ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Jumat, 28 Desember 2012

Lambang Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah



SUSUNAN DAN BAGIAN-BAGIAN
Lambang Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah terdiri atas 4 susunan warna dan 7 bagian.
1... Susunan warna hijau
2. ..Susunan warna hitam
3... Susunan warna putih
4... Susunan warna biru
Kemudian 7 bagian sebagai berikut :
1... Bintang sembilan
2... Tampar melingkar
3... Kitab ditumpuk berdiri
4... Ka’bah ditengah berdiri tegak
5... Kapal / perahu besar
6... Lautan bergelombang
7... Tulisan huruf Arab

ISI DAN BENTUK LAMBANG SERTA WARNA
Lambang Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah terdapat :
1... Bintang sembilan diluar tampar dan terletak diatas kapal, 5 buah dan yang atas sendiri paling besar, serta dibawah kapal 4 buah, yang mana bintang sembilan tersebut berwarna putih
2... Tampar berwarna putih melingkar didalam bintang sembilan dan diikat wangsal dengan tidak erat.
3... Kitab sebanyak 45 buah ditumpuk berdiri melingkari ka’bah dan berada dibawah tampar, kapal diatas dan berwarna hitam putih.
4... Ka’bah berdiri tegak dan ditengah-tengah, serta kelihatan pintunya, dan berwarna hitam diatas dasar putih.
5... Kapal / perahu besar berwarna hitam berada diatas lautan, yang ditengahnya dituliskan “JAM'IYYAH AHLITH THARIQAH” dengan huruf Arab berwarna putih.
6... Lautan bergelombang dan berwarna hitam biru dan berada dibawah kapal/perahu besar
7... Tulisan “AL MU’TABARAH AN NAHDLIYYAH” dengan huruf Arab berbentuk melengkung, berwarna putih diatas dasar hijau dan berada dibawah lautan.

ARTI WARNA DAN BAGIAN
Didalam lambang Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah terdapat 4 warna :
1... Warna Hijau, warna hijau sebagai dasar yang mempunyai arti hidup dan berkembang
Maksudnya : bahwa Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah adalah hidup dan berkembang dimana-mana daerah / kota maupun desa, untuk menuju Ridlo Allah Subhanahu wa Ta’ala
2... Warna Hitam, warna hitam terdapat pada Kitab, Ka’bah dan Kapal/perahu yang mempunyai arti : Teguh, Abadi dan Istiqomah.
Maksudnya : bahwa pengikut-pengikut Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah selalu berusaha meningkatkan keteguhan Iman dan Islam, mengabdikan Amal Sholeh dan pembangunan serta Istiqomah ‘ala tho’atil-Lah wa tho’atir-Rosul wa ‘ulil Amri
3... Warna Putih, warna putih terdapat pada bintang 9 (sembilan), dasar ka’bah dan kitab serta tulisan huruf Arab yang mempunyai arti : Bersih dan Suci.
Maksudnya : bahwa pengikut-pengikut Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah selalu meningkatkan kebersihan dhohir dan bathin dari sifat madzmumat (tercela) menuju kepada sifat mahmudat (terpuji), baik kepada Allah sebagai Kholiqnya atau kepada manusia sebagai sesama Mahluq-Nya.
4... Warna Biru, warna biru hanya terdapat didalam lautan, yang mempunyai arti damai dan dalam.
Maksudnya : bahwa pengikut-pengikut Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah selalu melaksanakan dan meningkatkan serta menggalang persatuan dan perdamaian, untuk mengamalkan Syari’at Islamiyyah ‘ala Ahli Sunah wal Jama’ah dan Thariqiyyah menurut ajaran ‘Ulama’ Salafus Sholihin secara berhati-hati dan bijaksana.

Kemudian didalam Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah terdapat 7 (tujuh) bagian.
1... Bintang Sembilan, mempunyai arti sebagai berikut :
a... Bahwa Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah di Indonesia ini, pertama-tama dibawa/diajarkan oleh Walisongo (wali 9)
b... Bintang 5 (lima) buah diatas melambangkan bahwa Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah selalu berpegang dan mengamalkan ajaran Rosulullah serta ajaran Khulafa’ur Rasyidin (Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali) dan melaksanakan Pancasila.
c... Bintang 4 buah dibawah menunjukkan bahwa Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah selalu berpegang Al-Qur’an, Hadits, Ijma’ dan Qiyas serta berhaluan Ahlus Sunah wal Jama’ah ‘ala Ahadi Madzahibil ‘Arba’ah (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali) dan melaksanakan UUD ’45 (4, terdapat empat buah bintang dibawah dan 5, terdapat lima buah bintang diatas)
2... Tampar melingkar dan diikat wangsal dengan tidak erat, mempunyai arti sebagai berikut :
a... Bahwa Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah selalu berpegang teguh pada Hablullah (Agama Allah / Agama Islam)
b... Bahwa Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah selalu menggalang persatuan dan kasatuan yang kokoh dan sentosa.
c... Bahwa Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah selalu terbuka untuk semua orang Islam Ahlus Sunah wal Jama’ah ‘ala Ahadi Madzahibil Arba’ah, yang berminat.
3... Kitab sebanyak 45 buah yang ditumpuk berdiri melingkari Ka’bah mempunyai arti sebagai berikut :
a... Bahwa Jumlah Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah sebanyak 45 macam (berbeda namanya tetapi sama tujuannya)
b... Penganut-penganut Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah selalu taat dan melaksanakan hukum-hukum Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rosul-Nya dan Peraturan-peraturan Pemerintah Republik Indonesia, selama tidak bertentangan dengan Syari’at Islam.
c... Tokoh-tokoh Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah secara Ikhlash dan gigih banyak yang ikut memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945.
4... Ka’bah berdiri tegak ditengah-tengah, mempunyai arti sebagai berikut :
a... Ke-Tauhidan, maksudnya : peserta Thariqah Al-Mu'ta-baroh An Nahdliyyah selalu Ma’rifat atas ke-Esaan Allah Subhanahu wa Ta’ala
b... Keabadian, maksudnya : peserta Thariqah Al-Mu'ta-baroh An Nahdliyyah tidak akan goyah Iman, Islam dan Ihsannya karena sesuatu hal.
c. Istiqomah, maksudnya : peserta Thariqah Al-Mu'ta-baroh An Nahdliyyah selalu melaksanakan Amal Sholeh dimana saja berada dan pada waktu kapan saja.
5... Kapal/perahu besar mempunyai arti sebagai berikut :
a... Syari’at Islam, maksudnya bahwa Thariqah Al-Mu'ta-baroh An Nahdliyyah tidak dapat dipisahkan dengan Syari’at Islam dan bangsa Indonesia yang terbesar memeluk Agama Islam.
b... Sebagai alat untuk menuju keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat
c... Bercita-cita besar dan tinggi serta mulia untuk mohon Ridlo Allah.
6... Lautan bergelombang, mempunyai arti sebagai berikut :
a. Ilmu Thariqah lebih dalam daripada ilmu Syari’at.
b. Ilmu Thariqah adalah salah satu jalan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan untuk perdamaian bangsa.
c. Amalan Thariqah adalah amalan yang sangat terpuji baik bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala maupun bagi manusia.
7... Tulisan huruf Arab yang berbunyi “JAM'IYYAH AHLITH THARIQAH AL MU’TABARAH AN NAHDLIYYAH” bermaksud sebagai berikut :
a... Bahwa Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah ini adalah organisasi Islam yang menjadi salah satu niven Jam’iyyah Nahdlatul Ulama’ (Keputusan Muktamar NU ke-26 di Semarang pada bulan Rajab 1399 H. bertepatan dengan bulan Juli 1979 M) yang dikukuhkan oleh Pengurus Besar Syuriyah Nahdlatul Ulama dengan Surat Keputusan nomor : 13/Syur.PB/V/1980 tertanggal 21 Robi’ul Akhir 1400 H. bertepatan dengan tanggal 6 Mei 1980 M.
b... Bahwa Thariqah Mu’tabaroh Nahdliyyah ini sambung menyambung sampai kepada Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Beliau dari Malaikat Jibril AS., Malaikat Jibril dari Allah ‘Azza wa Jalla.
c... Bahwa Jam’iyyah ini selalu bergerak dan melaksanakan pembangunan fisik / material dan mental / spiritual.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar