ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 30 Juli 2014

IMAM BUKHORI-PUN PERNAH DIFITNAH

========
AL-IMAM BUKHORI-PUN PERNAH DIFITNAH:
-------------------------
Al-Imam Bukhori yang juga terkena fitnah dari salah seorang yang mengatakan bahwa imam bukhori pernah mengatakan al-Quran itu makhluk. Padahal imam bukhori waktu itu mengatakan bahwa, Mengucapkan itu makhluk dan yang diucapkan berupa Kalamulloh. Seperti Mengucapkan Bismillah itu adalah makhluk, dan yang diucapkan berupa kalimat Bismillah itu adalah Kalamulloh.

Kebesaran akan keilmuan beliau diakui dan dikagumi sampai ke seantero dunia Islam. Di Naisabur, tempat asal imam Muslim seorang Ahli hadits yang juga murid Imam Bukhori dan yang menerbitkan kitab Shahih Muslim, kedatangan beliau pada tahun 250 H disambut meriah, juga oleh guru Imam Bukhari Sendiri Muhammad bin Yahya Az-Zihli. Dalam kitab Shohih Muslim, Imam Muslim menulis. “Ketika Imam Bukhori datang ke Naisabur, saya tidak melihat kepala daerah, para ulama dan warga kota memberikan sambutan luar biasa seperti yang mereka berikan kepada Imam Bukhori”. Namun kemudian terjadi fitnah yang menyebabkan Imam Bukhari meninggalkan kota itu dan pergi ke kampung halamannya di Bukhoro.

Seperti halnya di Naisabur, di Bukharo beliau disambut secara meriah. Namun ternyata fitnah kembali melanda, kali ini datang dari Gubernur Bukhara sendiri, Kholid bin Ahmad Az-Zihli yang akhirnya Gubernur ini menerima hukuman dari Sultan Uzbekistan Ibn Tahir.

Tak lama kemudian, atas permintaan warga Samarkand sebuah negeri tetangga Uzbekistan, Imam Bukhori akhirnya menetap di Samarkand. Tiba di Khartand, sebuah desa kecil sebelum Samarkand, ia singgah untuk mengunjungi beberapa familinya. Namun disana beliau jatuh sakit selama beberapa hari, dan Akhirnya meninggal pada tanggal 31 Agustus 870 M (256 H) pada malam Idul Fitri dalam usia 62 tahun kurang 13 hari. Ia dimakamkan selepas Sholat Dzuhur pada Hari Raya Idul Fitri.