ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 29 Mei 2018

KISAH SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN BERGURU KEPADA SYAIKH NAWAWI BANTEN DAN SAYID ABU DZARRIN PASURUAN .

Copas:
KISAH SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN BERGURU KEPADA SYAIKH NAWAWI BANTEN DAN SAYID ABU DZARRIN PASURUAN .

Salah satu kisah perjalanan Syaikhona Moh Kholil Bangkalan Madura yg sangat masyhur adalah :

Ketika beliau masih sangat kecil, bahkan masih belum baligh beliau pernah diajak ayahandanya, Kyai Abdul Lathif, untuk bersilaturrohmi ke Pasuruan, ke tempat pesantren sahabat ayah beliau yg bernama Sayid Abu Dzarrin yg belakangan masyhur dgn julukan Sayid Tugu atau Mbah Tugu.

Sayid Abu Dzarrin kala itu adalah sosok ulama yg berasal dari Cirebon dan menetap di Karangsono, Winongan, Pasuruan. Beliau mendirikan sebuah pesantren di desa itu. Beliau sangat alim, zuhud, dan waro'. Konon di pesantren beliau, bukan para manusia saja yang menuntut ilmu disana, namun banyak juga para jin yg ngaji disana..

¤¤Singkat cerita¤¤
saat Syaikhona Moh Kholil kecil dan ayahandanya sampai di rumah Sayid Abu Dzarrin di Karangsono, Pasuruan, mereka disambut degan sangat hangat, saling ngobrol dan sesekali ada canda. Sedangkan Kholil kecil seperti layaknya anak yg masih kecil bermain diluar. Namun tiba" Sayid Abu Dzarrin minta izin kepada Kyai Abdul Lathif, ayah Kholil kecil, untuk mengajaknya kedalam rumah sebentar. Diajaklah dia ke suatu tempat.

Memang Sayid Abu Dzarrin adalah seorang wali Alloh yg kasyaf, yg mengetahui tentang hal" yg tidak diketahui oleh orang biasa. Beliau telah lama melihat bahwa Kholil kecil adalah sosok yg akan menjadi orang besar dan menjadi wali Alloh. Alkisah, saat pertemuan berdua itu, beliau memegang dada Kholil kecil sambil berdoa yg entah apa yg beliau baca. Setelah itu beliau berkata kepada si Kholil kecil. "Kamu nanti kalau sudah besar main lagi kesini ya, aku tunggu". kata Sayid Abu Dzarrin.
"Inggih". jawab Kholil.

Tapi yang namanya anak kecil, dia anggap peristiwa tadi itu, tidak ada istimewanya sama sekali. Yg dia inginkan ya cuma bermain dan bermain saja. Maklum, masih kecil. Karena sudah cukup lama berada di rumah Sayid Abu Dzarrin, akhirnya tibalah waktunya berpamitan. Kholil kecil dan ayahnya pun pamit pulang. Namun mereka tidak langsung pulang, mereka meneruskan perjalanan silaturrohmi ke ulama" lainnya. Harapan sang ayah adalah agar Kholil kecil ini nantinya mendapat berkah dari para Kyai" yg disowaninya (meskipun sang ayahanda, Kyai Abdul Lathif, juga termasuk sosok ulama besar yg sangat disegani).

Menurut beberapa sumber, silaturrohmi pun berlanjut hingga sampai ke Jawa Tengah. Kurang tahu persisnya di daerah mana. Di Jawa Tengah mereka mampir ke rumah seorang Kyai yg masih ada pertalian saudara. Seperti biasanya, mereka pun saling ngobrol dan canda untuk melepas kangen. Di tengah" berbincang serius, tibalah waktu sholat dhuhur. Akhirnya mereka pun melaksanakan sholat berjama'ah termasuk si Kholil kecil. Yg menjadi imam saat itu adalah tuan rumah. Namun aneh, ketika di tengah" sholat, Kholil yg masih kecil itu tiba" tidak meneruskan sholatnya. Dia cuma duduk saja dan memandangi tuan rumah yg masih sibuk menjadi imam sholat.

Setelah sholat selesai sang ayah dan tuan rumah merasa heran. Mereka bertanya kenapa Kholil kecil tidak mengikuti sholat berjama'ah hingga selesai?.. dgn entengnya Kholil menjawab : "Lha saya heran dgn imamnya itu. Sholat kok sambil bawa sayuran di pundaknya".

Mendengar jawaban seperti itu, kontan sang ayah marah dan
merasa malu sama tuan rumah. Bagaimana tidak, kenyataan yg ada adalah, sang imam tidak membawa apapun di pundaknya. Tapi tuan rumah melarang ayah Kholil memarahi anaknya, malah tuan rumah itu berkata :
"Sudah sudah.. anak anda tidak salah, memang saya yg salah. Sholat itu mestinya menghadap Alloh, lha kok malah saya ingat dagangan sayur saya, itu namanya sholat yg tidak khusyu'".

Luar biasa..
Kholil yg masih sekecil itu bisa mengetahui sesuatu yg orang lain tidak tahu. Itulah karomah dia di kala masih kecil. Sang
ayah pun heran, dia bertanya pada anaknya yg masih lugu itu :
"Kholil.. siapa yg mengajari kamu, hingga kamu bisa seperti itu?"..
dgn polosnya dia menjawab:
"MBAH YAI".. "Mbah yai yg mana?"..
"MBAH YAI YG DI PASURUAN YG KEMARIN KITA KESANA"..
"Kyai Abu Dzarrin Itu?"..
"IYA"..
Subhanalloh.. Luar bisa.. Sayid Abu Dzarrin ternyata telah memberi sesuatu terhadap si Kholil kecil hingga dia bisa kasyaf.

Singkat cerita¤¤
Si Kholil kecil sekarang sudah dewasa, beliau sangat tekun dalam mencari ilmu di beberapa pondok pesantren. Beliau telah
lupa dgn kejadian luar biasa yg beliau alami saat di Pasuruan dulu. Berkat ketekunan dalam hal mencari ilmu, beliau akhirnya menjadi sosok pemuda yg disegani karena kealimannya. Beliau senang sekali mengikuti bahtsul masa-il yg diadakan dimanapun, apalagi kalau ngobrol tentang kitab" atau hukum" syar'i pasti beliau sangat betah sekali. Beliau sudah merasakan manisnya rasa beribadah dan menuntut ilmu.

Meskipun beliau sudah nyantri ke beberapa Kyai alim dalam waktu yg tidak sebentar, hingga ukuran ilmu yg beliau peroleh sebenarnya sudah sangat mencukupi untuk diajarkan, namun beliau ibarat orang yg selalu haus akan tetesan air yg segar saat berada di tengah padang pasir. Begitu juga di dalam masalah belajar dan tabarruk, beliau masih merasa haus akan dua hal itu.

Hingga suatu ketika, beliau mendengar tentang seorang ulama besar yg sangat alim di daerah Banten yg bernama Kyai Nawawi.
Sebenarnya Kyai Nawawi tidak berada di Banten, tempat kelahirannya, namun beliau sudah menetap dan berda'wah di kota Makkah Al Mukarromah. Kealiman dan kezuhudan Kyai Nawawi sudah terdengar di seluruh penjuru Indonesia, hingga saking seringnya Kyai Kholil mendengar tentang Kyai Nawawi, maka niat dan tekad beliau untuk berguru pada Kyai Nawawi tak bisa dibendung lagi. Beliau dgn sabar menunggu kedatangan Kyai Nawawi pulang ke Banten. Memang biasanya Kyai Nawawi juga pulang ke Banten, entah itu 2 tahun sekali atau lebih, meski cuma sebentar.

Kyai Nawawi sendiri adalah salah satu kekasih Alloh yg di kehidupan beliau selalu dipenuhi dgn kemuliaan dan karomah. Terbukti saat beliau masih berada di kota Makkah, beliau tahu dgn apa yg diinginkan oleh Kyai Kholil yg ada di Madura pada saat itu. Segera beliau berangkat pulang ke Banten dgn waktu perjalanan yg tak seperti biasanya, seperti yg dilakukan oleh Syekh Abul Qois Al Haroni, seorang wali dari Turki yg tiap habis berjama'ah shubuh di Turki lalu mengajar di Madinah Al Munawwaroh, dan pulang lagi ke Turki sebelum matahari terbit.

Nah.. jika Alloh yg berkehendak pada Kyai Nawawi seperti halnya pada Syekh Al Haroni tadi, maka tidak perlu waktu lama untuk menempuh perjalanan dari Makkah ke Banten. Sesampainya Kyai Nawawi di Banten, banyak yg gembira atas kepulangan beliau, banyak yg sowan. Berita kepulangan beliau pun segera menyebar ke seluruh tanah Jawa dan Madura..

Begitu senangnya hati Kyai Kholil mendengar hal itu. Segera beliau bersiap-siap menempuh perjalanan ke Banten. Ketika Kyai Nawawi mengetahui bahwa Kyai Kholil akan berkunjung ke Banten, beliau hanya tersenyum dan segera beliau bersiap-siap kembali ke Makkah agar Kyai Kholil tidak bisa menemuinya. Beliau berpesan pada salah satu keluarganya:
"Jika ada pemuda yg bernama Kholil datang , bilang saja saya sudah kembali ke Makkah.. dan tolong hal ini jangan kau ceritakan pada siapapun juga, karena ini adalah urusan saya dgn Kyai muda itu (Kyai Kholil )".

Ternyata Kyai Nawawi memang benar" kembali ke Makkah. Akhirnya sampailah Kyai Kholil muda itu di rumah Kyai Nawawi. Begitu kecewanya beliau karena tidak bisa bertemu dgn Kyai Nawawi yg sangat beliau harapkan barokah dan nasehatnya. Beliau sangat ingin belajar pada Kyai Nawawi meski cuma sebentar. Rasa capek tidak beliau rasakan, tekadnya untuk belajar ke Kyai Nawawi tidak surut malah semakin menjadi-jadi. Akhirnya Kyai Kholil pun berencana menyusul Kyai Nawawi ke Makkah.

Adapun Kyai Nawawi yg sudah berada di Makkah, ketika tahu bahwa Kyai Kholil muda akan menyusul dirinya ke Makkah, beliau mengajar seperti biasanya di salah satu daerah di Makkah sambil menunggu kedatangan Kyai Kholil muda itu. Akhirnya tiba saatnya Kyai Kholil berangkat ke Makkah dgn membawa bekal secukupnya yg bisa beliau bawa. Meskipun sangat lama perjalanan menuju Makkah, namun semua itu terkalahkan oleh tekad dan niat beliau untuk belajar ke Kyai Nawawi. Itulah gambaran sosok Kyai Kholil yg tidak pernah merasa cukup dan puas dgn ilmu agama yg sudah didapat di beberapa pesantren, beliau masih tetap ingin belajar dan belajar terus.

Tibalah Kyai Kholil ditanah suci, terlebih dulu beliau datang ke Masjidil Harom, yg di dalamnya terdapat ka'bah yg mulia. Belum jelas sejarah mencatat apakah ketika beliau datang ke Makkah untuk mencari Kyai Nawawi itu adalah yg pertama kali atau yg kedua kali. Kemudian beliau pun mencari tempat di mana biasanya Kyai Nawawi mengajar. Dalam waktu yg tak seberapa lama, akhirnya ketemulah tempat Kyai Nawawi itu. Namun apa yg terjadi?..
Ketika ditanyakan.. Memang betul rumah itu adalah tempat Kyai
Nawawi muqim dan mengajar, namun sudah 2 hari yg lalu beliau
berangkat pulang ke Indonesia (Banten) Pasti bisa kita rasakan bagaimana perasaan beliau saat itu..

Meskipun tidak bertemu dg Kyai Nawawi, Kyai Kholil tidak langsung pulang karena beliau harus melaksanakan ibadah haji dulu. Musim haji pun telah usai, dan Kyai Kholil berangkat pulang ke negerinya lagi. Namun untuk kepulangan beliau yg ini, Alloh SWT memberikan satu karomah kepada beliau, yaitu entah bagaimana kisahnya, yg jelas perjalanan beliau menuju ke Indonesia berlangsung sangat singkat dan cepat. Kita pasti mengerti akan hal itu, jika Alloh berkehendak maka tidak ada yg mustahil untuk terjadi, walaupun semuanya ada di luar jangkauan akal kita.

Kyai Kholil akhirnya sampai di Indonesia. Singkat cerita.. Setelah
beliau selesai menerima tamu" yg menyambut kedatangan beliau dari tanah suci, maka niat untuk menemui Kyai Nawawi beliau teruskan lagi. Berangkatlah beliau menuju ke Banten untuk yg kedua kalinya. Susah payah dalam perjalanan itu tidak beliau hiraukan. Akhirnya sampailah Kyai Kholil di rumah Kyai Nawawi.

Ada yg berbeda kali ini, yaitu Kyai Nawawi sengaja menunggu kedatangan Kyai Kholil dan akan menemuinya. Tidak seperti sebelumnya, di mana beliau selalu menghindar agar Kyai Kholil tak bisa menemui dirinya. Pastilah itu semua ada tujuan dan maksud tertentu, dan Alloh lah yg mengatur semua perjalanan para "kekasihNya".

Pertemuan pun akhirnya terjadi. Bahagia sekali hati Kyai Kholil bisa berhadapan langsung dg Kyai Nawawi pada saat itu. Kyai Kholil sungkem di hadapan beliau. Kemudian saling ngobrol pun
berlangsung :
"Sampean dari mana Gus?", tanya Kyai Nawawi.
"Saya dari Madura, Yai", jawab Kyai Kholil.
"Kira-kira ada keperluan apa ya Gus?"..
Kyai Kholil pun menjelaskan tujuan beliau yg ingin menimba ilmu
kepada beliau dgn bahasa yg sangat santun yg mencerminkan
bahwa Kyai Kholil nantinya adalah bukan orang sembarangan.

Kyai Nawawi pun mengerti akan maksud Kyai Kholil itu. Beliau pun berkata :
"Lho.. kenapa sampean datang jauh-jauh ke sini untuk menimba ilmu kepada saya?.. Bukankah di dekat daerah sampean terdapat
seseorang yg sangat alim, sangat zuhud dan sangat waro'nya?..
Kenapa sampean tidak menimba ilmu pada beliau saja?", kata Kyai Nawawi.
"Ngapunten (maaf) Yai.. Siapakah orang yg Yai maksud tadi?",
tanya Kyai Kholil penasaran.
"Lha itu.. Kyai yg ada di Pasuruan itu.. Bukankah saat sampean
masih kecil dulu sudah pernah ke sana?.. dan bukankah Kyai itu dulu pernah bilang kepada sampean agar sampean datang ke sana lagi jika sudah besar?", jawab Kyai Nawawi.

Jawaban Kyai Nawawi itu membuat beliau membuka kembali
kenangan masa kecil dulu. Beliau teringat saat diajak ayahandanya bersilaturrohmi ke tempat seorang Kyai yg bernama Sayid Abu Dzarrin. Namun dalam hati Kyai Kholil masih ragu, apakah Kyai Abu Dzarrin itu yg dimaksud oleh Kyai Nawawi?..
"Nah, sudah ingat kan?.. iya betul.. nama beliau Kyai Abu Dzarrin.. Sampean sudah lama ditunggu oleh beliau.. segeralah ke Pasuruan dekat desa Karangsono itu!", kata Kyai Nawawi sebelum Kyai Kholil menanyakan siapa Kyai yg beliau maksudkan itu.

Kyai Kholil menyesal kenapa beliau sampai lupa dgn peristiwa yg beliau alami bersama Kyai Abu Dzarrin dulu?..bukankah Kyai itu memang sudah berpesan agar beliau menemuinya lagi di saat dirinya sudah dewasa?.. Dan beliau juga semakin yakin bahwa Kyai Nawawi adalah benar"seorang kekasih Alloh. Dari mana beliau tahu sedetail itu tentang peristiwa yg beliau alami dulu bersama Kyai Abu Dzarrin?..

Subhanallah..

Akhirnya.. Kyai Kholil pun menuruti anjuran Kyai Nawawi agar
kembali ke Jawa Timur dan menemui Kyai Abu Dzarrin di Pasuruan. Ada hal yg menarik dalam kisah ini.. Sebenarnya Sayid Abu Dzarrin sudah meninggal dunia 3 tahun yg lalu. Kyai Nawawi pun sudah tahu akan hal itu, namun Kyai Kholil belum mengetahuinya, dan rupanya Kyai Nawawi sengaja tidak memberi tahu beliau tentang hal itu. dgn tekad yg sangat kuat, akhirnya beliau menuju ke Pasuruan ke tempat Kyai Abu Dzarrin.

Nah.. sekarang timbul pertanyaan.. logika apa yg akan kita pakai, jika ada seseorang yg masih hidup, akan menemui bahkan belajar kepada orang yg nyata" sudah meninggal dunia 3 tahun yg lalu?..Sekali lagi jawabannya adalah.. Alloh lah yg mengatur dan menghendaki semua itu, dan tidak ada sesuatu pun yg sulit bagiNya.

Setelah sampai di Pasuruan, beliau pun menanyakan tempat Kyai Abu Dzarrin. Sudah lama sekali beliau tidak kembali ke tempat itu sehingga sekarang beliau lupa tempatnya. Sedangkan tiap orang yg beliau tanya dimana tempat Kyai Abu Dzarrin, mereka menyangka bahwa yg beliau tanyakan adalah tempat kubur (pesarean) beliau. Mereka pun menunjukkan tempat kubur Kyai Abu Dzarrin itu, namun bagi Kyai Kholil yg mereka tunjukkan adalah rumah Kyai Abu Dzarrin, bukan kuburnya.

Setelah beliau sampai di tempat Kyai Abu Dzarrin, Subhanalloh..
benar" Kyai Kholil ditemui oleh beliau, seakan-akan Kyai Abu Dzarrin itu benar" masih hidup. Tidak jelas seperti apa proses belajar Kyai Kholil di tempat Kyai Abu Dzarrin saat itu, yg jelas.. hingga kini di makam Kyai Abu Dzarrin terdapat sebuah tulisan di dinding yg menceritakan tentang pertemuan dan belajarnya Kyai Kholil bersama Kyai Abu Dzarrin At Tuqo (Kyai Tugu), dan peristiwa itu sudah menjadi sebuah kisah yg selalu disampaikan disaat acara haul akbar Sayid Abu Dzarrin di Pasuruan yg biasanya diselenggarakan pada tanggal 16 Syawwal tiap tahunnya. Bahkan hingga kini dari pihak anak cucu Kyai Kholil selalu mengirimi beras ke Pasuruan untuk acara haul tersebut..

Nafa'ana Allahu bihim wa bi 'uluumihim wa bi asroorihim fid-daaroini aamiin...Al-Fatihah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar