Bila Jari telunjuk kanan tidak dapat digunakan untuk berisyarat saat tahiyyah, maka jangan memakai jemari-jem ari lainnya baik jemari tangan kanannya atau tangan kirinya, karena yang demikian hukumnya makruh
( قَوْلُهُ إلَّا الْمُسَبِّ حَةَ ) سُمِّيَتْ بِذَلِكَ ؛ لِأَنَّهُ يُشَارُ بِهَا إلَى التَّوْحِي دِ وَالتَّنْز ِيهِ وَتُسَمَّى أَيْضًا السَّبَّاب َةُ لِكَوْنِهِ يُشَارُ بِهَا عِنْدَ الْمُخَاصَ مَةِ وَالسَّبِّ وَخُصَّتْ الْمُسَبِّ حَةُ بِذَلِكَ ؛ لِأَنَّ لَهَا اتِّصَالًا بِنِيَاطِ الْقَلْبِ فَكَأَنَّه َا سَبَبٌ لِحُضُورِه ِ ا هـ شَرْحُ م ر وَقَوْلُهُ بِنِيَاطِ الْقَلْبِ أَيْ : عُرُوقِهِ .وَفِي الْمِصْبَا حِ وَالنِّيَا طُ بِالْكَسْر ِ عِرْقٌ مُتَّصِلٌ بِالْقَلْب ِ ا هـ ع ش عَلَيْهِ بِخِلَافِ الْوُسْطَى فَإِنَّ لَهَا عِرْقًا مُتَّصِلًا بِالذَّكَر ِ وَلِذَلِكَ تُسْتَقْبَ حُ الْإِشَارَ ةُ بِهَا وَاَلَّتِي بِجَنْبِ الْإِبْهَا مِ مِنْ الْيَسَارِ لَا تُسَمَّى مُسَبِّحَة ً وَلِذَلِكَ لَا يَرْفَعُهَ ا إذَا عَجَزَ عَنْ رَفْعِ مُسَبِّحَة ِ الْيُمْنَى ؛ لِأَنَّهَا لَيْسَتْ لِلتَّنْزِ يهِ ا هـ بِرْمَاوِي ٌّ .وَعِبَارَ ةُ شَرْحِ م ر وَلَوْ قُطِعَتْ يُمْنَاهُ أَوْ سَبَّابَتُ هَا كُرِهَتْ إشَارَتُهُ بِيُسْرَاه ُ لِفَوَاتِ سُنَّةِ بَسْطِهَا ؛ لِأَنَّ فِيهِ تَرْكَ سُنَّةٍ فِي مَحَلِّهَا لِأَجْلِ سُنَّةٍ فِي غَيْرِ مَحَلِّهَا كَمَنْ تَرَكَ الرَّمَلَ فِي الْأَشْوَا طِ الثَّلَاثَ ةِ لَا يَأْتِي بِهِ فِي الْأَخِيرِ انْتَهَتْ .
(Dan genngamlah jemari tangan kanannya kecuali jari telinjuk)
Jari telunjuk dinamai MUSABBIHAH (yang bertasbih) karena ia digunakan untuk berisyarat ketauhidan dan kesucian Allah, dinamakan juga dengan AS-SABAABA H (umpatan) karena ia dipakai isyarat saat terjadi permusuhan dan mengumpat. Jari telunjuk kanan dikhususka n untuk digunakan berisyarat saat tahiyyah karena ia memiliki pertautan dengan hati dalam arti didalamnya terdapat otot yang bertautan dengan hati, dengan demikian diharapkan dapat berakibat khusyu’nya seseorang dalam shalat.Ber beda dengan jari tengah karena ia memiliki otot yang bertautan dengan dengan kemaluan karena dianggap tabu berisyarah dengannya. Sedang jari yang menyanding i jempol kiri tidak dinamai MUSABBIHAH karenanya jangan diangkat dalam Tahiyyah saat ia tidak mampu mengangkat telunjuk kanannya karena telunjuk kiri bukan dipakai untuk berisyarat mensucikan Allah
Redaksi dalam Syarah ar-Ramli as-Shaghii r “Apabila tangan kanannya atau jari telunjukkn ya terpotong maka dimakruhka n berisyarah saat tasyahhudn ya memakai tangan kirinya akibat kehilangka n kesunahan membeber tangan kanannya sebab yang demikian sama halnya meninggalk an kesunahan (menggengg an tangan kiri) demi meraih kesunahan lain (membeber tangan kanan) padahal bukan pada tempatnya” .
Hasyiyah al-Jamal III/416
_________ __________ ______
ووضع يديه في ) قعود ( تشهديه على طرف ركبتيه ) بحيث تسامته رؤوس
الأصابع ( ناشرا أصابع يسراه ) مع ضم لها ( وقابضا ) أصابع ( يمناه إلا
المسبحة )( قوله إلا المسبحة ) إنما سميت مسبحة لأنها يشار بها للتوحيد
والتنزيه عن الشريك وخصصت بذلك لاتصالها بنياط القلب أي العرق الذي فيه
فكأنها سبب لحضوره
Dan meletakkan kedua tangannya dalam duduknya pada dua tasyahhudn ya dipinggir kedua lututnya sekira sejajar dengan pucuk-pucu k jemarinya, dengan membeber dan mengumpulk an jemari-jem ari tangan kirinya serta menggengga m jemari-jem ari tangan kanannya kecuali jari penunjuk.
(Keteranga n kecuali jari penunjuk) dinamakan musabbihah karena dia adalah jemari yang digunakan untuk memberikan isyarat pada tauhid dan penyucian Allah dari segala kesyirikan , dan dalam tasyahhud (tahiyyat) jari yang dipakai hanya jari penunjuk karena pertautann ya dengan hati dalam arti didalamnya terdapat otot yang bertautan dengan hati, dengan demikian diharapkan dapat berakibat khusyu’nya seseorang dalam shalat.
I’aanah at-Thoolib iin I/174
_________ _______
Dalam keterangan kitab lain dijelaskan jari tengah bertautan dengan alat vital.
وَيُدِيمُ رَفْعَهَا وَيَقْصِدُ مِنْ ابْتِدَائِ هِ بِهَمْزَةِ إلَّا اللَّهُ أَنَّ الْمَعْبُو دَ وَاحِدٌ ، فَيَجْمَعُ فِي تَوْحِيدِه ِ بَيْنَ اعْتِقَادِ هِ وَقَوْلِهِ وَفِعْلِهِ .
Dan langgengka n mengangkat jari, berkehenda klah saat mulai mengangkat nya ketika hamzahnya lafadz ILLA ALLAAH bahwa Dzat Yang Disembah adalah Esa, dengan demikian terkumpula h segala tauhid dalam dirinya baik antara keyakinan, ucapan dan perbuatan.
Hasyiyah al-Bujairo mi ala al-Khothii b IV/394
Wallaahu A'lamu Bis showaab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar