ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 01 Juli 2017

Hikmah dan Fadlilah sholat

📚 *Kajian Syarah Al-hikam karya Syekh Ahmad bin Attho'illah as-sakandariy r.a.*
🕯 *Bersama Sholikhul Azhad bin Mahfudz al-qondaliy*

📚📖✍...
*( SHOLAT SEBAGAI PENYUCIAN HATI DAN PEMBUKA KEGHA'IBAN )*
الصلاة طهرة للقلوب من أدناس الذنوب واستفتاح لباب الغيوب.
_*"Sholat itu sebagai penyucian hati dari kotoran dosa,dan untuk pembuka pintu gha'ib"*_
🔅Rosululloh S.A.W. bersabda: "Sesungguhnya perumpamaan sholat itu bagaikan sungai yg mengalir didepan pintu rumah seseorang,maka ia mandi daripadanya tiap hari lima kali,apakah masih ada kotoran yg tersisa darinya.?" Sahabat menjawab: "Tidak ada sisa kotorannya sedikitpun. Maka Nabi S.A.W. bersabda: "Demikianlah sholat lima waktu menghapuskan dosa".
🔅Sholat juga sebagai pembuka pintu gha'ib,sebab bila hati sudah bersih dan selalu berhubungan dgn Tuhannya,pasti lama-kelamaan akan terbuka baginya pintu gha'ib.
الصلاة محل المناجاة ومعدن المصافاة تتسع فيها ميادين الأسرار وتشرق فيها شوارق الأنوار.
_*"Sholat itu tempat bermunajat,serta memanjatkan puji syukur. Dan sebagai tempat pembersihan hati dari berbagai kotoran. Leluasa didalamnya datangnya berbagai rahasia-rahasia Tuhan dan terbit terang pada cahaya-cahaya ilmu dan ma'rifat"*_
🔅Sesungguhnya bila seorang hamba menjalankan sholat maka Allah membuka untuknya hijab dan langsung dihadapiNya,dan diatas bahunya berdiri tegak para malaikat hingga sampai kelangit,mereka mengikuti shalatnya dan mengamini do'a-do'a yg ada didalamnya,karena kebanyakan bacaan yg ada dalam sholat itu berupa do'a.
🔅Orang-orang yg sholat itu ditaburi rahmat Allah dari langit hingga keubun-ubun kepalanya,dan dipanggil dengan suara Andaikata orang yg munajat ini mengetahui siapa yg diajak bicara,maka ia tidak akan berhenti dari sholatnya,sesungguhnya pintu-pintu langit terbuka untuk orang yg menjalankan sholat,dan sesungguhnya Allah membanggakan barisan orang-orang yg sholat dihadapan para malaikatNya.
🔅Syeikh Muhammad bin Ali At-tirmidziy berkata: _"Allah telah memanggil orang-orang yg bertauhid supaya menjalankan sholat lima waktu karena kasihan kepada mereka,dan menyediakan berbagai macam hidangan,supaya ia dapat merasakan bahwa pada tiap bacaan dan gerakan itu ada karunia Allah. Maka gerakan dalam sholat itu bagaikan makanan sedangkan bacaan-bacaannya sebagai minuman,dan hidangan itu disediakan oleh Allah tiap hari lima kali,supaya ia bisa merasakan ni'matnya karunia Allah,dan juga supaya tidak ada lagi sisa kotoran atau debunya."_
والله اعلم بالصواب

#majlisnu.
#ngajihikamonline.