Sholawat Pertama: Sholawat Ibrohimiyyah:
الصلاة الأولى : الإبراهيمية
===================
اللهم صل على محمد و على ال محمد كما صليت على ابراهيم و على ال ابراهيم و بارك على محمد و على ال محمد كما باركت على ابراهيم و على ال ابراهيم في العالمين انك حميد مجيد
===================
هذه الصلاة هي اكمل صيغ الصلوات على النبي صلى الله عليه و سلم المأثورة و غيرها و لذلك خصوا بها الصلاة للاتفاق على صحة حديثها فقد رواه مالك في الموطأ و البخاري و مسلم في صحيحهما و ابو داود و الترمذي و النسائي و قال الحافظ العراقي و الحافظ السخاوي انه متفق عليه ذكر ذلك الشيخ في شرح دلائل الخيرات و غيره و قد ورد في الفاظها روايات هذه احداها و هي رواية الأمام البيهقي و جماعة كما في شرح الدلائل للفاسي. و قال الشيخ احمد الصاوي روى البخاري في كتابه انه صلى الله عليه و سلم قال من قال هذه الصلاة شهدت له يوم القيامة بالشهادة و شفعت له و هو حديث حسن و رجاله رجال الصحيح و ذكر بعضهم ان قرائتها الف مرة توجب رؤية النبي صلى الله عليه و سلم اهـ و هي في الحديث بدون لفظ السيادة قال الأمام الشمس الرملي في شرح المنهاج الأفضل الأتيان بلفظ السيادة لأن فيه الأتيان بما امرنا به و زيادة الأخبار بالواقع الذي هو الأدب فهو افضل من تركه و اما حديث لا تسيدوني في الصلاة فباطل لا أصل له كما قاله بعض متأخري الحفاظ. و قال الأمام احمد بن حجر في الجوهر المنظم و زيادة سيدنا قبل محمد لا بأس به بل هي الأدب في حقه صلى الله عليه و سلم و لو في الصلاة اي الفريضة اهـ * و قال العلامة القسطلاني في المواهب و قد استدل العلماء بتعليمه صلى الله عليه و سلم لأصحابه هذه الكيفية بعد سؤالهم عنها انها افضل كيفيات الصلاة عليه صلى الله عليه و سلم لانه لا يختار لنفسه الا الاشرف الافضل و يترتب على ذلك انه لو حلف ان يصلى على النبي صلى الله عليه و سلم افضل الصلاة فطريق البر ان يأتي بذلك هكذا صوبه النووي في الروضة بعد ذكر حكاية الرافعي عن ابراهيم المروزي انه قال يبرأ اذا قال اللهم صل على سيدنا محمد و على ال سيدنا محمد كلما ذكره الذاكرون و كلما سها عن ذكره الغافلون قال النووي و كأنه اخذ ذلك من كون الشافعي ذكر هذه الكيفية يعني في خطبة الرسالة و لكن بلفظ غفل بدل سها و قال القاضي حسين طريق البر ان يقول اللهم صل على محمد كما هو اهله و يستحقه و كذا نقله البغوي و لو جمع بينهما فقال ما في الحديث و أضاف اليه اثر الشافعي و ما قاله القاضي لكان اشمل و لو قيل يعمد الى جميع ما اشتملت عليه الروايات الثابتة فيستعمل منها ذكرا يحصل به البر لكان حسنا اهـ * و قال البارزي عند ان البر يحصل بان يقول اللهم صل على محمد و على ال محمد افضل صلواتك و عدد معلوماتك فانه ابلغ فيكون افضل. و نقل المجد اللغوي عن بعضهم لو حلف انسان ان يصلي افضل الصلاة على النبي صلى الله عليه و سلم يقول الله صل على سيدنا محمد و على كل نبي و ملك وولي عدد الشفع و الوتر و عدد كلمات ربنا التامات المباركات و عن بعضهم انه يقول الله صل على محمد عبدك و نبيك و رسولك النبي الامي و على اله و ازواجه و ذريته وسلم عدد خلقك و رضا نفسك و زنة عرشك و مداد كلماتك و اختار بعضهم من الكيفيات اللهم صل على سيدنا محمد و على ال سيدنا محمد صلاة دائمة بدوامك و بعضهم اختار اللهم يارب محمد و ال محمد صل على محمد و على ال محمد و اجز محمدا صلى الله عليه و سلم ما هو اهله قال المجدوفي هذا دليل على ان الامر فيه سعة من الزيادة و النقص و انها ليست مختصة بالفاظ مخصوصة في زمان مخصوص لكن الافضل الاكمل ما علمناه منه صلى الله عليه و سلم كما قدمناه
( افضل الصلوات على سيد السادات
صلى الله عليه وسلم
للشيخ يوسف النبهاني رضي الله عنه)
======
*Sekilas Terjemah keterangannya sbb:*
🙏🏻Sholawat Ibrohimiyyah Tersebut merupakan bentuk kalimat *Sholawat kepada Nabi Muhammad Shollallohu 'alaihi wa Sallam Yang Paling Sempurna* dari sholawat yang ma'tsur dan yang tidak ma'tsur. Oleh karena itulah para ulama' mengistimewakan sholawat ini untuk sholat, karena adanya kesepakatan para ulama' tentang hukum shohihnya hadits yang meriwatkan sholawat ini.
Hadits ini telah diriwayatkan oleh Imam Malik dalam kitab Al-Muwattho', Imam Bukhori dan Imam Muslim dalam kitab shohih mereka, Imam Abu Dawud, Imam At-Tirmidziy, dan Imam An-Nasaiy dalam kitab sunan mereka.
Al-Hafidz Al-Iroqiy dan Al-Hafidz As-Sakhowiy berkata : sesungguhnya hadits ini mutaffaq 'alaih (disepakati keshohihannya Oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim). Asy-Syaikh menyebutkannya dalam kitab Syarah Dalailul Khoirot dan yang lainnya.
Sungguh telah datang beberapa lafadz dan ini adalah salah satunya yaitu riwayat Imam Al-Baihaqiy dan sekelompok ulama' sebagaimana keterangan dalam kitab Syarah Dalail karangan Imam Al-Fasiy.
Syaikh Ash-Showiy berkata : Imam Al-Bukhoriy meriwayatkan dalam kitabnya, bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda : *Barangsiapa mengucapkan dengan menggunakan sholawat ini, maka Aku bersaksi baginya di hari kiamat dengan persaksian dan Aku mensyafaatinya*.
Ini adalah hadits yang derajatnya hasan dan para perowinya shohih.
Sebagian ulama' menyebutkan Bahwa *membaca sholawat ini 1000 Kali*, bisa menyebabkan dapat melihat/ mimpi Nabi shollallohu alaihi wa sallam. *Selesai*.
Sholawat Ibrohimiyyah ini *dalam redaksi hadits, *tanpa menggunakan lafadh siyadah (Sayyidi/Sayyidina)*. Imam Asy-Syamsu Ar-Romli berkata dalam kitab syarah minhaj :
" Bahwa *yang lebih utama adalah dengan menggunakan lafadz Siyadah*, karena hal itu berarti melakukan apa yang diperintahkan kepada kita dan menambah keterangan dengan hal yang terjadi yaitu *tata krama dan ini lebih utama daripada meninggalkan/tidak menggunakan lafadz Siyadah*.
Adapun tentang hadits yang berbunyi :
*لا تسيدوني في الصلاة*
merupakan *hadits yang bathil yang tidak ada dasarnya*.
Sebagaimana perkataan para ulama' muta'akhirin khufadz (yang hafal ribuan hadits).
Imam Ibnu Hajar dalam kitab Al-Jauhar Al-Munadhdzom berkata : *menambah lafadz sayyidina*, sebelum *Muhammad* itu tidak apa-apa, bahkan merupakan *bentuk tata krama/sopan santun pada hak Nabi Muhammad Shollallohu 'alaihi wa sallam*, *meskipun di dalam sholat* yakni yang wajib. *selesai*.
Al-'Allamah Al-Qostholaniy dalam kitab Al-Mawahib berkata :
" Para ulama' mengambil kesimpulan dengan pengajaran Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wa sallam kepada para sahabat terhadap cara ini setelah pertanyaan mereka tentang sholawat bahwa sesungguhnya sholawat ini merupakan paling utamanya tata cara sholawat kepada Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wa sallam, karena Nabi tidak memilih untuk diri sendiri kecuali hal yang paling mulia dan yang lebih utama. Maka berdasar hal ini berakibat jika seseorang bersumpah untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wa sallam dengan sholawat yang paling utama, maka cara yang bagus adalah dengan membaca sholawat ini. Begitulah yang dibenarkan oleh Imam An-Nawawiy dalam kitab Ar-Roudloh. 🙏🏻 Wallohu A'lam.
Nabi SAW:مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ (Barang siapa menulis sholawat kpdku dlm sebtah buku, maka para malaikat selalu memohonkan ampun kpd Alloh pd org itu selama namaku masih tertulis dlm buku itu). اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلّٰهِ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar