ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 06 Juni 2018

MULIAKAN PARA PENUNTUT ILMU

MULIAKAN PARA PENUNTUT ILMU

Kisah lain yang pernah diceritakan Abuya Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki dalam ta'limnya adalah tentang seseorang yang terkena azab sebab mengejek penuntut ilmu. Ketika itu Abuya sedang membahas sebuah Hadits berbunyi, "Tidaklah seseorang keluar rumahnya demi menuntut ilmu, kecuali para malaikat akan membentangkan sayapnya untuk mereka. Hal ini tiada lain karena malaikat ridha dengan apa yang mereka lakukan." Abuya kemudian melanjutkan kisahnya tentang seorang penuntut ilmu di negeri Mesir, dimana ia yang selalu hadir tepat waktu menghadiri majelis gurunya, satu waktu ia terlambat sebab harus membantu dulu orangtuanya di rumah.

Ketika ia berlari hendak mengejar majelis gurunya agar tidak terlalu jauh terlambat, seseorang tiba-tiba memanggilnya sambil berucap, :

*"Jangan berlari seperti itu, pelan-pelan saja. Nanti kakimu dapat merusak sayap-sayap malaikat."*

Maksud orang tersebut berkata demikian adalah untuk mengejek Hadits Nabi Shollallahu 'Alaihi Wasallam di atas. Tanpa mempedulikan omong kosong tersebut, pelajar tadi melanjutkan larinya hingga ia tiba di majelis gurunya.

Selang beberapa hari terdengar kabar bahwa orang yang mengejek Hadits tersebut menjadi tidak bisa tidur. Setiap ia berusaha memejamkan mata, setiap itu juga di telinganya terdengar suara gemuruh sayap burung yang besar dan keras, yang hanya didengar oleh dirinya saja. Karena pola istirahat yang rusak, akhirnya orang tersebut mati dalam keadaan mengenaskan.

Selanjutnya Abuya memberikan wejangan agar senantiasa menghormati dan memuliakan Hadits Nabi Shollallahu 'Alaihi Wasallam juga para penuntut ilmu.

Disarikan dari kitab Nihayatul Izzi Was Syaraf Bidzikri Maa-al Abuya Minan Nukati Wat Thuraf karya Habib Mustafa bin Husain Al-Jufri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar