ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Minggu, 13 Januari 2019

SUNAN GIRI DAN SUNAN BONANG: HIDAYAH BUMI NUSANTARA (V) BUKIT GIRI DAN BONANG TUBAN






Copas Dari WA Habib Nauval Al-Muthohhar:

*SUNAN GIRI DAN SUNAN BONANG: HIDAYAH BUMI NUSANTARA (V)
BUKIT GIRI DAN BONANG TUBAN:*
========================

Sunan Giri dan Sunan Bonang adalah dua kumparan besar di generasi lapis kedua dakwah di Tanah Jawa setelah generasi sepuh sebelumnya, Sunan Ampel dan Sunan Gresik. Raden Paku atau Sayyidina Syeikh Muhammad 'Ainul Yaqin (Sunan Giri) adalah murid dan anak asuh Sunan Ampel. Sementara Sunan Bonang (Maulana Makhdum Ibrahim) adalah anak kandungnya sendiri yang lahir dari putri Majapahit (Dewi Condrowati) putri Raja Majapahit terakhir, Prabu Brawijaya V (Prabu Kertabumi).
Sunan Giri lebih berbakat bergelut dengan masyarakat grass rod, berinteraksi, sumbang saran dan potensi konstruktif. Sementara Sunan Bonang memiliki sentuhan yang khas dengan dakwahnya ditengah kaum bangsawan, keluarga kerajaan atau pembesar keraton. Beliau berdua inilah kelak peranan dan sumbangannya sangat besar terhadap berdirinya Kerajaan Islam Demak.
Sunan Bonang menyiapkan infrastruktur kekuasaan, sementara Sunan Giri mendidik masyarakat dengan nilai-nilai Islam, agar ketika kekuasaan Islam tegak, rakyat telah siap untuk dipimpin. Dua kolaborasi sahabat dakwah, dua Pangeran pewaris tahta Tanah Jawa. Sunan Giri adalah seorang Pangeran Blambangan sedangkan Sunan Bonang adalah Pangeran Majapahit.
Sunan Bonang adalah spesialis dakwah tentang leadership serta harmonisasinya dengan beberapa kerajaan di Nusantara. Sementara di Giri adalah kaderisasi dan training camp bagi calon-calon pemimpin masa depan Tanah Jawa.

Al-Fatihah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar