ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 06 Agustus 2011

"Mengenal Mudah Rukun Islam, Rukun Iman, Rukun Ihsan, Secara Terpadu" oleh Al-Habib Zain bin Ibrahim Bin Smith

Kalam Al-Habib Zain bin Ibrahim Bin Smith
=========================================
Islam ialah melaksanakan dan menunaikan hukum-hukum syariat yang dibawa oleh Rasululah SAW. Islam merupakan agama yang diterima disisi Allah, dan yang dipilihkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya. Allah tidak akan meridhai agama yang selain itu. Allah SWT berfirman,
“Sesungguhnya agama (yang diterima) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. 3:19)

“Barangsiapa memeluk agama selain Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) darinya, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. 3:85)

“Pada hari ini telah kusempurnakan untukmu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhoi Islam menjadi agama bagimu.” (QS. 5:3)

Rukun Islam ada lima dan itu merupakan pilar-pilarnya. Penjelasannya dapat ditemukan dalam hadits Rasulullah SAW yang berbunyi,

“Islam itu dibangun atas lima perkara : bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan bahwasannya Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan shalat, membayar zakat, puasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah.”

Para ahli ilmu mengatakan bahwa kelima rukun Islam ini berjalan satu sama lain dan tidak bisa dipisah-pisahkan. Semuanya harus dilaksanakan secara keseluruhan. Barang siapa meninggalkannya atau meninggalkan salah satu diantaranya dengan maksud membangkang terhadap kewajibannya, maka dia telah menjadi kafir. Sedangkan orang yang meninggalkan rukun Islam selain dua kalimat syahadat tanpa maksud membangkang, maka dia adalah termasuk orang fasik yang tidak sempurna Islamnya. Adapun orang yang melaksanakan kelimanya secara keseluruhan, maka dia adalah seorang muslim yang sempurna keislamannya.

["Mengenal Mudah Rukun Islam, Rukun Iman, Rukun Ihsan, Secara Terpadu", Habib Zain Bin Smith, Penerbit Al-Bayan]
(http://bisyarah.wordpress.com)
sumber:http://ahlulkisa.com/pembahasan-tentang-islam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar