ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 19 Februari 2018

Imam Ghozali RA: *Jangan Merasa Dirimu Lebih Baik Darinya....!!!*


اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلّٰهِ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ
============
Imam Ghozali RA: *Jangan Merasa Dirimu Lebih Baik Darinya....!!!*
=============
Kalam Hujjatul Islam Al-Imam Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Bin Muhammad Al-Ghozali Al-Thusi RA :
الإمام الغزالي رحمه الله
==============
( ﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻻ ﺗﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﺃﺣﺪ ﺇﻻ ﻭﺗﺮﻯ ﺃﻧﻪ ﺧﻴﺮ ﻣﻨﻚ ﻭﺃﻥ اﻟﻔﻀﻞ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻚ ﻓﺈﻥ رأيت ﺻﻐﻴﺮا ﻗﻠﺖ :
Sepatutnya jangan-lah engkau melihat kepada seseorang-pun kecuali engkau melihat kepadanya bahwasan-nya dia lebih baik daripada dirimu&sesungguhnya dia lebih mulai daripada dirimu,maka jika engkau melihat kepada anak kecil,engkau katakan didalam hatimu;
 ﻫﺬا ﻟﻢ ﻳﻌﺺ اﻟﻠﻪ ﻭﺃﻧﺎ ﻋﺼﻴﺘﻪ ﻓﻼ ﺷﻚ ﺃﻧﻪ ﺧﻴﺮ ﻣﻨﻲ
Anak kecil ini tidak bermaksiat kepada ALLAH sedangkan aku bermaksiat kepadaNya,maka tanpa ada keraguan sesungguhnya dia lebih baik daripada diriku;
ﻭﺇﻥ رأيت ﻛﺒﻴﺮا ﻗﻠﺖ : ﻫﺬا ﻗﺪ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ قبلي ، ﻓﻼ ﺷﻚ ﺃﻧﻪ ﺧﻴﺮ ﻣﻨﻲ
Dan jika engkau melihat kepada yang lebih tua,engkau katakan;orang ini telah beribadah kepada ALLAH sebelum diriku,maka tidak ada keraguan sesungguhnya dia lebih baik dariku;
 ﻭﺇﻥ رأيت ﻋﺎﻟﻤﺎ ﻗﻠﺖ :
Jika engkau melihat orang yang berilmu,engkau mengatakan; 
ﻫﺬا ﻗﺪ أعطي ﻣﺎ ﻟﻢ ﺃﻋﻂ ﻭﺑﻠﻎ ﻣﺎ ﻟﻢ ﺃﺑﻠﻎ ﻭﻋﻠﻢ ﻣﺎ ﺟﻬﻠﺖ ﻓﻜﻴﻒ ﺃﻛﻮﻥ ﻣﺜﻠﻪ
Orang ini telah diberikan apa-apa yang aku tidak diberikan(tidak mendapatkan-nya)&orang ini telah sampai kepada satu kemulyaan yang aku tidak sampai pada kemulyaan tersebut&dia mengetahui apa-apa yang tidak aku ketahui,maka bagaimana mungkin aku menjadi seperti dia ;
ﻭﺇﻥ رأيت ﺟﺎﻫﻼ ﻗﻠﺖ :
Dan jika engkau melihat orang yang bodoh,engkau berkata;
ﻫﺬا ﻗﺪ ﻋﺼﻰ اﻟﻠﻪ ﺑﺠﻬﻞ ﻭﺃﻧﺎ ﻋﺼﻴﺘﻪ ﺑﻌﻠﻢ
Orang ini telah bermaksiat kepada ALLAH karena kebodohan sedangkan aku bermaksiat kepada ALLAH dengan pengetahuanku tentang ALLAH ;
ﻓﺤﺠﺔ اﻟﻠﻪ علي ﺁﻛﺪ ﻭﻣﺎ ﺃﺩﺭﻱ ﺑﻢ ﻳﺨﺘﻢ ﻟﻲ ﻭﺑﻢ ﻳﺨﺘﻢ ﻟﻪ ؟
Maka bukti kejelekan dihadapan ALLAH untuk diriku lebih kuat&aku-pun tidak mengetahui dengan apa ditutup usiaku&dengan apa ditutup usia untuknya? ;
ﻭﺇﻥ رأيت ﻛﺎﻓﺮا ﻗﻠﺖ :
Dan jika engkau melihat orang kafir,engkau berkata;
ﻻ ﺃﺩﺭﻱ ﻋﺴﻰ ﺃﻥ ﻳﺴﻠﻢ ﻭﻳﺨﺘﻢ ﻟﻪ ﺑﺨﻴﺮ اﻟﻌﻤﻞ
Aku tidak mengetahui bagaimana akhir dari dia,semoga dia masuk Islam&ditutup untuknya dengan sebaik-baik amal perbuatan
 ﻭﻳﻨﺴﻞ ﺑﺈﺳﻼﻣﻪ ﻣﻦ اﻟﺬﻧﻮﺏ
Dan dia terpisahkan dari dosa-dosa karena sebab Islamnya 
ﻛﻤﺎ ﺗﻨﺴﻞ اﻟﺸﻌﺮﺓ ﻣﻦ اﻟﻌﺠﻴﻦ
Sebagaimana terpisahkannya rambut dari tepung
 ﻭﺃﻣﺎ ﺃﻧﺎ ﻭاﻟﻌﻴﺎﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻓﻌﺴﻰ ﺃﻥ ﻳﻀﻠﻨﻲ اﻟﻠﻪ ﻓﺄﻛﻔﺮ 
Sedangkan diriku,semoga ada perlidungan ALLAH,bisa saja ALLAH menyesatkanku sehingga aku kufur
 ﻓﻴﺨﺘﻢ ﻟﻲ ﺑﺸﺮ اﻟﻌﻤﻞ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﻏﺪا ﻫﻮ ﻣﻦ اﻟﻤﻘﺮﺑﻴﻦ ﻭﺃﻧﺎ ﺃﻛﻮﻥ ﻣﻦ اﻟﻤﺒﻌﺪﻳﻦ )
Maka ditutup untuk-ku dengan paling jeleknya amal,dia akan menjadi dari kelompok orang-orang yang dekat dariNya dihari kiamat sedangkan aku akan menjadi dari kelompok orang-orang yang jauh dariNya ;.....
Sumber dari Nukilan Kalam Hujjatul Islam Al-Imam Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Bin Muhammad Al-Ghozali Al-Thusi RA :
الإمام الغزالي رحمه الله
Al-Imam Ghozali R.A

Al-Fatihah.....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar