ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Kamis, 18 April 2013

Kiai Warsun Munawwir Meninggal Dunia

============
Nasional 
---------
Kiai Warsun Munawwir Meninggal Dunia
==========================
Kamis, 18/04/2013 10:33
Pesantren Krapyak


sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,43846-lang,id-c,nasional-t,Kiai+Warsun+Munawwir+Meninggal+Dunia-.phpx
======================
اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ
============
Maha Guru Bahasa Surga (Bahasa 'Arab) Bangsa itu telah berpulang ke rohmatulloh menuju surga-Nya sebagai tempat Beliau yang sangat pantas dan layak selamanya
==========
Krapyak Yogyakarta Berduka Cita Dan Menangis bahkan "Seantero 'Alam" , Hari Rabu,18 April 2013. KH. Ahmad Warson Moenawwir, Penyusun kamus Bahasa Arab -Indonesia “Al-Munawwir” yang masyhur itu berpulang pada usia 79 tahun. Al-Marhum wafat pada Kamis Pahing, 7 Jumadil Akhir 1434 H/18 April 2013 M tepat 3 hari sebelum peringatan haul ke-74 KH. M. Moenawwir (Ahahanda Beliau) yang diadakan Ahad, 21 April 2013. Kondisi suami dari NY. Hj. Husnul Khotimah ini sebelumnya sudah sering sakit-sakitan karena faktor usia. Beliau lahir pada Jum’at Pon, jam 00.30, tanggal 22 Sya’ban tahun Wawu (1865) 30 Nopember 1934/20 Sya’ban 1353 H

Berita wafatnya Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson, mulai tersebar sejak pukul 06.00 pagi tadi. Berdasarkan informasi yang diterima, bahawa selepas shubuh tadi(Rabu,18 April 2013) al-Marhum sempat dibawa ke rumah sakit. Namun Alloh SWT berkehendak, Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson menghembuskan nafas terakhir dalam perjalanan menuju rumah sakit

Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad WarsonKyai Warsun meniggalkan 1 istri dan 2 orang putra, serta 4 orang cucu. Jenazah akan dimakamkan di makam Dongkelan berdampingan dengan keluarga Pondok Pesantren Al-Munawwir yang lain pada Kamis, 18 April 2013, pukul 16.00 wib. Selamat jalan Maha Guru Bahasa 'Arab kami sebagai Bahasa Surga, sebab Lughotu Ahlil Jannah adalah Bahasa 'Arab, bahkan buah karya Pabjenengan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson, akan terus hidup sebagai amal jariyah yang tiada putus pahalanya yang selalu setia akan mendampingi Panjenengan
Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson

Dalem(saya) santri dan murid Panjenengan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson bersaksi dengan setulus hati hati dan sebenarnya bahwa Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson adalah seorang 'Ulama' yang Ahli 'Ilmu dan mengamalkan 'Ilmunya yang sangat tulus dan ikhlas dengan tanpa pamrih dalam melanjutkan misi-misi kenabian (Risalah Nubuwwah) sebagaimana disampaikan oleh Al-Imam Al-Ghozali bahwa Asyrofus Shina'at Ba'dannubuwwah Al-Ta'lim (Pekerjaan/Perbuatan paling mulya setelah kenabian adalah mengajar/mendidik)
Dalem(saya) juga bersaksi dengan sesungguhnya bahwa Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson adalah termasuk Maha Guru Bahasa Surga(Bahasa 'Arab) dalem fiddini waddun-ya wal-akhiroh. dalem mengaji di hadapan Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson selama 4(Empat) tahun lamanya, yang dimulai dari Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson mengajar kami hanya berempat gelintir, kadang lima, terkadang enam dan terkadang hanya tujuh santri/murid di kursi ruang tamu Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson. Hal mana Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson tetap istigomah mengajar, mendidik dan membimbing dalem dan sahabat dalem yang hanya segelintir itu dengan ikhlas, tekun, ajeg, sabar dan sangat tulus tanpa pamrih kecuali karena Alloh SAW dan Rosul-Nya SAW. Apalah artinya dalem dan sahabat-sahabat dalem yang hanya segelintir itu dibanding kebesaran Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson, hingga terus istiqomah dan sempat, tekun, ajeg dan sabar dalam mengajar dalem dan sahabat-shabat dalem, hingga akhirnya tambah dan bertambah hingga akhirnya ratusan jumlahnya yang megaji kepada Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson. Ini pertanda bahwa Ilmu
Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson penuh barokah dan kemanfa'atan bagi ummat dan alam semesta ini fiddini waddun-ya wal-akhiroh.

Dalem sangat merindukan bersalaman dengan Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson setiap selesai mengaji dengan dalem cium asto(telapak tangan) Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson bolak balik. rasanya terus membekas hingga kini dan selamanya hal ini dalem rasakan Ya Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson. Dharma bhakti yang tulus dari Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson, semoga dalem bisa melanjutkan dan men-suri-tauladani serta mencontohnya selamanya, termasuk untuk anak cucu, dzurriyyah dan murid-murid dalem.

Kendatipun dalem jauh di ada di Wilayah Jawa Timur, tapi Al-fatihah dalem dan do'a-do'a dalem setiap waktu dan setiap hari tiada pernah dalem tinggalkan dan lupakan, semoga hal ini dapat terus dalem jalankan dan dalem terus mengharpkan bimbingan Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson kendatipun
Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson telah berpulang ke Rohmatulloh menuju surga-Nya sebagai tempat Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson.

Dalem simpan terus dan pakai selalu KAMUS AL-MUNAWWIR yang Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson berikan kepada dalem dengan asto(tangan) Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson seraya diiringi do'a ketika itu dengan do'a: "MUBAROK, MUBAROK, MUBAROK", lalu dalem terima KAMUS AL-MUNAWWIR yang Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson dengan kedua tangan dalem dengan ucapan: 'Amiin, Matur Sembah Nuwun:. Selamat jalan Maha Guru Bahasa Surga (Bahasa 'Arab) dalem Panjeneganipun: Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson dengan iringan do'a dalem sebagai santri Panjenegan Hadlrotus Syeikh KH. Ahmad Warson:

اللهم اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه واكرم نزله ووسع مدخله ونقه من الذنوب والخطايا كما ينقىالثوب الابيض اللهم جازه بالحسنات احساناوبالسيئات عفواً وغفراناًاللهم انزل عليه بردا وسلامااللهم انقله برحمتك من القبورالى نور وسعه الدور والقصور ومن ضيق اللحون ا لي جناتك جنا ت الخلودفي سدر مخضود وطلح منضودوفاكهة كثيرة لا مقطوعة ولا ممنوعةوفرش مرفوعة اللهم اجعل قبره روضة من رياض الجنةاللهم بيض وجهه ويمن كتابه ويسر حسابه ولين ترابه وطيب ثـراه وثبته على الصراط اللهم اظله تحت ظل عرشك يوم لا ظل الا ظلك ولا باقٍ الا وجهـك ولا تحرمه النظـر إلى وجهـك الكريم اللهـم آمين.
اللهم يا حنان يا منان يا واسع الغفران اغفر له وارحمه وعافه واعف عنه وأكرم نزله ووسع مدخله واغسله بالماء والثلج والبرد ونقه من الذنوب والخطايا كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس .
اللهم أبدله داراً خير من داره وأهلاً خير من أهله وأدخله الجنة وأعذه من عذاب القبر ومن عذاب النار .
اللهم عامله بما أنت أهله ولا تعامله بما هو أهله .
اللهم أجزه عن الإحسان إحسانا وعن الإساءة عفوا وغفرانا .
اللهم إن كان محسناً فزد في حسناته وإن كان سيئاً فتجاوز عنه يا رب العالمين.
اللهم أدخلة الجنة من غير مناقشة حساب ولا سابقة عذاب .
اللهم آنسه في وحداته وآنسه في وحشته وآنسه في غربته .
اللهم أنزله منازل الشهداء والصالحين وحسن أولئك رفيقا .
اللهم اجعل قبره روضة من رياض الجنة ولا تجعله حفرة من حفر النار .
اللهم أفسح له في قبره مد بصرة وافرش له من فراش الجنة .
اللهم أعذه من عذاب القبر وجاف الأرض عن جنبيه .
اللهم املأ قبره بالرضا والنور والفسحة والسرور.
اللهم قه السيئات ( ومن تق السيئات يومئذ فقد رحمته ) .
اللهم اغفر له في المهديين واخلفه في الغابرين واغفر لنا وله يا رب العالمين وأفسح له في قبره ونور فيه .
اللهم إن عبدالله في ذمتك وحبل جوارك فقه فتنه القبر وعذاب النار وأنت أهل الوفاء والحق فاغفر له وارحمه إنك أنت الغفور الرحيم .
اللهم عن هذا عبدك وابن عبدك وابن أمتك وخرج من روح الدنيا وسعتها ومحبوبيها وأحبائه فيها إلى ظلمة القبر وما هو لا قيه كان يشهد ألا إله إلا أنت وأن محمداً عبدك ورسولك وأنت أعلم به .
اللهم إنه نزل بك وأنت خير منزول به وأصبح فقيراً إلى رحمتك وأنت غني عن عذابه آته برحمتك رضاك وقه فتنه القبر وعذابه وآته برحمتك الأمن من عذابك حتى تبعثه إلى جنتك يا أرحم الراحمين .
اللهم انقله من مواطن الدود وضيق اللحود إلى جنات الخلود ( في سدر مخضود وطلح منضود وظل ممدود وماء مسكوب وفاكهة كثيرة لا مقطوعة ولا ممنوعة وفرش مرفوعة ) .
اللهم إرحمه تحت الأرض واستر يوم العرض ولا تخزه يوم يبعثون ( يوم لا ينفع مال ولا بنون إلا من آتى الله بقلب سليم ) .
اللهم يمن كتابه ويسر حسابه وثقل ميزانه وثبت على صراط أقدامه وأسكنه في أعلى الجنان في جوار نبيك ومصطفاك صلى الله علية وسلم
اللهم آمنه من فزعه يوم القيامه ومن هول يوم القيامة واجعل نفسه آمنه مطمئنة ولقنه حجته .
اللهم اجعله في بطن القبر مطمئنا وعند قيام الأشهاد آمنا وبجود رضوانك واثقاَ وإلى علو درجاتك سابقاً
اللهم اجعل عن يمينه نوراً وعن شماله نوراً ومن أمامه نوراً ومن فوقه نوراً حتى تبعثه آمناً مطمئناً في نور من نورك
اللهم انظر إليه نظرة رضا فإن من تنظر إليه نظرة رضا لا تعذبه أبداً .
اللهم احشره مع المتقين إلى الرحمن وافدا .
اللهم احشره في زمرة المقربين وبشر بروح وريحان وجنة نعيم
اللهم احشره مع أصحاب اليمين واجعل تحيته سلام لك من أصحاب اليمين.
اللهم إنه صبر على البلاء فامنحه درجة الصابرين الذين يوفون أجورهم بغير حساب .
اللهم إنه كان مصلياً لك فثبته على الصراط يوم تزل الأقدام .
اللهم إنه كان صائماً لك فثبته فأدخله من باب الريان .
اللهم إنه كان لكتابك تالياً فشفع فيه القرآن وارحمه من النيران واجعله يا رحمن يترقى في الجنة إلى آخر آية قراها وآخر حرف تلاه .
اللهم ارزقه بكل حرف حلاوة وبكل كلمة كرامة وبكل آية سعادة وبكل سورة سلامة وبكل جزء جزاء
اللهـم آمين يا رب العالمين

Lahu
الفاتحة
اللهم انفعنا من بركاته وان تَرْزُقنا محبته وادخلنا في سلسلته
 يوم لا ينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم
Jakarta, NU Online
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kabar duka datang dari Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. KH Ahmad Warsun Munawwir meninggal dunia pada Kamis (18/4) pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB.
Informasi yang diterima NU Online, jenazah penyusun kamus besar Arab-Indonesia "Al-Munawwir" ini akan dimakamkan pada sore ini sekitar pukul 16.00 WIB di Krapyak Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar