ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 28 Februari 2018

DISKUSI TENTANG SEJARAH DAKWAH ISLAM, PERTAUTAN SILSILAH, DAN PEMERINTAHAN MADURA DI MASA LAMPAU




Copas dari Ra Saiba Al-Bangkalany:
~~o0((DISKUSI TENTANG SEJARAH DAKWAH ISLAM, PERTAUTAN SILSILAH, DAN PEMERINTAHAN MADURA DI MASA LAMPAU))0o~~

Diskusi ini saya copas dari group WA, saya copas ke sini agar menjadi data bahan diskusi tentang sejarah dakwah Islam, pertautan silsilah dan pemerintahan Madura Barat di masa lampau, selain itu agar ini menjadi referensi berharga dalam ilmu pengetahuan:
Sekedar mmberikn keterangan...raden pratanu ..kalau dri sumenep ..cocok dg catatan kuno yg mengatkn...aryo ronggo lawe tertulis kakek buyut pratanu
 Numpang tanya pragalga raja hindu terahir di madura putranya pratano raja muslim pertama di madura sedangkan buyitnya aria lembu peteng adipati sampang beragama islam sebenarnya siapa taja islam pertama di madura
Ronggo lawe kalo ke garis lakinya ke Sayyidina Abbas .. paman nabi Muhammad SAW
berarti benar pendapat prof agus sunyoto tentang arta wiraraja (ayah ronggolawe) bahwa dia sdh beragama islam
 Pragalbo itu Muslim.  Anaknya baik pratanu dan suhra pradoto juga muslim dan nikah dengan putri2 raja islam.. yang suhra pradoto menikah dengan ratu pembayun binti sultan trenggono demak dan pratanu menikah dengan putri jaka tingkir pajang.. adapun masalah onggu.. atau menganggu .. karena ditalqin thoriqoh oleh putra bliau...
Ronggolawi putra dari arya wiraraja beragama hindu tak masuk akal kalau keturunan sayyidina abbas beragama hindu sekedar ingin tahu
Iya.. memang sudah.. tapi raja majapahitnya kala bliau menjabat jadi patih.. rajanya belum muslim
 Ronggolawe beragama islam
Dari sejak arya damar palembang .. udah Islam.. bgitu pula turunannya yg ada di madura..
ada yg tahu makamnya demang plakaran ??? ayahnya kyai pragalba islam onggu' ??
*mengangguk.. kala menerima talqin.. bukan menerima syahadat awal masuk islam / bukan mualaf
Menarik, jadi bukan masuk islam dengan mengangguk. Tetapi pas nya masuk talqin toriqoh anaknya dengan mengangguk lalu wafat.
Takwil dari mempelajari sejarah dan jalur silsilah leluhur dan kekerabatan pernikahan kluarga turunan bliau.. yang mustahil bliau masih hindu..
Silahkan cek silsilah bliau dari sumber yang manapun.. itu adalah leluhur2 yg udah muslim
[26/2 14.42] Dan silahkan ambil data keterangan sejarah ttg para besan bliau yang muslim
[26/2 14.42] : Tapi dlam catatan waaiat dalem kraton tunjung sekar...bahwa mengatakn arya ronggolawe...
[26/2 14.42]  Tentang Arya Ronggolawe muslim dari data Babad Tuban.
[26/2 14.42]  Brawijaya 5 majapahit pun .. udah masuk Islam..
[26/2 14.42] : Jadi turunannya pun udah masuk islam.. baik yang di jawa dan madura. .. yang nggk mau masuk islam  pindah ke Bali
[26/2 14.42]  Silsilah joko tingkir bin abd rohman bin sunan giri sebagian joko tingkir bin kebo kemanga bin ardaningrat pungging mana yg betul
[26/2 14.42]  Sdgkn ki demung plakaran mendptk dri giri kedaton...yg makmnya di ...plakaran...kumpul dg bujuk ser alam....cucu sunan socen
[26/2 14.42]: Yang betul ke kebo kenanga bin handayaningrat
[26/2 14.42] : Distorsinya karena ada kesamaan kisah ttg leluhur yg menjadi menantu raja di jawa timur.. kalo ayah sunan giri yakni maulana ishaq mnantu raja blambangan.. sedangkan handayaningrat adalah menantu raja majapahit
[26/2 14.43] : Salah 1 sumber akan ini adalah Serat Dharmogandul
[26/2 14.43] : Perhatikan "nyantri" ke Sunan Giri dan Sunan Kudus.. ada juga yg menyatakan ke ampel denta.. intinya di masa itu para walisongo adalah juga sufi. Shingga tentang onggu mlihat dari sejarah, silsilah dan hubungan pernikagan dapat kita takwilkan adalah syahadat talqin bukan syahadat awal mnjadi mualaf
[26/2 14.43]  Nama arabnya jaka tingkir adalah abdurahman.. nama arabnya kebo kenanga adalah ali dan nama arabnya handayaningrat adalah Muhammad
[26/2 14.43]  Yang perlu diperhatikan ialah istilah Islam Onggu' (Islam dengan menganggukkan kepala), bukan onggu' saja. Sejarah madura saya kira cukup jelas. Untuk membelokkannya tdk cukup dg takwil silsilah. Di Madura barat juga terdapat Candra sengkala, yg menandakan penguasa Islam awal ialah Panembahan, yg dikenal dg Lemah Duwur
[26/2 14.43]  kalo kyai pragalba sdh muslim, apa tujuannya mengutus patih pageno utk belajar islam ke kudus ???
[26/2 14.43]  Guhh kok di akui islam semuai
Terus pas siapa yang hindu
Kenapa kalau hindu tidak pernah di bahas...
Ini akan mematikan sejarah leluhur Raja Raja nusantara yg nutabeni adalah Raja Raja yg melahirkan manusia manusia unggul diseluruh pelosok nusantara......
[26/2 14.43] Lemah duwur alias suhra pradoto adalah anak bliau pula yg mnikah dengan ratu pembayun binti sultan trenggono demak.. dan adalah kakak dari Pratanu. Sejarah adalah terkait dengan Penafsiran dan analisa.. terserah antum myakini hal tsb.. tapi ana myakini dari sudut pandang silsilah leluhur bliau dan kekerabatan. Dan perlu diketahui ada sistem pemerintahannya udah Islami.. dimulai dari panembahan.. ada yang meski muslim tapi sistem pemerintahannya belum islam.. di sunda misalnya Prabu Siliwangi..
[26/2 14.43]  apa perlu saya sms kyai pragalba ? utk menanyakan yg sebenarnya ?😄😄😄 makle rileks
[26/2 14.43] Xxxxx: Krn kita ini secara genetik tidak bisa lari atau menghindar dari kenyataan bahwa siapa ayah dewin sekardadu
Siapa ayah brawijaya terahir kertabumi..
[26/2 14.43] Xxxxx: Yang masih hindu adalah Raja Majapahit di atas brawijaya 5.. ini bukan hendak mengislamkan semua.. kan ada berdasar data.. yg bisa kita analisa
[26/2 14.43] Xxxxx: Mereka adalah Raja Raja yang bijak adil pada rakyat majapahit berdiri puluhan tahun...
[26/2 14.43] Xxxxx: Lha, kalau sdh main terserah itu sdh personal. Jadi bukan konsumsi umum.. Artinya ta'wil silsilah, dugaan, mungkin saja, atau apapun yg semakna dg itu tdk bisa dipakai dlm penyusunan revisi sejarah
[26/2 14.43] Xxxxx: Hehe.. iya.. ini diskusi sejarah dan analisa sejarah dengan penafsiran.. ya benar ya wallahu 'alam bishowab 🙏🙏
[26/2 14.43] Xxxxx: Sejarah adalah analisa.. dan penafsiran..  makanya para peneliti sejarah banyak yang beda pendapat Gus..
[26/2 14.43] Xxxxx: Moga saja semua raja majapahit islam ...😁
[26/2 14.43] Xxxxx: Kalo ini agak berat 😁
[26/2 14.43] Xxxxx: Saya meneliti berdasarkan riwayat silsilah leluhur beliau dan kekerabatan pernikahan kluarga bliau.. shingga mnyimpulkan bliau udah islam..
[26/2 14.43] Xxxxx: Maaf sy koreksi.. "ilmu sejarah" ..
[26/2 14.43] Xxxxx: Nah, ini kalau menurut Kuntowijoyo termasuk sejarah sebagai seni... He he..
[26/2 14.43] Xxxxx: Yang pasti penafsiran dan analisa sejarah harus ada alasan d
an sumber datanya .. bukan sekedar ngasal 😇🙏
[26/2 14.44] Xxxxx: Kalo sy tetap menagkui bahwa sekalipun Raja luar islam yg penting tidak lalim pada rakyat...
[26/2 14.44] Xxxxx: Jika tidak ada perantara Dewi sekardadu tidak akan lahir raden paku..
[26/2 14.44] Xxxxx: Mantab....sejarah menceritakan kejadian yg sdh terjadi berdasarkan fakta sejarah yg benar terjadi bukan ngayal, klo ngayal bisa lari ke cerita rakyat juga bisa ke babad...😀
[26/2 14.44] Xxxxx: Bentar dewi sekardadu itu putri raja blambangan.. jadi beda ama majapahit
[26/2 14.44] Xxxxx: Kalimat takwil kalau dalam istilah sufistik bukan dalam arti menjelaskan atau mengartikan tp lebih pada nafs Al kulliyah

So takwil ini sudah bukan bahasa tp didalamnya  masuk ke balik bahasa..
[26/2 14.44] Xxxxx: Ya betul siapa menak sembuyu...
[26/2 14.44] Xxxxx: Betul.. tapi ada beberapa bagian yang terkait dengan analisa dan tafsir.. misal fakta sejarah bahwa p. Onggu mengangguk kala dibacakan syahadat.  Tapi yang kemudian melahirkan pandangan.. apakah itu masuk islam ? Karena tidak selalu bgitu maka bisa dianalisa dari sudut pandang lain
[26/2 14.44] Xxxxx: Maaf bukan sy ingin menolak data tp kita ini hidup di bekas kerajaan nusantara.. Jd jgn kita lupakan nusantaranya...
[26/2 14.44] Xxxxx: Kalo jalur blambangan .. memang masih hindu.. kan tadi dibahas yang masuk islam adalah mulai dari brawijaya 5 majapahit dan turunannya.. bukan ke atas maupun kerabatnya..
[26/2 14.44] Xxxxx: Bukan Pangeran Onggu'. Tapi Pangeran Islam Onggu'.. Maknanya beda
[26/2 14.44] Xxxxx: Tidak kita lupakan kok 😇🙏
[26/2 14.44] Xxxxx: Ya Bagus baguss👍🏻👍🏻👍🏻
[26/2 14.44] Xxxxx: Blambangan merupakan majapahit timur, sejak berdirinya raja majapahit pas setelah meninggalnya ronggolawi, arya wiraraja menagih janji pd dyah wijaya tuk menbagi kerajaan majapahit menjadi 2 sehingga bagian wilayah timur dgn pusat kerajaan di lumajang dipimpin oleh arya wiraraja, sjak gugurnya patih nambi yg mendapat dukungan arya wiraraja majapahit timur kembali menjadi satu dgn majapahit barat, menjelang mangkatnya hayam wuruk majapahit timur kembali memerintah sendiri yg sama merdeka bukan kerajaan bawahan majapahit yg dipimpin bre kerthabumi
[26/2 14.44] Xxxxx: Betul.. tapi silsilah raja blambangan yang kmudian jalurnya beda dengan silsilah Ronggolawe bin arya wiraraja.. yg menurut babad tuban udah muslim
[26/2 14.44] Xxxxx: Jadi raja blambangan yang mertua dari Maulana Ishaq ke atasnya masih hindu..
[26/2 14.44] Xxxxx: Maaf lek Farhan kalimat tentang takwil ini ditujukan kpada gus Nur fadil...
Klmat takwil terlalu tinggi
Takwil bukan digunakan dalam penulisan sejarah... Tp lebih digunakan pada wilayah tafsir tasawwuf falsafi..
[26/2 14.44] Xxxxx: La itu
[26/2 14.44] Xxxxx: Inggih.. mohon maaf.. baik kita sebut penafsiran sejarah saja.. meskipun.. dalam sejarah islam.. misal tentang perbedaan dan konflik para sahabat biasa kemudian di takwilkan disebutnya.. bukan ditafsirkan.. tapi siap flexible demi yang terbaik 😇🙏
[26/2 14.44] Xxxxx: Agama kapitayan sangatlah berbeda dgn agama islam pasca Muhammad Rasul terakhir, krn mutlak pasca Muhammad jadi rasul harus pengakuan kepada muhammad sbg rasul tdk cukup hanya pengakuan keesaan tuhan....dn betul kepemimpinan di wil blambangan pasca mangkatnya arya wiraraja kekuasaan dipegang oleh keturunan majapahit barat smpai masa bre kerthabumi dn seterusnya
[26/2 14.44] Xxxxx: Ronggolawe punya gelar islam Syeikh Jali Khalwati dan Arya Wiraraja bergelar Kyai Lanang baya.. ini riwayat dalam beberapa silsilah dan juga di Babad Tuban..
[26/2 14.44] Xxxxx: Betul 👍👍😇😇
[26/2 14.44] Xxxxx: Maka dari itu tadi sy membedakan blambangan dengan majapahit / majapahit barat bahwa bukan leluhur sekardadu sebagai raja blambangan beragama Islam.. krn memang tidak ada riwayat itu.. yang ada riwayat islam adalah ronggolawe dan ayahnya.. juga raja majapahit yg masuk islam yakni brawijaya 5
[26/2 14.44] Xxxxx: Jadi sy pun tidak berani.. tanpa data semua langsung dianggap Islam.. tapi memang ada data / riwayat mana yg udah masuk Islam dan mana yg belum.. sistem pemerintahan yg udah islami dan yg belum.. dan maaf sy belum menemukan keterangan ttg turunan brawijaya 5 yang murtad keluar Islam  kalo dalam riwayat yg kami pegang utk wilayah jawa di masa lalu 🙏
[26/2 14.44] Xxxxx: Biar tdk salah pengertian perlu ada persamaan persepsi ttg brawijaya 5 ini, siapa yg dimaksud brawijaya 5 ini dn masa pemerintahannya pd tahun brapa?
[26/2 14.44] Xxxxx: Tentang siapa yg dimaksud Brawijaya 5 memang masih ada perbedaan pendapat.. antara Bhre Kertawijaya dan atau Bhre Kertabumi..
[26/2 14.44] Xxxxx: Pasca arya wiraraja, penguasa blambangan merupakan keturunan dr hayam wuruk keturunan majapahit barat
[26/2 14.44] Xxxxx: Betul.. 👍
[26/2 14.45] Xxxxx: Dalam silsilah ini.. kalo kita anggap kyai Pragalbo baru masuk islam.. brarti kita menduga turunan arya damar yang muslim ada yang murtad.. padahal keterangan ttg siapa yg murtad adalah tidak jelas datanya.. yang ada bahwa kyai pragalba mengangguk kala dibacakan syahadat
[26/2 14.45] Xxxxx: Berdasar teks babad tanah jawa maka semua Raja Majapahit (Laki laki) disebut Brawijaya.

Brawijaya 1 Raden Wijaya, 2 Jayanegara, 3 Hayam Wuruk, 4. Wikramawardana 5 Kertawijaya.
[26/2 14.45] Xxxxx: Kertawijaya dalam teks Sejarah adalah Brawijaya 1.

Alasannya : nama Brawijaya dipergunakan para raja Majapahit sesudah Rani Suhita.
[26/2 14.45] Xxxxx: Keberadaan Brawijaya diambil dari fakta sejarah tetapi isinya diambil dari babad tutur Tanah Jawi yang ditulis di jaman Paku Buwono I
[26/2 14.45] Xxxxx: Berdasar yeks sejarah pula yg disebut Brawijaya V itu adalah Kerthabumi.
[26/2 14.45] Xxxxx: Lantas ttg siapa raja majapahit yang masuk Islam ? Kalo kita mngikuti pendapat misal Agus Sunyoto .. maka itu pada Bhre Kertawijaya.. bliaulah yang mnjadi ayah rd. Patah .. tapi ayah arya damar bukan pada bhre kertawijaya.. tapi pada wikramawardana.
[26/2 14.45] Xxxxx: Dan adanya tentang memimpin pemerintahan islam dan pemerintahan yang belum islam.
[26/2 14.45] Xxxxx: Memang istilah Brawijaya 5 menjadi mnjadi penanda Raja Majapahit di masa masa akhir kerajaan Majapahit shingga smpat terbaur data.
[26/2 14.45] Xxxxx: Kembali ttg baru masuk Islamnya Kyai Pragalbo.. ana pertanyakan : Data apa yang menunjukkan keturunan Arya Damar yang muslim dan ario lembu peteng yg muslim (yg menikahi putri champa yg kala itu juga muslim) menjadi MURTAD ? dan baru kemudian masuk islam dimulai dari anak2 pragalbo. Silahkan renungkan apalagi ini tentang leluhur keluarga Madura 🙏
[26/2 14.45] Xxxxx: Jujur kalo sy tidak berani su'uzhon menuduh turunan bliau2 ada yang murtad tanpa data.. shingga sy memilih penafsiran lain atas mengangguknya Kyai Pragalbo kala dibacakan syahadat.
[26/2 14.48] Xxxxx: Kalo tentang gelar Panembahan.. itu dapatlah dianalisa sebagai memulai pemerintahan Islam.. sedangkan pemimpin sebelumnya belum menjalankan pemerintahan Islam.. karena bila dalam pemerintahan tergantung pada rakyatnya.. sedangkan kalo dalam ilmu silsilah dan sejarah leluhur atau keluarga menunjukkan beliau2 adalah dari keluarga Muslim dan menikah dengan keluarga bahkan pemimpin Muslim.
[26/2 14.49] Xxxxx: Justru utk mengetahui dan memperdalam ttg Islam trutama utk menyiapkan sistem pemerintahan Islam .. ana pun spakat di masa bliau belum dijalankan "pemerintahan islam".. dengan mengutus utk belajar islam baik pada patih maupun ke 2 anaknya bahkan sampai menikah anak2nya dengan kluarga penguasa islam di jawa demak dan pajang. Menandakan kenal baik dengan ajaran Islam, apalagi dari kluarga keturunan Muslim .. perhatikan kalo andai dari jalur yang murtad.. mustahil begitu perhatian akan Islam bahkan mengutus utusan bahkan anak2nya utk memperdalam Islam.. wallahu 'alam bishowab 🙏
[26/2 14.50] Xxxxx: Patih bliau saat itu belum islam.. dan dengan pengutusan tsb.. alhamdulillah jadi masuk Islam..
[26/2 14.51] Xxxxx: Gelar islam onggu juga bisa ditafsirkan bliau mengangguk menyetujui pemerintahan pasca bliau mangkat, dijalankan secara pemerintahan Islam. Dan ini dimulai lewat putra2 bliau..
[26/2 14.51] Xxxxx: Tentunya ini bukan sekedar penafsiran biasa tapi berdasar data silsilah leluhur, riwayat kekerabatan dan tidak adanya data terkait MURTAD nya jalur keluarga ini..
[26/2 14.55] Xxxxx: Kalau ada pertanyaan bahwa kenapa diberitakan bahwa baru di Kyai Pragalbo masuk Islam ? Maka analisa ana.. perlu kita simak latar belakang daerah pemerintahan bliau2. Kalo melihat silsilah.. jelas bliau2 adalah keturunan Muslim. Tapi daerah yang bliau pimpin.. tentunya rakyat banyak yang belum Islam, sehingga memerlukan masa penyesuain.. dari pemerintahan yg tidak islami ke pemerintahan Islam. Bahkan keislaman pemimpin nya bisa disembunyikan dulu.. ini pula yang dilakukan oleh Prabu Siliwangi di jawa barat.. tapi bagaimanapun.. silsilah keturunan Muslim dan bahkan pernikahan dengan keluarga Muslim menunjukkan analisa bukti sudah muslimnya jalur pemimpin sebelum Panembahan yang memimpin pemerintahan Islam di Madura.
[26/2 14.55] Xxxxx: Juga utk syiar Islam dan menggalakkan dakwah Islam di Madura.. shingga ketika banyak masyarakat Madura memeluk Islam .. mempermudah terbentuknya pemerintahan Islam di generasi pelanjut beliau. Dan trbukti empu bageno sbagai salah 1 pendakwah awal di madura yg nggk lama stlah itu pemerintahan Islam di Madura terbentuk
[26/2 14.56] Xxxxx: Maaf ajengan islamisasi dimadura setelah Wafatnya mbah sunan ampel ya
[26/2 15.00] Xxxxx: Kesimpulan2 di atas,  ditinjau dari silsilah keluarga Muslim ini dan jalinan pernikahan dan kekerabatan dengan pemimpin Muslim; tidak atau belum ada bukti MURTAD nya jalur keluarga ini.. yang ada adalah indikasi pergantian pemerintahan di Madura dari yang bukan pemerintahan Islam ke pemerintahan Islam dimulai dari para Panembahan putra Kyai Pragalbo.
[26/2 15.03] Xxxxx: Inggih.. betul.. tapi pemerintahan di sana awalnya belum berbentuk pemerintahan islam.. artinya ada sebagain masyarakat sdh Islam dan ada yg belum.. kala sudah banyak yg islam.. ya sudah saatnya terbentuk pemerintahan Islam oleh para Panembahan di masa kemudian.
[26/2 15.04] Xxxxx: Yg mengatakan pragalbo hindu sebelumnya,takut ada pengkaburan sejarah... serta sikap kehati hatian
Sedang yg mengatakan p pragalbo muslim,adlh analisa yg didukung nalar...yg masuk akal...
Diantaranya
1. Lembu peteng muslim
2. Model makam
[26/2 15.06] Xxxxx: Ternyata sejarah madura banyak yg dikaburkan ya, apa ada unsur politik pemerintahan ya 😰
[26/2 15.07] Xxxxx: batul kata Bapak Kadirisman (mantan wabup pamekasan), bahwa madura butuh buku sejarah baru yg minim distorsi
[26/2 15.09] Xxxxx: Betul 👍... tapi kita harus takut pula berprasangka / menuduh bahwa leluhur pemimpin madura ada yang MURTAD tanpa bukti data yang kuat. Jadi yang mengatakan Pragalbo Muslim juga karena sikap hati hati 😇🙏
[26/2 15.10] Xxxxx: Ini beda dengan sikap yang menyatakan semua Raja Majapahit muslim .. hanya karena ada penemuan2 islami di masa itu.. kalau ini rentan pengkaburan sejarah. Jadi tidak bisa digeneralisir 🙏
[26/2 15.13] Xxxxx: Diskursus di group ini mulai tadi malam menyenangkan, sebuah diskursus dengan penuh keilmiahan, silang pendapat bukannya tdk berdasar melainkan didasarkan pada kaidah ilmiah yg berbijak pada data fakta disertai analisi tajam untuk mencari kesimpulan yg paling mendekati terhadap kebenaran yg bisa dipertanggung jawabkan scr kaidah ilmiah bukannya didasarkan pada kuatnya urat nadi...😀😀😀
[26/2 15.16] Xxxxx: Semoga di pertemuan naat berikutnya bermunculan karya2 ilmiah yg membahas apa yg tlah kita bahas...mgk termasuk untuk menjawab teori Bpk agus sunyoto ttg " istilah islam purba bagi agama kapitayan"
[26/2 15.19] Xxxxx: Mendiskursuskan ttg keislaman raja sekitar wil madura, khususnya yg qita perbincangkan mulai tadi madura barat, sy mengistilahkan madura barat, krn ada songenep yg mempunyai trah tersendiri walaupun kebelakangannya ada persambungan kekerabatan melalui pertalian perkawinan
[26/2 15.21] Xxxxx: Sy coba menginventaris persoalan yg qta diskusikan semalam sbb;
1) siapa keturunan arya damar yg muslim yg murtad yg diasumsikan menurunkan raja2 madura barat, yakni skr daerah bangkalan sampai pamekasan? Arya damar yg mana yg menurunkan raja2 madura barat? Arya damar yg mana yg menurunkan keturunan muslim? Dlm sejarah kerajaan majapahit terdapat banyak ARYA DAMAR, sehingga kita dalam menisbatkan geneologi perlu kehatian2 juga, setidaknya sy sebutkan 3 nama arya damar (nama sama ruh dn jasadnya beda....rileks bentar...😀)
1. Arya damar bin adyabrahman yg lahir 1294 dia keturunan dr sri muliwarman raja di sumatra, diangkat menjadi adipati di daerah tsb 1308, pada tahun 1343 bersama gajah mada (patih majapahit) menaklukan bali ( kidung pamacangah, usana bali, juga terdapat di kakawin nagarakretagana) pd thn 1347 menaklukan sisa kerajaan sriwijaya di sumatra sehingga akhirnya dijadikan uparaja majapahit di wil sumatra di masa tribuawa tungga dewi
2. Arya damar yg diperkirakan lahir 1415 M dr istri ke 2 wikramawardhana, ketika arya damar ini menjadi adipati palempang oleh Allah diberi hidayat tuk jadi muallaf melalui sunan ampel, yg bedasarkan satu versi akhirnya punya anak yg bernama R. Husein/kusen/adipati terung
3. Arya palembang yg oleh sebagian juga disebut arya damar kemudian diambil mantu oleh arya damar/arya dillah yg kemudian kawin dgn nyi ratna subanci dn mempunyai anak R. Husein/kusen ( versi lainya)
[26/2 15.24] Xxxxx: yg no 3 arya palembang ini adalah panembahan palembang bin sunan kudus
[26/2 15.24] Xxxxx: Dr arya damar yg tlah disebutkan👆sy coba telaah geneologi, klo yg dimaksud arya damar bin wikramawardhana yg menurunkan raja2 madura barat dn di sisi lain juga mempunyai anak yg bernama R. Husein/ kusen/adipati terung yg waktu datang ke ampel bersama R. Fatah yg kemudian mengabdi ke majapahit berperang dgn tentara demak yg dipimpin oleh sunan ngudung ayah sunan kudus, bahkan sunan ngudung meninggal di tangan adipati terung yg kemudian pasukannya dikalahkan oleh sunan kudus yg mana kejadian itu terjadi pd thun 1524 dn 1527 yg juga bersamaan dgn masa pemerintahan pragalba, atau rato islam onggu' satu sisi arya damar yg menurunkan ke pragalba membutuhkan 6 generasi sdangkan tuk adiapti terung hanya 1 generasi klo dikomperkan ke sultan trenggano hanya 2 generasi.....betulkah generasi pendahulu pragalba arya damar bin wikramawardana yg nota beni adipati palembang yg diislamkan sunan ampel, dr sisi geneologi ini meminjam istilah film hollywood mision imposible..🙏
[26/2 15.26] Xxxxx: Bukan arya palembang (abdullah azmatkhan) berdasarkan catatan sayyid bahruddin azmatkhan
[26/2 15.31] Xxxxx: kenyataannya di silsilah madura barat, dinasabkan ke raden husen bin wikramawardana
[26/2 15.32] Xxxxx: 2 dan 3 adalah sama saja.
[26/2 15.34] Xxxxx: Arya palembang ini merupakan mantu dr arya damar/arya dillah
[26/2 15.36] Xxxxx: Waduh kalo yang ini pengkaburan sejarah. Al afwu.. catatan bahrudin azmatkhan adalah klaim cucu bliau s. Faroji tanpa real bukti data catatan asli kakeknya 🙏
[26/2 15.38] Xxxxx: sejarah kita spt benang kusut
[26/2 15.40] Xxxxx: Catatan yang dikeluarkan s. Faroji mengatas namakan catatan bahrudin.. adalah sekedar utk membentuk opini publik tanpa bukti data otentik tentang silsilah
[26/2 15.42] Xxxxx: R. Huesein adipati terung mulai kapan ya kira2 bisa keturunan kakek buyut krn R. husein klo dikomparasikan sebanjaran pragalba paling tdk ki demong kecuali silsilah raja barat stlah ki demang arya damar, itu sampai ke ario damar msih butuh 4  tangga lagi
[26/2 15.44] Xxxxx: Jadi ana sampaikan di sini perlu diwaspadai ttg data2 yang diedarkan dimana disebut bersumber dari catatan Bahrudin azmatkhan
[26/2 15.45] Xxxxx: Raden husen yg membunuh sunan ngudung, tp anak sama anak menjadi suami istri.... besanan musuh...
[26/2 15.45] Xxxxx: Setuju tentang yang ini
[26/2 15.46] Xxxxx: Qta fokus ke arya damarnya yg dikatakan muslim....bukti keislaman arya damar berdasarkan anaknya dn sejarahnya adalah arya damar bin wikramawardana
[26/2 15.49] Xxxxx: Di sini paling tidak menjadi indikator bhw perang demak dn majapahit bukan didasarkan agama, melainkan lebih didasarkan hegemoni kelanjutan kekuasaan majapahit krn ada 2 muslim yg menjadi pimpinan pasukan majapahit yakni adipati terung dn pate vira pemimping dr tuban
[26/2 15.58] Xxxxx: Apakah ada arya damar lainnya (adipati palembang) yg muallaf?
[26/2 15.59] Xxxxx: Betul..
[26/2 16.02] Xxxxx: Tapi perlu diketahui raja majapahit yang diperangi oleh Rd. Patah.. bukan ayahnya sndiri melainkan pada Girinderawardana.
[26/2 16.03] Xxxxx: Diskursus ini untuk menguji bhw pragalba keturunan muslim or not berdasarkan bukti2 sejarah yg bisa dipertanggungjawabkan ilmiahly
[26/2 16.04] Xxxxx: History kemuslimannya bagaimana? Krn sdr2nya juga muslim belakangan misal yg ke pamekasan pangeran bonorogo baru islam juga menjelang ajalnya yg terjadi di tahun 1531 sehingga dikenal dgn rato islam lenduh......yek @ farhan juk lenduh lawan tanding juk lemes pandian ...😀😀
[26/2 16.05] Xxxxx: Dan slain itu.. perlu disimak tentang ibunya Kiai Demang, juga adalah dari keluarga Muslim.
[26/2 16.06] Xxxxx: Sepakat bhre kertabumi atau brawijaya lima berkuasa di majapahit sekitar 1474-1478 ada yg mengatakan 1468-1478 setelah mengkudeta sighawikramawardhana brawijaya 4 (prasasti trilokyapuri)
[26/2 16.07] Xxxxx: Yang di sini ana gunakan sesuai yang biasa digunakan di madura.. tapi ana temukan riwayat lain.. sebenarnya Ario Timbul, Ario Kedut, Ario Pojok adalah bersaudara .  Anak2 Ario Menak Senoyo.. dan ayah dari Kiai Demang adalah dari Ario Pojok
[26/2 16.08] Xxxxx: Lembu petteng kamituwo madegan islamnya stlah ngaji ke ampel dn tdk pulang dikebumikan di sana
[26/2 16.08] Xxxxx: Menurut prof N.J. krom dlm bukunya javasche gedchidenes dn prof yamin dlm bukunya gajah mada, demak tdk menyerang majahit pd masa prabu brawijaya 5 tetapi masa girindrawardhana stelah mengkudeta brawijaya 5 dn menasbihkan diri sbg raja majaahit brawijaya 6 dgn pusat pemerintahan di dhaha
[26/2 16.10] Xxxxx: Al afwu.. silahkan keluarga Madura meneliti lagi ttg siapa pemimpin madura yang murtad nya.. intinya indikasi berubahnya ke pemerintahan Islam, belum tentu brarti tadinya pemimpinnya kafir lantas mualaf.. kalo secara silsilah kluarga dan hubungan pernikahan terlihat pernikahan antar keluarga Muslim.
[26/2 16.14] Xxxxx: Apalogize me too...mari kita lanjutkan istrahat ria dulu.....lanjut.... senang perbincangan ini
[26/2 16.16] Xxxxx: Yang riwayat brsaudara silahkan dibandingkan dgn yg jalur bupati terung
[26/2 16.18] Xxxxx: Iya betul .. sbgaimana yg ana sebut di atas.. ttg kubu raden patah bukan memerangi ayahnya
[26/2 16.20] Xxxxx: Indikasi yang ada adalah dari pemerintahan yang belum islam berubah menjadi pemerintahan islam.
[26/2 16.23] Xxxxx: Keteteran, terlambat ngikuti diskusi yg sangat menarik dan bermanfaan ini
[26/2 16.26] Xxxxx: Sedikit menambahkan.. Yang ini bukti pula ttg adanya pernikahan antar keluarga turunan Muslim.. karena riwayatnya turunan lembu peteng yg muslim dan turunan arya damar yg muslim yang menurunkan kyai Pragalbo.. dan belum ada data yg jelas tentang MURTAD nya leluhur Pragalbo
[26/2 16.26] Xxxxx: Nama asli lembu peteng yg di madura siapa?
[26/2 16.29] Xxxxx: Kecuali kalo ada bukti data yg jelas ttg siapa yang MURTAD, maka bisa jadi benar bahwa Pragalbo Mualaf..
[26/2 16.30] Xxxxx: Berdasarkan al ahkam assulthaniyah dn ilmu tata negara pemerintahan islam apabila peraturan ttg kenegaraan dn berkebangsaan berdasarkan islam, pemimpin muslim penduduknya muslim bukan berarti pemerintahan islam selagi segala peraturannya didasarkan islam...forgive me
[26/2 16.32] Xxxxx: Berdasarkan setidaknya dr data dn telaah geneologi generasi terdahulu pragalba memang tidak yg MURTAD krn msih belum muallaf setidaknya blum ditemukan bukti sejarah keislamannya....krn secara kaum fiqih mengislamkan dn mentidak islamkan konsekwensi sama.....dn lembu petteng meninggal di ampel dn belum sempat mengajak islam para anaknya sehingga keturunan islam kemudian.....tapi yg membanggakan terhadap pragalba ke atas dan ke bawahnya setidaknya islamnya tsk seperti me yg bisa dikatakan islam kecelakaan bukan islam mulai dr keyakinan melainkan ikut2an....😀😀😀🙏🙏
[26/2 16.32] Xxxxx: # tidak didasarkan islam
[26/2 16.32] Xxxxx: ini menarik... kalo ada data yg menulis Trio Ario (pojok, kedot & timbul) bersaudara, maka disinilah distorsinya yg menyebabkan banyaknya nama di mata rantai silsilah raja2 di madura
[26/2 16.32] Xxxxx: Maksud ana tentang pemerintahan Islam di nusantara.. adalah agama resmi negara / pemerintahannya.. dari belum Islam menjadi Islam.. karena dalam sejarah kerajaan nusantara erat kaitan dengan agama resmi suatu pemerintahan.
[26/2 16.32] Xxxxx: Menurut beberapa sumber, disebutkan bahwa Raja Majapahit yaitu Brawijaya ke V telah masuk Islam begitu pula ibunya Lembu Peteng yang dari champa adalah juga muslim.. juga bisa dicek di kekunoan di Makam Putri Cempa di Trowulan, Mojokerto. Kalo ayah dan ibunya lembu peteng Islam / muslim dan Lembu Petengnya juga Islam bagaimana mungkin tanpa bukti data jelas menyatakan anak turunan mereka belum Islam ? .. ini yang mesti hati hati.🙏
[26/2 16.32] Xxxxx: Bbrp bulan lalu pernah ada juga diskusi dengan tema yg sama di grup ini. Tapi sblm tuntas, beralih ke topik lain.. kalau tdk salah ingat, sempat juga disinggung soal keislaman keluarga majapahit sejak kencono wungu yg juga muslimah
[26/2 16.32] Xxxxx: #ketiganya
[26/2 16.32] Xxxxx: Mungkin riwayat yg dimaksud ini catatan di Sumenep, yaitu yg tertera di tambahan keterangan penerjemah di Buku Babad Sumenep. Memang ditulis ketiga bersaudara. Tapi bisa jadi itu salah maksud, karena itu berdasar silsilah madura Barat. Dan penerjemah itu hanya menjelaskan saja..
[26/2 16.32] Xxxxx: Inggih.. penerjemah hanya menjelaskan saja.  Tapi insya Allah ada dasarnya krn bliau menjelaskan pasti juga memiliki dasar. Dan itu menarik utk dilacak siapa penterjemah tsb dan dasarnya apa saja.. Hal seperti ini pernah terjadi di keluarga Tangerang Banten.. salah dalam membaca data silsilah tua.. yang seharusnya bersaudara disalah fahami dengan leluhur..
[26/2 16.32] Xxxxx: Dalam hal detail nya..
[26/2 16.32] Xxxxx: Baik kita coba diskusikan generasi pendahulu pratanu; pratanu bertahta 1531-1592 bin pragalbo bin kiayi demang bin nyi ageng boedo binti ario pratikel bin ario manger bin ario lembu petteng bin siapa? Bhre kertabhumi/brawijya 5 kah? Dari pragalba yg wafat 1531 butuh 4 generasi ke ario lembu petteng, klo ario lembu petteng ini dinasabkan ke bhre kertabhumi yg wafat thn 1478 Bukan wafat sakit tapi dikudeta bagaimana mungkin dlm rentan waktu 53 thn antara wafatnya pragalba ke bhre kertabumi terisi 5 generasi? Klo qta membandingkan ke geneologi bre kertabumi satunya yakni yg menurunkan R. Fatah lhir 1455 ibnuhu sultan trenggano wafat 1546... hanya terisi 2 generasi dr bhre kertabumi, sehingga qta perlu hati2 juga menasabkan ke bukan nasabnya....yg perlu ditarjih terlebih dahulu kesiapakah atau siapakah orang tua lembu petteng? Klo kertabumi/brawijaya 5 bisa2 brawijaya 5 nya yg menjadi cicit/keturunan lembu petteng....komparasi dr gen yg sama unlogis antara brawijaya 5 ke pragalba dan brawijaya 5 ke sultan trenggano....dimanakah  leluhur yg muslim dr pragalba....dr sisi ibu kiai demang plakaran yg ke lembu petteng...sblum mendiskusikan indikator atau fakta sejarah lainnya yg menunjukkan muslim or not!!
[26/2 16.32] Xxxxx: Tapi ana menghargai dan membiarkan keluarga madura utk menyusun silsilah leluhurnya 🙏
[26/2 16.32] Xxxxx: Tapi secara umum.. intinya jelas teriwayatkan tentang jalur leluhur dari keluarga Muslim dan pernikahan pun antar keluarga muslim pada leluhur dan anak keturunan Pragalbo.. maka kita harus berhati hati dalam menafsirkan kekafiran awal bliau dan leluhurnya 🙏
[26/2 16.32] Xxxxx: kalo trio aryo itu ternyata kakak beradik bagaimana ? kan jadi pas ketika dikomparasikan ?
[26/2 16.32] Xxxxx: Dari mana datanya bhw mereka kakak beradik?
[26/2 16.32] Xxxxx: Klo dilihat dr fakta sejarah yg ada yakni pernikahan antar muslimin dimulai ki lemah duwurnya sendiri....sehingga juga perlu telaah kritis sebelum mengambil konklusi keislaman seseorang klo tdk didukung bukti keislamannya
[26/2 16.32] Xxxxx: Dan tidak hanya kata saya tapi juga kata penterjemah Babad Sumenep
[26/2 16.33] Xxxxx: Selain lemah duwur.. kakak beliau suhra pradoto jamburingin juga menikah dengan Ratu Pembayun binti Sultan Trenggono demak.. putri pertama trtua dari pemimpin Islam besar.  Jadi tidak hanya lemah duwur pratanu 😇..  dan sampai dinikahkan dengan putri tertua pemimpin / Raja Islam adalah bukan hal yang sembarangan bisa dinikahkan dengan orang Mualaf 😇🙏
[26/2 16.33] Xxxxx: Jadi argumen menyatakan dimulai dari lemah duwur pratanu.. udah bisa ana nyatakan tidak pas.. karena kakak bliau pun menikahi putri tertua sultan demak
[26/2 16.33] Xxxxx: Maksudnya yg dri jalur arya damar.....lembu petteng ......dr arya damar dn lembu petteng apabila ario 2 bersaudara  juga mo dinasabkan ke mana arya damar?  ayah R. Kusen tambah irasional  krn untuk punya anak R. Kusen nunggu iddah dr R. FATAH
[26/2 16.33] Xxxxx: Dalam hal ini saya sepakat dengan Agus Sunyoto bahwa yang dimaksud adalah Kertawijaya.. yang punya istri champa menurunkan Lembu Peteng dan dari istri China menurunkan rd. Patah
[26/2 16.33] Xxxxx: Sedangkan arya damar adalah bukan anak kertawijaya tapi adalah anak wikramawardana
[26/2 16.33] Xxxxx: Yang bersaudara adalah anak2 dari Ario Menak Senoyo.. bukan anak2 arya damar
[26/2 16.33] Xxxxx: Dari tadi kita udah bahas.. leluhur dari raja majapahit ayah lembu peteng islam.. ibunya islam.. lembu peteng islam.. arya damar islam.. istrinya islam.. anak2nya islam.. kemudian kluarga turunan arya damar yg islam menikah dengan keluarga turunan lembu peteng yang islam menurunkan pragalbo yang anak2nya nggk sembarangan menikah dengan putri raja Islam nggk sekedar putri bangsawan islam.. adalah hal yang janggal tanpa bukti data leluhur pragalbo ada yang murtad bila mnganggap pragalbo mualaf
[26/2 16.33] Xxxxx: prasasti waringin pitu dyah kertawijaya adalah seorang pemuja wisnu....klo sekedar asumsi bhwa si fulan muallaf ya sah sah saja....klo guyonannya paman Nabipun yg diabadikan di quran diasumsikan muallaf ya sah sah saja
[26/2 16.33] Xxxxx: Sdr lemah duwur itu masih ke samping bukan ke atas di zaman pratanu  islamisasi sdh lazim terjadi banyak keluarga kerajaan madura sdh dipengaruhi gerakana islamisasi.....yg menjadi fokus diskusi leluhurnya pragalba yg mana yg muslim tolong sebutkan argumentasi dr sisi geneologi ketidak islamannya sdh disampaikan
[26/2 16.33] Xxxxx: Tentang raja brawijaya mana yang masuk islam kita skip dulu.. yang jelas lembu peteng muslim .. ibunya dari campa juga muslim..
[26/2 16.33] Xxxxx: Arya damar muslim.. istrinya juga muslim
[26/2 16.33] Xxxxx: Baik.. yang namanya asumsi memang sah.. menganggap Pragalbo mualaf memang sah.. tapi asumsi yang menyatakan beliau Muslim berdasarkan silsilah leluhur dan pernikahan leluhur dan turunannya juga sah sah saja.. karena belum menemukan keterangan tentang siapa yang Murtad dari pola hubungan keluarga ini. Lebih lanjutnya Wallahu 'alam bishowab 😇🙏
[26/2 16.33] Xxxxx: Atau bisa jadi keluarga Madura salah dalam menyusun jalur silsilah secara fatal adalah asumsi lain kalau menganggap Pragalbo adalah mualaf. Justru analisa saya lahir dari husnuzhon kepada periwayatan silsilah keluarga Madura.. tapi kalo di antara keluarga Madura ber asumsi su'uzhon dengan penyusunan silsilah leluhur secara fatal.. ya monggo 🙏..
[26/2 16.33] Xxxxx: Nggak tanggung2 Pragalbo adalah besan nya Sultan Trenggono Demak dan Sultan Hadiwijaya Jaka Tingkir Pajang..
[26/2 16.33] Xxxxx: Seperti ana sampaikan ada fakta sejarah.. tapi ada sudut pandang lain dalam memandang fakta sejarah.. dan itulah melahirkan analisa atau tafsir sejarah .. apalagi kalo dianalisa dengan data lain. Dalam hal ini ada fakta sejarah bahwa onggu disyahadatkan dengan mengangguk oleh anaknya.. tapi tafsiran sejarah ana dan yg lain adalah sah2 saja untuk berbeda 🙏
[26/2 16.33] Xxxxx: Persoalannya bukan su'uddzan atau tidak tapi qta sedang mendiskusikan sejarah dlm kontek ilmiah mencari kebenaran seobyektif mungkin bukan vested interested....di saat hasil kajian sejarah secara ilmiah tidak sesuai dgn harapan ya perlu diterima selagi tdk ada fakta sejarah baru yg menyebabkan berubahnya hasil kajian sejarah tsb
[26/2 16.33] Xxxxx: Arya damar juga diriwayatkan muslim.. bgitu pula istri dan anak2nya.. tapi ya silahkan kalo syak.. saran sy sebagai bukan turunan langsung madura tapi banten.. silahkan cari data pembanding lagi ttg murtad dan atau pernah kafir dan mualafnya jalur leluhur ini.. ana sementara cukupi dulu.. al afwu 🙏
[26/2 16.33] Xxxxx: Tidak syak lagi klo mulai dr pragalba ke bawah menjadi muslim plus lembu petteng yg di masa tuanya memeluk islam
[26/2 16.33] Xxxxx: Ibunya lembu peteng muslim.. dan suaminya / ayah lembu peteng pun banyak riwayat masuk Islam. Bgitu pula lembu peteng muslim.. Yang tentu saja sumbernya bukan Prasasti 😇.. tapi penulis riwayat tsb tsiqoh.. tapi kalo mau diragukan ya sah sah juga sih.. kalo masalah syak .. sah sah saja karena bukan rukun iman..
[26/2 16.33] Xxxxx: Ya karena dalam hal ini, ana relatif orang luar.. garis laki ana ke Banten dan anapun tinggal di luar madura.. jadi ana persilahkan menjadi PR keluarga madura utk meneliti lagi 😇🙏 .. kalo pendapat ana leluhur arya damar adalah yang wikramawardana.. yg juga mnjadi leluhur madura, itu yg udah banyak disepakati para peneliti slain ana.. jadi kalo mau dikutak katik lagi.. memang jadi akan lebih panjang.. silahkan keluarga madura yg lebih berkepentingan akan hal tsb 🙏
[26/2 16.33] Xxxxx: Apalagi bila melihat data silsilah dan hubungan pernikahan2 yang ada.
[26/2 16.33] Xxxxx: Jadi yang kita diskusikan adalah juga ttg sudut pandang lain dalam melihat fakta sejarah.
[26/2 16.33] Xxxxx: Arya damar adipati palembang masa kertabhumi/brawijaya tidak syak ttg kemuslimannya beliau....yg diskursus arya damar leluhurnya madura.....arya damar leluhurnya madura apa ke yg arya damar masa ke masa kertabhumi atau apa ke yg arya damar keturunan sri muluawarman? Sy pikir fokusnya titik fokusnya di situ!
[26/2 16.33] Xxxxx: Selanjutnya terserah pada keluarga madura 🙏🙏
[26/2 16.33] Xxxxx: Tapi ini saran saya.. cari data tentang adakah yang Murtad ? Atau memang keluarga madura dulu salah secara fatal dalam menyusun silsilah.. karena analisa sy berdasar data silsilah kluarga madura dan riwayat2 Islam 🙏
[26/2 16.33] Xxxxx: Apalagi slain ana.. ada penerjemah babad yg menuliskan para aryo tadi bersaudara.. mungkin ana hanya bisa membantu memberi sedikit saran dan sudut pandang 🙏
[26/2 16.33] Xxxxx: Penelitian semakin menarik...
Saat di tahun yg sama...p lemah duwur dan raden panji surabaya di ambil menantu oleh jakatingkir...
2. bentuk makam Leluhur p pragalbo...
Penelitian bisa melihat yg sezaman...atau stidaknya yg nututi..
Misal p ronggosukowati...serta leluhurnya
[26/2 16.33] Xxxxx: Sayapun nulis silsilahnya...mnyajikan tiap versi...
Krn ingin menampilkan apa adanya..krn bgmnpun kita tahunya hny itu
[26/2 16.33] Xxxxx: Dlm brp dokumen juga....mbah cendana ke giri bukan ke ampel....
Alhasil....
Semoga dg membincangkan beliau...kita disenyumi....
Kata beliau mbah bujuk..
Tang kompoy...semmoh penter ken semmoh anoh kyah...hhhh 😄
Semoga beliau semua disayang Alloh
[26/2 16.33] Xxxxx: Juga yg menarik.. kakak p. Lemah duwur yakni p. Suhra pradoto jamburingin pamekasan diambil menantu oleh Sultan Trenggono Demak, dari putri tertua bliau. Trenggono juga  adalah mertua pula dari Jaka Tingkir.. jaka tingkir mertua pratanu adalah adik ipar dari suhra pradoto kakak pratanu
[26/2 16.33] Xxxxx: Ini belum pake versi anak aryo kebul, timbul dan pojok saling bersaudara.. ya tapi silahkan dicek ttg sumber pendapat data bahwa mereka brsaudara.. krn kalo betul brsaudara .. itungan generasinya tidak ada masalah
[26/2 16.33] Xxxxx: Yang betul bliau turunan generasi ke 20 dari nabi Muhammad Saw
[26/2 16.33] Xxxxx: Saya masih menela'ah bbrp yg beda....dg data pembanding
[26/2 16.33] Xxxxx: Aduh ngak ada penkoment nya
[26/2 16.33] Xxxxx: # koreksi penguasa majapahit timur pasca wafatnya arya wiraraja bhre wirahbhumi bukan bhre kertabhumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar