ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 15 Februari 2014

Pulang Ke Rohmatulloh: Sang Maha Guru KH. Zainal 'Abidin Bin KH.Munawwir (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta)


=========

(اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ)Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, KH. Zainal Abidin Munawwir, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta, wafat pada maghrib sekitar pukul 18.30, Sabtu (15/2).
"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Sang Guru KH. Zainal Abidin Krapyak Yogya, wafat. Allahummaghfir lahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu." tulis akun twitter KH. Mustofa Bisri (@gusmusgusmu).

Hal serupa juga dilaporkan NU Online, menginformasikan kepergian KH. Zainal Abidin.
"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Indonesia, khususnya warga Nahdlatul Ulama kehilangan kiainya. Telah wafat "songgone langit" Simbah KH Zainal Abidin Munawwir pada maghrib sekitar pukul 18.30, Sabtu (15/2)." Tulis NU Online.
Almarhum insya Allah akan dikebumikan Pemakaman Sorowajan (Selatan Krapyak), Yogyakarta, Ahad (16/2) siang sekitar pukul 14.00.

Sementara itu KH Hafidz Abdul Qodir Munawwir, salah satu pengasuh PP Al-Munawwir, menjelaskan, mbah Kiai Zainal menghembuskan nafas terakhir di kediamannya, Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Sebelumnya sempat dirawat di RSUP Dr Sardjito sekitar 10 hari.
"Segenap umat Islam, khususnya para alumni Krapyak di mana saja, dimohon doanya untuk mbah Kiai," lanjut Gus Hafidh.
Kiai Zainal  merupakan putra pendiri PP Al-Munawwir, KHM Moenawwir. Almarhum meninggalkan seorang istri, Hj Ida Fatimah, dan tiga putra, yakni Muhammad Munawwir, Muhammad Khoiruzzad, dan Khumairoh.

Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Amin. Lahul Fatihah. (NU Online/KR/RMI NU, Media Pesantren)

=========

H Zainal Abidin Munawwir, Pengasuh pondok pesantran Al Munawwir Krapyak selama ini dikenal sebagai salah satu kyai besar yang disegani di kalangan NU. Selama ini ia dikenal sebagai pengajar di Pondok Pesanten Al-Munawwir Krapyak dengan jumlah santri mencapai 4.000 orang.

Paman dari mertua ?Anas Urbaningrum ini dikenal sebagai seorang tasawuf yang istikomah dalam mengajar santri-santrinya. Sejumlah nama yang pernah belajar ilmu dari beliau antara lain KH Mustofa Bisri (Gus Mus), Said Agil Siroj, Masdar Farid hingga KH Ashari Abta.

Semasa hidup beliau pernah menjadi anggota DPRD DIY tahun 70an. Pernah juga menjadi anggota pengurus pusat NU, penasehat Perkumpulan Tariqah Indonesia, serta organisasi keagaman lainnya,
"Selama masih sehat beliau tidak pernah absen menjadi imam sholat lima waktu. Pasti selalu mengimami. Beliau juga merupakan pendidik yang selalu disiplin dalam mengajar. Gak banyak bicara. Istikomah bahkan satu orang murid saja tetap diajar. Kitab karya karya beliau terhitung sudah belasan," ujar cucu ponakan almarhum, Kyai Afif Muhammad Hasbullah.

KH Zainal Abidin Munawir sendiri meninggal dunia di kediaman beliau kompleks pondok pesantren Krapyak sekitar pukul 18.30 WIB sore tadi. Almarhum meninggal di usia 85 tahun setelah mengalami sakit tua sejak lama dan sebelumnya sempat dirawat di RS Sardjito Yogyakarta.

Almarhum meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak. Rencananya almarhum akan dimakamkan di kompleka pemakaman Sorowajan, Krapyak, Minggu (16/02/2014) pukul 14.00 WIB.
=============
 Mendengar kiainya wafat pada hari Sabtu (15/2) ba’da magrib, para santri Krapyak dan sekitarnya khususnya yang berdomisili di Yogyakarta berbondong-bondong untuk datang melaksanakan shalat jenazah.

Komplek Pesantren Krapyak, dipenuhi para santri dan masyarakat yang ingin melaksanakan shalat jenazah untuk KH. Zainal Abidin Munawwir. Shalat jenazah dilaksanakan mulai sekitar pukul 20:30 WIB.

Seraya ditemani dengan bacaan Surat Al-Ikhlas, para santri silih berganti memasuki ndalem untuk melaksanakan shalat jenazah. Petugas yang mengatur jalannya shalat jenazah pun kewalahan, karena saking banyaknya santri dan masyarakat yang ingin melaksanakan shalat jenazah.

Mengantisipasi antrian panjang para santri yang ingin shalat jenazah, tepat pada jam 22:00 WIB, jasad KH. Zainal Abidin Munawwir dipindahkan ke Masjid Pesantren Krapyak. Usai dipindahkan ke masjid, para santri yang belum melaksanakan shalat jenazah, kini dapat menjalankannya dengan jumlah jamaah yang lebih banyak.

KH. Zainal Abidin Munawwir merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Semoga amal ibadahnya diterima disisi-Nya, Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar