ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 09 Januari 2013

Habib Luthfi Bin Yahya:Etika kita Pada Sahabat Nabi

========================

Etika kita Pada Sahabat Nabi

==================
Setiap detik kita merasakan kenikmaan dari Allah Swt. Sampai hari kiamat kita tidak akan merasakan kenikmatan yang sama dengan yang kita rasakan malam, hari ini, atau siang ini.  Walaupun kenikmatan yang kita rasakan malam ini sama dengan kenikmatan yang kita rasakan malam-malam berikutnya. Keutamaan atau keistimewaan nikmat  yang kita rasakan pada detik ini berbeda dengan kenikmatan pada detik berikutnya.
Wali Qutub dengan wali Qutub sama tingkat dan pangkat kewaliannya akan tetapi oleh Allah diberi keistimewaan yang berbeda-beda. ini menunjukan bermacam-macam keisimewaan yang Allah berikan. Wal hasil kita tidak bisa mengukur kelebihan atau keisimewaan beliau masing-masing.
Tiap ayat dan iap surat dalam Al Quran Al Karim adalah kalamullah. Akan tetapi tiap ayat dan tiap surat satu sama lain memiliki kesitimewaan yang berbeda-beda. Dari segi pemahaman tiap orang yang membaca Al Quran sau sama lain punya pemahaman yang berbeda-beda. Satu ulama dapat menafsirkan satu ayat dalam  beberapa kalimat saja, ada yang sampai berlembar-lembar bahkan ada yang berjilid-jilid kitab. Demikian seterusnya.
Contohnya, yasin, Al Baqoroh, Waqi’ah, Ad Dukhon, Ar Rohman, ayat Qursyi, satu sama lain memiliki keutamaan yang berbeda-beda tapi sama-sama kalamullah. Jangan sekali-kali mengukur kedudukan para ulama, sebab bukan ahlinya dan bukan pangkatnya. Apalagi kepada para sahabat.
Nah Hakikatnya sahabat adalah orang-orang yang terpilih. Bukan Nabi yang memilih-milih, Allah Swt langsung yang memilihkan mana orang yang pantas dijadikan menjadi Sahabat Nabi Saw.
Demikian pula para Sahabat Nabi itu sama. Sama-sama Sahabat. Tapi fadho’il, keutamaan atau keisimewaan disisi Allah Swt. satu sahabat dengan yang lainnya berbeda-beda.  Al Quran, firman Allah yang Qodim saja seperti itu; satu ayat satu surat dengan yang lainnya memiliki keutmaan yang berbeda-beda. Apalagi  para sahabat Nabi Saw.
Pada kesempatan ini kita membahas keutamaan Sayidina Abu Bakar Sidhiq. Dalam banyak hadis banyak disebukan keutamaan-keutamaan Sayidina Abu Bakar Shidiq seperti yan disebutkan dalam Nurul Absor; dalam Hadis disebutkan; ‘Orang yang paling dekat denganku adalah Abu Bakar’. ‘Yang pertama kali masuk ke Surga dari Umatku adalah Abu Bakar.
Banyak keturunan Sayidina Abi Bakar yang menjadi Ulama Besar, diantaranya Muhyidin Ibnu Arabiy, Sayid Muhammad  Al Bakri yang mempunyai sholawat Fatih. Tobe continu...
(hly/tsn)
sumber:http://www.habiblutfiyahya.net/index.php?option=com_content&view=article&id=163%3Aetika-kita-pada-sahabat-nabi&catid=34%3Aberita&Itemid=18&lang=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar