ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 22 November 2017

MALAM MAULID NABI LEBIH UTAMA DARI PADA MALAM LAILATUL QADAR

"MALAM MAULID NABI LEBIH UTAMA DARI PADA MALAM LAILATUL QADAR"

Al Imam Alhafidz Ahmad bin Muhammad Al Qusthollaniy rahimahullah dalam kitabnya yang berjudul → المَوَاهِبُ اللَّدُنِيَّةُ بِالمِنَحِ المُحَمَّدِيَّةِ ←
Al Mawaahib Al Laduniyyah bil Minah Al Muhammadiyah Juz 1/145-146 , cetakan Maktabah Al Islamiyyah berkata : " Kalau kamu bertanya, jika Nabi Muhammad ShallAllahu 'alaihi wasallam dilahirkan pada malam hari, manakah yang lebih utama, malam Lailatul qadar atau malam Maulid Nabi ShallAllahu 'alaihi wasallam ?"

Aku (Al Imam Ahmad bin Muhammad Al Qusthollaniy) menjawab bahwa malam Maulid Nabi lebih utama dari malam Lailatul qadar dari tiga segi :

1. Malam Maulid Nabi Muhammad shallAllahu alaihi wasallam adalah malam kemunculan Beliau, sedangkan malam Lailatul qadar adalah malam SallAllahu 'alaihi wasallam anugerah bagi Rasulillah shallAllahu 'alaihi wasallam. Dan apa yang dimuliakan dengan kemunculan dzat yang dimuliakan karena dzatnya tentu lebih mulia dari apa yang dimuliakan dengan sebab sesuatu yang dianugerahkan kepadanya.

2. Malam Lailatul qadar dimuliakan dengan turunnya para Malaikat padanya, sedang malam Maulid Nabi Muhammad shallAllahu 'alaihi wasallam dimuliakan dengan kemunculan Beliau ShallAllahu 'alaihi wasallam pada malam itu.  Dan Nabi Muhammad ShallAllahu 'alaihi wasallam yang dengan Beliau dimuliakan malam Maulidnya, lebih mulia dari para Malaikat yang dimuliakan dengan mereka malam lailatul qadar.

3. Anugerah malam Lailatul qadar diberikan hanya kepada umat Nabi ShallAllahu 'alaihi wasallam, sedangkan anugerah malam Maulid Nabi diperuntukkan kepada seluruh makhluk. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman : "Tidaklah Aku mengutus engkau Wahai Muhammad ShallAllahu ala'hi wasallam, kecuali sebagai rahmat untuk sekalian alam.

Kalau kita fahami lebih dalam lagi tentang ayat ini, maka kita akan mengatakan bahwasannya ayat rahmatan lil 'alamin berarti seluruh makhluk yang ada di jagat semesta ini, manusia, jin, hewan, tumbuhan dan seluruh makhluk diatas muka bumi ini. Alangkah mulianya Nabi kita tercinta, Sayyidina Muhammad ShallAllahu 'alaihi wasallam.

Dan memang tiada yang lebih mulia dari kekasih nya Allah ta'ala, Muhammad Rasulullah ShallAllahu 'alaihi wasallam.

Semoga bermanfaat bagi kita semuanya aamiin aamiin aamiin ya rabbal aalamiin bisirri asrari Al Fatihah....

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

إقرؤوا الصّلاة على النبيّ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar