peperangan dalam bulan tersebut.  Makna yang lain adalah al-isti’dad  atau persiapan. Seperti sabda Rasulullah saw.
إنه ليرجب فيه خير كثير لشعبان
Sebaiknya disiapkan banyak kebaikan menjelang bulan sya’ban.
Sulthanul Auliya’ Syaikh Abdul Qadir al-Jailani menerangkan dalam kitabnya al-Ghunyah bahwa kata rajab terdiri dari tiga huruf ra’-jim-ba’. Masing-masing memiliki arti. Ra’ mengandung nilai Rahmatullah, jim mengandung nilai juudullah, dan ba’ mengandung nilai birrullah. Dengan demikian sepanjang bulan rajab mengandung nilai-nilai luhur yang dapat diperoleh mereka yang berniat bersungguh-sungguh meraihnya. Meraih rahmat tanpa ada bala, meraih kemurahan Allah dan meraih kebaikannya yang tak akan pernah kering. Hal ini sesuai dengan apa yang pernah disabdakan Rasulullah saw bahwa Rajab adalah bulan Allah saw:
عن ابن عباس رضى الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: رجب شهر الله وشعبان شهرى ورمضان شهرامتى
Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku (Rasulullah saw) dan Ramadhan adalah bulan umatku semu.
Demikianlah keistimewaan bulan rajab sehingga Rasulullah saw memberi prediket pada bulan ini dengan julukan syahrullah. Sungguh bulan ini merupakan bulan kemurahan Allah swt. beberpa hadits menunjukkan adanya pelipat gandaan pahala bagi mereka yang beramal pada bulan rajab.
عن عبد الله بن زبير رضى الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: من فرج عن مؤمن كربة فى شهر رجب وهو شهر الله الأصم, أعطاه الله تعالى فى الفردوس قصرا مد بصره ألا فأكرموا رجب يكرمكم الله عزوجل بألف كرامة
Barang siapa yang melonggarkan satu beban kehidupan sesama saudara mu’min di bulan Rajab, Allah akan membangunkan istana untuknya di surga firdaus yang luasnya sejauh pandangan matanya. Karena itu, muliakanlah bulan Rajab,pasti Allah akan memuliakanmu dengan seribu kemuliaan.
Begitu juga pelipat gandaan dalam sedekah di bulan Rajab Rasulullah saw bersabda:
عن عقبة عن سلامة بن قيس يرفعه الى النبى صلى الله عليه وسلم انه قال: من تصدق فى رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا من وكره فى الهوى حتى مات هرما. وقيل الغراب يعيش خمسمائة عام
Barang siapa bersedekan di bulan Rajab, maka Allah swt akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagain pendapat, umur burung gagak mencapai limaratus tahun. 


sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,52001-lang,id-c,ubudiyah-t,Fadhilah+Sedekah+di+Bulan+Rajab-.phpx

Amalan Berkhasiat menjauhkan si Bayi dari dosa besar zina sepanjang usianya

===========
Bacaan Ringan Jauhkan Bayi dari Dosa Berat Zina
===========
Bacaan Ringan Jauhkan Bayi dari Dosa Berat Zina
Menjadi orang tua bagi anak-anak sangat gampang. Ia boleh menunggu saja anak-anak keluar dari rahim istrinya atau memungut anak dari pangkuan panti asuhan dan rumah bersalin. Sedangkan menjadi orang tua yang berperan, susah-susah gampang. Dibilang gampang, kadang terkendala di tengah jalan. Dibilang susah, tetapi berjalan begitu saja.

Yang paling gampang, melantunkan lafal adzan di kuping kanan dan iqamah di telinga kiri bayi yang menjadi tugas orang tua pertama kali setelah anak lahir. Selain karena demikian perlakuan Rasulullah SAW terhadap Hasan dan Husein, tetapi juga lafal dua kalimat syahadat yang masuk ke lubang telinga bayi cukup melindunginya dari setan ibu-ibu yang suka ‘mengasuh’ bayi-bayi manusia. Ini jelas disabdakan Rasulullah SAW.

Setelah itu, para orang tua juga selayaknya mengantisipasi masa depan bayi sejak dini. Mereka dianjurkan membaca surah Al-Qadar di telinga kanan si bayi. Amalan ini berkhasiat menjauhkan si anak dari dosa besar zina sepanjang usianya kelak. Anggaplah sebagai pembuktian kasih sayang orang tua demi kepentingan masa depan bayi. Syekh Muhammad bin Ibrahim Al-Baijuri dalam Hasyiyatus Syekh bin Ibrahim Al-Baijuri ala Syarhil Allamah ibni Qasim Al-Ghazzi menerangkan.

و نقل عن الشيخ الديربي أنه يسن أن يقرأ فى أذن المولود اليمنى سورة إنا أنزلناه لأن من فعل به ذلك لم يقدر الله عليه زنا طول عمره. قال هكذا أخذناه عن مشايخنا

“Dikutip dari Syekh Dairobi bahwa dianjurkan membaca surah Al-Qadar di lubang telinga kanan bayi. Karena, bayi mana saja yang diperlakukan demikian niscaya dilindungi Allah dari dosa zina seusia hidupnya. Kata Syekh Dairobi, ‘Demikianlah amalan yang kami terima dari para guru kami’.”

Adapun susahnya memainkan peran orang tua yang baik seperti dikeluhkan banyak orang tua, saking banyaknya tidak perlu dikatakan di sini. Salah satunya boleh disebut; yakni menanamkan nilai-nilai agama kepada si anak agar tidak terjerumus dalam segala bentuk dosa kecil atau besar, termasuk zina. Tetapi secara umum, orang tua perlu kesabaran lebih untuk terus mendampingi dan mendidik anak. Wallahu A’lam. 
 
sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,51999-lang,id-c,ubudiyah-t,Bacaan+Ringan+Jauhkan+Bayi+dari+Dosa+Berat+Zina-.phpx

Sabtu, 17 Mei 2014

Keajaiban-keajaiban Selama Pemakaman Al-Syaikh Nadzim 'Adil al-Haqqoni

=============

Keajaiban-keajaiban Selama Pemakaman Al-Syaikh Nadzim 'Adil al-Haqqoni

Muslimedianews ~ Bismillahirrahmanirrahim. Inna lillahi wainna ilaihi raji’un. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakutuh. Innalladzina amanu wa ‘amilushshalihati kanat lahum jannatul firdausi nuzulan khalidina fiha la yabghauna ‘anha hiwala.

Wahai para pecinta, pengikut, murid-murid dari Sulthanul Auliya’ Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. Seperti sabda Nabi Saw. dalam hadits shahih: “Udzkuru mahasin mautakum.” Sebutkan kabar baik dari orang yang meninggal.

Jadi kami ingin berbagi dengan kalian semua karamah, mukjizat keajaiban dari Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. yang ditunjukkan kepada kita setelah kematiannya:

1.    Ketika dokter berkumpul untuk memutuskan mengangkat alat mekanik untuk bantuan pernafasan (respirasi), keputusan itu tidak terjadi di tangan mereka. Karena kejadiannya adalah sebaliknya, dimana Allah Swt. menunjukkan kasihNya kepada waliNya yang tulus dengan mengambil dengan lembut ruhnya sebelum dokter berusaha dan mencoba untuk mengangkat alat bantuan pernafasan sesuai keinginan mereka.

Tidak ada penjelasan medis mengapa tiba-tiba jantung Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. berhenti dan ruhnya meninggalkan tubuh fisiknya, sebelum tabung pernapasan diangkat. Ini adalah sebuah peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya, belum pernah dilihat bahwa oleh seluruh dokter sepanjang pengalaman karir medis mereka. Dengan cara ini, Kehendak Allah ditunjukkan sebagai perintahNya di atas kedokteran modern. Allah (Swt.) mengambil ruh Maulana ke Hadirat Ilahi dan kehadirat Nabi Saw. ketika Dia menghendaki.

2.    Di Siprus, terakhir kali hujan di bulan Mei adalah 42 tahun yang lalu dan juga di Timur Tengah. Namun hari dimana wafatnya Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. ada guntur dengan suara yang kuat dan kilatan petir yang membangunkan orang dari tidur mereka. Hujan lebat, tanpa henti, terjadi selama dua hari. Di laut, 2 atau 3 hari terjadi gelombang besar dan tiba-tiba laut menjadi tenang.

Bahkan di Mekkah dan Madinah, terlihat hujan jatuh pada waktu yang bertepatan dengan ruh Maulana meninggalkan tubuhnya. Sore itu, semua orang menyadari bahwa langit menangisi hilangnya seorang wali besar di dunia ini. Ini adalah rahmat kasih sayang Allah, bahwa hujan tersebut jatuh untuk menunjukkan betapa besarnya cinta Allah kepada hambaNya yang tulus dan suci.

3.    Meskipun terdapat begitu banyak jadwal maskapai penerbangan ke Siprus dari seluruh dunia setiap harinya, di hari itu semua penerbangan amat sangat padat dan tidak ada satu kursipun yang tersedia, karena permintaan yang demikian besar dari murid Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. yang datang dari seluruh dunia untuk memberikan penghormatan terakhir.

4.    Banyak orang menyaksikan kejadian luar biasa selama penguburan Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. di masjid di Lefke. Kami telah menggali kuburan yang sangat besar sekitar 4 meter (12 kaki) panjangnya. Empat orang berdiri di dalam kuburan untuk menempatkan tubuh suci Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. di dalamnya. Ketika mereka membawa tubuhnya tercinta ke dalam kuburan, tubuh itu terasa sangat ringan, seolah-olah membawa sebuah bulu.

Ketika mereka meletakkan tubuhnya yang suci turun ke dalam makam, secara ajaib tubuhnya seperti mengembang untuk mengisi kubur dari satu ujung ke ujung lainnya! Kepalanya menyentuh satu ujung dan kakinya menyentuh batas yang lain, padahal ukurkan kuburan itu lebih dari 4 meter. Ini adalah untuk menunjukkan semua yang hadir bahwa Maulana mewarisi dari tradisi kenabian yaitu menjadi sosok dan ukuran melebihi manusia normal.

Tidak pernah ada yang melihat saat pemakaman bahwa tubuh akan memanjang sehingga makamnya hampir tidak cukup . Mungkin jika kita memperluas kuburnya sampai 10 meter, maka tubuh Maulana mungkin akan memanjang untuk mengisi seluruhnya. Itu adalah sebuah tanda besar bahwa ia benar-benar pewaris Nabi Muhammad Saw.

5.    Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. telah mendapatkan cinta dan rasa hormat yang besar dari begitu banyak pemimpin dunia, keluarga kerajaan, dan rumah, zawiyah yang besar dan masjid penuh dengan pejabat terhormat. Banyak surat kabar dan stasiun televisi di seluruh dunia meliput pemakaman Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. Selama masa kehidupannya beliau berbicara tentang kehidupan yang mulia, untuk mempromosikan toleransi beragama dan rasa hormat, mengutuk terorisme dan ekstremisme dan memperluas tangannya untuk persaudaraan kepada umat setiap agama. Dia bahkan memiliki kesempatan untuk bertemu dan merangkul Paus Benediktus XVI pada kesempatan kunjungannya ke Siprus pada tahun 2010. Ini merupakan tanda penting bahwa Allah menghormatinya baik di dunia dan di akhirat.

Selama hidupnya, Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. sering muncul di TV di seluruh dunia. Dari masa kecilnya Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. selalu mendorong untuk memperluas komunikasi secara terbuka dan hubungan persahabatan dengan semua orang, bahkan bagi mereka yang berbeda pendapat. Dia selalu berusaha bekerja sama dengan orang lain demi manfaat kemanusiaan dan untuk menciptakan dunia yang lebih damai.

Sebelum ia meninggalkan dunia yang sementara ini, ia menanam di hati pengikutnya dan di hati manusia yang tak terhitung jumlahnya bahwa cinta dan kasih sayang yang ia buktikan dan jalankan begitu terkenal luasa sehingga mereka bisa membawa warisannya ke depan.

Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs. mendirikan pusat-pusat dzikir sufi yang tak terhitung jumlahnya di hampir setiap negara di dunia. Dimana mereka mengajarkan kesadaran, berbagai terapi ruhani dan program pendidikan lainnya yang mempromosikan perdamaian, cinta dan kebahagiaan. Ia menolak segala bentuk ekstremisme dan radikalisme, dan diwujudkan ajaran Nabi Saw. bahwa “kita Muslim adalah umat yang moderat”.

Malam ini adalah hari dzikir, Kamis malam Jum’at pertama setelah pemakaman Syaikh Nadzim Qs. Silakan mengambil kesempatan ini untuk berbagi kejadian ajaib ini dan kenangan lain yang Anda miliki dari Syaikh kita cintai dengan orang lain, terutama dengan mereka yang mungkin tidak memiliki kesempatan dan kebahagiaan untuk mengenalnya.

Hal ini juga penting untuk diingat ketika kalian berdoa dan ketika dzikir, pastikan untuk menghubungkan hati kalian kepada orang-orang yang kalian cintai, menghubungkan hati kalian kepada Allah Swt., NabiNya Saw., Auliya’Nya. Jangan mendengarkan gosip yang menyebabkan kebingungan, tapi tetap fokus pada orang-orang yang kita cintai dan terus mengingatnya.

Atas nama Sufilive, Isalmic Supreme Council of Amerika, dan banyak organisasi yang berafiliasi di seluruh dunia, kami mendorong semua orang untuk mengikuti jejak Maulana Syaikh, dan menerapkan ajaran-ajarannya tentang cinta, perdamaian dan persaudaraan penerimaan/persaudaraan kemanusiaan. (Disampaikan oleh Syaikh Muhammad Hisyam Kabbani, murid sekaligus menantu Maulana Syaikh Muhammad Nadzim Adil Haqqani Qs.).

Info tambahan:

Akhir pekan ini Pangeran Charles akan berziarah ke makam Syaikh Nadzim Haqqani. Menurut Syaikh Nadzim, Pangeran Charles telah memeluk Islam tetapi secara rahasia, dan diberi nama Pangeran Hussain. (Sumber : www.worldbulletin.net).

Kunjungi www.facebook.com/muslimedianews Sumber MMN: http://www.muslimedianews.com/2014/05/keajaiban-keajaiban-selama-pemakaman.html#ixzz31zDPfejA