ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Kamis, 12 April 2018

baca'an "Ahmadu Rosululloh Muhammadur Rosululloh" di akhir jum'at Bulan Rojab

*_Klarifikasi baca'an "Ahmadu Rosululloh Muhammadur Rosululloh"_*


Penjelasan tentang Kalam Syekh Ali Ajhuri dan tempat nya. Telah tersebar bahwa bacaan itu di baca  ketika Khotib membaca doa untuk orang Mu'min atau di baca ketika khotib sedang khutbah. Semua nya itu bertentangan dengan sunnah dan ijma' atas himbauan untuk mendengarkan secara seksama ketika khutbah berlangsung, inilah penjelasan yang sesungguhnya dari Sayyid Al-Faqih Ahmad bin Muhammad Al Kaff.


بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه أما بعد.

Sungguh Syekh Ali Ajhuri menuturkan faidah dari bacaan tersebut. Beliau adalah seorang yang Alim Faqih yang bermadzhab Syafii.
Harus di ingat Syekh Ali Ajhuri tidak mengatakan supaya bacaan itu di baca ketika khotib sedang khutbah, akan tetapi beliau mengatakan *ketika khotib sedang diatas mimbar* waktu dimana khotib sedang diam ada 3 keadaan  :

1. Ketika naik ke atas mimbar dan sebelum salam.

2. setelah salam dan sebelum memulai khutbah.

3.ketika duduk setelah selesai khutbah yang pertama. Maka bacalah bacaan tersebut dengan cepat setelah membaca istighfar .

Atau di baca ketika ketika khotib sedang membaca doa untuk penguasa. Demikian keterangan yang ada di kitab Busyrol Karim.


عبارة بشرى الكريم :
[ ولا يكره الكلام لمن أبيح له قطعا كالخطيب، وقبل الخطبة أو بعدها، أو بينهما، أوحال الدعاء للملوك، وداخل لم يستقر في مكانه ولو لغير حاجة.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar