ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 06 Agustus 2011

Pendapat Para Imam dan Muhaddisin Mengenai Perayaan Maulid Nabi SAW

persolan mengenai maulid Nabi SAW
==========================
Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W´. Ketika kita membaca kalimat ini maka didalamhati kita sudah tersirat bahawa kalimah ini akan langsung membuatkan alergik bagi sebahagianmuslim, saya akan merungkai penjelasannya secara Aqlan wa syara¶n (logic dan syariah).Sifat manusia cenderung merayakan sesuatu yang membuatkan mereka gembira, samaadakeberhasilan, kemenangan,kekayaan atau lainnya, mereka merayakannya dengan pesta, mabuk-mabukan, berjoget besama, wayang, lenong atau apa jua bentuk pelempiasan kegembiraan yanglainnya, demikianlah adat istiadatdi seluruh dunia. Sampai disini saya jelaskan dahulu bagaimanakegembiraan atas kelahiran Rasulullah S.A.W.

Allah Merayakan Hari Kelahiran Para Nabi-Nya.
-----------------------------------------------
Firman Allah : ³(Isa berkata dari dalam perut ibunya), salam sejahtera atasku, di harikelahiranku, dan hari aku wafat, dan hari aku dibangkitkan.(QS. Maryam:33)


Firman Allah : Salam sejahtera dari kami (untuk Yahya a.s) dihari kelahirannya, dan hariwafatnya dan hari ia dibangkitkan . (QS. Maryam:15)


Rasulullah S.A.W lahir dalam keadaan beliau sudah dikhitankan (Al-Mustadrak A¶laSahihain hadits No 4177).


Berkata Ustman Bin Abil Ash Asstaqafiy dari ibunya yang menjadi pembantu Aminah(ibu nabi), ketika ibu nabi mulai saat melahirkan, dia( ibu Ustman) melihat bintang- bintang mendekat sehingga ia takut berjatuhan di atas kepalanya, lalu ia melihat cahayaterang benderang keluar dari ibu Nabi hingga membuatkan bilik dan rumahnya terang benderang.(Fathul Bari Al-Masyhur juz 6 hal 583)


Ketika Rasulullah S.A.W lahir ke muka bumi beliau terus bersuud. (Sirah Ibnu Hisyam).


Riwayat Sahih dari Ibnu Hibban dan Hakim bahawa Ibu Nabi S.A.W saat melahirkan baginda melihat cahaya terang benderang hingga pandangannya menembus dan melihatistana-istana Romawi.( Fathul Bari Al-Masyhur juz 6 hal 583)


Malam kelahiran Rasulullah S.A.W itu runtuh singgahsana Kaisar Kisra, dan runtuh pula14 buah jendela besar di Istana Kisra, dan padamnya api Kaisar Parsi yang 1000 tahun tidak pernah padam. (Fathul Bari Al-Masyhur juz 6 hal 583. Kenapa kejadian ini dimunculkan oleh Allah S.W.T? Kejadian-kejadian besar ini muncul menandakan kelahiran Nabi S.A.W, dan Allah S.W.T telah merayakan kelahiran Muhammad Rasulullah S.A.W di alam ini, sebagaimana Allah telah membuat salam sejahtera pada kelahiran nabi-nabi sebelumnya.

Rasulullah S.A.W Memuliakan Hari Kelahiran Baginda
====================================================
Ketika Baginda ditanya mengenai puasa dihari Isnin, Baginda menjawab : ³itu adalahhari kelahiranku dan hari aku dibangkitkan´ (Sahih Muslim hadis no 1162), dari hadis inisebahagian saudara-saudara kita mengatakan merayakan maulid boleh asalkan dengan berpuasa.Rasulullah S.A.W jelas-jelas member pemahaman bahawa hari Isnin itu berbeza bagiBaginda daripada hari-hari yang lain dan hari Isnin adalah hari kelahirannya. KeranaBaginda tidak menjawab misalnya: ³oh puasa hari Isnin itu mulia dan boleh-bolehsahaja«.,´namun Baginda bersabda, ³ itu adalah hari kelahiranku´ menunjukkan bagi Nabi S.A.W hari kelahiran baginda ada nilai tambah berbanding hari-hari lainnya.Contoh mudah misalnya , Zeyd bertanya pada Amir: ³bagaimana kalau kita berangkatumrah pada 1 Januari´? Maka Amir menjawab, ³ oh itu hari kelahiran saya´. Nah, bukankah jelas-jelas bahawa Zeyd memahami bahawa 1Januari adalah hari yang berbeda dari hari-hari lainnya bagi Amir? Dan amir menyatakan dengan jelas bahawa 1Januari adalah kelahirannya dan bererti Amir adalah orang yang perihatin terhadap harikelahirannya. Kalau Amir tidak acuh denagn hari kelahirannya maka ia pastilah tidak perlu menyebut-nyebut 1 januari adalah hari kelahirannya. Dan Rasulullah S.A.W tidak memerintahkan puasa hari Isnin untuk merayakan hari kelahirannya. Pertanyaan sahabatini berbeza maksud dengan jawapan baginda yang lebih luas dari sekadar pertanyaannya,sebagaimana contoh diatas, Amir tidak memerintahkan umroh pada 1 Januari kerana ituadalah hari kelahirannya, maka mereka berpendapat bahawa boleh merayakan mauledhanya dengan puasa sahaja maka tentunya dangkal dalam pemahaman ilmu bahasa.Orang itu bertanya tentang puasa Isnin, maksudnya boleh atau tidak? RasulullahS.A.W menjawab hari itu adalah hari kelahiranku, menunjukkan hari kelahiran Bagindamempunyai nilai tambah pada peribadi Baginda, sekaligus diperbolehkan berpuasa padahari tersebut.Maka jelaslah sudah Nabi S.A.W termasuk yang perihatin pada hari kelahiran Bagindakerana memang merupakan sejarah bermulanya kebangkitan Islam.

Sahabat memuliakan hari kelahiran Nabi S.A.W
================================================
Berkata Abbas Bin Abdul Mutalib R.A : Izinkan aku memujimu wahai Rasulullah«´maka Rasul menjawab: ³Silakan«maka Allah akan membuat bibirmu terjaga´ makaAbbas memuji dengan syair yang panjang diantaranya ialah :³«..dan engkau (wahai nabi) saat kelahiranmu maka terbitlah cahaya di bumi hinggaterang benderang, dan langit bercahaya dengan cahaya mu, dan kami kini dalam naungncahaya itu dan dalam tuntutan kemuliaan(al-Quran) kami terus mendalaminya´(Mustadrak Ala Sahihain Hadis no 5417)

Kasih Sayang Allah Atas Kafir Yang Gembira Atas Kelahiran Nabi S.A.W
======================================================================
Diriwayatkan Abbas Bin Abdul Mutalib R.A melihat Abu Lahab di dalam mimpinya,dan abbas bertanya kepadanya: bagaimana keadaanmu? Abu Lahab menjawab:³Di neraka Cuma diringankan siksaku setiap hari Isnin kerana aku membebaskan budakku Tsuwaibah kerana gembiraku atas kelahiran Rasul S.A.W´ (Sahih Bukhari,Hadis No 4813, Sunan Imam Baihaqi Alkubra Hadis no 13701, Syi¶bul Iman no281,Fathul Bari Al Masyhur Juz 11 hal 431)Walaupun kafir terjahat ini terbantai di alam barzakh, namun tentunya Allah berhak menambah atau mengurangi menurut kehendak-Nya. Maka Allah menguranginya setiaphari Isnin kerana telah gembira dengan kelahiran Baginda dengan membebaskan budaknya.Walaupun mimpi tidak dapat dijadikan hujjah untuk menjelaskan hokum syariah,namum mimpi dapat dijadikan hujjah sebagai manakib,sejarah dan lainya, misalnyamimpi orag kafir atas kebangkitan Nabi S.A.W , maka tentunya hal itu dijadikan hujjahatas kebangkitan Baginda. Maka imam-imam di atas meriwayatkan hal itu tentunyamenjadi hujjah bagi kita bahawa hal itu benar adanya kerana di akui oleh imam-imamdan mereka tidak mengingkarinya.

Rasulullah Memperbolehkan Syair Pujian Di Dalam Masjid.
========================================================
Hassan Bin Tsabit R.A membaca syair di Masjid Nabawiy yang lalu di tegur olehUmar R.A, lalu Hassan berkata :³Aku sudah membaca syair nasyidah disini dihadapan orang yang lebih mulia daripadaengkau wahai Umar (yaitu Nabi S.A.W)´. Lalu Hassan berpaling kepada Abu Hurairah dan berkata: ³Bukankah kau mendengar Rasulullah S.A.W menjawab syairku dengandoa: Wahai Allah bantulah dia dengan Ruhul Qudus?´ Maka Abu Hurairah berkata:³Betul´.( Sahih Bukhari hadis no 3040, Sahih Muslim Hadis No 2485).Ini menunjukkan pembacaan syair didalam masjid tidak semuanya haram sebagaimana hadis-hadis sahih yang menjelaskan larangan syair didalam masjid. namun jelaslah bahawa yang dilarang adalah syair-syair yang membawa pada ghaflah,keduniaan, namun syair-syair yang memuji Allah dan Rasul-Nya itu diperbolehkan oleh Baginda bahkan di puji dan di doakan oleh beliau sepertimana riwayat diatas, dan masih banyak lagi riwayat lain sebagaimana dijelaskan bahawa Rasulullah S.A.W mendirikan mimbar khusus untuk Hassan bin Tsabit di Masjid agar dia berdiri untuk melantunkansyair-syairnya.( Mustadrak Ala Sahihain no 6058, Sunan Attirmizi hadis no 2846). Oleh Aisyah R.A bahawa ada ketika beberapa sahabat mengecam Hassan Bin Tsabit R.A maka Aisyah R.A berkata : ³Jangan kalian caci Hassan karena dia selalu membanggakan Rasulullah S.A.W´ (Musnad Abu Ya'la Juz 8 Hal 337).

Pendapat Para Imam dan Muhaddisin Mengenai Perayaan Maulid
=======================================================
1.Pendapat Al-hafidz Ibnu Hajar Al-Asqolani Rahimahullahu Ta'ala :
--------------------------------------------------------
Telah jelas dan kuat pendapat yang sampai kepadaku dari Sahihain bahawa Nabi S.A.Wdatang ke Madinah dan bertemu dengan Yahudi yang berpuasa Hari Asyura(10 Muharam), maka Rasulullah S.A.W bertanya maka mereka berkata: ³hari ini hariditenggelamkannya Firaun dan Allah menyelamatkan Musa, maka kami berpuasa sebagai

tanda syukur kepada Allah S.W.T´ . Maka Rasul bersabda : ³Kita lebih berhak keatasMusa A. S dari kalian´, maka diambillah darinya perbuatan bersyukur atas anugerah yangdiberikan pada suatu hari tertentu setiap tahunnya, dan syukur kepada Allah bolehdidapatkan dalam pelbagai cara seperti sujud shukur, puasa, sedekah , membaca Al-Quran. Maka nikmat apalagi melebihi kebangkitan Nabi ini? Telah berfirman AllahS.W.T : ³Sungguh Allah telah memberikan anugerah kepada orang-orang Mu'min ketika dibangkitkannya Rasul dari mereka(QS. Al Imran :164)

2. Pendapat Imam Al-hafidz Jalaluddin Assuyuthiy Rahimahullahu Ta'ala :
-------------------------------------------------------------------
Telah jelas kepadaku bahawa telah muncul Riwayat Baihaqi bahwa Rasul S.A.W berakikah untuk dirinya selepas Baginda menjadi nabi (Al-hadisulmukhtarah hadis no1832 dengan sanad sahih dan Sunan Imam Baihaqi Al-Kubra Juz 9 Hal 300), dan telahdiriwayatkan telah beraqiqah untuknya Datuknya Abdul Mutalib saat Baginda berusia 7tahun, dan aqiqah tak mungkin diperbuat dua kali, maka jelaslah aqiqah baginda yangkedua atas dirinya adalah tanda syukur Baginda kepada Allah S.W.T yang telahmembangkitkan Baginda sebagai Rahmatan Lil A¶lamin dan membawa syariah untuk umatnya. Maka sebaiknya bagi kita untuk menunjukkan tasyakkuran dengan MaulidBaginda S.A.W dengan mengumpulkan teman-teman dan saudara-mara, menjamumereka dengan makanan-makanan yang serupa itu untuk mendekatkan diri kepada Allahdan kebahagiaan. Bahkan Imam Assuyuthiy mengarang sebuah kitab khusus mengenai perayaan mauled dengan nama : ³Husnul Maqsad fii amalimaulid´.

3.Pendapat Imam Al-hafidz Abu Syaamah Rahimahullahu Ta¶ala(guru ImamNawawi):
-----------------------------------------------------------------
Merupakan bid¶ah hasanah yang mulia di zaman kita ini adalah perbuatan yang diperbuatsetiap tahunnya di hari kelahiran Rasulullah S.A.W dengan banyak bersedekah dankegembiraan, menjamu para Fuqara¶ seraya menjadikan perkara itu memuliakanRasulullah S.A.W dan membangkitkan rasa cinta kepada Baginda S.A.W dan bersyukur kepada Allah dengn kelahiran Baginda.

4. Pendapat Imamul Qurran Alhafidh Syamsuddin Aljazriy rahimahullah dalamkitabnya µUrif bitta¶rif Maulidissyariif :
-------------------------------------
Telah diriwayatkan Abu Lahab diperlihatkan dalam mimpi dan ditanya apa keadaanmu?,ia menjawab : ³di neraka, tapi aku mendapat keringanan setiap malam senin, itu semuasebab aku membebaskan budakku Tsuwaibah demi kegembiraanku atas kelahiran Nabi(saw) dan karena Tsuwaibah menyusuinya (saw)´ (shahih Bukhari). maka apabila AbuLahab Kafir yg Alqur¶an turun mengatakannya di neraka mendapat keringanan sebab iagembira dengan kelahiran Nabi saw, maka bagaimana dg muslim ummat Muhammadsaw yg gembira atas kelahiran Nabi saw?, maka demi usiaku, sungguh balasan dariTuhan Yang Maha Pemurah sungguh sungguh ia akan dimasukkan ke sorga kenikmatan Nya dengan sebab anugerah Nya.

5. Pendapat Imam Al Hafidh Syamsuddin bin Nashiruddin Addimasyqiy dalamkitabnya Mauridusshaadiy fii maulidil Haadiy :
--------------------------------------
Serupa dg ucapan Imamul Qurra¶ Alhafidh Syamsuddin Aljuzri, yaitu menukil hadits Abu Lahab.

6. Pendapat Imam Al Hafidh Assakhawiy dalam kitab Sirah Al Halabiyah berkata ´tidak dilaksanakan maulid oleh salaf hingga abad ke tiga, tapi dilaksanakansetelahnya, dan tetap melaksanakannya umat islam di seluruh pelosok dunia dan bersedekah pd malamnya dg berbagai macam sedekah dan memperhatikan pembacaanmaulid, dan berlimpah terhadap mereka keberkahan yg sangat besar´.

7. Imam Al hafidh Ibn Abidin rahimahullah dalam syarahnya maulid ibn hajar berkata : ´ketahuilah salah satu bid¶ah hasanah adalah pelaksanaan maulid di bulan kelahiran nabi saw´

8. Imam Al Hafidh Ibnul Jauzi rahimahullah dengan karangan maulidnya yg terkenal ´al aruus´ juga beliau berkata tentang pembacaan maulid, ´Sesungguhnya membawa keselamatan tahun itu, dan berita gembiradg tercapai semua maksud dan keinginan bagi siapa yg membacanya sertamerayakannya´.

9. Imam Al Hafidh Al Qasthalaniy rahimahullah
dalam kitabnya Al Mawahibulladunniyyah juz 1 hal 148 cetakan al maktab al islami berkata: ´Maka Allah akan menurukan rahmat Nya kpd orang yg menjadikan harikelahiran Nabi saw sebagai hari besar´.

10. Imam Al hafidh Al Muhaddis Abulkhattab Umar bin Ali bin Muhammad ygterkenal dg Ibn Dihyah alkalbi dg karangan maulidnya yg bernama ´Attanwir fi maulid basyir an nadzir´

11. Imam Al Hafidh Al Muhaddits Syamsuddin Muhammad bin Abdullah Aljuzri
dg maulidnya ´urfu at ta¶rif bi maulid assyarif´

12. Imam al Hafidh Ibn Katsir yg karangan kitab maulidnya dikenal dg nama : ´maulid ibn katsir´
13. Imam Al Hafidh Al 'Iraqy dg maulidnya ´maurid al hana fi maulid assana´

14. Imam Al Hafidh Nasruddin Addimasyqiy telah mengarang beberapa maulid : Jaami¶ al astar fi maulid nabi al mukhtar 3 jilid, Allafad arra¶iq fi maulid khair al khalaiq, Maurud asshadi fi maulid al hadi.

15. Imam assyakhawiy dg maulidnya al fajr al ulwi fi maulid an nabawi

16. Al allamah al faqih Ali zainal Abidin As syamhudi dg maulidnya al mawarid al haniah fi maulid khairil bariyyah

17. Al Imam Hafidz Wajihuddin Abdurrahman bin Ali bin Muhammad Assyaibaniy yg terkenal dg ibn diba' dg maulidnya addiba'i

18. Imam ibn hajar al haitsami dg maulidnya itmam anni'mah alal alam bi maulid syayidi waladu adam

19. Imam Ibrahim Baajuri mengarang hasiah atas maulid ibn hajar dg nama tuhfa al basyar ala maulid ibn hajar

20. Al Allamah Ali Al Qari' dg maulidnya maurud arrowi fi maulid nabawi

21. Al Allamah al Muhaddits Ja¶far bin Hasan Al barzanji dg maulidnya yg terkenal maulid barzanji

23. Al Imam Al Muhaddis Muhammad bin Jakfar al Kattani dg maulid Al yaman wal is'ad bi maulid khair al ibad.

24. Al Allamah Syeikh Yusuf bin ismail An Nabhaniy dg maulid jawahir an nadmu al badi¶ fi maulid as syafi'

25. Imam Ibrahim Assyaibaniy dg maulid al maulid mustofa adnaani

26. Imam Abdulghaniy Annanablisiy dg maulid Al Alam Al Ahmadi fi maulid muhammadi´

27. Syihabuddin Al Halwani dg maulid fath al latif fi syarah maulid assyarif

28. Imam Ahmad bin Muhammad Addimyati dg maulid Al Kaukab al azhar alal µiqdu al jauhar fi maulid nadi al azhar

29. Asyeikh Ali Attanthowiy dg maulid nur as shofa¶ fi maulid al mustofa

30. As syeikh Muhammad Al maghribi dg maulid at tajaliat al khifiah fi maulid khoir al bariah.Tiada satupun para Muhadditsin dan para Imam yg menentang dan melarang hal ini,mengenai beberapa pernyataan pada Imam dan Muhadditsin yg menentang maulidsebagaimana disampaikan oleh kalangan anti maulid, maka mereka ternyata hanyamenggunting dan memotong ucapan para Imam itu, dengan kelicikan yg jelas jelasmeniru kelicikan para misionaris dalam menghancurkan Islam.Berdiri saat Mahal Qiyam dalam pembacaan MaulidMengenai berdiri saat maulid ini, merupakan Qiyas dari kerinduan pada Rasul saw, danmenunjukkan semangat atas kedatangan sang pembawa risalah pada kehidupan kita, halini lumrah saja, sebagaimana penghormatan yg dianjurkan oleh Rasul saw adalah berdiri,sebagaimana diriwayatkan ketika sa¶ad bin Mu'adz ra datang maka Rasul saw berkatakepada kaum anshar : ³Berdirilah untuk tuan kalian´ (shahih Bukhari hadits no.2878,Shahih Muslim hadits no.1768), demikian pula berdirinya Thalhah ra untuk Ka'b bin Malik ra.

Memang mengenai berdiri penghormatan ini ada ikhtilaf ulama, sebagaimana ygdijelaskan bahwa berkata Imam Alkhattabiy bahwa berdirinya bawahan untuk majikannya, juga berdirinya murid untuk kedatangan gurunya, dan berdiri untuk kedatangan Imam yg adil dan yg semacamnya merupakan hal yg baik, dan berkata ImamBukhari bahwa yg dilarang adalah berdiri untuk pemimpin yg duduk, dan Imam Nawawiyg berpendapat bila berdiri untuk penghargaan maka taka apa, sebagaimana Nabi saw berdiri untuk kedatangan putrinya Fathimah ra saat ia datang, namun adapula pendapatlain yg melarang berdiri untuk penghormatan.(Rujuk Fathul Baari Almasyhur Juz 11 danSyarh Imam Nawawi ala shahih muslim juz 12 hal 93)

Namun sehebat apapun pendapat para Imam yg melarang berdiri untuk menghormatiorang lain, bisa dipastikan mereka akan berdiri bila Rasulullah saw datang pada mereka,mustahil seorang muslim beriman bila sedang duduk lalu tiba tiba Rasulullah saw datang padanya dan ia tetap duduk dg santai.. Namun dari semua pendapat itu, tentulah berdiri saat mahal qiyam dalam membacamaulid itu tak ada hubungan apa apa dengan semua perselisihan itu, karena Rasul sawtidak dhohir dalam pembacaan maulid itu, lepas dari anggapan ruh Rasul saw hadir saat pembacaan maulid, itu bukan pembahasan kita, masalah seperti itu adalah masalah ghaibyg tak bisa disyarahkan dengan hukum dhohir,semua ucapan diatas adalah perbedaan pendapat mengenai berdiri penghormatan ygRasul saw pernah melarang agar sahabat tak berdiri untuk memuliakan beliau saw.Jauh berbeda bila kita yg berdiri penghormatan mengingat jasa beliau saw, tak terikatdengan beliau hadir atau tidak, bahwa berdiri kita adalah bentuk kerinduan kita pada nabisaw, sebagaimana kita bersalam pada Nabi saw setiap kita shalat pun kita tak melihat beliau saw.Diriwayatkan bahwa Imam Al hafidh Taqiyuddin Assubkiy rahimahullah, seorang ImamBesar dan terkemuka dizamannya bahwa ia berkumpul bersama para Muhaddits danImam Imam besar dizamannya dalam perkumpulan yg padanya dibacakan puji pujianuntuk nabi saw, lalu diantara syair syair itu merekapun seraya berdiri termasuk ImamAssubkiy dan seluruh Imam imam yg hadir bersamanya, dan didapatkan kesejukan ygluhur dan cukuplah perbuatan mereka itu sebagai panutan,dan berkata Imam Ibn Hajar Alhaitsamiy rahimahullah bahwa Bid¶ah hasanah sudahmenjadi kesepakatan para imam bahwa itu merupakan hal yg sunnah, (berlandaskanhadist shahih muslim no.1017 yg terncantum pd Bab Bid¶ah) yaitu bila dilakukanmendapat pahala dan bila ditinggalkan tidak mendapat dosa, dan mengadakan maulid ituadalah salah satu Bid¶ah hasanah,Dan berkata pula Imam Assakhawiy rahimahullah bahwa mulai abad ketiga hijriyahmulailah hal ini dirayakan dengan banyak sedekah dan perayaan agung ini diseluruhdunia dan membawa keberkahan bagi mereka yg mengadakannya. (Sirah Al HalabiyahJuz 1 hal 137)Pada hakekatnya, perayaan maulid ini bertujuan mengumpulkan muslimin untuk MedanTablig dan bersilaturahmi sekaligus mendengarkan ceramah islami yg diselingi bershalawat dan salam pada Rasul saw, dan puji pujian pada Allah dan Rasul saw ygsudah diperbolehkan oleh Rasul saw, dan untuk mengembalikan kecintaan mereka padaRasul saw, maka semua maksud ini tujuannya adalah kebangkitan risalah pada ummat ygdalam ghaflah, maka Imam dan Fuqaha manapun tak akan ada yg mengingkarinya karena jelas jelas merupakan salah satu cara membangkitkan keimanan muslimin, hal semacamini tak pantas dimungkiri oleh setiap muslimin aqlan wa syar¶an (secara logika danhukum syariah), karena hal ini merupakan hal yg mustahab (yg dicintai), sebagaimankaidah syariah bahwa ³Maa Yatimmul waajib illa bihi fahuwa wajib´, semua yg menjadi penyebab kewajiban dengannya maka hukumnya wajib.contohnya saja bila sebagaimana kita ketahui bahwa menutup aurat dalam shalathukumnya wajib, dan membeli baju hukumnya mubah, namun suatu waktu saat kita akanmelakukan shalat kebetulan kita tak punya baju penutup aurat kecuali harus membelidulu, maka membeli baju hukumnya berubah menjadi wajib, karena perlu dipakai untuk melaksanakan shalat yg wajib .contoh lain misalnya sunnah menggunakan siwak, dan membuat kantong baju hukumnyamubah saja, lalu saat akan bepergian kita akan membawa siwak dan baju kita tak berkantong, maka perlulah bagi kita membuat kantong baju untuk menaruh siwak, makamembuat kantong baju di pakaian kita menjadi sunnah hukumnya, karena diperlukanuntuk menaruh siwak yg hukumnya sunnah.Maka perayaan Maulid Nabi saw diadakan untuk Medan Tablig dan Dakwah, dandakwah merupakan hal yg wajib pada suatu kaum bila dalam kemungkaran, dan ummatsudah tak perduli dg Nabinya saw, tak pula perduli apalagi mencintai sang Nabi saw danrindu pada sunnah beliau saw, dan untuk mencapai tablig ini adalah dengan perayaanMaulid Nabi saw, maka perayaan maulid ini menjadi wajib, karena menjadi perantaraTablig dan Dakwah serta pengenalan sejarah sang Nabi saw serta silaturahmi.Sebagaimana penulisan Alqur¶an yg merupakan hal yg tak perlu dizaman nabi saw,namun menjadi sunnah hukumnya di masa para sahabat karena sahabat mulai banyak ygmembutuhkan penjelasan Alqur¶an, dan menjadi wajib hukumnya setelah banyaknya parasahabat yg wafat, karena ditakutkan sirnanya Alqur¶an dari ummat, walaupun Allah telahmenjelaskan bahwa Alqur¶an telah dijaga oleh Allah. Hal semacam in telah difahami dandijelaskan oleh para khulafa¶urrasyidin, sahabat radhiyallahu¶anhum, Imam danMuhadditsin, para ulama, fuqaha dan bahkan orang muslimin yg awam, namun hanyasebagian saudara saudara kita muslimin yg masih bersikeras untuk menentangnya,semoga Allah memberi mereka keluasan hati dan kejernihan, amiin.Walillahittaufiq Wallahu a'lam

Dipetik Dari Kitab Kenali Akidahmu karangan:
-Al-allamah Habib Mundzir Al-Musawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar