ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 07 Mei 2018

ADZKAR NAWAWI EPISODE 17 : ADAB DALAM BERDZIKIR

{{ *ADZKAR NAWAWI EPISODE 17 :
ADAB DALAM BERDZIKIR*}}
۩الأذكار النواوية: تأليف الإمام الفقيه الحافظ شيخ لإسلام محيي الدين أبى زكريا يحيى بن شرف النووي, نفعنا الله بعلومه آمين ۩
ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ
۞❃فصل:  ينبغي أن يكون الذاكر على أكمل الصفات ❃۞

۞ينبغي أن يكون الذاكر على أكمل الصفات، فإن كان جالسا في موضع استقبل القبلة وجلس متذللا متخشعا بسكينة ووقار، مطرقا رأسه، ولو ذكر على غير هذه الأحوال جاز ولا كراهة في حقه، لكن إن كان بغير عذر كان تاركا للأفضل‏.‏ والدليل على عدم الكراهة قول الله تعالى‏:‏ ‏{ ‏إن في خلق السموات والأرض واختلاف الليل والنهار لآيات لأولي الألباب‏.‏ الذين يذكرون الله قياما وقعودا وعلى جنوبهم ويتفكرون في خلق السموات والأرض‏.‏‏.‏‏} [ ‏آل عمران‏:‏ ١٩٠ - ١٩١ ]‏.

 وثبت في الصحيحين ‏، عن عائشة رضي الله عنها قالت‏:‏ كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يتكىء في حجري وأنا حائض فيقرأ القرآن‏.‏ رواه البخاري ومسلم‏.‏ وفي رواية‏:‏ ورأسه في حجري وأنا حائض‏ ‏‏.‏

وجاء عن عائشة رضي الله عنها أيضا قالت‏:‏ إني لأقرأ حزبي وأنا مضطجعة على السرير‏.‏ ‏۞

                          ۩ترجمهن۩

*ADAB DALAM BERDZIKIR*

Seyogyanya seseorang yang berdzikir itu dalam keadaan sikap/ sifat yang sempurna. Jika ia duduk pada suatu tempat, maka dia duduk menghadap kiblat dengan merendahkan diri, khusyu', tenang, tidak banyak bergerak dan menundukkan kepala.

 Jika ia tidak berdzikir dengan menggunakan cara ini, juga boleh dan tidak dimakruhkan, tetapi ia telah meninggalkan cara yang lebih afdlal bila tanpa udzur.

Adapun dalil tidak dimakruhkannya:

{ Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, dan pada pertukaran malam dan siang, ada tanda-tanda { kekuasaan, kebijaksanaan dan keluasan rahmat Alloh } bagi orang-orang yang berakal;{ yaitu } orang-orang yang menyebut/ mengingat Alloh di saat mereka dalam keadaan berdiri, duduk, berbaring, dan mereka juga memikirkan tentang kejadian langit dan bumi { sambil berkata }: "Wahai Tuhan kami..! Engkau menjadikan benda-benda ini tidaklah dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka jagalah kami dari adzab neraka.

Dari Aisyah ra.... ia berkata: "Rasulullah saw bersandar pa da pangkuanku sedangkan aku dalam keadaan haidl, maka beliaupun membaca al-Qur'an. (H R. Bukhari dan Muslim). Menurut riwayat lain: ....dan kepalanya berada pada pangkuanku, sedangkan aku dalam keadaan haidl..

Dari Aisyah ra., ia berkata: "Sesungguhnya aku membaca Amalan { Hizib } ku, sedangkan aku berbaring berada di tempat tidurku.

☘CreatedBy. Hamdan Arman
۞والله أعلم• اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ۞

Tidak ada komentar:

Posting Komentar