------------------------------------------------------------------
Sejarah Hidup Dan Manaqib Al-Imam Al-Ghozali RA
Maqom Imam Ghozali di Iran
Al-Imam Al-Ghozali RA nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Bin Muhammad Al-Ghozali, yang terkenal dengan Hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Al-Imam Al-Ghozali RA nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Bin Muhammad Al-Ghozali, yang terkenal dengan Hujjatul Islam (argumentator islam) karena jasanya yang besar di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau lahir pada tahun 450 H, bertepatan dengan 1059 M di Ghazalah suatu kota kecil yang terlelak di Thus wilayah Khurasah yang waktu itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia islam.
Para U`lama nasab berselisih pendapat dalam penyandaran nama Imam
Ghozali ra. , sebagian mengatakan , bahwa penyandaran nama beliau ra.
kepada daerah Ghazalah di Thusi tempat kelahiran beliau ra. ini
dikuatkan oleh Al-Fayumi dalam mishbahul munir, penisbatan ini kepada
salah seorang keturunan imam Ghozali yaitu Majdudin Muhammad bin
Muhammad bin Muhyiddin Muhammad bin Abi Thohir syarwan syah bin Abul
Fadhl bin Ubaidillah Anaknya Sitti Al-Mana Binti Abu Hamid Muhammad
Al-Ghozali yang mengatakan : ” Bahwa telah salah orang yang menyandarkan nama kakek kami tersebut dengan di tasydid ( Al-Ghzzali ) “.
Sebagian lagi mengatakan penyandaran nama beliau kepada pencaharian
dan keahlian keluarganya yaitu menenun, sehingga nisbatnya ditasydid (
Al-Ghozzali ) demikian pendapat Ibnu Atsir. Dan dinyatakan Imam Nawawi :
” Tasydid dalam Al-Ghozzali adalah yang benar ” Bahkan Ibnu Assam`ani
mengingkari penyandaran nama yang pertama dan berkata : ” Saya telah
bertanya kepada penduduk Thusi tentang daerah Al-Ghozalah, dan mereka
mengingkari keberadaannya.” Wallohu A`lam.
tapi yang dijadikan sandaran Para Ahli Nasab Mutaakhirin adalah
pendapat Ibnu Atsir dengan Tasydid. Yaitu penyandaran nama kepada
pekerjaan dan keahlian bapak dan kakeknya. ( Thobaqot Asy-Syafi`i`yyah dan Siyar A`lam Nubala Adz Dzahabi ).
Imam Abu Hamid Muhammad dilahirkan dari keluarga yang sangat
sederhana, ayahnya adalah seorang pengrajin wol sekaligus sebagai
pedagang hasil tenunannya, dan taat beragama, mempunyai semangat
keagamaan yang tinggi, seperti terlihat pada simpatiknya kepada ‘ulama
dan mengharapkan anaknya menjadi ‘ulama yang selalu memberi nasehat
kepada umat.
Itulah sebabnya, ayahnya sebelum wafat menitipkan anaknya (imam
al-Ghazali) dan saudarnya (Ahmad), ketika itu masih kecil dititipkan
pada teman ayahnya, seorang ahli tasawuf untuk mendapatkan bimbingan dan
didikan.
Meskipun dibesarkan dalam keadaan keluarga yang sederhana tidak
menjadikan beliau merasa rendah atau malas, justru beliau semangat dalam
mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, dikemudian beliau menjelma
menjadi seorang ‘ulama besar dan seorang sufi. Dan diperkirakan imam
Ghazali hidup dalam kesederhanaan sebagai seorang sufi sampai usia 15
tahun (450-456).
Pendidikan dan Perjalanan Mencari Ilmu
Perjalanan imam Ghazali dalam memulai pendidikannya di wilayah
kelahirannya. Kepada ayahnya beliau belajar Al-qur’an dan dasar-dasar
ilmu keagamaan ynag lain, di lanjutkan di Thus dengan mempelajari
dasar-dasar pengetahuan. Setelah beliau belajar pada teman ayahnya
(seorang ahli tasawuf), ketika beliau tidak mampu lagi memenuhi
kebutuhan keduanya, beliau mengajarkan mereka masuk ke sekolah untuk
memperoleh selain ilmu pengetahuan. Beliau mempelajari pokok islam
(al-qur’an dan sunnah nabi).Diantara kitab-kitab hadist yang beliau
pelajari, antara lain :
a. Shahih Bukhori, beliau belajar dari Abu Sahl Muhammad bin Abdullah Al Hafshi
b. Sunan Abi Daud, beliau belajar dari Al Hakim Abu Al Fath Al Hakimi
c. Maulid An Nabi, beliau belajar pada dari Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al Khawani
d. Shahih Al Bukhari dan Shahih Al Muslim, beliau belajar dari Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asai.
Begitu pula diantarnya bidang-bidang ilmu yang di kuasai imam
al-Ghazli (ushul al din) ushul fiqh, mantiq, flsafat, dan tasawuf.
Santunan kehidupan sebagaimana lazimnya waktu beliau untuk belajar fiqh
pada imam Kharamain, beliau dalam belajar bersungguh-sungguh sampai
mahir dalam madzhab, khilaf (perbedaan pendapat), perdebatan, mantik,
membaca hikmah, dan falsafah, imam Kharamain menyikapinya sebagai lautan
yang luas.
Setelah imam kharamain wafat kemudian beliau pergi ke Baghdad dan
mengajar di Nizhamiyah. Beliau mengarang tentang madzhab kitab
al-basith, al- wasith, al-wajiz, dan al- khulashoh. Dalam ushul fiqih
beliau mengarang kitab al-mustasfa, kitab al- mankhul, bidayatul
hidayah, al-ma’lud filkhilafiyah, syifaal alil fi bayani masa ilit dan
kitab-kitab lain dalam berbagai fan.
Antara tahun 465-470 H. imam Al-Ghazali belajar fiqih dan ilmu-ilmu
dasar yang lain dari Ahmad Al- Radzaski di Thus, dan dari Abu Nasral
Ismailli di Jurjan. Setelah imam al-Ghazali kembali ke Thus, dan selama 3
tahun di tempat kelahirannya, beliau mengaji ulang pelajaran di Jurjan
sambil belajar tasawuf kekpada Yusuf Al Nassaj (w-487 H). pada tahun itu
imam Al-Ghazali berkenalan dengan al-Juwaini dan memperoleh ilmu kalam
dan mantiq. Menurut Abdul Ghofur itu Ismail Al- Farisi, imam al-Ghozali
menjadi pembahas paling pintar di zamanya. Imam Haramain merasa bangga
dengan pretasi muridnya.
Walaupun kemashuran telah diraih imam al Ghazali beliau tetap setia
terhadap gurunya sampai dengan wafatnya pada tahun 478 H. sebelum al
Juwani wafat, beliau memperkenalkan imam al Ghazali kepada Nidzham Al
Mulk, perdana mentri sultan Saljuk Malik Syah, Nidzham adalah pendiri
madrasah al nidzhamiyah. Di Naisabur ini imam al Ghazali sempat belajar
tasawuf kepada Abu Ali Al Faldl Ibn Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w.477
H/1084 M).
Setelah gurunya wafat, al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju
negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham al Mulk. Di daerah ini beliau
mendapat kehormatan untuk berdebat dengan ‘ulama. Dari perdebatan yang
dimenengkan ini, namanya semakin populer dan disegani karena keluadan
ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al Ghazali diangkat menjadi guru
besar di madrasah Nidzhamiyah, ini dijelaskan salam bukunya al mungkiz
min dahalal. Selama megajar di madrasah dengan tekunnya imam al Ghozali
mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran al Farabi, Ibn
Sina Ibn miskawih dan Ikhwan Al Shafa. Penguasaanya terhadap filsafat
terbukti dalam karyanya seperti al maqasid falsafah tuhaful al
falasiyah.
Pada tahun 488 H/1095 M, imam al Ghazali dilanda keraguan (skeptis)
terhadap ilmu-ilmu yang dipelajarinya (hukum teologi dan filsafat).
Keraguan pekerjaanya dan karya-karya yang dihasilkannya, sehingga beliau
menderita penyakit selama dua bulan dan sulit diobati. Karena itu, imam
al Ghazali tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai guru besar di
madrasah nidzhamiyah, yang akhirnya beliau meninggalkan Baghdad menuju
kota Damaskus, selam kira-kira dua tahun imam al Ghazali di kota
Damaskus beliau melakukan uzlah, riyadah, dan mujahadah. Kemudian beliau
pihdah ke Bait al Maqdis Palestina untuk melakukan ibadah serupa.
Sektelah itu tergerak hatinya untuk menunaikan ibadah haji dan
menziarohi maqom Rosulullah Saw.
Sepulang dari tanah suci, imam al Ghazali mengunjungi kota
kelahirannya di Thus, disinilah beliau tetap berkhalwat dalam keadaan
skeptis sampai berlangsung selama 10 tahun. Pada periode itulah beliau
menulis karyanya yang terkenal ” ihya’ ‘ulumuddin al-din” the revival of
the religious ( menghidupkan kembali ilmu agama).
Karena disebabkan desakan pada madrasah nidzhamiyah di Naisabur
tetapi berselang selam dua tahun. Kemudian beliau madrasah bagi para
fuqoha dan jawiyah atau khanaqoh untuk para mustafifah. Di kota inilah
(Thus) beliau wafat pada tahun 505 H / 1 desember 1111 M.
Abul Fajar al-Jauzi dalam kitabnya al asabat ‘inda amanat
mengatakn, Ahmad saudaranya imam al Ghazali berkata pada waktu shubuh,
Abu Hamid berwudhu dan melakukan sholat, kemudian beliau berkata :
Ambillah kain kafan untukku kemudian ia mengambil dan menciumnya lalu
meletakkan diatas kedua matanya, beliau berkata ” Aku mendengar dan taat
untuk menemui Al Malik kemudian menjulurkan kakinya dan menghadap
kiblat. Imam al Ghazali yag bergelar hujjatul islam itu meninggal dunia
menjelang matahari terbit di kota kelahirannya (Thus) pada hari senin 14
Jumadil Akir 505 H (1111 M). Imam al Ghazali dimakamkan di Zhahir al
Tabiran, ibu kota Thus.
Guru dan Panutan Imam Al-Ghozali
Imam al-Ghozali dalam perjalanan menuntut ilmunya mempunyai banyak guru, diantaranya guru-guru imam Al Ghazali sebagai berikut :
1. Abu Sahl Muhammad Ibn Abdullah Al Hafsi, beliau mengajar imam Al-Ghozali dengan kitab shohih bukhori.
2. Abul Fath Al Hakimi At Thusi, beliau mengajar imam Al Ghozali dengan kitab sunan abi daud.
3. Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al Khawari, beliau mengajar imam Ghazali dengan kitab maulid an nabi.
4. Abu Al Fatyan ‘Umar Al Ru’asi, beliau mengajar imam Al Ghazali dengan kitab shohih Bukhori dan shohih Muslim.
Dengan demikian guru-guru imam Al Ghazali tidak hanya mengajar
dalam bidang tasawuf saja, akan tetapi beliau juga mempunyai guru-guru
dalam bidang lainnya, bahkan kebanyakan guru-guru beliau dalam bidang
hadist.
Murid-Murid Imam Al-Ghozali
Imam Al Ghazali mempunyai banyak murid, karena beliau mengajar di
madrasah nidzhamiyah di Naisabur, diantara murid-murid beliau adalah :
1. Abu Thahir Ibrahim Ibn Muthahir Al- Syebbak Al Jurjani (w.513 H).
2. Abu Fath Ahmad Bin Ali Bin Muhammad Bin Burhan (474-518 H),
semula beliau bermadzhab Hambali, kemudian setelah beliau belajar kepada
imam Ghazali, beliau bermadzhab Syafi’i. Diantara karya-karya beliau al
ausath, al wajiz, dan al wushul.
3. Abu Thalib, Abdul Karim Bin Ali Bin Abi Tholib Al Razi (w.522
H), beliau mampu menghafal kitab ihya’ ‘ulumuddin karya imam Ghazali.
Disamping itu beliau juga mempelajari fiqh kepada imam Al Ghazali.
4. Abu Hasan Al Jamal Al Islam, Ali Bin Musalem Bin Muhammad Assalami (w.541 H). Karyanya ahkam al khanatsi.
5. Abu Mansur Said Bin Muhammad Umar (462-539 H), beliau belajar
fiqh pada imam Al Ghazali sehingga menjadi ‘ulama besar di Baghdad.
6. Abu Al Hasan Sa’ad Al Khaer Bin Muhammad Bin Sahl Al Anshari Al
Maghribi Al Andalusi (w.541 H). beliau belajar fiqh pada imam Ghozali di
Baghdad.
7. Abu Said Muhammad Bin Yahya Bin Mansur Al Naisabur (476-584 H),
beliau belajar fiqh pada imam Al Ghazali, diantara karya-karya beliau
adalah al mukhit fi sarh al wasith fi masail, al khilaf.
8. Abu Abdullah Al Husain Bin Hasr Bin Muhammad (466-552 H), beliau
belajar fiqh pada imam Al Ghazali. Diantar karya-karya beliau adalah
minhaj al tauhid dan tahrim al ghibah.[15]
Dengan demikian imam al ghozali memiliki banyak murid. Diantara
murid–murid beliau kebanyakan belajar fiqh. Bahkan diantara murid- murid
beliau menjadi ulama besar dan pandai mengarang kitab.
Karya-Karya Imam Al-Ghozali
Imam Al-Ghozali termasuk penulis yang tidak terbandingkan lagi,
kalau karya imam Al Ghazali diperkirakan mencapai 300 kitab, diantaranya
adalah :
1. Maqhasid al falasifah (tujuan para filusuf), sebagai karangan yang pertama dan berisi masalah-masalah filsafah.
2. Tahaful al falasifah (kekacauan pikiran para filusifi) buku ini
dikarang sewaktu berada di Baghdad di kala jiwanya di landa
keragu-raguan. Dalam buku ini Al Ghazali mengancam filsafat dan para
filusuf dengan keras.
3. Miyar al ‘ilmi/miyar almi (kriteria ilmu-ilmu).
4. Ihya’ ulumuddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama). Kitab
ini merupakan karyanya yang terbesar selama beberapa tahun ,dalam
keadaan berpindah-pindah antara Damakus, Yerusalem, Hijaz, Dan Thus yang
berisi panduan fiqih, tasawuf dan filsafat.
5. Al munqiz min al dhalal (penyelamat dari kesesatan) kitab ini
merupakan sejarah perkembangan alam pikiran Al Ghazali sendiri dan
merefleksikan sikapnya terhadap beberapa macam ilmu serta jalan mencapai
tuhan.
6. Al-ma’arif al-aqliyah (pengetahuan yang nasional)
7. Miskyat al anwar (lampu yang bersinar), kitab ini berisi pembahasan tentang akhlak dan tasawuf.
8. Minhaj al abidin (jalan mengabdikan diri terhadap tuhan).
9. Al iqtishad fi al i’tiqod (moderisasi dalam aqidah).
10. Ayyuha al walad.
11. Al musytasyfa
12. Ilham al –awwam an ‘ilmal kalam.
13. Mizan al amal.
14. Akhlak al abros wa annajah min al asyhar (akhlak orang-orang baik dan kesalamatan dari kejahatan).
15. Assrar ilmu addin (rahasia ilmu agama).
16. Al washit (yang pertengahan) .
17. Al wajiz (yang ringkas).
18. Az-zariyah ilaa’ makarim asy syahi’ah (jalan menuju syariat yang mulia)
19. Al hibr al masbuq fi nashihoh al mutuk (barang logam mulia uraian tentang nasehat kepada para raja).
20. Al mankhul minta’liqoh al ushul (pilihan yang tersaing dari noda-noda ushul fiqih).
21. Syifa al qolil fibayan alsyaban wa al mukhil wa masalik at
ta’wil (obat orang dengki penjelasan tentang hal-hal samar serta
cara-cara penglihatan).
22. Tarbiyatul aulad fi islam (pendidikan anak di dalam islam)
23. Tahzib al ushul (elaborasi terhadap ilmu ushul fiqiha).
24. Al ikhtishos fi al ‘itishod (kesederhanaan dalam beri’tiqod).
25. Yaaqut at ta’wil (permata ta’wil dalam menafsirkan al qur’an).
Kesetiaan Imam Al Gazhali Kepada Gurunya.
Walupun kemashuran telah diraih imam al-ghazali beliau tetap setia
terhadap gurunya dan tidak meninggalkannya sampai dengan wafatnya pada
tahun 478 H. sebelum al-Juwami wafat, beliau memperkenalkan ilam
al-Ghazali kepada Nidham Al Mulk, perdana mentri sulatan Saljuk Malik
Syah, Nidham adalah pendiri madrasah al- nidzamiyah. Di Nashabur ini
imam al Ghazali sempat belajar tasawuf kepada Abu Ali Al Fadl Ibn
Muhammad Ibn Ali Al Farmadi (w. 477 H/1084 M).
Setelah gurunya wafat, Al Ghazali meninggalkan Naisabur menuju
negri Askar untuk berjumpa dengan Nidzham Al Mulk. Di daerah ini beliau
mendapat kehormatan untuk berdebat dengan para ‘ulama. Dari perdebatan
yang dimenangkan ini, namanya semakin populer dan desegani karena
keluasan ilmunya. Pada tahun 484 H/1091 M, imam al-Ghazali diangkat
menjadi guru besar di madrasah Nidhzamiyah, ini dijelaskan dalam bukunya
al mungkiz min al dahalal. Selama mengajar di madrasah dengan tekunnya
imam al Ghazali mendalami filsafat secara otodidak, terutama pemikiran
al Farabi, Ibn Sina Ibn Miskawih dan Ikhwan Al Shafa.penguasaanya
terhadap filsafat terbukti dalam karyanya seperti Falsafah Tuhfatul Al
Falasifah.
Pada tahun 488 H / 1095 M, imam al Ghazali dilanda
keraguan(ekeptis) trhadap ilmu-ilmu yang dipelajari(hukum teologi dan
filsafat). Keraguan pekerjaannya dan karya-karya yang dihasilkannya,
sehungga beliau menderita penyakit selama dua bulan.Wafatnya Imam
al-Ghazali
Imam al-Ghazali wafat pada pagi Isnin, 14 Jamadilakhir 505H/19 Disember 1111M di Tus dengan kitab hadis atas dadanya. Jenazah beliau dikebumikan di makam al-Tabaran, bersebelahan dengan makam penyair besar yang terkenal, Firdausi.
Diceritakan bahawa Syeikh Abul Hasan al-Syadzili bermimpi bahawa dia melihat Nabi s.a.w. menunjukkan Imam al-Ghazali kepada Nabi Musa dan Isa, sambil bertanya kepada kedua mereka, “Adakah terdapat orang alim yang bijaksana dalam umat anda berdua?” Jawab keduanya tidak ada.
Kubur Imam al-Ghazali yang sebenar telah dijumpai oleh para arkeologi Khurasan pada tahun 1995 di Tus.
Adik Imam al-Ghazali, Ahmad menceritakan saat menjelang ajal
abangnya: “Pada waktu subuh hari Isnin, abangku Abu Hamid mengambil
wuduk lalu bersolat. Kemudian beliau berkata: “Bawakan kain kapanku,”
lalu diambil dan dicium serta diletakkan di mata sambil berkata lagi:
“Aku patuh dan taat untuk masuk kepada malaikat.” Kemudian al-Ghazali
mengunjurkan kakinya dan menghadap ke kiblat dan wafat sebelum matahari
terbit.”Imam al-Ghazali wafat pada pagi Isnin, 14 Jamadilakhir 505H/19 Disember 1111M di Tus dengan kitab hadis atas dadanya. Jenazah beliau dikebumikan di makam al-Tabaran, bersebelahan dengan makam penyair besar yang terkenal, Firdausi.
Diceritakan bahawa Syeikh Abul Hasan al-Syadzili bermimpi bahawa dia melihat Nabi s.a.w. menunjukkan Imam al-Ghazali kepada Nabi Musa dan Isa, sambil bertanya kepada kedua mereka, “Adakah terdapat orang alim yang bijaksana dalam umat anda berdua?” Jawab keduanya tidak ada.
Wallohu Ta`alaa A`lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar