ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Jumat, 10 November 2017

Kemerdekaan Yang Senpurna Dalam Ruliaab Mbah KH.Chasbulloh

[Misteri Tulisan: ح ر ت م (Hurrun Tammun) di Menara Masjid Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang]
.
Kemerdekaan Yang Sempurna KH Chasbullah Sa'id Tambakberas Jombang (ayahanda KH Abdul Wahab Chasbullah). Setelah melakukan tirakat dan riyadlah yang cukup panjang, Mbah Chasbullah meninggalkan tulisan pendek yang ditutupi dengan kain satir di menara Masjid Pondok Induk (Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang).
.
Menjelang wafatnya, Mbah Chasbullan memberikan pesan pada salah seorang santrinya: "Lek misale aku mati, omongno nang Wahab kongkon buka tulisan nak menara tahun 1948; kalau misalnya aku sudah meninggal, katakan pada Wahab untuk membuka tulisan di menara tahun 1948".
.
Setelah menyampaikan pesan itu, beberapa bulan Mbah Chasbullah wafat. Maka sesuai dengan pesan Abahnya, KH Abdul Wahab Chasbullah membuka isi pesan itu pada 1948. Proses membuka isi pesan itu diiringi dengan pembacaan shalawat burdah yang diikuti juga oleh segenap santrinya. Ternyata isi pesan Mbah Chasbullah sangat singkat, yakni tulisan: حر تم (hurrun tammun, artinya kemerdekaan yang sempurna). Dan ternyata tahun 1948, kemerdekaan Indonesia sudah diakui oleh dunia dan agresi militer Belanda juga sudah sukses dipukul mundur.
.
Usaha riyadlah dan tirakat dalam mendukung kemerdekaan sejati itu selalu dilakukan oleh Mbah Chasbullah dengan menyuruh santrinya i'tikaf dan membaca amalan shalwat burdah selama sehari penuh. Sedangkan Mbah Chasbullah memilih berdoa dan riyadlah di rumahnya dengan khusyu' penuh harapan.
.
Sumber tulisan:
www.iniituu.unipdu.ac.id/misteri-tulisan-حر-تم-hurrun-tammun-di-masjid-menara-bahrul-ulum-tambak-beras-jombang
.
Kepada para pahlawan yang telah mendahului kita, terkhusus para kiai. Lahumul fatihah..
.
.Source @ikhwansurabaya
#ikhwansurabaya #kyaikupahlawanku #haripahlawan #khwahabhasbullah #mbahwahab #nahdlatululama #alanu #kiai #pesantren #santri #bahrululum #tambakberas #bahrululumtambakberas #ppbu #pondokbahrululum #pondokpesantren #jombang  - #regrann

Tidak ada komentar:

Posting Komentar