ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Senin, 13 November 2017

Ada Zaman lebih baik mendidik binatang piara'annya daripada mendidik anak kandungnya sendiri

*NASEHAT AL IMAM ALHABIB ABUBAKAR ATTHOS BIN ABDULLAH AL ATTHOS*


Beliau Berkata :"Akan datang pada manusia suatu masa, saat itu, mereka lebih baik mendidik binatang piaraannya daripada mendidik anak kandungnya sendiri."


Didiklah anak-anakmu dan saudara-saudaramu tentang adab dan akhlaq Al- Musthofa صلى الله عليه وسلم. Ketahuilah bahwa pendidikan akhlaq bagi anak-anak kita adalah amat penting, sebab kelak mereka dapat mengerti apa itu adab kepada orang tua, kepada sesama, dan lain sebagainya.


Saat ini orang sudah melalaikan pendidikan akhlaq terhadap anak-anaknya, mereka para orang tua acuh tak acuh tentang tarbiah anak-anaknya. Coba tanyakan pernahkan mereka menanyakan sholat, bacaan Al-Qur'an, mengenalkan Nabinya, atau nama kitab suci Alloh kepada anak-anaknya...? Justru sekarang para orang tua lebih mengedepankan budaya-budaya dan pendidikan barat kepada anak-anaknya. Bahkan mereka terkadang heran bila melihat anak-anaknya tidak mengenal bintang-bintang film atau pemain-pemain sepak bola yang bahkan diantara mereka ada yang tidak pernah sujud kepada Alloh سبحانه وتعلى، Na'udzu billah min ghodlobillah.


Coba bandingkan dengan para salaf sholeh, mereka sejak kecil sudah mengenal adab, akhlaq, langkah-langkah yang baik bahkan mereka mengenal mujahadah (kesungguhan) di dalam mencari Ridho Alloh سبحانه وتعلى. Hal ini tidak lain karena orang tua merekalah yang berperan penting dalam membentuk anak-anaknya untuk berbakti pada Alloh dan Rasulnya serta kepada orang tua mereka.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

لأن يؤدب الرجل ولده خير له من أن يتصدق كل يوم بنصف صاع

"Sungguh lebih baik seseorang mendidik anaknya daripada bersedekah sebanyak setengah sha' (1,40 kg) setiap hari."

Namun, begitulah karena rusaknya zaman, hancurnya moral dan punahnya ajaran-ajaran agama di rumah tangga kaum muslimin. Biografi dan perjalanan para salaf tersebut kini tinggal cerita saja.


Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

يأتي على الناس زمان ، لأن يربي الرجل فيه جروا خير له من أن يربي فيه ولدا

"Akan datang pada manusia suatu masa, sa'at itu, mereka lebih baik mendidik binatang piara'annya daripada mendidik anak kandungnya sendiri."

__Betapa anehnya bumi, semuanya adalah pelajaran. Kukira tidak ada sejengkal tanah di muka bumi kecuali di situ ada ibrah (pelajaran) bagi orang yang berakal apabila mau mempelajarinya._

Allahuma Shalli 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa 'Alaa Sayyidina Muhammad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar