ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Kamis, 27 Desember 2012

Islam Indonesia, Jama'ah Thoriqoh Terbesar di Dunia(Jumlahnya:50 juta. Di JaTim: 14 juta)

===========================
Islam Indonesia, Jama'ah Thoriqoh Terbesar di Dunia
============================
Kamis, 27/12/2012 10:02
Surabaya, NU Online
Dibanding negara-negara lain, Indonesia menempati rangking pertama dalam hal jumlah penganut thariqah di dunia. Muslim Tanah Air, khususnya Nahdliyin, termasuk paling antusias memilih thoriqoh sebagai jalan hidup mereka.

"Jumlahnya bisa mencapai 50 juta. Di Jawa Timur saja jumlahnya sekitar 14 juta," tutur Mudir Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyah (JATMAN) KH Abdul Mu'thi di Pondok Pesantren Nurul Khoir Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Rabu (26/12).

Hal ini, lanjut Kiai Mu'thi, melatarbelakangi mengapa Indonesia akan menjadi tuan rumah Multaqa Sufi 'Alami atau pertemuan sufi internasional. Menurut agenda, perhelatan akbar tersebut akan digelar di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, 27-30 Januari 2012.

Rencananya, Multaqa Sufi 'Alami akan dihadiri ulama-ulama sufi dari 70 negara. Dalam pertemuan ini, organisasi thariqah sedunia akan dibentuk.

Kiai Mu'thi menjelaskan, Nahlatul Ulama (NU) merupakan ormas Islam terbesar yang mendukung warganya untuk  berthariqah. NU hanya menganjurkan memilih thariqah mu'tabarah (diakui).

"Thariqah mu'tabarah adalah thariqah yang sanadnya sambung sampai Nabi, sedangkan yang ghairu mu'tabarah adalah yang sanadnya tidak tersambung," urai Ketua Umum organisasi penganut thariqah NU ini.
 
sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,41469-lang,id-c,nasional-t,Islam+Indonesia++Jama+ah+Thariqah+Terbesar+di+Dunia-.phpx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar