ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 15 Desember 2012

KITAB YG DISUSUN al-Syeikh Abdul Qodir al-Jilani RA(:1).Al-Ghunyah li Tholibi Thoriq al-Haqq; 2). Al-Fath al-Robbani wa al-Faydl al-Rohmani; 3).Futuh al-Ghoyb )

 ----------------------------------------------
Kitab yang disepakati sebagai karya al-Syeikh Abdul Qodir al-Jilani RA ada 3 (tiga), yaitu:
-----------------------------------------------
1.    Al-Ghunyah li Tholibi Thoriq al-Haqq merupakan karyanya yang mengingatkan kita dengan karya monumental al-Ghozali, Ihya’ ‘Ulum al-Din. Karya ini jelas sekali terpengaruh, baik tema maupun gaya bahasanya, dengan karya al-Ghozali itu. Ini terlihat dengan penggabungan fikih, akhlaq, dan prinsip suluk. Ia memulai dengan membincangkan aspek ibadah, dilanjutkan dengan etika Islam, etika do’a, keistimewaan hari dan bulan tertentu. Beliau kemudian membincangkan juga anjuran beribadah sunnah, lalu etika seorang pelajar, tawakal, dan akhlaq yang baik.
2.    Al-Fath al-Robbani wa al-Faydl al-Rohmani merupakan bentuk tertulis (transkripsi) dari kumpulan tausiyyah yang pernah disampaikan oleh Beliau. Tiap satu pertemuan menjadi satu tema. Semua pertemuan yang dibukukan ada 62 kali pertemuan. Pertemuan pertama pada 3 Syawal 545 H. Pertemuan terakhir pada hari Jumat, awal Rajab 546 H. Jumlah halamannya mencapai 90 halaman. Format buku ini mirip dengan format pengajian Beliau dalam berbagai majelisnya. Sebagiannya bahkan berisi jawaban atas persoalan yang muncul pada forum pengajian itu.
3.    Futuh al-Ghoyb merupakan kompilasi dari 78 artikel yang ditulis Beliau berkaitan dengan suluk, akhlaq, dan yang lain. Tema dan gaya bahasanya sama dengan al-Fath al-Robbani. Keseluruhan halamannya mencapai 212 halaman. Buku ini sendiri sebetulnya hanya 129 halaman. Sisa halamannya diisi dengan himpunan senandung pujian yang dinisbatkan pada Beliau. Dan Ibn Taymiyyah juga memuji buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar