ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 21 Agustus 2018

Silsilah Emas Nasab Mulia Mbah Maimun Zubeir Sarang Jateng:




Copas dari Group WA:

📜Silsilah al allamah mbah maemun sarang
 💠

Bismillah wal hamdulillah wassholatu wassalamu 'ala Rosulillah wa 'ala alihi wa shohbihi waman tabi'a hudaah,amma ba'dah :

Setelah beristikhoroh saya beranikan menulis silsilah ini,semoga mendapat ridho beliau Syekh maemun,kemudian mengutip satu kata annassabah syarif ya'kub alkutbi alhasani ketika mentahrir nasab "jika silsilah nasab ini benar maka sesungguhnya hal itu berasal dari ALLAH,jika ada salah,tentu hal tersebut sebab kedho'ifan penulis".

Mbah maemun bin kyai zuber bin kyai dahlan bin mbah carik waridjo bin mbah munandar bin kyai puteh podang (desa lajo singgahan tuban) bin kyai imam qomaruddin (dari blongsong baurno bojonegoro) bin kyai muhammad (macan putih gresik) bin kyai ali bin kyai husen (desa mentaras dukun gresik) bin kyai abdulloh (desa karang jarak gresik)bin pangeran pakabunan bin panembahan kulon bin sunan giri bin maulana ya'kub/pangeran wali lanang (kakak ipar syed ibrohim bin syed jamaluddin husein) bin maulana abu ishaq/panembahan agung atas angin/maulana muhammad yusuf alqodiri aljilani (mertua syed ibrohim bin syed jamaluddin husein azmatkhan, mufti kerajaan perlak aceh sebelum menjadi satu dengan kesultanan samudera pasai),dan bin.. seterusnya sesuai tahqiq syekh mahmud aljilani madinah.wallohu a'lam

📚 Mashodir silsilah PP al anwar,silsilah mbah iban jatirogo dan mbah syarbini nglaju singgahan,silsilah keluarga kyai macan putih gresik milik kyai miftahurrohman gresik,mashodir silsilah wan shogir wan abdullah,serat walisana sunan giri II,ranji nasab keturunan sunan giri madura,almadkhol habib alwi bin thohir alhaddad mufti johor,silsilah syekh hasanuddin karawang yang di tahqiq oleh syekh mahmud aljilani madinah.

Di himpun dan di tulis oleh almuftaqir ila da'awatihi wa da'awatihim

Yusuf futuwwah alidrisi alhasani /@⁨Futuwwah⁩

Ramai Diskusi di Group WA sbb:

[22/8 00.29] : Saudara para munsib dan anggota Naat monggo kita diskusikan tahkik beliau ini menganai sunan giri mansub ke al jilani al hasani

[22/8 00.29] : Maulana yusuf al jilani al hasani
maulana abu ishaq
maulana ya'qub
SUNAN GIRI.


Begitu?
[22/8 00.29] : Le jeh kapelangan sengko'. Cb lengkapnya smp rasulullah bgmn?

[22/8 00.29] : Kita tunggu @⁨Futuwwah⁩ papar kan alasannya kenapa beliau tahkik al jilani.. Bagaimana dengan data data madura dan beberapa babad yang sudh mashur bahwasanya Maulana ishak bin jumadil kubro

[22/8 00.29]: Klu sampe rosululloh blm tak tuliskan dulu,sbb ada 4 jalur,nah yg benarnya tentu kita orang jgn buru2

[22/8 00.29] : Klu sunan giri kedua menyebut kakeknya adalah ya'kub,tentu 90 persen seorang cucu gak salah,

[22/8 00.29] : Tak hubungkan ke aljilani sbb nasab syekh quro karawang adalah bin muhammad yusuf seperti silsilah yg sudah ana tuliskan,dan sependapat dgn wan shogir yg di maksud dgn muhammad yusuf adalah maulana abu ishaq,kakek sunan giri,maulana abu ishaq berputra ya'kub,ishaq awwal/imam semarang,kholifah husen,ishaq tsani,maulana maghribi,maulana ghoribi,

[22/8 00.29]: Nasab syekh quro yg sudah di tahqiq syekh mahmud madinah adalah,syekh quro hasanuddin bin muhammad yusuf bin abdul aziz bin abdulloh hasyim bin abduljabbar bin sholeh,sampe di sini ana gak sependapat jika lgsg bin syekh abdul qodir aljilani,seperti halnya nasab syekh ishom aljilani kebumen terbukti kurang beberapa orang lagi baru bin syekh abdul qodir,

[22/8 00.29: ini ijtihad saya dan berdasar referensi,namun bisa salah dan bisa juga benar,tetapi secara pribadi tentu saya akan memakai hasil ijtihad saya

[22/8 00.29] : Berapa generasi sunan giri ke rasulullah?

[22/8 00.29] : Syekh abdul Qodir al jilani memang putra yang bernama sayyid soleh.

[22/8 00.29] : Yg itu jg sudah benar,cuman setelah nama sholeh ada 4 jalur lagi yg salah satu dari 4 ini merupakan lanjutannya,

[22/8 00.29: misalnya

Syekh abdul Qodir al jilani
soleh
abdul jabbar
hasyim
abdullah
abdul aziz
muhammad yusuf
hasanuddin syekh Quro


Cuma 8 generasi.
[22/8 00.29] : Nah itu dia,8 generasi ini tentu kurang meyakinkan,sebenernya setelah nama sholeh ini, 4  urutan silsilahnya jg sudah ada,tinggal ikhtiyar mana salah satunya yg harus di ambil,tentu ana gak bisa asal atau buru2

[22/8 00.29] : Sudah tak tulis nomer2 sesuai level generasi ke berapanya jika di hitung dari habibina muhammad sholla alaihi wa ala alih

[22/8 00.29] : Setelah proses tahrir ini bagi ana yg azmatkhan adalah keturunan sunan ampel dan yg terkait,sunan giri dan sunan gunung jati ,bagi ana ikutnya alhasani

[22/8 00.29] : Maksud ana untuk sunan giri dan sunan gunung jati adalah ikut alhasani

[22/8 00.): Waaah ini bisa berseberangan dg data rabithah alawiyah.

[22/8 00.29] : Keturunan al jilani paling dekat 25 sedangkan rata rata 26-28.

[22/8 00.29] : Gersik sendiri Maulana ishak bin syekh jumadil kubro

[22/8 00.29] : Dalam beberapa data maulana ishaq bin jumadil kubro
Babad

[22/8 00.29] : Dr Rasulullah apa dr syekh abdul qodir?

[22/8 00.29] : Syeh Abdul qodir al jilani

[22/8 00.29] : Saya dengar langsung dari mbah maimun, bahwa kakek beliau namanya mbah walijo (bukan warijo) asal madura

[22/8 00.29] : bukan karena beliau sdh sepuh kyai ? shg tdk bisa melafadzkan Ro' ???

[22/8 00.29] : Semua putra beliau jg nyebut walijo

[22/8 00.29] : Cuma beliau bilang tidak tau nasab walijo, taunya hny asal madura.

[22/8 00.29] : Kalo garis perempuamnya ke pangeran pelakaran.

[22/8 00.29): Saya smpt bersitegang dg beliau selama 2 jam  krn awalnya beliau nolak berdirinya ikazi, stlh diakusi n saya jelaskan visi misi ikazi maka beliau mndukung n merekomendasikan agar saya nemui kiyai2 yg beliau kenal nasabnya.

[22/8 00.29] : Pertemuan saya dg beliau disaksikan oleh Gus Rouf Maimun n bbrp kiyai yg bersama saya.

[22/8 00.29] : Abah saya alumni sarang (santri k imam kholil), saya jg prnh mondok 4 bulan di sarang (k umar imam), jadi bayangkan saja, betapa beratnya saya harus "berdebat" dg k maimun. Cangkolang e jeh-kajeh 😃

[22/8 00.29] : Khususnya ketika bahas garis perempuan. Tapi beliau kmudia tertawa n mndukung saya

[22/8 00.29] : Awalnya beliau bilang gini: Saya mah cum punya nasab dari garis prempuan..

[22/8 00.29] : Mksd beliau nasab yg tercatat

[22/8 00.29] : Beliau mengutip syair BANUNA BANU ABNAINA..

maka saya bilang: Itu kan syair jahiliyah kiyai. Beliaupun tertawa sedikit terbahak.

[22/8 00.29] : Kemudian saya bilang:
Apakah njenengan terima kalau ada yg bilang bahwa cucu njenengan yg dari putri njenengan itu bukan keluarga njenengan?
Blm menjawab "tidak"

Maka saya bilang "apalagi rasululullah, fainnahu arhamu minna"

Beliaupun mengangguk2
[22/8 00.29] : Saya akrab dg Gus Kamil maimun krn beliau temen sekelas saya di mekah

[22/8 00.29] : Gus Najih maimun kenal tapi ga akrab, gus rouf adik kelas di mekah. Jadi kalo ada yg mau krsocek ke k maimun bisa saya bantu.

[22/8 00.29] : SGJ alhasani juga?

[22/8 00.29] : Monggo kyai...
[22/8 00.29] : Beberapa data pendukung bahwa Maulana ishak bin jumadil kubro

1 babad giri kedaton
2 babad gersik
3 babad demak ( Pesisir)
4 kitab Sendeng al ihsani
5 khilaf keterangan pengarang syamsud Dzohiroh
6 kitab ahlal mustamaroh
7 silsilatul nasail bani tokolong.

[22/8 00.29] : @⁨Futuwwah⁩ adalah kerabat dari ibu mbah mun

[22/8 00.29] : Di sini jg ada nama abdullah bin pangeran pakabunan .
Abdullah desa karang jarak gresik , itu makam apa tempat tinggal?

Apa abdullah lembung prnh di geresik ya ?
😵😵😵

[22/8 00.29] : Menurut gus idror maimun kepada saya waktu beliau kerumahku saat pernikahan adikku..  beliau keturunan badrul jamal -  Pangeran sumedang - sunan gunung jati..

[22/8 00.29] : Makanya beliau berani mentahkik silsilah mbah mun hanya saja perlu sinkronisasi dengan data madura sebab dari jalur khotib pakebunan alias khotib mantoh. Sedangkan semua data merujuk kepada jalur Maulana ishak bin jumadil kubro. Naa tahkik beliau beda makanya saya tarik ke sini.

[22/8 00.29] : Kakek kan bisa juga dari ibu, mungkin dari ibunya sunan Giri yg ke aljailani

[22/8 00.29] : Raja pandita beristri ke madura
Sama...

[22/8 00.29] : Tidak sepakat al afwu.. yang alhasani adalah menantunya syarif hidayatullah.. nggk mungkin leluhur kami berdusta dalam menjaga data

[22/8 00.29] : Data keraton kesepuhan dan kanoman kan di jaga. hingga ada munsibnya.

[22/8 00.29] : Yang al jailani nusantara dalam data kami adalah syeikh quro karawang, pangeran jayakarta dan dipati ukur.. jadi kami tidak menggeneralisir syarif hidayatullah ikut di alhasani kan

[22/8 00.29] : Termasuk ibundanya Sultan Ageng Tirtayasa Banten juga al jailani alhasani.. tapi garis laki kami tetap azmatkhan

[22/8 00.29] : Kami tidak berani mengubah2.. dan kami objektif mana saudara yang alhasani dan mana yang azmatkhan.. 🙏

[22/8 00.29]: Jalur aceh.. selain ke alhasani juga terkait tautan ke al husaini jalur muhammad dibaj bin ja'far shadiq...

[22/8 00.29] : Nanti saya coba komunikasi lewat WA dg gus idror..

[22/8 00.29] : Kher.. ana hargai hasil ijtihadnya tapi sebaiknya .. leluhur garis laki ana jangan ikut di aljailani kan.. cukup leluhur garis ibu ana.. 😇🙏🙏

[22/8 00.29] : Krn data riwayat turun temurun tercatat detail di museum .. leluhur garis laki kami dari Azmatkhan Al Husaini 🙏🙏

[22/8 00.29] : Jadi beliau2 dan mungkin para dulur2 disini yang ada tautan ke ibunya raden patah demak.. ada tautan silsilah ke syeikh abdul qodir al jailani al hasani..

[22/8 00.29] : Afwan.  Kl syyd yusuf kali anget.  Itu menurut yg kami dengar msh keturunan dr syeh ABD.  Kodir.  AL jailani apa benar bgtu.?

[22/8 00.29] : Beliau anggawi al hasani beda jalur dnwgan al jilani al hasani

[22/8 00.29] : Yang keturunan raden fattah demak maka ada darah al jilani seperti Banten dan Cirebon.

[22/8 00.29] : Tapi untuk Maulana ishak ana tahkik azmatkhan bukan al jailani.

[22/8 00.29] : Ibunya raden patah bernama cina siu banci.. tapi marga cina tersebut nurun dari garis ibu beliau yang bernama *Siu Teyo*.. artinya ibu rd. Patah blasteran arab cina.. cinanya dari garis ibunya.

[22/8 00.29] : Bisa jadi sunan giri bilang kakek itu dari pihak ibu atau bukan kakek bapaknya bapak tapi bisa jadi buyut.

[22/8 00.29] : Kher.. kalo ttg Sunan Giri ana serahkan pada zuriat pancer nasab Sunan Giri.. tapi kalo Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati .. kami udah ada patokan data banten, cirebon dan kelantan Malaysia dan Pattani Thailand Selatan segaris laki dari Ali Nurul Alam bin Jamaluddin Akbar.. intinya garis laki keluarga kami ke Azmatkhan.. dan kami mengenal cabang keluarga kami yang al hasani.. jadi tidak bisa digeneralisir... ada yang azmatkhan dan ada yang al jailani alhasani 🙏🙏

[22/8 00.29] : Semua al husaini.. pasti ada tautan ke al hasani.. tapi yang dari al hasani belum tentu ada ke al husaini.. maka ketika ada tautan ke alhusaini.. maka disebut alhasani alhusaini.. contohnya adalah sy abdul qodir al jailani yag garis bapak alhasani dan ibunda beliau al husaini..

[22/8 00.29] : uto data walisongo ke atas kita ikut yg masyhur saja, bila ditemukan data baru yg kemungkinannya lbh valid, harus dirubah melalui seminar nasional... krn turunan walisongo itu tdk bertumpuk di satu titik.. sdh menyebar se indonesia.

[22/8 00.29] : selama belum ada keputusan baru, kita pake data lama yg masyhur

[22/8 00.29] : Sepertinya kak kiai ilzam masih ada ragu juga ketika ada data pembanding bahwa sunan giri merupakan trah Sultonul awliya syekh abdul Qodir al jilani. hehehe

[22/8 00.29] : saya tetap meyakini bahwa sunan giri pancer ke maulana jumadil qubro

[22/8 00.29] : Beliau Generasi ke 19 dari rasul.. turunan rasul generasi ke 18.

[22/8 00.29] : Kalo turunan generasi 1 dari rasul kan fathimah (rasul 0 fathimah 1).. maka muhammad yusuf sidiq turunan generasi ke 18.

Kalau rasul di no 1.. sebagai generasi ke 1 maka muhammad yusuf sidiq di generasi ke 19

[22/8 00): Kher.  Maka muhammad yusuf sidiq turunan generasi ke 18.. beliau bersaudara ipar dengan jamaludin akbar al husaini yang turunan rasul generasi ke 20. Selisih 2 generasi dengan saudara ipar nya...

[22/8 00.29] : berarti 18

[22/8 00.29] : Kalau terlalu dekat.. perhitungan antum kurang berapa nama bib ?

[22/8 00.29] : tapi kalo dilhat dari rata rata keturunan sekarang dari qutub jailani pas ya syarif, sebat rata rata pailing dekat 25 dan paling jauh 28.

[22/8 00.29] : kao sekarag ada al jilani cuma 20 generasi ke qutb jailnai secara ini bisa di katakan lemah

[22/8 00.29): Wah kejauhan.. krn beliau masuk nusantara lebih awal dari para walisongo.. kalau generasi sedemikian sepantar dengan para walisongo.. al afwu.

[22/8 00.29] : Masuk akal klo syekh Quro generasi ke 18 dari sultonul awliya.

[22/8 00.29] : la pas jamane sunan giri laan.

[22/8 00.29] : Abuya Sayyid Ahmad bin Muhammad Al-Maliki Al-Hasani beliau generasi ke-30.

[22/8 00.29] : naaa wallahu a'lam kak kiai kalo begitu

[22/8 00.29] : Sejarahnya jelas.. anak m. Yusuf sidiq yakni syeikh quro adalah guru dari kakek dan nenek sunan gunung jati dari pihak ibu.. kalo turunan generasi ke 23.. yusuf sidiq akan segenerasi dengan sunan gunung jati bib

[22/8 00.29] : Tapi diragukan oleh seorang ulama aljailani jg, mungkin ada nama2 yg saqath (terlewat dlm catatan)

[22/8 00.29] : Syed jumad itu turunan rasul generasi ke 20 bib.. dan yusuf sidiq itu lebih senior dari sy jumadil kubro

[22/8 00.29] : Kalo yusuf sidiq jadi 23 malah segenerasi dengan sunan gunung jati.. kurang pas hitungannya .. al afwu🙏

[22/8 00.29] : Sunan gunung jati turunan rasul generasi ke 23.. atau kalo rasul no 1 sbg generasi ke 1 maka bliau di generasi ke 24.

[22/8 00.29] : Nama syarif sholeh di sebut dlm qolaaidul jawahir,oleh syed murtadho zabidi dlm musyajjar kassyaf tidak di sebut,afwan ana off dulu 🙏

[22/8 00.29] : Kesimpulannya.. ana rasa dengan sudah ketemu nama abdul jabar.. jadi data kami menurut kami sudah lengkap sanadnya.. krn sudah sinkron sesuai penjamanan sejarah dan pantaran segenerasi dengan kluarga azmatkhan al husaini

[22/8 00.29] : Menurut saya, referensi utama nasab seseorang itu adalah catatan atau riwayat yg dipegang n disepakati oleh keturunannya sndiri, tidak bisa dipermasalahkan berdasarkan catatan org lain yg bukan kturunannya, apalagi tdk jelas siapa yg menulis catatan itu.

[22/8 00.29] : Bayangkan saja kalo kejadian sprti itu terlulang sampai 4 kali dalam nasab 40 generasi, pasti selisihnya bisa 10 di masa yg sama.

[22/8 00.29]: Jadi ga aneh kalo ada habib skrg genersi 41 n yg lain generasi 30.

[22/8 00.29] : abah saya dan umi saya selisih 6 generasi padahal sama sama keturunan dari muhammad asadullah bin hasan aturobi

[22/8 00.): Jadi menolak nasab krn generasinya selisih jauh dg keluarga yg lain itu ga ilmiyah sama sekali.

[22/8 00.29] : Utk seorang kluarga walisongo cukup diliat antara dia n walisongo, berapa tahun jaraknya dibagi dg jumlah generasinya. Misalnya ada yg lahir tahun ini n tercatat generasi ke-6 dari sunan ampel maka itu bisa dipertanyakan, krn berarti setiap nama dlm nasabnya masing2 melahirkan anak ketika umur 90 tahun.

[22/8 00.29]
: Dibikin rata2

[22/8 00.29] : Mustinya lebih dr 10-15 generasi jika hidup di jaman sekarang

[22/8 00.29] : untk wali songo yang kemadura dari 3 sunan ambil rata ratanya saja berapa generasi sekarng dan rata rata 15-17 untuk yang umur 30an

[22/8 00.29] : sampai 40an.

[22/8 00.29] tungan generasi itu bisa dibuat hujjah ktika ga masuk akal, yaitu hujjah utk menolak. Bukan hujjah utk membenarkan walaupun sangat wajar.

[22/8 00.29] : Sekedar cerita sebenernya ini ana sedang mencari puing2 keluarga aljilani jg almaghribi yg menurut ami muhsin anggawi sudah beliau simpan sejak lama,sekitar ada 6 generasi,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar