ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 11 Juli 2017

Ulama' Nabi Muhammad SAW LAYAKNYA Nabi-Nabi Bani Israel

_Diceritakan dalam kitab tafsir Ruuhul Bayaan li Syaikh Ismail Haqqi, al Hanafi 1/330 sebuah kisah tentang Hadist:_

_علماء امّتي كأنبياء بني اسرائيل_

_"Ulama-ulama di kalangan ummatku layaknya Nabi-Nabi Bani Israel"._

_Diceritakan di dalam mimpi seorang ulama, Imam Ghozali pernah dipertemukan dengan Nabi Musa As di alam arwah._
_Kisah ini bermula ketika Nabi Musa bertanya kepada Nabi Muhammad SAW di alam arwah._

_Nabi Musa As bertanya : wahai Muhammad, apakah benar engkau yang mengatakan bahwa :_
_"Ulama-ulama di kalangan ummatku seperti nabi-nabi Bani Israel??"_

_Nabi Muhammad Saw menjawab : "ya benar"._
_Nabi Musa As : "Ulama seperti apa yang dimaksud oleh engkau wahai Muhammad, dimana dia?"._

_Maka Nabi Muhammad Saw memanggil Imam Al-Ghozali._

_Nabi Musa As bertanya, seakan hendak mengujinya: "Siapa namamu?_

_Imam Ghozali menjawab : "Namaku Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al-Ghozali"._

_Nabi Musa As memotong jawaban Imam Ghazali dan berkata kepada Nabi Muhammad: "Apakah ini yang di samakan dengan nabi bani Israel, wahai Muhammad?,_
_Saya tidak bertanya nama bapaknya dan kakeknya, saya hanya tanyakan siapa namanya."_

_Sambil menghadap Rasulullah saw, Imam Ghazali meminta ijin :" Apakah engkau mengizinkan aku menjawabnya?"_

_Nabi Muhammad Saw pun berkata : "Jawablah"._

_Imam Ghazali menjelaskan kepada Nabi Musa As : "Jika saya bersalah kepada engkau saya minta maaf, tetapi engkau telah bersalah juga kepada Allah dan engkau tidak pernah meminta maaf"._

_Nabi Musa As terkejut dan berkata : "Apa salahku kepada Allah?"_

_Imam Ghozali meneruskan " bukankah Allah telah bertanya:_

_وما تلك بيمينك يا موسى_
_"Dan apa (benda) yang di tangan kananmu itu wahai Musa?"_
_Seharusnya engkau cukup menjawab di tangan kananku adalah tongkat, tapi engkau menjawab dgn panjang lebar dgn jawaban,_

_هي عصاي - أنوكأ عليها - وأهش بها على غنمي - ولي فيها مآرب أخرى_
_"Inilah tongkatku, aku bertelekan atasnya dan aku memukul dengannya daun-daun kayu untuk kambing-kambingku dan ada lagi lain-lain keperluanku"._

_Nabi Musa As berkata : "Allah, Tuhanku adalah kekasihku, maka aku mengambil kesempatan untuk bercakap panjang lebar dengannya."_

_Imam Ghozali pula mengatakan. "Begitulah aku, Engkau adalah kekasihku, maka aku juga mengambil kesempatan untuk bercakap panjang lebar denganmu."_

_اللهم صل على سيدنا محمد و على آل سيدنا محمد._

_علماء امّتي كأنبياء بني اسرائيل_

_"Ulama-ulama di kalangan ummatku layaknya Nabi-Nabi Bani Israel"_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar