ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 18 September 2013

Habib Luthfi: Semua Anggota Badan Berdzikir

========
Habib Luthfi: Semua Anggota Badan Berdzikir
==============
Karanganyar, NU Online
Rais 'Aam Jam’iyyah Ahlith Thoriqah Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah (Jatman), Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Kamis (28/2) malam hadir pada acara Tabligh Akbar Polres Karanganyar. Kehadirannya mampu menyedot ribuan jamaah, khususnya para murid thariqah, untuk hadir dalam acara tersebut.

Pada acara yang bertema “Dengan Silaturahim Ulama dan Umara, Ciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang Kondusif” tersebut, Habib Luthfi memberi banyak wejangan kepada para jamaah. Ia membukanya dengan penjelasan hakikat berdzikir.

“Apa yang disebut dzikir cukup dengan menyebut kalimat Laa ilaaha illa Allah?” tanya Habib Luthfi.

Kemudian ia menjelaskan, bahwa kalimat tahlil, tasbih dan sebagainya itu merupakan cara latihan untuk merasakan kehadiran Allah. Bahkan bukan hanya lisan yang bisa dilatih untuk merasakan Allah.

“Mata kita bisa dilatih untuk berdzkir, tangan kita bisa dilatih untuk dzkir, semua anggota badan kita bisa dilatih untuk berdzikir,” tegas sang Mursyid.

Ia juga mengajak kepada para hadirin, untuk merenungkan makna yang terkandung dalam surah At-Tariq. Bahwa semua perintah Allah dan sunah Nabi itu mengandung banyak makna.

“Kalau berpahala jelas, tapi apa makna dibalik itu?” tanyanya.

Ia mencontohkan kenapa umat Islam disuruh masuk ke kamar mandi menggunakan kaki kiri dahulu, makan dengan tangan kanan, bahwa semua itu ada kandungan rahasia tersendiri. Sayangnya, menurutnya, banyak yang lupa untuk mempelajarinya.

“Kita banyak membahas khilafiyah, sehingga akhirnya kita lupa untuk mempelajari hal-hal seperti ilmu pengetahuan dan teknologi,” papar ulama asal Pekalongan itu.

Pada akhir ceramah, ia kembali memberi wejangan tentang berdzikir.

“Bumbu berdzikir yakni mahabbah (rasa kecintaan). Cinta kepada Allah berarti juga mesti cinta Nabi. Kadar bobot iman seseorang tergantung kecintaan kepada Nabinya,” pungkasnya.

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,42854-lang,id-c,nasional-t,Habib+Luthfi++Semua+Anggota+Badan+Berdzikir-.phpx


Tidak ada komentar:

Posting Komentar