ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Jumat, 28 Juli 2017

Pasal 144 Al-Hikam: Dua Macam Tutup Dari Alloh, yaitu Tutup Dari Berbuat dan Dalam Maksiyat

Al-Hikam Pasal 144.
“Sebaik-baiknya Satir/Tutup Dari Alloh”

الستر على قسمين ستر عن المعصية وستر فيها، فالعامّة يطلبون من الله تعالى الستر فيها خشيــة سقوط مرتبتهم عندالخلق،  والخاصة يطلبون من الله السترعنهاخشية سقوطهم من نظرالملك الحقّ

“Tutup (dariAlloh) itu ada dua:
(1) tutup dari berbuat maksiat/dosa.
(2) tutup dalam berbuat maksiat.
Sedang manusia pada umumnya meminta kepada Alloh tutup dalam perbuatan maksiat, karena kuatir jatuh kedudukannya dalam pandangan sesama manusia. Tetapi orang-orang khusus meminta kepada Alloh, tutup dari berbuat maksiat/dosa (jangan sampai berbuat maksiat), karena takut jatuh dari pandangan Alloh Dzat Maha raja dan Maha benar”.

Syarah.
   Manusia pada umumnya meminta pada Alloh , supaya ditutupi maksiatnya pada waktu mengerjakannya, sehingga mereka meminta pada Alloh supaya di tutupi keburukannya karena takut kedudukannya di masyarakat/sesama manusia jatuh sebab maksiat itu.
Alloh berfirman:
 يستخفون من الناس
 ولا يستخفون
 من الله وهو معهم
"Mereka sembunyi dari sesama manusia, tetapi tidak sembunyi dari Alloh yang selalu beserta mereka”

‘Ady bin Hatim ra. berkata: Rosululloh saw. Bersabda : Kelak pada hari Qiamat ada beberapa orang yang dibawa ke surga, tetapi setelah melihat segala kesenangan yang tersedia dan merasakan hawa enaknya surga, tiba-tiba diperintahkan mengusir mereka dari surga, sebab mereka tidak punya bagian dalam surga itu, maka kembalilah mereka dengan penuh penyesalan, sehingga mereka berkata: Ya Alloh, andaikan Engkau memasukkan kami ke neraka sebelum memperlihatkan kepada kami surga dan segala yang disediakan untuk para waliMu, niscaya akan lebih baik bagi kami. Alloh menjawab: memang Aku sengaja demikian, kamu dulu jika sendirian berbuat segala dosa-dosa besar, tetapi jika bertemu dengan orang-orang, engkau berlagak khusuk bermuka-muka pada manusia, berlawanan dengan apa yang ada dalam hatimu, kamu takut pada manusia dan tidak takut padaKu, mengagungkan manusia tidak condong padaKu, maka hari ini rasakan siksaKu yang sepedih-pedihnya, dan diharamkan atas kamu segala rahmatKu.
والله اعلم بالصواب والخطاء.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar