قوت الحبيب الغريب توشيح علي ابن قاسم
Seputar Bedah Buku
قوت الحبيب الغريب توشيح علي ابن قاسم
قوت الحبيب الغريب توشيح علي ابن قاسم
Oleh: Muhammad Syafi'i Tampubolon
Mukoddimah[1]
Segala
puji bagi Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala rahmat yang telah
diberikanNya kepada orang-orang yang beriman berupa nikmat iman, islam
dan hidayah. Shalawat dan salam marilah senantiasa kita hadiahkan kepada
rasulullah Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Semoga dengan semua
shalawat itu kita mendapatkan syafa’atnya kelak dihari pembalasan nanti.
Amin.
Kali ini pemateri mencoba membedah buku yang berjudul قوت الحبيب الغريب توشيح علي ابن قاسم
yang dikarang oleh Ulama Indonesia yang bernama Muhammad Nawawi bin
Umar Al Banteni Al Tanara. Adapun buku ini adalah penjelasan ringkas
tapi padat dari matan milik seorang Qodhi diirak, beliau terkenal dan
Masyhur dengan Sebutan Abi Syuja’. Mereka berdua ini adalah bermazhabkan
Syafi’i tulen, sebab semua buku-buku fiqih mereka bernuansakan Mazhab
Syafi’i. Adapun beberapa judul yang dipilih sebagai berikut:
1- Pengenalan Kitab.
2- Profil Muhammad Nawawi Al banteni dan Abi Syuja’.
3- Menyucikan Benda (Pakaian dan sejenisnya) dengan Air Musta'mal.
4- Sholat Sunnah Rawatib yang mengiringi sholat fardhu yang 17 rakaat.
5- Duduk Iftirosy dan Tawaruk dalam sholat yang 2 atau 4 rakaat.
6- Sholat Sunnah Qobliyah dan ba'diyah Jum'at.
Lima
judul ini sengaja pemateri angkat karna berhubung kita laksanakan dalam
bentuk keseharian dan mingguan, semoga pemaparan yang tidak seberapa
ini bisa mengingatkan kita secara umum dan khusus kepada pemateri
pribadi tentang segala sesuatu amal yang kita kerjakan kita ketahui
bahwa itu ada dalilnya dari sisi kemazhaban, namun disini pemateri bukan
memazhabkan para pendengar, sebab kemungkinan besar islam itu kita
ketahui dari ulama-ulama yang dikatakan orang bermazhabkan Syafi’i.
Adapun kekukarang-kekurangan yang nantinya didapati didalam tulisan ini,
mungkin para ikhwah bisa mencarinya dikitab-kitab yang lain untuk lebih
mengetahuinya secara detail. Dengan segala kerendahan hati kami ucapkan
terimakasih banyak, syukron dan jazakumullahu khoir.
Pengenalan Kitab
Nama Kitab: قوت الحبيب الغريب توشيح علي ابن قاسم للعلامة محمد نووي بي عمر الجاوي
Pengarang Kitab: Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi Al Banteni Al Tanara.
Penta’lik dan pentashih: ‘alawi Abu Bakr Muhammad Asy Syaqqof. Mantan Fakultas Dirosat Islamiyah dan Bahasa Arab Al Azhar Mesir.
Sinopsis
Kitab: Kitab yang dikarang oleh Syaikh Kabir Muhammad Nawawi Al banteni
adalah sebagai penjelas dari matan Abi Syuja’ yang bernama Attaqrib
atau Ghoyatul Ikhtishor yang telah disyarah oleh Ibnu Qosim. Buku ini
terdiri dari 1 jilid dengan jumlah 601 halaman cetakan Dar Kutub
Islamiyah Indonesia.
Kitab
ini ringkas tapi padat, sebab mencakup semua bab fiqih imam Syafi’i
Rahimahullah, diawali dari bab bersuci dan diakhiri dengan bab
memerdekakan budak. Untuk tahun penulisan kitab ini pemateri kurang
mengetahuinya, sebab belum menemukan kitab yang membahas tentang masa
penulisan kitab secara khusus.
Profil Singkat Imam Muhammad Nawawi Al Banteni[2]
Nama: Abû Abdul Mu’ti Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin ‘Arabi.
Tempat dan Tahun Kelahiran: Tanara 1230 H/1813 M. Banten Jawa Barat.
Nama Ayah: Umar bin ‘Arabi.
Nama Ibu: Zubaedah.
Pendidikan:
Murid ayahnya ketika mulai lahir hingga berusia 7 tahun, Usia 8 Tahun
diantarkan ayahnya kepesantren dan berguru kapada Kiyai Sahal, dibanten.
Kemudian berguru kepada Kiyai Yusuf, Purwakarta.
Pekerjaan: Pernah menjadi guru dipinggir pantai ketika berumur 15 tahun.
Haji: Berumur 15 tahun.
Guru-guru beliau dimakkah:
1- Syaikh Khâtib al-Sambasi.
2- Abdul Ghani Bima.
3- Yusuf Sumbulaweni.
4- ‘Abdul Hamîd Daghestani.
5- Syaikh Sayyid Ahmad Nahrawi.
6- Syaikh Ahmad Dimyati.
7- Syaikh Ahmad Zaini Dahlan.
8- Syaikh Muhammad Khatib Hambali.
9- Syaikh Junaid Al-Betawi.
Karakter beliau dibentuk oleh:
1- Syaikh Sayyid Ahmad Nahrawi.
2- Syaikh Junaid Al-Betawi.
3- Syaikh Ahmad Dimyati.
4- Syaikh Muhammad Khâtib.
5- Syaikh Ahmad Zaini Dahlan
Murid-murid Syaikh Muhammad Nawawi Al Banteni:
1- K.H. Hasyim Asy’ari (Pendiri Nahdhatul Ulama).
2- K.H. Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah).
3- K.H. Khalil Bangkalan.
4- K.H. Asnawi Kudus.
5- K.H. Tb. Bakrie Purwakarta.
6- K.H. Arsyad Thawil, dan lain-lainnya.
Yang memberikan Gelar kepada Beliau:
1- Snouck Hourgronje menggelarinya sebagai Doktor Ketuhanan.
2- Al-Imam wa Al-Fahm Al-Mudaqqiq (Kalangan Intelektual Pada masa itu yang memberikan gelar itu).
3- Al Sayyid Al-‘Ulama Al-Hijâz.
4- Para Ulama Indonesia menggelarinya sebagai Bapak Kitab Kuning Indonesia.
Karya-Karya Beliau:
1- Al-tsamâr al-yâni’ah syarah al-riyâdl al-badî’ah
2- Al-‘aqd al-tsamîn syarah fath al-mubîn
3- Sullam al-munâjah syarah safînah al-shalâh
4- Baĥjah al-wasâil syarah al-risâlah al-jâmi’ah bayn al-usûl wa al-fiqh wa al-tasawwuf
5- Al-tausyîh/ quwt al-habîb al-gharîb syarah fath al-qarîb al-mujîb
6- Niĥâyah al-zayyin syarah qurrah al-‘ain bi muĥimmâh al-dîn
7- Marâqi al-‘ubûdiyyah syarah matan bidâyah al-ĥidâyah
8- Nashâih al-‘ibâd syarah al-manbaĥâtu ‘ala al-isti’dâd li yaum al-mi’âd
9- Salâlim al-fadhlâ΄ syarah mandhûmah ĥidâyah al-azkiyâ΄
10- Qâmi’u al-thugyân syarah mandhûmah syu’bu al-imân
11- Al-tafsir
al-munîr li al-mu’âlim al-tanzîl al-mufassir ‘an wujûĥ mahâsin
al-ta΄wil musammâ murâh labîd li kasyafi ma’nâ qur΄an majîd
12- Kasyf al-marûthiyyah syarah matan al-jurumiyyah
13- Fath al-ghâfir al-khathiyyah syarah nadham al-jurumiyyah musammâ al-kawâkib al-jaliyyah
14- Nur al-dhalâm ‘ala mandhûmah al-musammâh bi ‘aqîdah al-‘awwâm
15- Tanqîh al-qaul al-hatsîts syarah lubâb al-hadîts
16- Madârij al-shu’ûd syarah maulid al-barzanji
17- Targhîb al-mustâqîn syarah mandhûmah maulid al-barzanjî
18- Fath al-shamad al ‘âlam syarah maulid syarif al-‘anâm
19- Fath al-majîd syarah al-durr al-farîd
20- Tîjân al-darâry syarah matan al-baijûry
21- Fath al-mujîb syarah mukhtashar al-khathîb
22- Murâqah shu’ûd al-tashdîq syarah sulam al-taufîq
23- Kâsyifah al-sajâ syarah safînah al-najâ
24- Al-futûhâh al-madaniyyah syarah al-syu’b al-îmâniyyah
25- ‘uqûd al-lujain fi bayân huqûq al-zaujain
26- Qathr al-ghais syarah masâil abî al-laits
27- Naqâwah al-‘aqîdah mandhûmah fi tauhîd
28- Al-naĥjah al-jayyidah syarah naqâwah al-‘aqîdah
29- Sulûk al-jâdah syarah lam’ah al-mafâdah fi bayân al-jumu’ah wa almu’âdah
30- Hilyah al-shibyân syarah fath al-rahman
31- Al-fushûsh al-yâqutiyyah ‘ala al-raudlah al-baĥîyyah fi abwâb al-tashrîfiyyah
32- Al-riyâdl al-fauliyyah
33- Mishbâh al-dhalâm’ala minĥaj al-atamma fi tabwîb al-hukm
34- Dzariyy’ah al-yaqîn ‘ala umm al-barâĥîn fi al-tauhîd
35- Al-ibrîz al-dâniy fi maulid sayyidina muhammad al-sayyid al-adnâny
36- Baghyah al-‘awwâm fi syarah maulid sayyid al-anâm
37- Al-durrur al-baĥiyyah fi syarah al-khashâish al-nabawiyyah
38- Lubâb al-bayyân fi ‘ilmi bayyân.
Wafat:
Syaikh
Nawawi wafat di Mekah pada tanggal 25 syawal 1314 H/ 1897 M. Tapi ada
pula yang mencatat tahun wafatnya pada tahun 1316 H/ 1899 M. Makamnya
terletak di pekuburan Ma'la di Mekah. Makam beliau bersebelahan dengan
makam anak perempuan dari Sayyidina Abu Bakar al-Siddiq, Asma΄ binti Abû
Bakar al-Siddîq.
Profil Singkat Syaikh Abi Syuja’ Ahmad Bin Al Husain Bin Ahmad Al Ashfahany
Nama: Ahmad Bin Al Husain Bin Ahmad Al Ashfihany/Al Ashbihany.
Tempat Dan Tahun Kelahiran: Bashroh Tahun 433 H, ada juga yang mengatakan 533 H/ sekitar 1478M.
Profesi: Guru dan Hakim/Qodhi diashbahan salah satu kota diIrak.
Wafat: 593 H
Sejarah singkat Abi Syuja’.
Abi
Syuja’ atau Abu Toyyib adalah Nama paling Masyhur bagi Ahmad Bin Al
Husain Bin Ahmad Al Ashfihany/Al Ashbihany. Pada tahun 447 H beliau
resmi menjadi Qodhi negara irak, pada saat itu beliau berumur sekitar 14
tahun, begitu disebutkan didalam kitab yang lain. Beliau menghabiskan
masa tuanya dimadinah munawwaroh untuk membersihkan sampah disekitar
masjid, kemudian membentangkan tikar untuk para penuntut ilmu, jika
malam menjelang maka beliau menghidupkan lampu-lampu dimesjid, begitulah
pekerjaan beliau hingga akhir hayatnya. Beliau dikuburkan dekat dengan
dinding kuburan rasulullah SAW, yang mana kepalanya pas mengarah ke
pintu yang bernama Babul Jibril, dan jaraknya hanya beberapa langkah
saja dari dinding kuburan rasulullah. Beliau hidup didunia sekitar 160
tahun.
Adapun
kitab-kitab yang dikarang beliau banyak, namun yang sangat terkenal itu
diantaranya matan taqrib atau nama lainnya dengan ghoyatul ikhtishor.
Menyucikan Benda (Pakaian dan sejenisnya) dengan Air Musta'mal
Pada
halaman 23, pada pembagian air yang ketiga itu adalah air Musta’mal.
Secara ringkasnya Nawawi Al Banteni rahimahullah mangatakan bahwa air
musta’mal itu halal digunakan namun dihukumkan makruh untuk diminum dan
digunakan untuk masak.
Sholat Sunnah Rawatib yang mengiringi sholat fardhu yang 17 rakaat[3]
Adapun
sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu itu jumlahnya secara
menyeluruh sebanyak 17 rakaat. Rinciannya sebagai berikut;
1- 2 rakaat sebelum sholat shubuh.
2- 4 rakaat sebelum sholat juhur.
3- 2 rakaat setelah sholat juhur.
4- 4 rakaat sebelum sholat ashar.
5- 2 rakaat setelah sholat maghrib.
6- 3 rakaat setelah sholat isya.
Disisi lain rasulullah melakukan sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu itu ada 10 rakaat jumlahnya, dengan rincian;
1- 2 rakaat sebelum sholat shubuh.
2- 2 rakaat sebelum sholat juhur.
3- 2 rakaat setelah sholat juhur.
4- 2 setelah sholat maghrib.
5- 2 rakaat setelah sholat Isya.
Dalam
mazhab imam Syafi’i sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu itu
jumlahnya sebanyak 17 rakaat. Disisi lain, sholat sunnah yang dilakukan
oleh rasulullah yang mengiringi sholat fardhu itu jumlahnya sebanyak 10
rakaat.
Namun
ada sebahagian yang mengaku mazhab Syafi’i melakukan sholat sunnah itu
tidak berdasarkan kepada mazhab imam Syafi’i dan bahkan juga tidak
berdasarkan kepada rasulullah, contohnya sholat sunnah 2 rakaat sebelum
ashar, jika ada yang melakukan hal demikian dengan niyat sholat sunnah 2
rakaat sebelum ashar maka perlu dicari dalil yang demikian agar kokoh
untuk dijadikan sebuah rujukan dalam hal sebuah ibadah walaupun itu
dikategorikan sunnah, sebab ada sunnah yang dibuat oleh ulama mazhab
berdasarkan dalil shohih dari hadits rasulullah, berbeda halnya dengan
sunnah yang kita lakukan dengan tanpa dalil.
Abu
Syuja’ dan Ibnu Qosim mengatakan bahwa sholat sunnah setelah juhur itu
ada dua rakaat, namun Nawawi Al Banteni menambahkan sunnah hukumnya
jika menambah 2 rakaat lagi dengan dalil khobar shohih;
من حافظ علي أربع ركعات قبل الظهر و أربع بعدها حرمّه الله تعالي علي النار[4]
Terjemahnya: Barang siapa memelihara 4 rakaat sebelum juhur dan 4 rakaat setelah sholat juhur Allah haramkan baginya api neraka.
Adapun
sholat sunnah sebelum sholat ashar itu 4 rakaat dengan cara
mengerjakannya 2 kali salam karena ada hadits diriwayatkan bahwa
rasulullah SAW bersabda;
رحم الله امرأ صليّ قبل العصر أربعا[5]
Terjemahnya: Allah menyayangi orang-orang yang sholat 4 rakaat sebelum sholat Ashar.
Dengan
dua dalil diatas maka tertolaklah ibadah seseorang yang berniyat sholat
sunnah 2 rakaat sebelum ashar, sebab secara kemazhaban dan berlandaskan
perbuatan rasulullah ibadah seseorang itu ditolak, namun bisa jadi ada
dalil lain yang belum ditemukan dimazhab Syafi’i ataupun yang belum
terbaca oleh pemateri, namun bisa jadi ada dimazhab yang lain. Wallahu
A’lam.
Duduk Iftirosy dan Tawaruk dalam sholat yang 2 atau 4 rakaat[6]
Adapun
sunnah-sunnah yang dilakukan didalam sholat itu sendiri termasuk disana
duduk Iftirosy dan duduk Tawaruk, ini dibilangan ke 13 dibagian
sunnah-sunnah yang dilakukan didalam sholat. Duduk Iftirosy dilakukan
ketika melakukan tahiyyatul awal dalam sholat yang 3 ataupun 4 rokaat.
Adapun duduk Tawaruk dilakukan ketika tahiyyatul Akhir, dan itu
dilakukan didalam sholat yang 2,3 dan 4 rakaat.
Ini berdasarkan dalil hadits yang berbunyi:
وإذا جلس في الركعة الأخرة قدم رجله اليسري و نصب الأخري و قعد علي مقعدته.
Terjemahnya: Dan
apabila seseorang itu duduk pada rakaat terakhir menjulurkan kakinya
yang sebelah kiri dan menegakkan kaki yang lain dan mendudukkan
pantatnya. Hadits ini diriwayatkan oleh lima orang kecuali Imam Muslim[7].
Sholat Sunnah Qobliyah dan ba'diyah Jum'at
Abi
Syuja’ dan Ibnu Qosim mengatakan bahwa barang siapa masuk kedalam
masjid, sedangkan imam sedang khutbah maka hendaklah ia sholat. Disini
Nawawi Al Banteni mengatakan bahwa orang itu berniyat Tahiyyatul masjid
atau juga rawatib Qobliyah Jum’at jika ia tidak ada melakukan itu
dirumah. Akan tetapi lebih diutamakan orang itu berniyat sholat
Tahiyyatul masjid.
Adapun
sholat sunnah ba’diyah jum’at itu sama halnya seperti rawatib-rawatib
yang lainnya, karna ada hadits rasulullah diriwayatkan oleh imam muslim;
و
حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَعُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ سَعِيدٍ قَالَا
حَدَّثَنَا يَحْيَى وَهُوَ ابْنُ سَعِيدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ قَالَ
أَخْبَرَنِي نَافِعٌ عَنْ ابْنِ عُمَرَ ح و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ
أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ
عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ الظُّهْرِ سَجْدَتَيْنِ
وَبَعْدَهَا سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ الْمَغْرِبِ سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ
الْعِشَاءِ سَجْدَتَيْنِ وَبَعْدَ الْجُمُعَةِ سَجْدَتَيْنِ فَأَمَّا
الْمَغْرِبُ وَالْعِشَاءُ وَالْجُمُعَةُ فَصَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَيْتِهِ
Terjemahnya: Telah
menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb dan 'Ubaidullah bin Said keduanya
berkata; telah menceritakan kepada kami Yahya yaitu Ibnu Said dari
'Ubaidullah, katanya; telah mengabarkan kepadaku Nafi' dari Ibnu Umar,
(dan diriwayatkan dari jalur lain) telah menceritakan kepada kami Abu
Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Abu Usamah telah
menceritakan kepada kami 'Ubaidullah dari Nafi' dari Ibnu Umar katanya;
"Aku pernah shalat bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dua
raka'at sebelum Zhuhur dan dua raka'at setelahnya, dan dua raka'at
setelah maghrib dan dua raka'at setelah isya`, dan dua raka'at setelah
jumat, adapun (sunnah) maghrib dan isya` dan jumat, aku shalat bersama
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di rumahnya." Hr. Imam Muslim nomor 1200.
Penutup
Semoga
Apa yang disampaikan pemateri dapat bermanfaat, masih banyak kekurangan
disana sini, mungkin para hadirin bisa menambahkan, semoga nuansa
keilmuan seputar mazhab Syafi’i dapat menyinari jalan menuju ridhonya
Allah SWT. Amin
HMM 19 Oktober 2011.
[1] Ditulis Oleh Muhammad Syafi’I Tampubolon. Zagazig 18 Oktober 2011.
[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Nawawi_al-Bantani#cite_note-6
[3] Halaman 104-105
[4] ( سنن أبي داود ) 1269 حدثنا
مؤمل بن الفضل حدثنا محمد بن شعيب عن النعمان عن مكحول عن عنبسة بن أبي
سفيان قال قالت أم حبيبة زوج النبي صلى الله عليه وسلم قال رسول الله صلى
الله عليه وسلم من حافظ على أربع ركعات قبل الظهر وأربع بعدها حرم على
النار قال أبو داود رواه العلاء بن الحارث وسليمان بن موسى عن مكحول
بإسناده مثله .
[5] عَنْ
ابْنِ عُمَرَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ
أَرْبَعًا " . أخرجه أبو داود (1271) ، والترمذي (430) ، وأحمد (2/117) .
[6] Halaman 128-129
[7] Matan Taqrib, ditahqiq oleh ماجد الحموي dar ibn hazam halaman 67 cetakan keempat.
sumber:http://mastampu.blogspot.com/2011/10/blog-post.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar