ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Jumat, 24 November 2017

GHIROH PEMUDA BAU KENCUR DALAM MEMBELA ISLAM BERSAMA NABI SAW:

GHIROH PEMUDA BAU KENCUR DALAM MEMBELA ISLAM BERSAMA NABI SAW:
=============

Dalam kitab al-Bidayah wan Nihayah, juz III, dikisahkan bahwa Shahabat Abdurrahman bin Auf رضي الله عنه menceritakan pengalamannya selama perang Badar Kubra. Beliau berkata,

إني لفي الصف يوم بدر، إذ التفت فإذا عن يميني ويساري فتيان حديثا السن، فكأني لم آمن بمكانهما إذ قال لي أحدهما سرا من صاحبه: يا عم: أرني أبا جهل،

Waktu itu saya berada di antara barisan perang di peristiwa Badar. Ketika saya menoleh, ternyata di kanan kiriku ada dua pemuda yang masih bau kencur. Saya kaget dan tidak percaya ketika salah satu dari mereka berbisik kepadaku, "Paman, tunjukkan padaku mana Abu Jahal?"

فقلت يا ابن أخي ما تصنع به؟ قال: أُخبِرت أنه يسب رسول الله  صلى الله عليه وسلم  ، والذي نفسي بيده لئن رأيته لا يفارق سوادي سواده حتى يموت الأعجل منا. فتعجبت لذلك،

"Keponakanku, apa yang akan kau lakukan?" Tanyaku. Dia menjawab, "Saya dengar kabar bahwa dia mencela Rasulullah Saw. Demi Allah yang diriku berada dalam kekuasaannya, sungguh jika aku melihatnya aku tidak akan melepaskannya sampai ketemu siapa di antara kita yang mati lebih dulu."

Saya terkejut, kagum dan bangga mendengar jawabannya.

قال: وغمزني الآخر وقال لي مثلها، فلم أنشب أن نظرت إلى أبي جهل يجول في الناس، فقلت ألا تريان, هذا صاحبكما اللذان تسألان عنه، قال: فابتدراه بسيفهما فضرباه حتى قتلاه.

Pemuda yang lain mengerdipkan matanya kepadaku dan mengatakan hal yang sama dengan yang diucapkan oleh temannya. Tidak lama kemudian saya lihat Abu Jahal berjalan di tengah-tengah keramaian. Lalu saya katakan pada mereka, "Itu orang yang kalian tanyakan!".

Abdurrahman bin Auf berkata, "Kedua pemuda itu lalu bergegas menghunuskan pedangnya dan menebaskannya ke Abu Jahal hingga menyebabkan pencela Kanjeng Nabi itu tewas."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar