ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Selasa, 21 November 2017

Reward Alloh Kepada Abu Lahab Dengan Diringankan Adzab/ Siksa Untuk Abu Lahab, karena Gembira Dengan Mawlid Nabi SAW

*Abu Lahab Diringan 'Adzabnya/ Siksanya, karena Gembira Dengan Mawlid / Kelahiran Nabi SAW:*
=========
Minuman Segar buat Abu Lahab di Alam Kubur

قَالَ عُرْوَةُ : وثُوَيْبَةُ مَوْلَاةٌ لِأَبِي لَهَبٍ كَانَ أَبُو لَهَبٍ أَعْتَقَهَا فَأَرْضَعَتِ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا مَاتَ أَبُو لَهَبٍ أُرِيَهُ بَعْضُ أَهْلِهِ بِشَرِّ حِيبَةٍ (بِشَرِّ خَيْبَةٍ) قَالَ لَهُ مَاذَا لَقِيتَ قَالَ أَبُو لَهَبٍ لَمْ أَلْقَ بَعْدَكُمْ غَيْرَ (لَمْ أَلْقَ بَعْدَكُمْ خَيْرًا غَيْرَ) أَنِّي سُقِيتُ فِي هَذِهِ بِعَتَاقَتِي ثُوَيْبَةَ

🌷‘Urwah berkata: “Tsuwaibah adalah seorang perempuan budak milik Abu Lahab yang dimerdekakan (dibebaskan dari statusnya sebagai budak), kemudian menyusui Nabi Muhammad saw. Ketika Abu Lahab mati, ada sebagian keluarganya yang bermimpi Abu Lahab dalam kondisi teramat murung (sedih). Dia bertanya, Apa yang kamu dapati (hai Abu Lahab)? Aku tidak mendapati kebaikan setelah (meninggalkan) kalian, selain sesungguhnya aku diberi minuman dari ini (lekuk jari tangan), sebab aku memerdeka-kan Tsuwaibah,- jawab Abu Lahab”. (dikutip dari Shahih al-Bukhari).

وَذَكَرَ السُّهَيْلِيُّ أَنَّ الْعَبَّاس قَالَ : لَمَّا مَاتَ أَبُو لَهَب رَأَيْته فِي مَنَامِي بَعْد حَوْل فِي شَرّ حَال فَقَالَ : مَا لَقِيت بَعْدكُمْ رَاحَة ، إِلَّا أَنَّ الْعَذَاب يُخَفَّف عَنِّي كُلّ يَوْم اِثْنَيْنِ ، قَالَ : وَذَلِكَ أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وُلِدَ يَوْم الِاثْنَيْنِ ، وَكَانَتْ ثُوَيْبَة بَشَّرَتْ أَبَا لَهَب بِمَوْلِدِهِ فَأَعْتَقَهَا .

🌷Al-Suhaili berkata, bahwa (Sayyid) ‘Abbas berkata: "Ketika Abu Lahab meninggal, aku bermimpi –setelah dapat satu tahun,  dia dalam kondisi terburuk. Dia bercerita: “Aku tidak mendapatkan kelapangan setelah (meninggalkan) kalian, kecuali sesungguhnya aku mendapatkan keringanan azab setiap hari Senin”.
"Hal itu, karena sesungguhnya Nabi Muhammad saw dilahirkan pada hari Senin. Tsuwaibah yang membawa kabar baik kepada Abu Lahab tentang kelahirannya, kemudian di-merdeka-kan" (dikutib dari Fath al-Bari).     

💗Dalam sejarah ditulis bahwa Tsuwaibah adalah orang pertama yang menyusui Rasulullah saw (sebelum beliau disusui Halimah as-Sa’diyah). Sebagai seorang budak, dia datang ke rumah tuan-nya, Abu Lahab, untuk memberi kabar baik, bahwa Aminah (istri Abdullah, saudara Abu Lahab) telah melahirkan seorang bayi dengan jenis klamin laki-laki. Mendengan kabar gembira, Abu Lahab merasa senang. Saking senangnya, Abu Lahab kemudian me-merdeka-kan Tsuwaibah, perempuan budak yang membawa kabar gembira.

💗Ternyata, kegembiraan Abu Lahab dengan kelahiran Rasulullah saw yang kemudian diwujudkan dalam bentuk memerdekakan budaknya, mendapatkan balasan dan reward, berupa minuman air dari lekuk jarinya di alam kubur dan keringanan azab setiap hari Senin.

💗Sungguh luar biasa, betapa seorang Abu Lahab, orang yang memusuhi Rasulullah dan dikutuk di dalam Al-Qur’an, masih mendapatkan reward dari Allah swt, karena senang dengan kelahiran Rasulullah. Sebagian Ahli berpendapat, ini termasuk keistimewaan Rasulullah saw. Padahal secara umum, amal  kebajikan orang kafir akan sia-sia bagai debu yang berterbangan.

وَقَدِمْنَا إِلَى مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُورًا       

“Dan Kami datangi apa yang mereka lakukan dari suatu ‘amal perbuatan, maka Kami jadikan (bagai) debu yang berhamburan” (QS. Al-Furqan, 23). 

💗Subhanallah, Maha Suci Allah, Yang Maha Mencintai hamba-hamba-Nya. jika seorang Abu Lahab saja mendapatkan reward dari Allah, karena senang dengan kelahiran Rasulullah saw, bagaimana dengan umat Islam, pengikut Rasulullah saw. Jika kita senang dan cinta pada Rasulullah; meneladani sunnah-sunnahnya, banyak ber-shalawat kepadanya, merayakan hari kelahirannya, pasti –sangat yakin, Allah akan memberi reward yang luar biasa. in syaa Allah.

💗Salam Cinta Rasul

💗Semoga Kita mendapatkan syafa’atnya…. Amin….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar