ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 11 Agustus 2018

Al-Syeikh Al-Sayyid Jumadil Kubro, Anak Dan Istrinya Serta Kaitannya Dengan Kelantan Malaysia Dan Lain-Lain:




*Obrolan Terkait Al-Syeikh Al-Sayyid Jumadil Kubro, Anak Dan Istrinya Serta Kaitannya Dengan Kelantan Malaysia Dan Lain-Lain:*
===========================

Di Kelantan .. ada nama Muhammad Kebungsuan bin Jamaluddin Akbar yang dianggap alias Handayaningrat / Udayaningrat leluhur Demak, Pajang dll.. dalam hal ini data Kelantan kita pegang kalo tidak bertentangan dengan data primer di indonesia..

Jadi begini nama handayaningrat tercatat sebagai menantu raja majapahit.. tapi bukan raja majapahit.. beliau sebagai pemimpin Pengging dan menurunkan Pajang.

Untuk Jalur ke Demak nya data Kelantan terdistorsi sbg kesatuan dengan Pajang .. karena demak itu mertuanya Pajang.

Jadi data kelantan tentang handayaningrat leluhur pajang.. ada sinkron dengan data indonesia terutama Cirebon dan Banten.. tapi nama handayaningrat bukanlah ayah Raden Patah Demak.. jadi ada distorsi terbaur data di Kelantan terkait demak dengan Pajang.  Yang mana jalur tsb hanya bisa kita terima terkait pengging pajang.

Setelah meneliti dengan perbandingan riwayat leluhur Pengging Pajang dengan data Malaysia ada yang kurang selisih 1 nama..  jadi mestinya Muhammad Kebungsuan ini bukan alias Handayaningrat tapi ayah dari Handayaningrat..

Sayyid Muhammad ini yang ulama dan di jawa dijuluki sebagai Bajul Petak / Bajul Segara.. Nyai Lina beranggapan Bajul ini pd Ibrahim Asmara.. tapi kalau ana beranggapan pada Sayyid Muhammad karena jelas dalam data cirebon dan Banten disebut leluhur Pajang garis laki disebut dari Pulau Penang (malaysia).

Jamaluddin Akbar Al Husaini, menikah dengan Putri Linang Cahaya Cermin Malaysia berputra :

2. Muhammad Kebungsuan / Ki Bajul Sengara / Bajul Petak + Putri Pengging

3. Syamsuddin / Raden Jaka Sengara / Handayaningrat + menikah dengan Ratu Pembayun binti Brawijaya Kertawijaya

4. Kebo Kenongo / Ki Ageng Pengging / Ali Syihabudin (bersaudara dengan Kebo Kanigoro)

5. Abdurohman / Jaka Tingkir / Mas Karebet / Sultan Hadiwijaya Pajang menantu Sultan Trenggono Demak.

Untuk jalur data walisongo banyak terkaitnya dengan data kesultanan kelantan malaysia (yang bercabang ke keluarga di Pattani Thailand Selatan) krn sama2 turunan Syarif Abdullah bin Ali Nurul Alam bin Jumadil Kubro .. melalui saudaranya Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati ..

Kalo sejarah perjuangan banyak terkait dengan Malaka.. tapi Malaka merupakan kerajaan yang sudah tidak tegak lagi di Malaysia.. tapi secara kekeluargaan dan situs historikal yg terkait kekerabatan masih ada.. misal pemakaman di Pulau Besar Malaka.. terdapat makam Syeikh Yusuf Sidiq Al Jailani .. ayah Syeikh Quro Karawang yang merupakan leluhur ibundanya Raden Patah Demak.

Terkait Johor, yang menurunkan Fatahillah yang mana Kesultanan Johor saat ini turunan beliau dan blasteran dengan keluarga Alaidrus, Fadhilah Khan / Fatahillah keturunannya pindah ke Aceh kemudian ke Jawa, yakni Cirebon, Palembang serta Lampung..

Kalau di Negeri Sembilan, adanya peninggalan situs makam dari Syeikh Datuk Ahmad / Ahmad Majnun.. ayah Syeikh Datuk Kahfi Cirebon (leluhur para azmatkhan ningrat jalur Sumedang) dan paman dari Syeikh Siti Jenar.

Kalau terkait Champa (Vietnam -Kamboja) ana belum sempat kesana.. tapi karena secara sejarah.. mereka dianeksasi oleh kerajaan etnis Viet yang agama Budha.. maka jalur turunannya banyak yang pindah ke Kelantan dan Pattani... sehingga data riwayat champa banyak masih tersimpan di data Kelantan.. tapi relasi dari Malaysia sudah kesana dan memang masih banyak ditemukan situs yang terkait dengan leluhur keluarga kita.. terutama di Panrang Vietnam ..  (dulu disebut Pandu rangga) yang dulunya ibukota Champa .

Istri-istri dan anak-anak dari Syed Jumadil Kubro / Jamaludin Akbar Al-Husaini yang sudah terdata :

1. Putri Linang Kahaya binti Sri Sang Tawal Raja Lankasuka, berputri :

1.1 Siti Aisyah

2. Putri Ramawati / Dyah Cakrawati Champa (saudari dari Dyah Kirana Champa istri Yusuf Sidiq Al Jailani dan ibunda Syeikh Quro Karawang) binti Che Bonga alias Sultan Zainal Abidin Champa, berputra :

2.1 Ibrahim Asmaraqandi (ayah dari Maulana Ishaq, Sunan Ampel  dan Ali Murtadho kakeknya Sunan Kudus) + menikah dengan misan bliau putri Candrawulan Champa (saudari dari Dwarawati istri Raja Majapahit Bhre Kertawijaya / Brawijaya V)

3. Menikah dengan Putri Selindung Bulan Chermin / Kelantan Malaysia berputra :

3.1 Ali Nurul Alam (kakek Syarif Hidayatullah Sunan Gunung Jati)

3.2 Muhammad Kebungsuan

4. Menikah dengan Putri Johor, berputra :

4.1 Barkat Zainal Alim (buyutnya Fadhilah Khan / Fatahillah, Fathimah / Nyi Mas Gandasari, Syarif Syam Magelung Sakti bin Abdurahman Rumi).

Nama Ramawati ini dari data malaysia.. kalo dalam data Cirebon spakat menikahi putri champa tapi namanya Dyah Cakrawati.. jadi kita anggap saja sebagai alias.

Sedangkan ibunda Syeikh Quro Karawang.. juga dari Champa namanya Dyah Kirana yang adalah saudara perempuan

Nah ayah dari istrinya Ibrahim asmaraqandi .. adalah kakak pria dari putri champa yang ini.

adi ada banyak putri2 Champa.Tidak hanya yang istri Ibrahim Asmoro.

Jadi memang banyak pernikahan leluhur keluarga besar kita dengan putri Champa yang mirip cina.. hal ini yang jadi dasar walisongo dianggap turunan Cina.. yang scara  ciri genetik agak mirip champa / indo china.

CHAMPA itu kan bukan CHINA / RRC sekarang, bukankah champa itu vietnam (perbatasan kamboja - vietnam).

Betul.. vietnam kamboja..  bukan RRC.. disebutnya indo china.. tapi ciri fisik agak mirip.. sipit2.. dan leluhur atasnya memang ada pernikahan campuran.

Jadi di silsilah leluhur atasnya Champa vietnam kamboja ya otomatis juga ada leluhur etnis china yang dari daratan.

Dalam data sensus azmatkhan asia tenggara.. jumadil kubro menikah dengan putri champa binti Raja Champa Che Bonga berputra Ibrahim Asmaraqandi.

Menikah dengan Putri Selindung Bulan Chermin / Kelantan Malaysia berputra Ali Nurul Alam (kakek SGJ) dan Muhammad Kebungsuan

Menikah dengan Putri Johor, berputra
Barkat Zainal Alim (buyutnya Fadhilah Khan / Fatahillah).

Yang putri champa (ibu ibrahim asmara) adalah putri Ramawati binti Che Bonga alias Sultan Zainal Abidin Champa.

Ayah dari putri Selindung Bulan adalah Sultan Baki Shah bin Sultan Mahmud Raja Chermin / Kelantan kuno.

Ada lagi istri Jumadil Kubro yang Putri Linang Kahaya binti Sri Sang Tawal Raja Lankasuka, berputri : Siti Aisyah.

Ramawati Champa yang jadi istri Jumadil Kubro juga punya adik perempuan yang dinikahi Syeikh Yusuf Sidiq Al Jailani Al Hasani berputra Syeikh Hasanudin Quro Karawang kaket buyut Raden Patah Demak dari garis ibu beliau.

Al-Fatihah...

Wallohu A'lam.



Sumber: Tb.Nur Fadlil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar