ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Sabtu, 15 Desember 2012

Manaqib Asy-Syeikh ‘Abdul Qodir Al-Jilany Al-Hasany RA



-----------------------------------------------------
Biografi (Manaqib) Asy-Syeikh Al- Imam
Al -Quthb Al-Ghouts Al- Imam Al–Quthb Al-Ghouts 
‘Abdul Qodir Al-Jilany Al-Hasany  RA
اللهم انفعنا من بركاته وان تَرْزُقنا محبته وادخلنا في سلسلته
يوم لا ينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم 
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------







Sulthonul Awliya' Al-Haikal  Al-Shomadany Wal-Haikal al-Nurony  Al-Quthbu Wal-Ghouts Al-@'dzom Sayyiduna Asy-Syeikh Al- Imam Al–Quthb Al-Ghouts 
‘Abdul Qodir Al-Jilany Al-Hasany Rodiyallohu ‘Anhu (RA)
















---------------------------------------------------------------














































Al-Syeikh ‘Abdul Qodir al-Jilany RA merupakan tokoh sufi paling masyhur di Indonesia. Peringatan Haul waliyullah ini pun selalu dirayakan setiap tahun oleh umat Islam Indonesia. Tokoh yang diyakini sebagai cikal bakal berdirinya Thoriqot Qodiriyyah ini lebih dikenal masyarakat lewat cerita-cerita karomahnya dibandingkan dengan ajaran spiritualnya.Terlepas dari pro dan kontra atas kebenaran karomahnya, Biografi (manaqib) tentang Beliau sering dibacakan dalam majelis yang dikenal di masyarakat dengan sebutan manaqiban.
(Biografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rojab Al-Hambali. Buku ini belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia). Beliau wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada 561 H/1166 M).
Dalam usia 8 tahun ia sudah meninggalkan Jilan menuju Baghdad pada tahun 488 H/1095 M. Karena tidak diterima belajar di Madrasah Nidzomiyah Baghdad, yang waktu itu dipimpin oleh Ahmad al-Ghozali RA, yang menggantikan saudaranya : Al-Imam Abu Hamid Muhammad al-Ghozali RA.
Nama lengkap Beliau adalah ‘Abdul Qodir ibn Abi Sholih Abdulloh Janki Dusat al-Jilany. Al-Jilani merupakan penisbatan pada Jil, daerah di belakang Thobaristan. Di tempat itulah Beliau dilahirkan. Selain Jil, tempat ini disebut juga dengan Jilan atau Jaylan dan Kilan.

NASAB
Al-Sayyid Abu Muhammad ‘Abdul Qodir Al-Jilany RA dilahirkan di Naif, Jilan, Iraq, pada bulan Ramadlon Tahun 470 H, bertepatan dengan tahun 1077 M. Ayahnya bernama Al-Syeikh Sholih, seorang yang taqwa keturunan Hadhrot Al-Imam Hasan, RA, cucu pertama Rosululloh SAW, putra sulung Al-Imam ‘Ali Bin Abi Tholib KRW dan Sayyidatina Fathimah RA, puteri tercinta Rosulillah SAW. Sedang Ibu beliau adalah puteri seorang wali, ‘Abdulloh Shauma’i, yang juga masih keturunan Al-Imam Husein RA, putera kedua Sayyidina ‘Ali  KRW dan Sayyidatina Fathimah RA. Dengan demikian, Al-Sayyid Abdul Qodir Al-Jilany RA adalah Hasaniyyin sekaligus Huseiniyyin.

MASA MUDA
Sejak kecil, Beliau bersifat pendiam, nrimo, bertafakkur dan sering melakukan agar lebih baik, apa yang disebut 'pengalaman-pengalaman mistik'. Ketika berusia delapan belas tahun, kehausan akan ilmu dan keghairahan untuk bersama para orang sholeh, telah membawanya ke Baghdad, yang kala itu merupakan pusat ilmu dan peradaban. Kemudian, beliau digelari orang Al-Ghouts Al-A’dzam atau Wali Ghouts terbesar.

Dalam terminologi kaum sufi, seorang Al-Ghouts menduduki jenjang ruhaniyyah dan keistimewaan kedua dalam hal memohon ampunan dan ridlo Alloh SWT bagi ummat manusia setelah para nabi. Seorang ‘ulama' besar di masa kini, telah menggolongkannya ke dalam Shiddiqin, sebagaimana sebutan Al-Qur'an bagi orang semacam itu. ‘Ulama’ ini mendasarkan pandangannya pada peristiwa yang terjadi pada perjalanan pertama Al-Sayyid ‘Abdul Qodir Al-Jilany RA ke Baghdad.

Diriwayatkan bahwa menjelang keberangkatannya ke Baghdad, ibu Beliau  yang sudah menjanda,  membekalinya delapan puluh keping emas yang dijahitkan pada bagian dalam mantelnya, persis di bawah ketiaknya, sebagai bekal. Uang ini adalah warisan dari al-marhum ayahnya, dimaksudkan untuk menghadapi masa-masa sulit. Kala hendak berangkat, sang ibu diantaranya berpesan agar jangan berdusta dalam segala keadaan. Sang anak berjanji untuk senantiasa mencamkan pesan sang Ibu tersebut.

Begitu kereta/ kendaraan yang ditumpanginya tiba di Hamadan, menghadanglah segerombolan perampok. Kala menjarahi, para perampok sama sekali tak memperhatikannya, karena ia tampak begitu sederhana dan miskin. Kebetulan salah seorang perampok menanyainya apakah ia mempunyai uang atau tidak. Ingat akan janjinya kepada sang ibu, si kecil Abdul Qodir segera menjawab: "Ya, aku punya delapan puluh keping emas yang dijahitkan di dalam baju oleh ibuku." Tentu saja para perampok terperanjat penuh keheranan. Mereka heran, kok ada manusia yang sejujur ini.  Mereka membawanya kepada pemimpin mereka, lalu menanyainya, dan jawabannya pun sama. Begitu jahitan baju ‘Abdul Qodir dibuka, didapatilah delapan puluh keping emas sebagaimana dinyatakannya. Sang kepala perampok terhenyak kagum keheranan. Abdul Qodir mengkisahkan segala yang terjadi antara dia dan ibunya pada saat berangkat, dan ditambahkannya jika ia berbohong, maka akan tak bermakna upayanya menimba ilmu agama.

Mendengar hal ini, menangislah sang kepala perampok, jatuh terduduk di kaki Abdul Qodir, dan menyesali segala dosa yang pernah dilakukan. Diriwayatkan, bahwa kepala perampok inilah adalah murid pertamanya. Peristiwa ini menunjukkan proses menjadi Shiddiq. Andaikata ia tak benar, maka keberanian kukuh semacam itu demi kebenaran, dalam saat-saat kritis, tak mungkin baginya.

Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang ‘ulama’ seperti Al=-Syeikh Ibnu Aqil, Abul Khotthot, Abul Husein Al-Farro’ dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama’. Suatu ketika Abu Sa’ad Al-Mukharrimi membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada al-Syeikh Abdul Qadir Al-Jilani RA. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim disana sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak sudah orang yang bertaubat setelah mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau, sehingga sekolah itu tidak muat untuk menampung para muridnya.

BELAJAR DI BAGHDAD
Selama belajar di Baghdad, karena sedemikian jujur dan murah hati, Beliau terpaksa mesti tabah menderita. Berkat bakat dan kesholehannya, ia cepat menguasai semua ilmu pada masa itu. Beliau membuktikan diri sebagai ahli hukum terbesar di masanya. Tetapi, kerinduan ruhaniyyahnya yang lebih dalam gelisah ingin mewujudkan diri. Bahkan di masa mudanya, kala tenggelam dalam belajar, Beliau gemar musyahadah.

Beliau sering berpuasa, dan tak mau meminta makanan dari seseorang, meski harus pergi berhari-hari tanpa makanan. Di Baghdad, Beliau sering menjumpai orang-orang yang berfikir serba ruhani, dan berintim dengan mereka. Dalam masa pencarian inilah, Beliau bertemu dengan Hadhrot Al-Syeikh Hammad, seorang penjual sirup, yang merupakan wali besar pada zamannya.

Lambat laun wali ini menjadi pembimbing ruhani Abdul Qodir. Hadhrot Al-Syeikh Hammad adalah seorang wali yang keras, karenanya diperlakukannya sedemikian keras sufi yang sedang tumbuh ini. Namun calon ghouts ini menerima semua ini sebagai koreksi bagi kecacatan ruhaninya.

Murid-murid
Murid-murid beliau banyak yang menjadi ulama’ terkenal. Seperti Al-Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab fiqh terkenal Al Mughni. Perkataan ‘ulama’ tentang beliau : Al-Syeikh Ibnu Qudamah rahimahulloh ketika ditanya tentang Al-Syeikh Abdul Qodir, beliau menjawab, ” kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam sholat fardlu.”
Al-Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan untuk belajar kepada Al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani sampai beliau meninggal dunia. (Siyar A’lamin NubalaXX/442). Beliau adalah seorang ‘alim. Ber’aqidah Ahlu Sunnah Wal Jama’ah, mengikuti jalan Salafush Sholih. Al-Imam Ibnu Rajab berkata: Al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani RA adalah seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syeikh, baik ‘ulama’ dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki keutamaan dan karomah. Al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani RA memiliki pemahaman yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Alloh, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al-Ghunyah Li Thalibi Thoriqil Haqq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghoib. Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan keras terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah.”
Al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani RA menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia (Alloh ) di arah atas, berada diatas ‘arsy-Nya, meliputi seluruh kerajaanNya. Ilmu-Nya meliputi segala sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu berkata ” Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ ( Alloh berada diatas ‘arsyNya ) tanpa takwil ( menyimpangkan kepada makna lain ). Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat Alloh diatas ‘arsy.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515). Ali bin Idris pernah bertanya kepada al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani RA, ” Wahai tuanku, apakah Alloh memiliki wali (kekasih ) yang tidak berada di atas aqidah ( Imam ) Ahmad bin Hambal?” Maka beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan tidak akan ada.”( At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Sam’ani berkata, ”Al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani RA adalah penduduk kota Jilan. Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam Adz Dzahabi menyebutkan biografi Al-Syeikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam Siyar A’lamin Nubala, dan menukilkan perkataan Al-Syeikh sebagai berikut:”Lebih dari lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
LATIHAN-LATIHAN RUHANIAH
Setelah menyelesaikan studinya, Beliau kian keras terhadap diri. Beliau mulai mematangkan diri dari semua kebutuhan dan kesenangan hidup. Waktu dan tenaganya tercurah pada sholat dan membaca al-Qur'an suci. Sholat sedemikian menyita waktunya, sehingga Beliau  sering sholat shubuh tanpa berwudlu’  lagi, karena belum batal wudlu’nya sejak sholat isya’.

Diriwayatkan pula, beliau kerapkali khotam membaca Al-Qur'an dalam satu malam. Selama latihan ruhaniyyah ini, dihindarinya berhubungan dengan manusia, sehingga Beliau tak bertemu atau berbicara dengan seorang pun. Bila ingin berjalan-jalan, Beliau berkeliling padang pasir. Akhirnya ia tinggalkan Baghdad, dan menetap di Syustar, dua belas hari perjalanan dari Baghdad. Selama sebelas tahun, ia menutup diri dari dunia. Akhir masa ini menandai berakhirnya latihannya. Ia menerima nur yang dicarinya. Diri-hewaninya kini telah digantikan oleh wujud mulianya.

DICOBA IBLIS
Suatu peristiwa terjadi pada malam babak baru ini, yang diriwayatkan dalam bentuk sebuah kisah. Kisah-kisah serupa dinisbahkan kepada semua tokoh keagamaan yang dikenal di dalam sejarah; yakni sebuah kisah tentang penggodaan. Semua kisah semacam itu memaparkan secara perlambang, suatu peristiwa alamiyyah dalam kehidupan.

Misalnya, tentang bagaimana Nabi Isa AS digoda oleh Iblis, yang membawanya ke puncak bukit dan dari sana memperlihatkan kepadanya kerajaan-kerajaan duniawi, dan dimintanya nabi Isa AS, menyembahnya, bila ingin menjadi raja dari kerajaan-kerajaan itu. Kita tahu jawaban beliau, sebagai pemimpin ruhaniyyah. Yang kita tahu, hal itu merupakan suatu peristiwa perjuangan jiwa sang pemimpin dalam hidupnya.

Demikian pula yang terjadi pada diri Rosululloh SAW. Kala beliau kukuh berdakwah menentang praktek-praktek keberhalaan masyarakat dan musuh-musuh beliau, para pemimpin Quraisy merayunya dengan kecantikan, harta dan tahta. Dan tak seorang Muslim pun bisa melupakan jawaban Beliau SAW: "Aku sama sekali tak menginginkan harta ataupun tahta. Aku telah diutus oleh Alloh SWT sebagai seorang Nadzir bagi umat manusia, menyampaikan risalah-Nya kepada kalian. Jika kalian menerimanya, maka kalian akan bahagia di dunia ini dan di akhirat kelak. Dan jika kalian menolak, tentu Alloh SWT  akan menentukan antara kalian dan aku."

Begitulah gambaran dari hal ini, dan merupakan fakta kuat kemaujudan duniawi. Berkenaan dengan hal ini, ada dua versi kisah tentang al-Syaikh Abdul Qodir al-Jilani RA. Versi pertama mengisahkan, bahwa suatu hari Iblis menghadapnya, memperkenalkan diri sebagai Malaikat Jibril, dan berkata bahwa ia membawa Buroq dari Alloh, yang mengundangnya untuj menghadap-Nya di langit tertinggi.

Sang Syaikh segera menjawab bahwa si pembicara tak lain adalah si Iblis, karena baik Jibril maupun Buroq takkan datang ke dunia bagi selain Nabi Suci Muhammad SAW. Syetan toh masih punya cara lain, katanya: "Baiklah ‘Abdul Qodir, engkau telah menyelamatkan diri dengan keluasan ilmumu." "Enyahlah…!, bentak sang wali." Jangan kau goda aku, bukan karena ilmuku, tapi karena rahmat Alloh-lah aku selamat dari perangkapmu".

Versi kedua mengisahkan, ketika sang Syaikh sedang berada di rimba belantara, tanpa makanan dan minuman, untuk waktu yang lama, awan menggumpal di angkasa, dan turunlah hujan. Sang Syaikh meredakan dahaganya. Muncullah sosok terang di cakrawala dan berseru: "Akulah Tuhanmu, kini Kuhalalkan bagimu segala yang haram." Sang Syaikh berucap: "Aku berlindung kepada Alloh SWT dari godaan syetan yang terkutuk." Sosok itu pun segera pergi berubah menjadi awan, dan terdengar berkata: "Dengan ilmumu dan rahmat Alloh, engkau selamat dari tipuanku."

Lalu syetan bertanya tentang kesigapan sang Syaikh dalam mengenalinya. Sang Syaikh menyahut bahwa pernxataannya menghalalkan segala yang haram-lah yang membuatnya tahu, sebab pernyataan semacam itu tentu bukan dari Alloh SWT.

Kedua versi ini benar, yang menyajikan dua peristiwa berlainan secara perlambang. Satu peristiwa dikaitkan dengan perjuangannya melawan kebanggaan akan ilmu. Yang lain dikaitkan dengan perjuangannya melawan kesulitan-kesulitan ekonomi, yang menghalangi seseorang dalam perjalanan ruhaniyyahnya.

Kesadaran akan kekuatan dan kecemasan akan kesenangan merupakan kelemahan terakhir yang mesti enyah dari benak seorang sholih. Dan setelah berhasil mengatasi dua musuh abadi ruhani inilah, maka orang layak menjadi pemimpin sejati manusia.

PANUTAN MASYARAKAT
Kini sang Syaikh telah lulus dari ujian-ujian tersebut. Maka semua tutur kata atau tegurannya, tak lagi berasal dari nalar, tetapi berasal dari ruhaninya.

Kala Beliau memperoleh ilham, sebagaimana yang Beliau sampaikan: Bahwa keyakinan Islami muslimin sudah mulai melemah. Sebagian muslimin sudah terlena dalam pemuasan jasmani, dan sebagian lagi puas dengan ritual-ritual dan upacara-upacara keagamaan. Semangat keagamaan tak dapat ditemui lagi.

Pada saat ini, Beliau RA mempunyai mimpi penting tentang masalah ini. Beliau melihat dalam mimpi itu, seolah-olah sedang menelusuri sebuah jalan di Baghdad, yang di situ seorang kurus kering sedang berbaring di sisi jalan, menyalaminya.

Ketika Beliau menjawab ucapan salamnya, orang itu memintanya untuk membantunya duduk. Begitu beliau membantunya, orang itu duduk dengan tegap, dan secara menakjubkan tubuhnya menjadi besar. Melihat sang Syaikh terperanjat, orang asing itu menentramkannya dengan kata-kata: " Akulah agama kakekmu, aku menjadi sakit dan sengsara, tetapi Alloh telah menyehatkanku kembali melalui bantuanmu."

Ini terjadi pada malam penampilannya di depan umum di masjid, dan menunjukkan karir mendatang sang wali. Kemudian masyarakat tercerahkan, menamainya dengan Muhyiddin, 'Yg Mengjidupkan/ pembangkit agama/keimanan', gelar yang kemudian dipandang sebagai bagian dari namanya yang termasyhur. Meski telah ia tinggalkan kesendiriannya (‘uzlah), ia tak jua berkhutbah di depan umum. Selama sebelas tahun berikutnya, ia bermukim di sebuah sudut kota, dan meneruskan praktek-praktek peribadatan, yang kian mempercerah ruhaniyah.

KEHIDUPAN RUMAH TANGGA
Menarik untuk dicatat, bahwa penampilannya di depan umum selaras dengan kehidupan perkawinannya. Sampai tahun 521 H, yakni pada usia kelima puluh satu, ia tak pernah berpikir tentang perkawinannya. Bahkan ia menganggapnya sebagai penghambat upaya ruhaniyyahnya. Tetapi, begitu beliau berhubungan dengan orang-orang, demi mematuhi perintah Rosululloh SAW dan mengikuti Sunnahnya, ia pun menikahi empat wanita, semuanya sholihat dan ta’at kepadanya. Beliau mempunyai 49 (empat puluh sembilan) anak; dengan rincian 20 (dua puluh) putra, dan yang lainnya adalah putri.

Empat putranya yang termasyhur akan kecendekiawanannya dan kepakarannya, antara lain:

Al-Syaikh Abdul Wahhab, putera tertua adalah seorang ‘alim besar, dan mengelola madrasah ayahnya pada tahun 543 H. Sesudah sang wali wafat, ia juga berkhutbah dan menyumbangkan buah pikirannya, berkenaan dengan masalah-masalah syari’at Islam. Ia juga memimpin sebuah kantor negara, dan demikian termasyhur.

Al-Syaikh ‘Isa, ia adalah seorang guru hadits dan seorang hakim besar. Dikenal juga sebagai seorang penyair. Ia adalah seorang khotib yang baik, dan juga Sufi. Ia mukim di Mesir, hingga akhir hayatnya.

Al-Syaikh Abdul Rozzaq. Ia adalah seorang ‘alim, sekaligus penghafal hadits. Sebagaimana ayahnya, ia terkenal taqwa. Ia mewarisi beberapa kecenderungan spiritual ayahnya, dan sedemikian masyhur di Baghdad, sebagaimana ayahnya.

Al-Syaikh Musa. Ia adalah seorang ‘alim terkenal. Ia hijrah ke Damaskus, hingga wafat.

Tujuh puluh delapan wacana sang wali sampai kepada kita melalui Syaikh ‘Isa. Dua wacana terakhir, yang memaparkan saat-saat terakhir sang wali, diriwayatkan oleh al-Syaikh Wahhab. Bahwa al-Syaikh Musa termaktub pada wacana ke tujuh puluh sembilan dan delapan puluh. Pada dua wacana terakhir nanti disebutkan, pembuatnya adalah al-Syaikh Abdul Rozzaq dan al-Syaikh Abdul Aziz, dua putra sang wali, dengan diimlakkan oleh sang wali pada saat-saat terakhirnya.


KESEHARIANNYA
Sebagaimana telah kita saksikan, sang wali bertabligh tiga kali dalam seminggu. Di samping bertabligh setiap hari, pada pagi dan malam hari, Beliau mengajar tentang Tafsir Al-Qur'an, Hadits, Ushul Fiqih, dan mata pelajaran lain. Sesudah Dzuhur, Beliau memberikan fatwa atas masalah-masalah hukum, yang diajukan kepadanya dari segenap penjuru dunia. Sore hari, sebelum sholat Maghrib, ia membagi-bagikan roti kepada fakir miskin. Sesudah sholat Maghrib, ia selalu makan malam, karena Beliau berpuasa sepanjang tahun. Sebalum berbuka, Beliau mempersilakan orang-orang yang butuh makanan di antara tetangga-tetangganya, untuk makan malam bersama. Sesudah sholat Isya', sebagaimana kebiasaan para wali, Beliau beristirahat di kamarnya, dan melakukan sebagian besar waktu malamnya dengan beribadah kepada Alloh SWT - suatu ‘amalan yang dianjurkan Al-Qur'an Suci. Sebagai pengikut sejati Nabi SAW, Beliau curahkan seluruh waktunya di siang hari, untuk mengabdi ummat manusia, dan sebagian besar waktu malam dihabiskan untuk mengabdi Penciptanya.

Pengaruh dan Karya
Waktunya banyak diisi dengan mengajar dan bertausiyyah. Hal ini membuat al-Syeikh(Beliau) tidak memiliki cukup waktu untuk menulis dan mengarang. Bahkan, bisa jadi beliau tidak begitu tertarik di bidang ini. Pada tiap disiplin ilmu, karya-karya Islam sudah tidak bisa dihitung lagi. Bahkan, sepertinya perpustakaan tidak butuh lagi diisi buku baru. Yang dibutuhkan masyarakat justru saran seorang yang bisa meluruskan yang bengkok dan membenahi kesalahan masyarakat saat itu. Inilah yang memanggil suara hati al-Syeikh. Ini pula yang menjelaskan pada kita mengapa tidak banyak karya yang ditulis al-Syeikh.

Memang ada banyak buku dan artikel yang diklaim sebagai tulisannya. Namun, yang disepakati sebagai karya al-Syeikh hanya ada tiga, yaitu:
1.    Al-Ghunyah li Tholibi Thoriq al-Haqq merupakan karyanya yang mengingatkan kita dengan karya monumental al-Ghozali, Ihya’ ‘Ulum al-Din. Karya ini jelas sekali terpengaruh, baik tema maupun gaya bahasanya, dengan karya al-Ghozali itu. Ini terlihat dengan penggabungan fikih, akhlak, dan prinsip suluk. Ia memulai dengan membincangkan aspek ibadah, dilanjutkan dengan etika Islam, etika do’a, keistimewaan hari dan bulan tertentu. Beliau kemudian membincangkan juga anjuran beribadah sunnah, lalu etika seorang pelajar, tawakal, dan akhlaq yang baik.
2.    Al-Fath al-Robbani wa al-Faydl al-Rohmani merupakan bentuk tertulis (transkripsi) dari kumpulan tausiyyah yang pernah disampaikan oleh Beliau. Tiap satu pertemuan menjadi satu tema. Semua pertemuan yang dibukukan ada 62 kali pertemuan. Pertemuan pertama pada 3 Syawal 545 H. Pertemuan terakhir pada hari Jumat, awal Rajab 546 H. Jumlah halamannya mencapai 90 halaman. Format buku ini mirip dengan format pengajian Beliau dalam berbagai majelisnya. Sebagiannya bahkan berisi jawaban atas persoalan yang muncul pada forum pengajian itu.
3.    Futuh al-Ghoyb merupakan kompilasi dari 78 artikel yang ditulis Beliau berkaitan dengan suluk, akhlaq, dan yang lain. Tema dan gaya bahasanya sama dengan al-Fath al-Robbani. Keseluruhan halamannya mencapai 212 halaman. Buku ini sendiri sebetulnya hanya 129 halaman. Sisa halamannya diisi dengan himpunan senandung pujian yang dinisbatkan pada Beliau. Dan Ibn Taymiyyah juga memuji buku ini.

Kesaksian ‘Ulama’
Al-Syekh Junaid al-Baghdadi RA, hidup 200 tahun sebelum kelahiran al-Syekh Abdul Qadir Al-Jilany RA. Namun, pada saat itu ia telah meramalkan akan kedatangan al-Syekh Abdul Qodir al-Jilani RA. Suatu ketika al-Syekh Junaid al-Baghdadi RA sedang bertafakur, tiba-tiba dalam keadaan antara sadar dan tidak, ia berkata: “Kakinya ada di atas pundakku…! Kakinya ada di atas pundakku…!”

Setelah ia tenang kembali, murid-muridnya menanyakan apa maksud ucapan beliau itu. Kata al-Syekh Junaid al-Baghdadi RA: "Aku diberitahukan bahwa kelak akan lahir seorang wali besar, namanya adalah Abdul Qodir yang bergelar Muhyiddin. Dan pada saatnya kelak, atas kehendak Alloh SWT, Beliau akan mengatakan:‘Kakiku ada di atas pundak para Wali."

Al-Syekh Abu Bakar ibn Hawara RA, juga hidup sebelum masa al-Syekh Abdul Qodir Al-Jilany RA. Ia adalah salah seorang ‘ulama’ terkemuka di Baghdad. Konon, saat ia sedang mengajar di majelisnya, ia berkata:

"Ada 8 pilar agama (autad) di Irak, mereka itu adalah; 1). Al-Syekh Ma'ruf al Karkhi RA; 2).Al-Imam Ahmad ibn Hanbal RA; 3). Al- Syekh Bisri al Hafi RA;  4). Al-Syekh Mansur ibn Amar RA; 5). Al-Syekh Junaid al-Baghdadi RA; 6). Al-Syekh Siri as-Saqoti RA; 7). Al-Syekh Abdulloh at-Tustari RA; dan 8). Al-Syekh Abdul Qodir Al-Jilani RA."

Ketika mendengar hal itu, seorang muridnya yang bernama al-Syekh Muhammad ash-Shanbaki bertanya, "Kami telah mendengar ke tujuh nama itu, tapi yang ke delapan kami belum mendengarnya. Siapakah Al-Syekh Abdul Qadir Al-Jilani itu?"

Maka al-Syekh Abu Bakar pun menjawab, "Abdul Qodir adalah sholihin yang tidak terlahir di Arab, tetapi di Jilan (Persia) dan akan menetap di Baghdad."

Quthub al-Irsyad Wa Ghoutsul ‘Ibad Wal Bilad Al-habib ‘Abdullah ibn Alawi al-Haddad RA (1044-1132 H), dalam kitabnya Risalatul Mu'awanah menjelaskan tentang tawakkal, dan beliau memilih Al-Syekh Abdul Qodir al-Jilani RA sebagai suri-teladannya.

Seorang yang benar-benar tawakkal mempunyai 3 tanda, yaitu: Pertama, ia tidak takut ataupun mengharapkan sesuatu kepada selain Alloh. Kedua, hatinya tetap tenang dan bening, baik di saat ia membutuhkan sesuatu atau pun di saat kebutuhannnya itu telah terpenuhi. Ketiga, hatinya tak pernah terganggu meskipun dalam situasi yang paling mengerikan sekalipun.

Suatu ketika beliau sedang berceramah di suatu majelis, tiba-tiba saja jatuh seekor ular berbisa yang sangat besar di atas tubuhnya sehingga membuat para hadirin menjadi panik. Ular itu membelit al-Syekh Abdul Qodir al-Jilany RA, lalu masuk ke lengan bajunya dan keluar lewat lengan baju yang lainnya. Sedangkan beliau tetap tenang dan tak gentar sedikit pun, bahkan beliau tak menghentikan ceramahnya. Ini membuktikan bahwa al-Syekh Abdul Qodir al-Jilani RA benar-benar seorang yang tawakkal dan memiliki karomah.

Ibnu Rajab juga berkata: "Al-Syekh Abdul Qodir Al-Jilani RA memiliki pendapat yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Alloh, taqdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al-Ghunyah Li Tholibi Thoriqil Haqq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghoib. Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang banyak berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, taqdir dan lainnya, ia berpegang pada sunnah. "

PEMIMPIN MADRASAH
Pada tahun 521 H/1127 M, Al-Syeikh Abdul Qoodir Al-Jilany RA  mengajar dan berfatwa dalam semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal masyarakat luas. Selama 25 tahun Al-Syeikh Abdul Qodir al-Jilani RA menghabiskan waktunya sebagai pengembara sufi di Padang Pasir Iraq dan akhirnya dikenal oleh dunia sebagai tokoh sufi besar dunia Islam. Selain itu dia memimpin madrasah dan ribath di Baghdad yang didirikan sejak 521 H sampai wafatnya di tahun 561 H. Madrasah itu tetap bertahan dengan dipimpin putranya Al-Syeikh Abdul Wahhab (552-593 H/1151-1196 M), diteruskan putranya Al-Syeikh Abdul Salam (611 H/1214 M). Juga dipimpin putra kedua Al-Syeikh Abdul Qodir al-Jilani, Al-Syeikh Abdul Rozzaq (528-603 H/1134-1206 M), sampai hancurnya Baghdad pada tahun 656 H/1258 M.
Al-Syeikh Abdul Qodir al-Jilani juga dikenal sebagai pendiri sekaligus penyebar salah satu thoriqot terbesar di dunia bernama Thoriqot Qodiriyyah. Awal Kemasyhuran Al-Jaba’i berkata bahwa al-Syaikh Abdul Qodir Al-Jilani RA juga berkata kepadanya: “tidur dan bangunku sudah diatur. Pada suatu saat, dalam dadaku timbul keinginan yang kuat untuk berbicara. Begitu kuatnya sampai aku merasa tercekik jika tidak berbicara. Dan ketika berbicara, aku tidak dapat menghentikannya. Pada saat itu ada dua atau tiga orang yang mendengarkan perkataanku. Kemudian mereka mengabarkan apa yang aku ucapkan kepada orang-orang, dan merekapun berduyun-duyun mendatangiku di masjid Bab Al-Halbah. Karena tidak memungkinkan lagi, aku dipindahkan ke tengah kota dan dikelilingi dengan lampu. Orang-orang tetap datang di malam hari dan memakai lilin dan obor dan memenuhi tempat tersebut. Kemudian aku dibawa keluar kota dan ditempatkan di sebuah mushalla. Namun orang-orang tetap datang kepadaku, dengan mengendarai kuda, unta bahkan keledai dan menempati tempat disekelilingku. Saat itu hadir sekitar 70 orang para wali RadhiAllohu ‘anhum.
Kemudian Al-Syaikh Abdul Qodir Al-Jilany RA melanjutkan, “Aku melihat Rasululloh SAW sebelum dzuhur, beliau berkata kepadaku, ’anakku, mengapa engkau tidak berbicara ?’. ’Ayahku, bagaimana aku yang non arab ini berbicara di depan orang-orang fasih dari Baghdad?’. Beliau berkata, ’buka mulutmu’, lalu beliau meniup 7 kali ke dalam mulutku kemudian berkata, ”bicaralah dan ajak mereka ke jalan Alloh dengan hikmah dan peringatan yang baik”. Setelah itu aku shalat dzuhur dan duduk dan mendapati jumlah yang sangat luar biasa banyaknya sehingga membuatku gemetar. Kemudian aku melihat Sayyidina Ali KRW datang dan berkata, ’buka mulutmu’. Beliau lalau meniup 6 kali kedalam mulutku dan ketika aku bertanya kepadanya mengapa beliau tidak meniup 7 kali seperti yang dilakukan Rasululloh SAW, beliau menjawab bahwa beliau melakukan itu karena rasa hormat beliau kepada RasuluLloh SAW. Kemudian aku berkata, ’Pikiran, sang penyelam, mencari mutiara ma’rifah dengan menyelami laut hati, mencampakkannya ke pantai dada , dilelang oleh lidah sang calo, kemudian dibeli dengan permata keta’atan dalam rumah yang diizinkan Alloh untuk diangkat’”.

Dalam beberapa manuskrip disebutkan bahwa Al-Syaikh Abdul Qodir Al-Jilani RA berkata, ”Sebuah suara berkata kepadaku saat aku berada di pengasingan diri, ‘kembali ke Baghdad dan ceramahilah orang-orang’. Akupun masuk Baghdad dan menemukan para penduduknya dalam kondisi yang tidak aku sukai dan karena itulah aku tidak jadi mengikuti mereka’. ‘sesungguhnya’ kata suara tersebut ,’mereka akan mendapatkan manfaat dari keberadaan dirimu’.
‘Apa hubungan mereka dengan keselamatan agamaku / keyakinanku’ tanyaku.
‘Kembali (ke Baghdad) dan engkau akan mendapatkan keselamatan agamamu’ jawab suara itu.
Akupun menbuat 70 perjanjian dengan Alloh. Diantaranya adalah tidak ada seorangpun yang menentangku dan tidak ada seorang muridku yang meninggal kecuali dalam keadaan bertaubat. Setelah itu, aku kembali ke Baghdad dan mulai berceramah. Suatu ketika saat aku berceramah , aku melihat sebuah cahaya terang benderang mendatangi aku. ‘Apa ini dan ada apa?’tanyaku. ‘Rasululloh SAW akan datang menemuimu untuk memberikan selamat’ jawab sebuah suara. Sinar tersebut makin membesar dan aku mulai masuk dalam kondisi spiritual yang membuatku setengah sadar. Lalu aku melihat RasuLulloh SAW di depan mimbar, mengambang di udara dan memanggilku, ’wahai Abdul Qodir’. Begitu gembiranya aku dengan kedatangan RasuluLloh SAW , aku melangkah naik ke udara menghampirinya. Beliau meniup ke dalam mulutku 7 kali. Kemudian Sayyidina Ali KRW datang dan meniup ke dalam mulutku 3 kali. ’mengapa engkau tidak melakukan seperti yang dilakukan RasuluLloh SAW?’ tanyaku kepadanya. ‘sebagai rasa hormatku kepada Rasululloh SAW‘ jawab beliau.
RasuluLloh SAW kemudian memakaikan jubah kehormatan kepadaku. ‘apa ini ?’ tanyaku. ‘ini’ jawab Rasululloh, ’adalah jubah kewalianmu dan dikhususkan kepada orang-orang yang mendapat derajad Quthub dalam jenjang kewalian’. Setelah itu , akupun tercerahkan dan mulai berceramah.
Saat Nabi Khidir as. Datang hendak mengujiku dengan ujian yang diberikan kepada para wali sebelumku, Alloh membukakan rahasianya dan apa yang akan di katakannya kepadaku. Aku berkata kepadanya, ”Wahai Khidir, apabila engkau berkata kepadaku ’Engkau tidak akan sabar kepadaku’, maka aku akan berkata kepadamu ‘Engkau tidak akan sabar kepadaku’. Wahai Khidir, Engkau termasuk golongan Israel sedangkan aku termasuk golongan Muhammad, maka inilah aku dan engkau. Aku dan engkau seperti sebuah bola dan lapangan, yang ini Muhammad dan yang ini Ar-Rohman, ini kuda berpelana, busur terentang dan pedang terhunus.” Al-Khottab pelayan al-Syaikh Abdul Qodir  Al-Jilany RA meriwayatkan bahwa suatu hari ketika beliau sedang berceramah tiba-tiba beliau berjalan naik ke udara dan berkata, “Hai orang Israel, dengarkan apa yang dikatakan oleh kaum Muhammad” lalu kembali ke tempatnya. Saat ditanya mengenai hal tersebut beliau menjawab, ”Tadi Abul ‘Abbas Al-Khidir as lewat, maka akupun berbicara kepadanya seperti yang kalian dengar tadi dan ia berhenti”.
Al- Syaikh Abdul Qodir Al-Jillany RA berkata,” seorang Syaikh tidak dapat dikatakan mencapai puncak spiritual kecuali apabila 12 karakter berikut ini telah mendarah daging dalam dirinya yaitu :
Dua karakter dari Alloh yaitu dia menjadi seorang yang Sattar (menutup aib) dan Ghoffar (Maha pemaaf).
Dua karakter dari RasuluLloh SAW yaitu penyayang dan lembut
Dua karakter dari Sayyidina Abu Bakar Al-Shiddiq RA yaitu jujur dan dapat dipercaya.
Dua karakter dari Sayyidina  ‘Umar Ibnul Khottohb RA  yaitu amar ma’ruf nahi munkar
Dua karakter dari Sayyidina ‘Utsman Bin ‘Affan RA yaitu dermawan dan bangun (tahajjud) pada waktu orang lain sedang tidur.
Dua karakter dari Sayyidina ‘Ali Bin Abi Tholib KRW yaitu ‘aalim (cerdas/intelek) dan pemberani.
Masih berkenaan dengan pembicaraan di atas dalam bait syair yang dinisbatkan kepada beliau dikatakan :
Bila lima perkara tidak terdapat dalam diri seorang syaikh maka ia adalah Dajjal yang mengajak kepada kesesatan. Dia harus sangat mengetahui hukum-hukum syari’at dzohir, mencari ilmu haqiqoh dari sumbernya, hormat dan ramah kepada tamu, lemah lembut kepada si miskin, mengawasi para muridnya sedang ia selalu merasa diawasi oleh Alloh SWT.
Al-Syaikh Abdul Qodir Al-Jilany RA juga menyatakan bahwa al-Syaikh Al-Junaid mengajarkan standar Al-Qur’an dan Sunnah kepada kita untuk menilai seorang Syaikh. Apabila ia tidak hapal Al-Qur’an, tidak menulis dan menghapal Hadits, maka dia tidak pantas untuk diikuti.

Wafat
Al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani RA wafat setelah menderita sakit ringan dalam waktu tidak lama. Bahkan, ada yang mengatakan, bahwa Al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani RA sakit hanya sehari—semalam. Beliau wafat pada malam Sabtu, 10 Rabiul Awal 561 H. Saat itu usianya sudah menginjak 90 tahun. Sepanjang usianya dihabiskan untuk berbuat baik, mengajar, dan bertausiyyah.

Konon, ketika hendak menemui ajal, putranya yang bernama: Al-Syeikh ‘Abdul Wahhab memintanya untuk berwasiat. Berikut isi wasiat itu:

“Bertaqwalah kepada Alloh SWT. Ta’ati Tuhanmu. Jangan takut dan jangan berharap kepada selain Alloh SWT. Serahkan semua kebutuhanmu kepada Alloh Azza wa Jalla. Cari semua yang kamu butuhkan kepada Alloh SWT. Jangan terlalu percaya kepada selain Alloh. Bergantunglah hanya kepada Alloh SWT. Bertauhidlah…! Bertauhidlah..! Bertauhidlah…! Semua itu ada pada tauhid...!!!!”

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Sesungguhnya Sayyidina Ali Bin Abi Tholib KRW  Bertanya kepada RasuluLloh SAW, ‘Yaa Rasulalloh, jalan manakah yang terdekat untuk sampai kepada Alloh, paling mudah bagi hambanya dan paling afdlol di sisi-Nya. RasuluLloh bersabda: ’Ali, hendaknya jangan putus berzikir (mengingat) kepada Alloh dalam kholwat. Kemudian Sayyidina Ali KRW Kembali berkata : ‘Hanya demikiankah fadlilah dzikir, sedangkan semua orang berzikir’. RasuluLloh bersabda:Tidak hanya itu wahai Ali, kiamat tidak akan terjadi di muka bumi ini selama masih ada orang yang mengucapkan “Alloh” “Alloh”. ‘Bagaimana aku berdzikir?’. Tanya Ali. RasuluLloh bersabda, ’dengarkan apa yang aku ucapkan. Aku akan mengucapkannya sebanyak tiga kali dan aku akan mendengarkan engkau mengulanginya sebanyak tiga kali pula’. Lalu RasuluLloh SAW bersabda: “Laa ilaaha illalloh” sebanyak tiga kali dengan mata terpejam dan suara keras. Ucapan tersebut diulang oleh Sayyidina Ali dengan cara yang sama sebagaiamna yang dilakukan RasuluLloh SAW. Inilah asal talqin kalimat Laa ilaaha Illalloh. Semoga Alloh memberikan taufiknya kepada kita dengan kalimat tersebut”. Amiin.
Al-Syaikh Abdul Qodir Al-Jilany RA berkata, ”Kalimat tauhid akan sulit hadir pada seorang individu yang belum ditalqin dengan dzikir bersilsilah kepada RosulluLloh oleh Mursyidnya pada saat menghadapi sakaratul maut”.
Karena itulah al-Syaikh Abdul Qodir al-Jilany RA selalu mengulang-ulang sya’ir yang berbunyi : Wahai yang enak diulang dan diucapkan (kalimat tauhid) jangan engkau lupakan aku saat perpisahan (maut).
Demikian sekelumit manaqib Al-Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani RA, semoga membawa barokah, manfa,at, dan Ridho allah SWT, syafa’at Rosululloh serta karomah Auliyaillah khushushon Al-Syekh Abdul Qodir Al-Jilani  RA selalu terlimpahkan kepada kita, keluarga dan anak cucu kita semua Dunia – Akhirat. Dan Semoga kita beserta para leluhur, anak cucu, para sahabat dan para murid kita berserta semua ummat Sayyiidina Muhammad wal Muslimin  senantiasa diberi panjang ‘umur fissihhah wal ‘afiyah wa ‘alal barokah wa husnul khotimah dan selalu dapat menjalankan thoriqot beliau dan senantiasa mendapat barokat, nafahat, rohamat, asror, amdad, ‘ulum, mustajab da’awat, fuyudlot, istiqomat, karomat dan ridlo Beliau beserta ridlo Alloh SWT Wa Rosulihi SAW dan dipungkasi hayat kita dengan husnul khotimah Bi Qouli La Ilaha Illalloh Sayyiduna Muhammad Rosululloh SAW, Amiiin Bijahi Sayyidina Wa Habibina wa Syafi’ina Wa qurroti a’yunina Muhammad Al-Shodiqil Amin…!!!!!
اللهم انفعنا من بركاته وان تَرْزُقنا محبته وادخلنا في سلسلته
يوم لا ينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم

Diambil dari berbagai sumber
======================
بسم الله الرحمن الرحيم
الفاتحة بالنية لرضاء الله تعالى ولرضاء رسول الله صلى الله عليه وسلم الفاتحة ...
الفاتحة الى حضرة النبي المصطفى محمد صلى الله عليه وسلم واهل بيته وازواجه واولاده وذرياته واله وجميع اخوانه من الانبياء والمرسلين واولي العزم من الرسل وجميع الملائكة المقربين صلوات الله وسلامه عليهم اجمعين, ثم الى جميع اصحابه وخصوصا أهل بدر واهل احد واهل بيعة الرضوان من المهاجرين والانصار وجميع الخلفاء الراشدين سيدنا ابي بكر الصديق وسيدنا عمر ابن الخطاب وسيدنا عثمان ابن عفان وسيدنا علي ابن ابي طالب وسيدتنا فاطمة الزهراء البتول بنت سيدنا الرسول وسيدنا الحسن والحسين وجميع اصحاب النبي صلى الله عليه وسلم والتابعين لهم باحسان الى يوم الدين وجميع العلماء والاولياء اينما كانوا من مشارق الارض الى مغاربها برها وبحرها وخصوصا سيدنا الخضر بلياابن ملكان والياس رضي الله تعالى عنهم اجمعين وجميع الاولياء والعلماء والامراء في بلدنا وفي سائر بلاد المسلمين وجميع اهل القبور من المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات خصوصا حضرة خيرالتابعين بشهادة سيد  المرسلين ابي عامر اويس القرني وسيدي الشيخ الحسن البصري وسيدي الشيخ علي زين العابدين بن الحسين وسيدي الشيخ محمد الباقر بن علي زين العابدين وسيدتي رابعة العدوية وسيدي الشيخ جعفر الصادق بن محمد الباقر وسيدي الشيخ الامام ابي حنيفة نعمان بن ثابت وسيدي الشيخ ابراهيم بن أدهم وسيدي الشيخ علي العريضي بن جعفر الصادق وسيدي الشيخ موسى الكاظم بن جعفر الصادق وسيدي الشيخ الامام مالك بن انس وسيدي الشيخ علي الرضا بن موسى الكاظم وسيدي الشيخ محمد الجواد بن علي الرضا وسيدي الشيخ معروف بن فيروز الكرخي وسيدي الشيخ الامام محمد بن ادريس الشافعي وحبابة نفيسة الطاهرة بنت الحسن الانوار وسيدي الشيخ السري بن المغلس السقطي وسيدي الشيخ الامام احمد بن حنبل وسيدي الشيخ الامام ابي عبدالله محمد بن اسماعيل البخاري وسيدي الشيخ الامام مسلم بن حجاج النيسابوري وسيدي الشيخ سلطان العارفين القطب الغوث ابي يزيد طيفور بن عيسى البسطامي وسيدي الشيخ ابي سعيد احمد بن عيسى الخراز وسيدي الشيخ سهل بن عبدالله التستري وسيدي الشيخ ابي القاسم الجنيد البغدادي وسيدي الشيخ الحسين بن المنصور الحلاج وسيدي الشيخ ابي بكر الشبلي وسيدي الشيخ ابي منصور الماتريدي وسيدي الشيخ ابي الحسن الاشعري  وسيدي الشيخ ابي اسحاق ابراهيم بن شهربار الكازروني وسيدي الشيخ عبدالكريم بن هوازن القشيري وسيدي الشيخ امام الحرمين عبدالملك بن عبدالله الجويني وسيدي الشيخ المهاجرالى الله احمد بن عيسى وسيدي الشيخ علوي بن عبدالله بن احمد المهاجر وسيدي الشيخ حجة الاسلام الامام ابي حامد محمدالغزالي وسيدي الشيخ علي خالع قسم وسيدي الشيخ محمد صاحب مرباط  وسيدي الشيخ عدي بن مسافر وسيدي الشيخ يحي بن ابي الخير العمراني اليمني  وسيدي الشيخ سلطان الاولياء القطب الرباني الشيخ عبدالقادر الجيلاني  وسيدي الشيخ القطب الغوث احمد الرفاعي وسيدي الشيخ ابي يعزّى المغربي  وسيدي الشيخ الغوث الافخر ابي مدين شعيب المغربي وسيدي الشيخ حياة بن قيس الحراني  وسيدي الشيخ عقيل المَنْبِجي الطيّار وسيدي الشيخ الامام يحي وسيدي الشيخ علوي عمّ الفقيه  وسيدي الشيخ سلطان الاولياء خَواجَهْ عبدالخالق الغُجْدُواني  وسيدي الشيخ احمد نجم الدين الكبرى وسيدي الشيخ القطب الغوث عبدالسلام بن مشيش  وسيدي الشيخ شهاب الدين عمر السُهْرَوردي  وسيدي الشيخ محمد بن احمد قاضي الخلوتي وسيدي الشيخ معين الدين حسن جِسْتي  وسيدي الشيخ سلطان العارفين محمد بن علي الخاتمي المشهور بالشيخ الاكبر محي الدين ابن العربي  وسيدي الشيخ سلطان الاولياء القطب العوث ابي الحسن علي الشاذَلي الحسني  وسيدي الشيخ السيد بدر بن محمد الحسيني القدسي وسيدي الشيخ الاستاذ الاعظم الفقيه المقدَّم محمد بن علي باعلوي  وسيدي الشيخ القطب الغوث احمد البَدَوي  وسيدي الشيخ القطب الغوث ابراهيم الدسوقي وسيدي الشيخ سعيد بن عيسى العَمودي  وسيدي الشيخ الامام يحي بن شَرَف النووي وسيدي الشيخ قطب الاقطاب ابي العباس احمد المُرْسي  وسيدي الشيخ عبدالله بن محمد باعبَّاد الحضرمي  وسيدي الشيخ ياقوت العرش الشاذلي  وسيدي الشيخ تاج الدين احمد ابن عطاء الله السكندري  وسيدي الشيخ ابي العباس احمد بن علي البُوني  وسيدي الشيخ محمد وفا  وسيدي الشيخ علي بن محمد وفا  وسيدي الشيخ سعدالدين الجباوي وسيدي الشيخ بدرالدين العادلي   والى حضرة سيدي الشيخ الحبيب محمد مولى الدويلة  وسيدي الشيخ الحبيب علوي بن محمد مولى الدويلة  وسيدي الشيخ الحبيب علي العَنَّاز بن علوي وسيدي الشيخ الحبيب حسن بن علي العناز  وسيدي الشيخ محمد بابا السماسي وسيدي الشيخ السيد امير كلال  وسيدي الشيخ سلطان الاولياء محمد بهاءالدين النقشبندي وسيدي الشيخ يوسف العجمي الكوراني  وسيدي الشيخ الحبيب عبدالرحمن السقاف وسيدي الشيخ الحبيب ابي بكر السكران وسيدي الشيخ الحبيب عمر المحضار وسيدي الشيخ القطب الغوث شمس الدين محمد الحنفي وسيدي الشيخ القطب الغوث عبدالله الاحرار السمرقندي وسيدي الشيخ الحبيب عبدالله العيدروس وسيدي الشيخ محمد بن سليمان الجزولي الشاذلي  وسيدي الشيخ عبدالله الشطاري وسيدي الشيخ احمد زَرُّوق الفاسي وسيدي الشيخ جلال الدين عبدالرحمن السيوطي وسيدي الشيخ الحبيب ابي بكر العدني  وسيدي الشيخ الامام يحي بن حسن بن علي العناز وسيدي الشيخ الحبيب احمد بن يحي  وسيدي الشيخ الحبيب شيخ بن احمد بن يحي وسيدي الشيخ القطب الغوث ابي الحسن محمد البكري  وسيدي الشيخ القطب الغوث محمد شمس الدين بن ابي الحسن البكري الكبير  وسيدي الشيخ مولانا جلال الدين الرومي وسيدي الشيخ امام الاولياء ابراهيم المتبولي  وسيدي الشيخ قاضي القضاة زكريا الانصاري  وسيدي الشيخ علي الخواص وسيدي الشيخ شهاب الدين احمد بن حمزة الرملي  وسيدي الشيخ شهاب الدين احمد ابن حجرالهيتمي  وسيدي الشيخ القطب الرباني عبدالوهاب الشعراني وسيدي الشيخ الحبيب ابي بكر بن سالم  وسيدي الشيخ نعمة الله ولي بن عبدالله الكرماني وسيدي الشيخ احمد الفاروقي السرهندي  وسيدي الشيخ محمد معصوم بن احمد الفاروقي وسيدي الشيخ احمد بن محمد القشاشي  وسيدي الشيخ مصطفى بن كريم الدين البكري وسيدي الشيخ احمد الدردير المالكي الخلوتي المصري  وسيدي الشيخ القطب الجامع محمد بن عبدالكريم السمّاني وسيدي الشيخ محمد بن علي السنوسي وسيدي الشيخ القطب الغوث عبد الغني النَّابُلُسي  وسيدي الشيخ عبدالله بن ابراهيم المحجوب المِيرْغَني  وسيدي الشيخ ختم الاولياء القطب المكتوم ابي العباس احمد التِّجاني وسيدي الشيخ ابي المعاري العربي الدرقاوي  وسيدي الشيخ احمد بن محمد الصاوي الخلوتي صاحب حاشية تفسيرالجلالين  وسيدي الشيخ مولانا خالد العثماني وسيدي الشيخ احمد بن ادريس  وسيدي الشيخ محمد عثمان ال؅يرغني وسيدي الشيخ محمد حقي النازلي  وسيدي الشيخ احمد خطيب السمباسي والحبيب حسين بن الشيخ ابي بكر بن سالم واخوانه  الامام احمد والامام عمرالمحضار والامام عقيل والحبيب احمد بن محمد الحبشي صاحب الشعب والسيد محمد القاضي زين العابدين باعلوي والحبيب عبدالله بن سالم ال مولى حيلة  سيدي الشيخ يوسف بن عبيد الحسني  وسيدي عبدالله بن عبدالرحمن باغريب والحبيب عمر بن عبدالرحمن العطاس والشيخ علي بن عبدالله باراس والحبيب عبدالله بن شيخ العيدروس والامام زين العابدين العيدروس والامام عبدالقادر العيدروس  والامام محمد القاضي بن طه بن يحي والامام عيدروس بن محمد بن حسن بن يحي والامام سالم بن يحي صاحب القوم والامام علوي بن احمد بن يحي والامام المُعَمَّرالقطب الغوث مُشَيَّخْ بن احمد بن يحي  والامام عبدالرحمن بن عقيل  والامام عقيل البدوي بن احمد بن يحي والامام شيخ بن عبدالرحمن الفقيه بن عقيل البدوي بن احمد بن يحي والامام عبدالله بن علي باحسين السقاف والحبيب عبدالله بن عمر السقاف والحبيب طه بن محمد السقاف والحبيب محمد بن طه السقاف الصافي والحبيب عبدالله بن علوي الحداد والحبيب طاهر بن محمد بن هاشم باعلوي والحبيب احمد بن زين الحبشي والحبيب احمد بن عمر الهندوان والحبيب علي بن حسن العطاس والحبيب جعفر الصادق الحبشي والحبيب عيسى الحبشي والحبيب علوي بن هاشم الحبشي  والحبيب عبدالرحمن بن عبدالله بلفقيه والحبيب ابوبكر بن عبدالله الجفري والحبيب عبدالرحمن بن مصطفى العيدروس والى حضرة الحبيب عقيل بن شيخ بن يحي والحبيب عمر بن عقيل بن يحي المدني والحبيب عمر بن طه بن محمد بن يحي  والحبيب قطب الدين عبدالرحمن بن محمد بن يحي والامام علوي بن طه بن يحي والحبيب عبدالله بن عمر بن طه بن يحي وقطب الحبيب عمر بن طه بن يحي والحبيب حسين بن طاهر بن محمد بن هاشم باعلوي والحبيب عمر بن زين بن سميط والحبيب محمد بن زين بن سميط والحبيب عبدالرحمن مولى عَرْشَهْ الجفري والحبيب احمد بن عمر بن سميط والحبيب حسن بن صالح البحر الجفري والحبيب عمر بن سقاف السقاف والحبيب علوي بن عبدالله بن علوي الحداد والحبيب حسن بن علوي الحداد والحبيب طاهر بن عمر الحداد والحبيب حامد بن علي الحداد فلمباغ والحبيب عمر بن علوي بن محمد الحداد والحبيب حامد بن عمر حامد والحبيب طاهر بن حسين بن طاهر باعلوي والحبيب محمد بن جعفر العطاس والحبيب هادون بن هود العطاس والحبيب عبدالله بن حسين بن طاهر باعلوي والحبيب عبدالله بن حسين بلفقيه والحبيب عبدالله بن علي بن شهاب والحبيب عبدالله بن ابي بكر مولى بطحاء باعلوي والحبيب عبدالله بن عمر بن يحي والشيخ عبدالله بن احمد باسَودان والشيخ عبدالله بن سعد بن سُمَير الحضرمي والشيخ عبدالله بن عمر باراس والشيخ عبدالله بن علي العمودي والشيخ احمد بن محمد الخطيب والشيخ محمد بن احمد الخطيب  والشيخ علي بامروان والحبيب طه بن محمد القاضي بن طه بن يحي والامام علي الشهيد بن محمد القاضي بن يحي والحبيب صالح بن عبدالله العطاس صاحب وادي عمد والحبيب صالح بن عبدالله الحامد صاحب وادي عمد والحبيب عبدالله بن شيخ بافقيه مليبار والحبيب شيخ الجفري صاحب مليبار والحبيب محمد بن حسين بافقيه والحبيب احمد بن عبدالله بن شيخ بافقيه والحبيب شيخ بن عبدالله بافقيه باعلوي صاحب شحر والشيخ عبدالله بن سالم باوزير والشيخ معروف باجمل والشيخ عمر بامخرمة والشيخ عبدالله اليافعي والحبيب عيدروس بن عمر بن عيدروس الحبشي والحبيب محمد بن حسين الحبشي والى حضرة الحبيب فاضل بن علوي مولى حيلة والحبيب علوي الشهير بسلطان الاولياء مولى حيلة والحبيب عقيل بن عمر بن يحي والحبيب علوي بن احمد جمل الليل والحبيب احمد بن علوي جمل الليل والحبيب عبدالله بن سالم بصري المكي السقاف والحبيب امام المحقق احمد بن عمر بن يحي والامام ابي بكر بن عبدالله بن طالب العطاس والحبيب عبدالله بن علوي العطاس والحبيب احمد بن حسن العطاس والحبيب عبدالبار العيدروس والحبيب جعفر العيدروس والحبيب علي بن محمد بن حسين الحبشي والحبيب احمد الهدار صاحب مُكَلاَّ والحبيب محمد بن هادي الهدار والحبيب محمد بن هادي السقاف والحبيب ابراهيم بلفقيه والحبيب عقيل بن عبدالله بن عمر بن يحي وقطب الحبيب عمر بن عبدالله بن عمر بن يحي وقطب الحبيب عقيل بن عبدالله بن عمر بن يحي والحبيب محمد بن عقيل العطاس والحبيب عبد بن حسن العطاس والحبيب عبدالله بن عقيل بن يحي صاحب مكة والحبيب اسحاق الشهيد بن عقيل بن عمر بن يحي و سيدي الشيخ سلطان الاولياء محمد بهاءالدين النقشبندي و  سيدي الشيخ حجة الاسلام الامام ابي حامد محمدالغزالي وسيدي الشيخ سلطان الاولياء القطب الرباني الشيخ عبدالقادر الجيلاني و  سيدي الشيخ القطب الغوث عبدالسلام بن مشيش و  سيدي الحبيب الامام الشيخ سلطان الاولياء القطب العوث ابي الحسن علي الشاذَلي الحسني وسيدي الشيخ قطب الاقطاب ابي العباس احمد المُرْسي  واصولهم وفروعهم وازواجهم ومشايخهم ومريديهم ومحبيهم  الفاتحة ...
 اللهم انفعنا من بركاتهم وان تَرْزُقنا محبتهم وادخلنا في سلسلتهم
يوم لا ينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم 

Disarikan Oleh Pecinta Beliau Dan Thoriqohnya:
Sulthonul Awliya' Al-Haikal  Al-Shomadany Wal-Haikal al-Nurony  Al-Quthbu Wal-Ghouts Al-A'dzom Sayyiduna Asy-Syeikh Al- Imam Al–Quthb Al-Ghouts 
‘Abdul Qodir Al-Jilany Al-Hasany Rodiyallohu ‘Anhu (RA)




Abdul Hamid Mudjib Hamid Al-Ishaqy ‘Azmatkhan
 Min Dzurriyyah Al-Syeikh Ahmad Al-Hajar Al-Ishaqy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar