ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Minggu, 13 Januari 2019

Manaqib Singkat KH. Mahrus 'Ali Lirboyo




*Manaqib Singkat KH. Mahrus 'Ali Lirboyo:*
Setelah mobil derek sampai , ditariklah mobil yang tenggelam keatas. Sampai di atas, pintu mobil yang tenggelam tadi dibuka , ternyata Mbah Mahrus malah sedang merokok !

Gara-gara sopirnya ngantuk , pernah KH. Mahrus Aly Lirboyo bersama mobilnya kecebur dan tenggelam di tengah Bengawan Solo , Sembayat Gresik . Bingung rombongan yang dibelakangnya, termasuk Bupati Gresik ketika itu, bagaimana nasib Beliau?

Akhirnya (mereka) berinisiatif mendatangkan derek dari Surabaya , padahal perjalanan derek menuju lokasi memakan waktu beberapa
jam.

Sedikit saja, tidak ada air yang masuk ke mobil Mbah Mahrus , semuanya segar bugar. Sampai-sampai, di muat di Jawa Pos dan Surabaya Pos : “Ada Kyai Anti Air”. Itulah karomah Mbah Mahrus Lirboyo, luar biasa !!. Al-Fatihah…

KH. Mahrus Ali lahir di dusun Gedongan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, dari pasangan KH Ali bin Abdul Aziz dan Hasinah binti Kyai Sa’id, tahun 1906 M. Beliau adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara. Masa kecil beliau dikenal dengan nama Rusydi dan lebih banyak tinggal di tanah kelahiran.

Tahun 1936 Kh Mahrus Ali belajar di Lirboyo di bawah asuhan KH.Abdul karim . Melihat kecerdasan yang dimiliki KH Mahrus Ali membuat gurunya terkagum kagum dan jatuh hati pada KH.Mahrus Ali, maka sang Guru meminta kepada Kh Mahrus Aly untuk mau menjadi mantunya. Maka tahun 1938 KH.Mahrus Ali menikah dengan putri gurunya bernama Zainab.

KH.Mahrus Ali juga dikenal sebagai Ulama pejuang yang pemberani , beliau juga ikut serta Pada Pertempuran 10 Nopember 1945 melawan tentara sekutu di Surabaya.

Beliau wafat tahun 1985 dan dimakamkan di Lirboyo Kediri Jawa Timur.

Al-Fatihah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar