ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 17 Februari 2014

KH WARSUN MUNAWWIR : Usia 13 Tahun Dipercaya Mengajar Alfiyah

==========
KH WARSUN MUNAWWIR
Usia 13 Tahun Dipercaya Mengajar Alfiyah
===============

Yogyakarta, NU Online
Kepergian KH Ahmad Warsun Munawwir, Kamis 18 April kemarin, menyajikan banyak kisah ihwal kehidupannya. Satu per satu santri dan kiai saling berkisah ihwal cerita dan kenangan dengan almarhum. Semua merasa sedih dan kehilangan, tetapi kisah-kisahnya dapat menjadi spirit masyarakat santri untuk terus berkhidmat dan berkarya.

Salah satu santri dekat beliau, Suhadi Khozin yang sekarang menjadi Wakil Katib Syuriah PWNU DIY, mengisahkan bahwa Kiai Warson sejak kecil sudah memperlihatkan kecerdasannya. Bahkan sejak usia 13 tahun, Gus Warson sudah mendapatkan mandat dari sang guru, KH Ali Maksum, untuk mengajarkan kitab Alfiyah Ibn Malik, sebuah teks tentang ilmu Nahwu yang dirangkai dalam seribuan bait syair. Uniknya, usia sebagian besar murid yang mengikuti pengajiannya justru telah dua kali lipat umur gurunya.

Kiai Warsun memang tidak nyantri ke mana-mana. Beliau digembleng secara khusus oleh kakak iparnya, tak lain adalah KH Ali Maksum (Rais Aam PBNU, 1982-1984). Mbah Ali memang dikenal sosok yang sangat cerdas dalam membaca talenta santrinya.

Dengan penuh kedisiplinan, siang malam mereka (para santri yang juga adik ipar Mbah Ali) dipaksa mengunyah dan menelan berbagai metodologi dan teks ilmu keislaman ala pesantren. Sangat disiplin, bahkan cenderung keras. Karena tidak jarang Kiai Ali Ma’shum memberi hukuman berdiri bila salah satu adiknya tidak mampu mengerjakan PR menghafal atau mensyarah kitab yang diberikan.

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,43884-lang,id-c,nasional-t,Usia+13+Tahun+Dipercaya+Mengajar+Alfiyah-.phpx