ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 26 Juli 2011

Abdullah Ba’alawi

Abdullah Ba’alawi
====================
Imam Abdullah bin Alwi bin Muhammad al-Faqih al-Muqaddam lahir di Tarim tahun 638 hijriyah. Beliau belajar tafsir, hadits dan tasawuf kepada kakek dan ayahnya. Di samping itu beliau juga belajar kepada Imam Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi bin Muhammad shahib Mirbath, syaikh Abdullah bin Ibrahim Baqasyir. Beliau seorang yang zuhud, wara’, dan menempati maqam wali besar yang terkumpul padanya ilmu-ilmu syariah dan hakikah.

Di samping belajar di Tarim, beliau juga belajar kepada syaikh Umar bin Maimun di Yaman dan setelah itu beliau menunaikan ibadah haji ke Makkah pada tahun 670 hijriyah. Di Makkah, para penduduk di sana meminta kepadanya untuk berdoa agar hujan segera turun di kota itu. Maka dengan izin Allah swt hujan pun turun segera di kota itu. Banyak penduduk Makkah yang belajar ilmu kalam dan ilmu tasawuf kepadanya.

Setelah lama tinggal di Makkah, penduduk Tarim meminta beliau untuk pulang ke negerinya. Maka ia pun pulang ke Tarim melalui kota Zubaidi di mana kota tersebut banyak berkumpul para ulama besar. Kemudian beliau ke kota Taiz dan kota Akur untuk berziarah kepada syaikh Umar bin Maimun. Akan tetapi ketika sampai di kota tersebut beliau menemukan syaikh Umar bin Maimun telah meninggal dunia, maka beliau memandikan dan menguburkan jenazahnya. Sesudah itu beliau kembali ke Tarim.

Imam Abdullah seorang yang bersifat dermawan. Beliau menginfaqkan hartanya untuk keluarga Alawiyin yang ada di Tarim. Syaikh Ali Salim menceritakan :’Pada suatu hari beliau mendapat uang sebesar lima ratus dinar, maka uang tersebut dibagikannya kepada keluarganya tanpa meningalkan sedikitpun untuknya’.

Ima Abdullah baalawi adalah seorang yang banyak menangis karena rasa takutnya kepada Allah swt terutama ketika sedang membaca alquran hingga terlihat matanya bengkak. Dan salah satu kebiasaannya, beliau sering beri’tikaf di masjid mulai sebelum subuh sampai terbit matahari. Waktu beri’tikafnya diisi dengan shalat dan membaca alquran. Setelah terbit matahari beliau pulang ke rumah dan beberapa saat kemudian beliau kembali lagi ke masjid untuk mengkaji ilmu sampai waktu sebelum zuhur. Sesudah itu beliau pulang ke rumahnya untuk tidur sesaat dan beliau beristirahat di rumahnya sampai waktu shalat ashar tiba. Setelah itu beliau shalat ashar berjama’ah di masjid dan bermudzakarah dengan sahabatnya sampai waktu shalat maghrib, setelah shalat maghrib beliau membaca alquran sampai waktu shalat isya’, dan setelah shalat isya’ beliau pulang ke rumahnya.

Pada bulan Ramadhan, beliau pergi ke masjid untuk shalat tarawih, sesudah itu shalat dua rakaat. Dalam shalat itu, beliau membaca alquran sampai khatam. kemudian beliau kembali ke rumahnya. Ketika waktu sahur tiba, beliau kembali lagi ke masjid hingga waktu shalat zuhur. Setelah itu beliau mengkaji ilmu sampai waktu ashar.

Syaikh Muhammad Maula Dawilah berkata :’Tidak aku lihat dalam perjalananku dan selama hidupku orang seperti pamanku Abdullah baalawi’. Syaikh Abdurrahman Asseqaf berkata : ‘Para kaum ulama arifin bersepakat bahwa syaikh Abdullah bin Alwi merupakan pemimpin kaum mujtahid yang mempunyai kemuliaan yang khariqah’.

Pada saat wafat beliau berumur sembilan puluh tiga tahun. Berkata Syaikh Syech bin Abdullah Alaydrus : ‘Tidak ada dari keluarga Ba’alawi yang hidup, di mana umurnya melebihi sembilan puluh tahun kecuali hanya tiga orang yaitu : al-Faqih al-Muqaddam Muhammad bin Ali, Syaikh Abdullah Baalawi dan Syaikh Abdurrahman Asseqaf’.

Imam Abdullah bin Alwi wafat pada hari Rabu bulan JUmadil Ula tahun 731 hijriyah. Pada hari wafatnya banyak orang yang hadir terutama dari kalangan kaum faqir dan kaum lemah serta anak-anak yatim. Di antara keturunannya adalah sayid dari family : Madehij, Fad’aq, Muthahhar, Mudhir, Abu Numai, Marzaq, Hamid Munaffar, Ba;bud Dubjan, Baraqbah, Al-khirid, Babarik, Barum.

sumber:http://benmashoor.wordpress.com/2008/10/25/abdullah-baalawi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar