ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 26 Desember 2012

Pertemuan 'Ulama' sufi se-dunia (Multaqo sufi al-'alami)

====================
Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Sufi Internasional
====================
Jumat, 16/11/2012 16:03
Pekalongan, NU Online
------------------------------
Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah pertemuan 'ulama' sufi se-dunia (Multaqo sufi al-'alami) yang direncanakan akan berlangsung 15 - 20 Desember mendatang.

Acara pertemuan ulama thoriqoh akan diikuti oleh delegasi 70 negara di Jakarta dan Kota Pekalongan. Berbagai hal yang dibahas termasuk pembentukan organisasi ulama tingkat dunia dan persoalan lain yang krusial termasuk pergolakan negara negara Islam yang terjadi di Timur Tengah.

Sebelum acara ini digelar, telah diadakan pra multaqo sufi sebanyak dua kali yakni bulan Juli 2011 di Jakarta bersamaan dengan Peringatan Harlah NU dan Januari 2012 di Malang Jawa Timur bersamaan dengan Muktamar Jam'iyyah Ahlit Thoriqoh Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman).

"Pertemuan ulama sufi tingkat dunia merupakan rekomendasi dari pra multaqo sufi di Malang awal 2012 kemarin," ujar Rais Am Idaroh Aliyah Jatman Habib Luthfi bin Yahya usai rapat pleno persiapan panitia di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan Kamis (15/11).

Dikatakan, kegiatan multaqo sufi al-'alam akan digelar di dua tempat, yakni untuk pembukaan dan sidang sidang organisasi akan berlangsung di Hotel Borobudur tanggal 15 - 18 Desember 2012, sedangkan penyampaian hasil hasil musyawarah akan dilaksanakan di Kota Pekalongan bersamaan dengan pertemuan para pegurus thoriqoh dan para mursyid yang diikuti tidak kurang dari 2500 undangan.

Untuk merealisasikan gagasan pembentukan rabithah para sufi, pada acara pra multaqo yang berlangsung di Malang Jawa Timur awal Januari 2012 kemarin telah sepakat membentuk Majelis at-Ta'sis li-Rijali Tasawwuf dil-alam yaitu tim yang akan merumuskan pembentukan organisasi persatuan sufi se dunia.

Menurut Habib Luthfy yang ditunjuk sebagai Ketua Umum Majelis at-Ta'sis bertugas untuk menyatukan ummat Islam khususnya para ahlit thariqah dan menjadi jembatan antara ulamadan umara dalam menciptakan suasana yang kondusif dan harmonis.

Dalam arahannya dihadapan ratusan panitia, Habib Luthfy berpesan agar panitia bersungguh sungguh dan penuh keikhlasan dalam memberikan pelayanan para ulama sufi yang akan dihadiri delegasi 70 negara dengan peserta tidak kurang dari 500 orang. Sedangkan acara di Pekalongan dihadiri sekitar 2.500 undangan yang nantinya di samping para tamu akan diinapkan di Hotel juga rumah rumah penduduk telah disiapkan untuk penginapan para ulama.

Ketua Panitia Lokal KH Mirza Hasbullah mengatakan, Kota Pekalongan menyatakan telah siap menyambut kedatangan ribuan tamu tamu Habib Luthfy sebagaimana yang pernah dilakukan pada Muktamar Thariqah tahun 2005 dimana seluruh peserta diinapkan di rumah rumah penduduk selama acara berlangsung.

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,40816-lang,id-c,nasional-t,Indonesia+Tuan+Rumah+Pertemuan+Sufi+Internasional-.phpx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar