ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 21 Maret 2012

Ibnu 'Atha illah Assakandari>Jadilah seperti tawon, kecil tetapi memiliki cita-cita yang mulia

Jadilah seperti tawon, kecil ttapi memiliki cita-cita yang mulia.Ia hisap wewangian & ia produksi madu yg enak(Ibnu 'Atha illah Assakandari)
===================================================
"Orang yang menggunakan masa sehatnya untuk bermaksiat kepada Allah swt adalah seperti seorang anak yang mendapat warisan dari ayahnya sebesar seribu dinar, kemudian ia gunakan semua uang itu untuk membeli ular dan kalajengkingyang sangat berbisa yang kemudian mengelilingi dan menggigitnya. Bukankah ular dan kalajengking tersebut akan membunuhnya?Kamu gunakan masa sehatmu untuk bermaksiat kepada Allah swt, maka nilaimu adalah seperti burung pemakan bangkai yang terbang berkeliling mencari bangkai,dimana pun ia dapatkan, maka ia segera mendarat. Jadilah seperti tawon, kecil tetapi memiliki cita-cita yang mulia. Ia hisap wewangian dan ia produksi madu yang enak.Engkau sudah terlalu lama bergelimang kemaksiatan, kini terjunlah ke dalam hal-hal yang dicintai Allah 'Azza wa Jalla.

Telah kujelaskan hakikat permasalahan ini kepadamu, tetapi orang yang lalai tidak akan sadar meskipun memperoleh berbagai rencana. Sebab wanita yang kurang waras akalnya ketika putranya mati, ia justru tertawa. Begitu pula dirimu, engkautinggalkan shalat malam, puasa sunah dan berbagai amal shaleh lain yang dapatkau kerjakan dengan seluruh anggota tubuhmu, tetapi tidak sedikitpun engkaumerasa sakit. Kelalaian telah membunuh hatimu. Orang hidup akan merasa sakitketika tertusuk jarum, akan tetapi, sesosok mayat tidak akan merasa sakitmeskipun tubuhnya di potong-potong dengan sebilah pedang.Saat ini hatimu sedang mati, karena itu duduklah di majelis yang penuhhikmah,sebab, di dalamnya terdapat hembusan karunia dari surga. Hembusankarunia itu dapat kamu temukan di rumahmu, di perjalananmu. Jangan tinggalkanmajelis hikmah ( majelis ilmu ), andaikata dirimu masih melakukan banyak maksiat, jangan berkata :Apa manfaatnya aku datang ke majelis ilmu, sedangkan aku senantiasa bermaksiatdan tidak mampu meninggalkannya.Akan tetapi, lepaskan busur panahmu selalu, jika hari ini tidak tepat sasaran, bisa jadi besok tepat sasaran."( Ibnu 'Atha illah Assakandari )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar