ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 26 Juli 2011

Alwi al-Ghayur

Alwi al-Ghayur
==================
Imam Alwi bin Muhammad al-Faqih al-Muqaddam lahir di Tarim, beliau dibesarkan dan dididik dalam asuhan ayahnya. Di samping itu beliau juga hafal alquran. Ibunya ummul fuqara Zainab binti al-Faqih Ahmad bin Muhammad Shahib Mirbath.

Telah diriwayatkan bahwa Imam Alwi diperintahkan oleh ayahnya mencari rumput untuk makanan kambing, maka ia kembali ke ayahnya dan tidak jadi memotong rumput tersebut. Ayahnya berkata : kenapa kamu kembali, mana rumput untuk makanan kambingnya ? Imam Alwi menjawab : Bagaimana saya dapat memotong rumput itu, karena ketika ingin memotongnya saya saksikan rumput tersebut sedang bertasbih kepada Allah swt dan saya merasa malu untuk memotongnya.

Berkata al-Muhaddits Imam Muhammad bin Ali bin Alwi al-Khirrid Baalawi dalam kitabnya al-Ghuror, telah dikabarkan kepada syaikh Abdurrahman bin Ali, sesungguhnya kaum ulama al-arifin berkata : Tiga orang dari keluarga Alawiyin yang cerdik dan doanya mustajab ialah syaikh Alwi, anaknya syaik Ali dan Umar Muhdhar bin Abdurrahman Assegaf.

Imam Alwi bin Muhammad al-Faqih al-Muqaddam wafat pada hari Jum’at bulan Dzulqaidah tahun 669 hijriyah. Dari anak-anaknya yang emneruskan keturunannya adalah :

1. Abdullah Ba’alawi

2. Ali, mempunyai anak bernama Muhammad Maula Dawilah.

sumber:http://benmashoor.wordpress.com/2008/09/22/alwi-al-ghayur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar