Nabi SAW:مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ (Barang siapa menulis sholawat kpdku dlm sebtah buku, maka para malaikat selalu memohonkan ampun kpd Alloh pd org itu selama namaku masih tertulis dlm buku itu). اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلّٰهِ اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ
Rabu, 26 September 2012
SELAMETAN HARI KETIGA, KETUJUH, KEEMPAT PULUH DST, DISUNNAHKAN DALAM ISLAM
=============================================
SELAMETAN HARI KETIGA, KETUJUH ( ke-3, 7, 40, 100, setahun, dan 1000 hari) DISUNNAHKAN & DIBOLEHKAN dalam syari’at Islam. Hal itu Dapat dibaca di kitab “Al-Hawi lil Fatawi” karya Imam Jalaluddin Abdurrahman As-Suyuthi jilid 2 halaman 178: قال الامام أحمد بن حنبل رضي الله عنه فى كتاب الزهد له : حدثنا هاشم بن القاسم قال: حدثنا الأشجعى عن سفيان قال قال طاوس: ان الموتى يفتنون فى قبورهم سبعا فكانوا يستحبون أن يطعموا عنهم تلك الأيام , قال الحافظ أبو نعيم فى الجنة: حدثنا أبو بكر بن مالك حدثنا عبد الله بن أحمد بن حنبل حدثنا أبى حدثنا هاشم بن القاسم حدثنا الأشجعى عن سفيان قال: قال طاوس: ان الموتى يفتنون فى قبورهم سبعا فكانوا يستحبون أن يطعموا عنهم تلك الأيام Artinya: “Telah berkata Imam Ahmad bin Hanbal RA dalam kitabnya yg menerangkan ttg kitab zuhud: Telah menceritakan kpdku Hasyim bin Qasim sambil berkata: Telah menceritakan kpdku al-Asyja’i dari Sufyan yg berkata: Telah berkata Imam Thawus ('Ulama' besar zaman Tabi’in, wafat sekitar tahun 110 H / 729 M): Sesungguhnya org2 yg meninggal akan mendpt ujian dari Alloh dlm kuburan mereka selama 7 hari. Maka, DISUNNAHKAN bagi mereka yg masih hidup mengadakan JAMUAN MAKAN (sedekah) untuk org2 yg sudah meninggal selama hari2 itu. Telah berkata al-Hafiz Abu Nu’aim dalam kitab Al-Jannah: Telah menceritakan kpdku Abu Bakar bin Malik, telah menceritakan kpdku Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, telah menceritakan kpdku Ubay, telah menceritakan kpdku Hasyim bin al-Qasim, telah menceritakan kpdku al-Asyja’i dari Sufyan yg berkata: Telah berkata Imam Thawus: Sesungguhnya org2 yg meninggal akan mendapat ujian dari Alloh dalam kuburan mereka selama 7 hari. Maka, disunnahkan bagi mereka yang masih hidup mengadakan JAMUAN MAKAN (sedekah) untuk org2 yg sudah meninggal selama hari-hari itu. Di dalam kitab yg sama jilid 2 halaman 194disebutkan: ان سنة الاطعام سبعة أيام بلغنى أنهامستمر الى الأن بمكة و المدينة فالظاهر أنها لم تترك من عهد الصحابة الى الأن و انهم أخذوها خلفا عن سلف الى الصدر الأول Artinya: “Sesungguhnya, KESUNNAHAN memberikan sedekah makanan selama 7 hari merupakan perbuatan yg tetap berlaku sampai sekarang (yaitu masa Imam Suyuthi abad ke-9 H) di Mekkah dan Madinah. Yang jelas kebiasaan tersebut tidak pernah ditinggalkan sejak masa sahabat sampai sekarang, dan tradisi tersebut diambil dari 'Ulama' salaf sejak generasi pertama, yaitu sahabat.” Dapat disimpulkan bhw amalan2 yg sudah biasa&umum dilakukan masyarakat muslim di Indonesia sudah ada landasannya dari kalangan al-salaf ash-sholih( bukan bid’ah madzmumah/dlolaalah) Berikut copy kitab al-Hawi li al-Fatawi halaman 178 :
Pada Halaman 194:
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar