ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Minggu, 24 Juli 2011

Kenapa Merindukan Romadlon???

Diantara Alasan Merindukan Ramadlan
=============================
SEPERTI seorang kekasih yang kedatangannya selalu dinantikan, rasanya tak ingin berpisah walaupun hanya sebentar. Begitulah gambaran Ramadan seperti hadist yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah: "Andaikan tiap hamba mengetahui apa yang ada dalam Ramadan, maka dia bakal berharap satu tahun itu puasa terus." Sesungguhnya ada di dalam Ramadan itu:

Gelar Taqwa
Ini adalah gelar tertinggi yang dapat diraih manusia sebagai hamba Allah. Tidak ada gelar yang lebih mulia dan tinggi dari itu. Puasa adalah sarananya, sebagaimana firman Allah, Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa, (QS. Al Baqarah: 183).

Bulan Pengampunan
Tidak ada manusia tanpa dosa sebaik apa pun dia. Manusia yang baik adalah yang paling sedikit dosanya, lalu bertobat dan bernjanji tidak mengulangi perbuatan dosa itu lagi.

Pahala Dilipatgandakan
Tidak hanya pengampunan dosa, Allah juga telah menyediakan bonus pahala berlipat-lipat kepada siapa pun yang berbuat baik pada bulan mulia ini. Rasulullah bersabda: Setiap amal anak keturunan Adam dilipatgandakan. Tiap satu kebaikan 10 hingga 700 lipat gandanya. (HR. Bukhari Muslim).

Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup
Kalau datang bulan Ramadan terbuka pintu surga dan tertutup pintu neraka, serta setan-setan terbelenggu. (HR Muslim).

Ibadah yang Istimewa
Keistimewaan puasa ini dikatakan Allah lewat hadits qudsi: Setiap amalan anak Adam itu untuk dirinya, kecuali puasa. Itu milik-Ku dan Aku yang membalasnya karena dia (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku. (HR Bukhari Muslim).

Dicintai Allah
Bila sudah dekat dengan Allah, meminta apa saja akan mudah dikabulkan. Dilukiskan dalam satu hadits qudsi: Kalau Aku telah mencintai seseorang, Aku menjadi pendengaran untuk telinganya, menjadi penglihatan untuk matanya, menjadi pegangan untuk tangannya, menjadi langkah untuk kakinya. (HR Bukhari).

Doa Dikabulkan
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, katakanlah bahwa Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang berdoa apabila dia berdoa, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku. (QS. Al Baqarah: 186).

Turunnya Lailatul Qodar
Pada Ramadan, Allah menurunkan satu malam yang sangat mulia. Karena mulianya, Allah menggambarkan malam itu bernilai lebih dari seribu bulan. Dikatakan mulia, karena malam itulah awal Alquran diturunkan dan begitu banyak anugerah Allah berikan.

Meningkatkan Kesehatan
Sudah banyak terbukti bahwa puasa dapat meningkatkan kesehatan, misalnya dengan puasa maka organ-organ pencernaan dapat istirahat. Pada hari biasa alat-alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras.

Penuh Harapan Saat Berpuasa
Ketika berpuasa, ada sesuatu yang diharap semakin besar menjelang sore. Sehari penuh menahan lapar dan minum, lalu datang waktu buka. Itulah harapan yang terkabul.

Begitupun saat berharap ingin bertemu dengan Allah, maka puasa kita akan lebih terasa bermakna. Setiap orang berpuasa selalu mendapat dua kegembiraan, yaitu tatkala berbuka puasa dan saat bertemu dengan Tuhannya. (HR. Bukhari).

Masuk Surga Melalui Pintu Khusus
Sesungguhnya di surga itu ada sebuah pintu yang disebut rayyan yang akan dilewati oleh orang-orang yang berpuasa pada hari kiamat nanti, tidak diperbolehkan seseorang melewatinya selain mereka. Ketika mereka dipanggil, mereka akan segera bangkit dan masuk semuanya kemudian ditutup. (HR. Bukhari).

Meminum Air Telaganya Rasulullah SAW
Wahai Rasulullah, tidak setiap kami mempunyai makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka puasa. Beliau menjawab: Allah memberikan pahala kepada orang yang memberi buka puasa meski dengan sebutir kurma, seteguk air, atau sesisip susu. Barangsiapa memberi minum orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya minum seteguk dari telagaku di mana dia tidak akan haus hingga masuk surga. (HR Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi)

Berkumpul Bersama Keluarga
Saat 1 Syawal orang ramai melakukan silaturahmi dan saling memaafkan. Termasuk kerabat-kerabat jauh datang berkumpul. Silaturahim itu dianjurkan Islam sebagaimana dinyatakan hadits: Siapa yang ingin rezekinya dibanyakkan dan umurnya dipanjangkan, hendaklah dia menghubungkan tali silaturahmi. (HR. Bukhari)

Salat Malam
Salat malam (saat Ramadan dikenal sebagai salat Tarawih) itu merupakan peneguhan jiwa, setelah siangnya sang jiwa dibersihkan dari nafsu-nafsu kotor lainnya. Ditekankan pula usai salat malam untuk membaca Kitab Suci Alquran secara tartil (memahami maknanya) agar mendapat wawasan luas dan mendalam.

Hartanya Tersucikan
Zakat yang diwajibkan, di samping dimaksudkan untuk menolong fakir miskin, juga guna mensucikan hartanya. Harta yang telah disucikan bakal mendatangkan barakah dan menghindarkan pemiliknya dari siksa api neraka.
================================

sumber:http://ramadan.okezone.com/read/2011/07/25/335/483854/15-alasan-merindukan-ramadan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar