ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 06 Agustus 2011

Mutiara Kalam Al 'Allamah Alhabr Al Habib Abdul Qodir Bin Ahmad Bilfaqih

Kalam Al 'Allamah Alhabr Al Habib Abdul Qodir Bin Ahmad Bilfaqih
=================================
“Ketika kita mencari ilmu, kita bisa mendapatkannya dalam kitab-kitab atau buku. Namun ketika kita mencari barakah, tidaklah kita mendapatkannya kecuali dengan dekatnya kita kepada orang-orang yang shaleh. Dan dekat dengan mereka modalnya dengan hati yang bersih. Karena dengan kebersihan hati kita dapat mengenal orang-orang yang besar di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dan kebersihan hati merupakan anugerah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Orang yang mengenal ilmu banyak. Sedangkan orang yang memiliki barakah hanya sedikit. Dan seseorang yang memiliki keduanya lebih sedikit.”

“Tasawuf merupakan ruh dari Agama Islam.”

“Rahasia (sirr) sebuah kitab itu terletak pada muqaddimahnya.”

“Wahai kalian para anak-anakku, (murid beliau) bersungguh-sungguhlah di dalam menuntut ilmu. Di saat aku menuntut ilmu, ku tinggalkan kawan, saudara bahkan para kerabat dekatku. Bahkan hanya sekali dalam sepekan aku mengunjungi mereka.”

“Ilmu yang bermanfaat itu adalah ilmu yang berguna hingga kalian masuk ke dalam liang lahat.”

“Jadikanlah dirimu mendapatkan tempat di hati seorang auliya’. ” (maksudnya mendapat ridha dari seorang wali Allah atau para Shalihin)

“Kami selalu melihat perjalanan para pendahulu kami untuk kami ikuti dan kami teladani. Mereka telah meneladani Nabi Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam hingga terhadap perkara-perkara yang mubah.”

“Seorang salik (yang menempuh jalan menuju Allah Subhanahu Wa Ta’ala), apabila telah sampai kehadirat Nya, maka ia di namakan Arif. Jika sudah menjadi Arif, maka orang tersebut tidak akan melihat kepada apapun juga, melainkan hanya tenggelam dalam kebesaran dan keagungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.”
----------------
Di kutip dari buku Secangkir Hikmah – Sayyid Abdul Qadir Umar Mauladdawilah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar