الاماكن العشرة التي لا يجوز الصــــــلاة فيها
=========
لا تجوز الصلاة في أماكن عشرة:
الأول : المقبرة وهي الموضع الذي دفن فيه إنسان واحد ( لعنة الله على اليهود والنصارى اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد ) رواه البخاري ومسلم
الثاني : المساجد المبنية على القبور ( إن أولئك إذا كان فيهم الرجل الصالح فمات بنوا على قبره مسجدا وصوروا فيه تلك الصور فأولئك شرار الخلق عند الله يوم القيامة ) أخرجه البخاري ومسلم
الثالث : معاطن الإبل ومباركها ( صلوا في مرابض الغنم ولا تصلوا في أعطان الإبل ) وهو لفظ لأحمد .
الرابع:الحمام للحديث االسابق ( الأرض كلها مسجد إلا المقبرة والحمام) .
الخامس : كل موضع يأوي إليه الشيطان كأماكن الفسق والفجور.. والفجور وكالكنائس والبيع لحديث أبي هريرة رضي الله عنه قال : عرسنا مع نبي الله صلى الله عليه وسلم فلم نستيقظ حتى طلعت الشمس فقال النبي ( ليأخذ كل رجل برأس رحلته فإن هذا منزل حضرنا فيه الشيطان فلم يصل فيه)
السادس : الأرض المغصوبة ولذلك كانت الصلاة في الأرض المغصوبة حراما بالإجماع كما نقله النووي
السابع : مسجد الضرار الذي بقرب قباء وكل مسجد بني ضرارا وتفريقا بين المسلمين لقوله تعالى : { والذين اتخذوا مسجدا ضرارا وكفرا وتفريقا بين المؤمنين وإرصادا لمن حارب الله ورسوله من قبل }
الثامن : مواضع الخسف والعذاب فإنه لا يجوز دخولها مطلقا إلا مع البكاء والخوف من الله تعالى لقوله عليه الصلاة والسلام [ لما مر بالحجر ] : ( لا تدخلوا البيوت على هؤلاء القوم الذي عذبوا[ أصحاب الحجر ] إلا أن تكونوا باكين فإن لم تكونوا باكين فلا تدخلوا عليهم فإني أخاف أن يصيبكم مثل ما أصابهم ) [ ثم قنع رسول الله رأسه [ بردائه وهو على الرحل ] وأسرع السير حتى أجاز الوادي ]
التاسع : المكان المرتفع يقف فيه الإمام وهو أعلى من مكان المأمومين ( نهى رسول الله أن يقوم الإمام فوق شيء والناس خلفه - يعني : أسفل منه - ) أخرجه الدارقطني وأخرجه الحاكم
العاشر : المكان بين السواري يصف فيه المؤتمون صلينا خلف أمير من الأمراء فأضطرنا الناس فصلينا بين الساريتين [ فجعل أنس بن مالك يتأخر ] فلما صلينا قال أنس : كنا نتقي هذا على عهد رسول الله) الحديث أخرجه أبو داود والنسائي والترمذي والحاكم وأحمد
===============
Tujuh Tempat Dilarang Sholat
Beberapa syarat
sahnya shalat diantaranya adalah memakai pakaian yang suci dari najis,
menghadap ke kiblat dan tempat yang suci, boleh saja seseorang
menjalankan shalat ditempat manapun asalkan tempat tersebut suci dari
najis, entah di rumah, di sekolahan, apartemen, kos-kosan dan lain-lain.
Tetapi ada beberapa tempat
yang dikecualikan untuk tidak menjalankan shalat ditempat tersebut,
sebagaimana yang telah di nash dalam sebuah hadits riwayat dari Ibnu
Umar,
أن النبي صلى الله
عليه وسلم نهى أن يصلي في سبع مواطن: المزبلة، والمجزرة، والمقبرة، وقارعة
الطريق، والحمام، ومعاطن الإبل، وفوق ظهر بيت الله تعالى
Sesungguhnya Rasulullah saw melarang menunaikan shalat tujuh
tempat; tempat pembuangan sampah, tempat penyembelihan (hewan), kuburan,
di tengah-tengah jalan, di kamar mandi, di kandang unta dan di atas(bangunan) ka'bah.
Larangan shalat di tujuh tempat ini tentunya memerlukan alasan, bagaimana tempat-tempat tersebut mendapat larangan dari syara', Pertama
adalah larangan shalat ditempat pembuangan sampah, tempat penyembelihan
hewan, kamar mandi dan kandang unta dikarenakan terdapat banyak
najisnya; seperti kotoran-kotoran, darah, tempat berkumpulnya para setan
yang bisa mengganggu kekhusyuan dalam shalat dan lain-lain, sehingga
tempat tersebut terkena najis dan menjadi tidak suci. Kedua adalah
larangan shalat ditengah-tengah jalan yang dilalui oleh orang, karena
bisa mempersempit jalan dan mengganggu orang-orang yang sedang lewat. Ketiga larangan shalat di kuburan agar terhindar dari penyembahan terhadap kuburan. Keempat larangan
shalat diatas ka'bah, karena tidak dapat menghadap ke kiblat, akan
tetapi hanya menghadap sebagiannya saja, karena sebagian yang lain
berada dibelakang punggungnya. Seperti penjelasan dalam kitab
subulussalam,
وقيل المقبرة
والمجزرة والمزبلة والحمام للنجاسة، وقارعة الطريق قيل لأن فيه حقا للغير
فلا تصح الصلاة فيها واسعة كانت أو ضيقة لعموم النهي، ومواطن الإبل بأنها
مأوى الشياطين، وفوق ظهر بيت الله فإنه إذا لم يستقبل بطلت الصلاة لعدم
الشرط لا لكونها على ظهر الكعبة
Dikatakan bahwa larangan shalat dikuburan, tempat penyembelihan,
tempat pembuangan sampah dan kamar mandi adalah dikarenakan terdapat
najis, untuk shalat ditengah-tengah jalan karena disitu terdapat hak-hak
orang lain(pejalan), maka tidak sah
shalat ditempat tersebut, entah jalan itu luas maupun sempit Karen
keumuman hadits, untuk kandan unta dikarenakan itu adalah tempat
berkumpulnya setan, sedangkan untuk shalat diatas ka'bah dikarenakan
tidak terpenuhinya menghadapat kiblat.
Demikian tempat-tempat yang dilarang untuk shalat.
sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,10-id,42187-lang,id-c,ubudiyah-t,Tujuh+Tempat+Dilarang+Shalat-.phpx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar