ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 01 Januari 2018

BERTHORIQOH DAN BATASAN USIA Oleh Mawlana AlMursyid AlHabib KH.M.Luthfy Bin Yahya



*BERTHORIQOH DAN BATASAN USIA*.

Jika belajar dzikir kepada Allah Swt. menunggu sudah tua, iya kalau umurnya sampai tua. Bagaimana kalau masih muda meninggal? Yang terpenting adalah mereka mengerti tata urutan berthariqah, mengerti syarat dan rukunnya dulu seperti masalah wudhu dan shalat, mengerti sifat wajib, jaiz dan mustahil Allah, mengetahui halal dan haram.

Kalau menertibkan hati menunggu tua, nanti terlanjur hati berkarat tebal. Maka sejak usia muda seyogyanya mereka mulai mengamalkan ajaran thariqah, seperti MATAN (Mahasiswa Ahlit Thariqah An-Nahdliyyah).

Apakah boleh mengikuti baiat thariqah, padahal masih belajar ilmu syariat? Setiap Muslim tentu boleh, bahkan harus, berusaha menjaga serta meningkatkan kualitas iman dan Islam di hatinya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berthariqah. Namun berthariqah sendiri bukan hal yang sangat mudah. Karena, sebelum memasukinya, seseorang harus terlebih dulu mengetahui ilmu syariat. Tapi juga bukan hal yang sangat sulit, seperti harus menguasai seluruh cabang ilmu syariat secara mumpuni.

*Yang diprasyaratkan untuk masuk thariqah hanya pengetahuan tentang hal-hal yang paling mendasar dalam ilmu syariat*. Dalam aqidah, misalnya, ia harus sudah mengenal sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Allah. Dalam fiqih, ia sudah mengetahui tata cara bersuci dan shalat, lengkap dengan syarat, rukun, dan hal-hal yang membatalkannya, serta hal-hal yang dihalalkan atau diharamkan oleh agama.

*Jika dasar-dasar ilmu syariat sudah dimiliki, ia sudah boleh berthariqah* . Tentu saja ia tetap mempunyai kewajiban melengkapi pengetahuan ilmu syariatnya yang bisa dikaji sambil jalan. *Syariat lainnya adalah umur yang cukup (minimal 8 tahun)* dan khusus bagi wanita yang berumah tangga harus mendapat izin dari suami. *JIKA SEMUANYA SUDAH TERPENUHI, SAYA MENGHIMBAU SEGERALAH IKUT THARIQAH*.

*Semua thariqah, asalkan mu’tabarah, ajarannya murni dan silsilahnya bersambung sampai Rasulullah Saw., sama baiknya* . Karena semua mengajarkan *penjagaan hati* dengan *memperbanyak dzikrullah, istighfar dan shalawat*. Yang terpenting, masuklah thariqah dengan niat agar kita bisa menjalankan ihsan. *Jangan masuk thariqah karena khasiatnya atau karena cerita kehebatan guru-guru mursyidnya* .

(Maulana al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar