Amaliah Berziarah Kubur
Oleh KH Ali Maksum |
هل تجوز زيارة القبور؟
زيارة
القبور تجيزها مذاهب المسلمين كلها, و تشرح للزائر ادابها. و هي سنة رسول الله صلى
الله عليه و سلم. فقد زار عليه الصلاة و السلام بنفسه القبور و علّم أصحابه كـيف
يزورون القبور فعلا في حياته الدنيوية صلى الله عليه و سلم.
أما زيارته صلى الله عليه و سلم للقبور
فيدلّ ما رواه مالك عن عائشة رضي الله عنها, أنه صلى الله عليه و سلم أخبرها أن
جبريل جاءه, فقال له : إن ربّك يأمرك ان تأتي اهل البقيع, فتستغفر لهم. و أنه صلى
الله عليه و سلم جاء البقيع, فقام و أطال
القيام, ثم رفع يديه ثلاث مرات. و انها رضي الله عنها قالت له : كـيف أقول لهم؟.
فقال : قولي السلام عليكم اهل الديارمن المؤمنين و المسلمين,
و يرحم الله المستقدمين منكم و المستأخرين, و إنا إن شاء الله بكم لاحقون.
بل روي عن سيّدتنا عائشة رضي الله عنها,
أن زيارة البقيع كانت عادة للنـبي صلى الله عليه و سلم. و هذا لفظه :
كان رسول الله صلى الله عليه و سلم كلما كانت
ليلتها من رسول الله صلى الله عليه و سلم يخرج آخر الليل الى البقيع, فيقول :
السلام عليكم دار قوم مؤمنين, و آتاكم ما توعدون غدا مؤجّلون, و إنّا إن شاء الله
بكم لاحقون. اللهم اغفر لأهل بقيع الغرقد( رواه مسلم ).
و أما زيارة المؤمنين في عهده صلى الله عليه و سلم و تعليمه لهم كـيف
يزورون, فاسمع شيئا مما يدل على ذلك:
- روى البخاري و مسلم حديث المرأة التي كانت تزور
قبر صبـي لها و تبكي, فلم ينهها صلى الله عليه و سلم عن زيارتها, و إنما قال لها :
اتـّقي و اصبري. و قال لها : الصبر عند الصدمة الأولى.
- و روى مسلم, انه صلى الله عليه و سلم كان يعلّم
الصحابة إذا خرجوا الى المقابر ان يقولوا : السلام عليكم اهل الديار من المؤمنين و المسلمين و
المسلمات, و انا إن شاء الله بكم للاحقون, أسأل الله لنا و لكم العافية.
نعم, كانت زيارة القبور منـهيّا عنها في
صدر الإسلام. و الناس قريبو عهد بجاهيلة. ثم نسخ ذلك بقوله صلى الله عليه و سلم و
فعله. أما فعله فقد سمعته. و أما قوله فهو : كـنتُ نهيتكم عن زيارة القبور,
فزوروها. فقد أذن لـمحمد في زيارة قبر أمهه, فزوروها فإنـها تذكّر الآخرة
. (اخرجه مسلم و ابو داود و الترمذي و ابن حبان و الحاكم)
و في حديث آخر أخرجه الحاكم : فزوروا القبور,
فإنها تذكّـر الآخرة.
و كان صلى الله عليه و سلم يزور قبور
شهداء أحد و قبور أهل البقيع, و يسلّم عليهم و يدعو لهم بما تقدّم.
(رواه مسلم و احمد و ابن ماجه)
و اختلف في زيارة النساء للقبور. فقال
جماعة من اهل العلم بكـراهيتها كراهة تحريم او تنزيه, لحديث أبي هريرة, أن رسول
الله صلى الله عليه و سلم لعن زوّارات القبور (رواه
أحمد و ابن ماجه و الترمذي).
و ذهب الأكـثرون الى الجواز أذا أُمنت
الفـتنة و استدلوا بما رواه مسلم عن عائشة, قالت : كيف أقول يا رسول الله إذا زرت
القبور؟ قال : قولي السلام عليكم أهل الديار المؤمنين - الحديث-. و بما أخرجه البخاري, أنّ النـبيّ مـرّ بامرأة
تبكي عند قبر صـبيّ لها, فقال : اتّقي الله و
اصبري- الحديث-. و لم ينكر
عليها الزيارة. و بما رواه الحاكم , أنّ فاطمة كانت تزور قبر عمّها حمزة كل جمعة. و بحديث عبد
الله بن ابي مليكة, أنّ عائشة أقبلت ذات يوم الى المقابر, فقلت لها : يا أمّ
المؤمنين, من أين أقبلتِ؟ فقالت : من قبر أخي عبد الرحمن. فقلت لها : أليس كان ينهى رسول الله صلى الله
عليه و سلم عن زيارة القبور؟. قالت : نعم, كان نهى عن زيارة القبور, ثمّ أمر
بزيارتها.
و من هنا يعلم الجواب عن ابي هريرة و
يجاب عنه ايضا بأنه محمول على الزيارة التي تقـترن بها فتنة او محرّم كالندب و
نحوه, او بحمله على المكـثرات من الزيارة لما تقتضيه الصيغة (الزوّارات) من
المبالغة, و لعلّ السبب ما يفضي ذلك من تضيـيع حقّ الزوج و التـبرّج و ما ينشأ عنه
من الصياح و نحو ذلك. فإذا أمن ذلك , فلا بأس من زيارتهن لاحتياجهن الى تذكـر
الموت كالرجال. اه. (منقولا باختصار و تصرّف عن غوث العباد لمصطفى الحمامي و فتاوي
الشيخ حسنين محمد مخلوف)
و فى الفتاوى المذكورة, انعقد الإجماع
على أن من السنة زيارة الرجال القبور بعد ان كان منهيّا عنها في صدر الإسلام الى
ان قال : و قد أخذ بعض فقهاء الشافعية بظاهر هذا الحديث ( يـعنـي حديث لـعن
زوّارات القبور ). فقالوا : إن زيارة النساء القبور حرام و مكروهة كراهة تحريم. و
تعقّبه النووي فى الـمجموع بأنه قول شاذّ فى المذهب. و الذي قطع به الجمهور أنها
جائزة مع الكراهة التـنزيهية. و نـقل عن صاحب البحر وجهين للشافعية : احدهما
الكراهة كما قال الجمهور. و الأخر عدم الكراهة. و قال : انه الأخصّ عندي اذا أمـن
الإفتـتان.
نعم, قد يكون هناك شيـئ من آفات زيارة
القبور, و هو أن الناس يخرجون اليها في بعض الجهات بحالة تنافي الدين, فيختلط
الرجال بالنساء فى الطرق و على المقابر اختلاطا لا يرضاه عقل و لا دين. و على
المقابر يأكلون و يشربون و ينامون و يتـبرّزون و يفعلون ما يفعلون ما يستحي القلم
عن تسطيره. فالزيارة التي هذا حالها لا تجوز لعارض, لا لأنها زيارات.
و بعد, فإنا نقول لأولـئك الذين يمنعون
زيارة القبور : نرجوكم ان تقرؤوا هذا لـتروا بأنفسكم انكم في واد و دين الإسلام في
واد أخر. و لعلكم اذا رأيتموه أقلعتم عما أنتم عليه من تحريم تلك الزيارة أشدّ
التحريم و النظر الى من يجيزها او يفعلها
بعـين الاحتقار و الإزدراء و تسميته قبوريّا, فلا حول و لا قوة الا بالله العلي
العظيم.
فما أشد جهلكم بمذاهب المسلمين كلها,
فهي تجيز تلك الزيارة و تشرح للزائر آدابها, و جهلكم بسنة رسول الله صلى الله عليه
و سلم, فإنه صلى الله عليه و سلم زار القبور بنفسه و علّم اصحابه كـيف يزورونها
كما علمت, و تـبعهم على ذلك كل هذه الأمة من عهدهم لليوم. و هذه كـتب العلماء
خنفية و مالكية و شافعية و حنبلية و غيرهم,
بها بـيان تلك الزيارة . و كـذلك
دواوين السنة النبوية مـفعمة بـبيان جوازها و الندب اليها و كـيف تكون. و من رأى
كل هذا ثمّ أنكره, فلا حيلة لنا فيه, و أمره الى ربـه. و الله أعلم.
TERJEMAH
Semua madzhab dalam islam
memperbolehkan ziyarah kubur dan menjelaskan adab sopan santunnya.
Ziarah kubur merupakan sunnah (tradisi, perilaku) Rasulullah SAW.
Beliau benar-benar melakukannya sendiri ketika masih hidup di dunia dan
mengajari para sahabatnya tentang bagaimana cara ber-ziarah yang benar.[1]
Perilaku ziarah beliau
ditunjukkan oleh hadis yang diriwayatkan imam Malik dari ‘Aisyah ra. Beliau SAW
pernah memberitahukan kepada ‘Aisyah, bahwa malaikat Jibril menemui beliau
seraya berkata :
إِنَّ رَبَّكَ يَأْمُرُكَ أَنْ تَأْتِيَ اَهْلَ الْبَقِيْعِ
فَتَسْتَغْفِرُ لَهُمْ
Artinya : “Tuhanmu memerintahkanmu agar mendatangi ahli kubur Baqi’, untuk memintakan
ampunan buat mereka”.[2]
Beliau SAW akhirnya datang ke
pekuburan Baqi’, dan berdiri agak lama sambil mengangkat kedua tangannya
tiga kali (untuk berdoa memohonkan ampunan). Aisyah ra bertanya, “Apa yang aku
ucapkan untuk mereka?”. Jawab beliau : “Ucapkan salam :
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُسْلِمِيْنَ, وَ يَرْحَمُ
اللَّهُ الْمُسْتَقْدِمِيْنَ مِنْكُمْ وَ الْمُسْتَأْخِرِيْنَ, وَ إِنَّا إِنْ شَاءَ
اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ
Artinya : “Salam
sejahtera atas kalian, wahai penghuni kubur dari kalangan kaum mukminin dan
muslimin. Semoga Alloh merahmati para pendahulu diantara kalian dan orang-orang
yang datang kemudian. Sungguh, kami Insya Allah akan menyusul kalian.
Bahkan Imam Muslim
meriwayatkan dari Aisyah ra, bahwa menziarahi pekuburan Baqi’ merupakan
adat kebiasaan Rasulullah SAW.
كَانَ رَسُوْلُ اللَّهِ كُلَّمَا كَانَتْ لَيْلَتُهَا مِنْ رَسُوْلِ اللَّهِ
يَخْرُجُ
آخِرَ اللَّيْلِ اِلَى الْبَقِيْعِ, فَيَقُوْلُ : اَلسَّلَامُ
عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْنَ, وَ آتَاكُمْ مَا تُوْعَدُوْنَ غَدًا مُؤَجَّلُوْنَ,
وَ إِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِأَهْلِ بَقِيْعِ
الْغَرْقَدِ( رواه مسلم )
Artinya : Adalah
Rasulullah saw, setiap kali giliran menginap di rumah Aisyah ra, beliau keluar
rumah pada akhir malam menuju ke makam Baqi’ seraya mengucapkan salam :
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْنَ, وَ آتَاكُمْ
مَا تُوْعَدُوْنَ غَدًا مُؤَجَّلُوْنَ, وَ إِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِأَهْلِ بَقِيْعِ الْغَرْقَدِ
Artinya : “Salam
sejahtera atas kalian, wahai penghuni kubur dari kalangan kaum mukminin. Segera
datang apa yang dijanjikan kepada kalian besok. Sungguh, kami Insya Allah akan
menyusul kalian. Ya Allah ampunilah penghuni kubur Baqi’ Gharqad”. (HR
Muslim).
Mengenai kondisi
ziarah kuburnya kaum muslimin di masa Rasulullah saw dan pengajaran beliau
kepada mereka tentang bagaimana seharusnya berziarah, simaklah beberapa hadis
berikut ini:
1. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadis
tentang seorang wanita yang menziarahi makam anaknya sambil menangis. Sementara
Rasulullah sendiri tidak melarang wanita tersebut menziarahinya. Beliau saw
hanya mengingatkannya :
اِتَّقِيْ وَ اصْبِرِيْ. وَ قَالَ لَهَا : اَلصَّبْرُ عِنْدَ
الصَّدْمَةِ اْلأُوْلَى.
Artinya : “Bertakwalah
dan bersabarlah”, dan bersabda kepadanya : “Sabar itu dilakukan pada
saat awal menerima cobaan”
2. Imam Muslim juga meriwayatkan hadis, bahwa
Rasulullah saw pernah mengajari para sahabatnya jika mereka keluar berziarah
kubur, agar mereka mengucap-kan :
اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَ
الْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ, وَ إِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ. أَسْأَلُ اللَّهَ
لَنَا وَ لَكُمُ الْعَافِيَةَ.
Artinya : “Salam
sejahtera atas kalian, wahai penghuni kubur dari kalangan kaum mukminin,
muslimin dan muslimat. Sungguh, kami Insya Allah akan menyusul kalian. Saya
mohon kepada Allah agar kami dan kalian mendapatkan kesejahteraan.
Memang benar, bahwa
ziarah kubur pernah dilarang pada awal periode datangnya Islam dan pada
saat itu kaum muslimin masih dekat dengan jaman jahiliyah. Larangan
tersebut lalu di-nasakh (dihapus, dinyatakan tidak berlaku) dengan sabda
dan perbuatan nyata beliau. Perbuatan nyata beliau saw dalam berziarah sudah
anda dengar di muka. Sedangkan sabda beliau adalah :
كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ, فَزُوْرُوْهَا,
فَقَدْ أُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِي زِيَارَةِ قَبْرِ أُمِّهِ, فَزُوْرُوْاهَا فَإِنَّهَا
تُذَكِّرُ الْآخِرَةَ . (اخرجه مسلم و ابو
داود و الترمذي و ابن حبان و الحاكم)
Artinya : “Dulu Aku pernah melarang kalian berziarah kubur.
Maka (sekarang), lakukan ziarah kubur. Muhammad benar-benar telah diizinkan
menziarahi makam ibunya. Karena itu, berziarahlah kubur, karena ziarah kubur
itu dapat mengingatkan (kehidupan) akhirat”. (HR Muslim, Abu Dawud,
Tirmidzi, Ibnu Hibban dan al-Hakim).
Didalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Al-Hakim,
disebutkan : “Berziarahlah ke kubur, karena ia dapat mengingat (kehidupan)
akhirat”.
Rasulullah SAW menziarahi kuburan syuhada’ Uhud
dan kuburan ahli Baqi’. Beliau mengucapkan salam kepada mereka dan
berdoa untuk mereka, sebagaimana yang dijelaskan di muka. (HR Muslim, Ahmad dan
Ibnu Majah).
Hukum berziarah kubur bagi wanita masih
diperselisihkan para ulama’. Sekelompok ulama memakruhkanya dengan status hukum
makruh tahrim atau makruh tanzih, berdasarkan hadis dari Abu
Hurairah ra
أَنَّ رَسُوْلَ اللَّهِ e لَعَنَ زَوَّارَاتِ
الْقُبُوْرِ (رواه أحمد و ابن ماجه و الترمذي).
Artinya : “Sesungguhnya Rasulullah SAW melaknat para wanita
yang sering berziarah kubur.” (HR Ahmad, Ibnu Majah dan at-Tirmidzi).
Sementara sebagian besar ulama membolehkan kaum
wanita berziarah kubur jika aman dari fitnah. Mereka mendasarkan pendapatnya
pada beberapa hadis berikut :
1). Hadis
riwayat Muslim dari Aisyah ra. Didalam
hadis ini disebutkan pertanyaan ‘Aisyah ra kepada Rasulullah SAW : “Apa yang
aku ucapkan sewaktu aku berziarah kubur?”. Jawab beliau : “Ucapkan Assalamu ‘alaikum ahlad-diyaril
mukminin…”
2). Hadis riwayat Bukhari yang menjelaskan bahwa
Rasulullah saw pernah melewati seorang wanita yang menangis di samping kuburan
anaknya. Lantas beliau bersabda kepadanya : اِتَّقِيْ وَ اصْبِرِيْ “Bertakwalah kepada Allah
dan bersabarlah”. Dan beliau sendiri tidak mengingkari ziarah yang
dilakukan oleh wanita tersebut.
3). Hadis riwayat al-Hakim yang
menjelaskan bahwa Fathimah ra menziarahi kuburan pamannya, Hamzah bin Abdul
Muthalib setiap hari jum’at.
4). Hadis riwayat Abdullah bin
Abi Mulaikah ra menjelaskan,
أَنَّ عَائِشَةَ اَقْبَلَتْ ذَاتَ يَوْمٍ إِلَى الْمَقَابِرِ
فَقُلْتُ لَهَا : يَا أُمَّ
الْمُؤْمِنِيْنَ مِنْ أَيْنَ أَقْبَلْتِ ,
فَقَالَ مِنْ قَبْرِ أَخِيْ عَبْدِ
الرَّحْمَنِ. فَقُلْتُ لَهَا : أَلَيْسَ
كَانَ يَنْهَى رَسُوْلُ اللَّهِ e عَنْ زِيَارَةِ
الْقُبُوْرِ؟ قَالَتْ نَعَمْ كَانَ نَهَى عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُوْرِ ثُمَّ
أَمَرَ بِزِيَارَتِهَا
Artinya, “’Aisyah ra pada suatu hari berjalan menuju ke lokasi
pemakaman, lalu ditanya oleh Abdullah : “Wahai Ummul Mukminin! Dari mana
engkau?”. “Dari kuburan saudara lelakiku, Abdurrahman” jawab Aisyah ra. Tanya
Abdullah, “Bukankah Rasulullah saw telah melarang ziarah kubur?”. Jawab Aisyah,
“Memang benar beliau pernah melarangnya. Namun beliau lalu memerintahkannya”.
Dari sini maka terjawablah larangan dari hadis Abu Hurairah di atas.
Bahwa larangan tersebut terkait dengan ziarah yang dibarengi dengan fitnah,
atau dibarengi dengan melakukan perbuatan haram seperti meratapi orang yang
mati dan semisalnya, atau dikaitkan dengan seringnya kaum wanita berziarah,
sebagaimana yang ditunjukkan oleh shighat mubalaghah “Zawwaaraat”
pada hadis tersebut. Barangkali penyebab lain dari larangan ziarah bagi wanita
adalah dikhawatirkan ia menyia-nyiakan kewajibannya kepada suami, melakukan tabarruj
(bersolek), dan melakukan hal-hal negatif lainnya seperti berteriak-teriak,
menangis sambil menjerit-jerit dan semisalnya. Jika dampak negatif tersebut
sudah hilang dan aman, kaum wanita boleh
berziarah kubur, karena mereka tentu butuh untuk dzikrul maut (ingat
mati), seperti kaum lelaki juga. (Dipetik secara ringkas dari kitab Ghautsul
‘Ibad, tulisan Mushthafa al-Hamami dan dari kitab Fatawi, tulisan syaikh Hasanain Muhammad
Makhluf).
Didalam kitab Fatawi tersebut dijelaskan,
sudah menjadi kesepakatan di kalangan ulama, bahwa ziarah kubur bagi kaum
lelaki adalah sunnah, setelah sebelumnya dilarang pada masa awal munculnya
Islam. Sebagian ulama syafi’iyyah mengambil bunyi lahiriyah hadis “La’ana
zawwaaraatil qubuur” sebagai dalil tentang keharaman dan makruh tahrim-nya
kaum wanita berziarah kubur. Kemudian dikomentari oleh imam An-Nawawi didalam
kitab Al-Majmu’, bahwa pendapat ini syadz (aneh dan langka)
dikalangan madzhab syafi’iyah. Yang jelas, jumhurul ulama’
memandangnya sebagai perbuatan yang diperbolehkan disertai makruh tanzih. Imam Nawawi juga menukil dari penyusun kitab Al-Bahr
dua pendapat dikalangan ulama syafi’iyyah : 1) hukumnya makruh,
sebagaimana pendapat jumhurul ulama,
2) hukumnya tidak makruh. Juga dijelaskan, bahwa tidak makruhnya
wanita berziarah, menurut saya, merupakan pendapat yang lebih khas, jika
aman dari fitnah.
Memang benar, bahwa ziarah kubur terkadang
menimbulkan dampak negatif. Tidak sedikit orang yang pergi berziarah kuburan
sambil melakukan perbuatan-perbuatan diluar tuntunan agama. Misalnya kaum
lelaki dan wanita bercampur, baik di tengah perjalanan maupun di lokasi makam.
Hal ini tentu tidak dibenarkan oleh akal dan hukum agama. Di lokasi makam,
mereka makan-minum, tidur, bersolek (mejeng) dan melakukan perbuatan
yang memalukan. Jika kondisinya seperti ini, maka ziarah kubur tidak
dibolehkan, karena dapat mendatangkan fitnah atau dampak negatif, bukan
semata-mata disebabkan bahwa ziarah kubur itu dilarang.
Perlu kami tegaskan kepada orang-orang yang anti dan
melarang ziarah kubur, dan kami berharap supaya kalian membaca buku tulisan
ini, agar kalian menyaksikan sendiri bahwa kalian sebenarnya berada di suatu
jurang, sementara agama Islam berada di jurang yang lain. Jika kalian sudah
mengetahui hal ini, kalian diharapkan membuang jauh-jauh sikap antipati seperti
sikap anti ziarah, memandang sinis kepada orang yang membolehkan dan orang yang
melakukannya, dan menjulukinya sebagai “Ahli Kubur” (penduduk kuburan). La
haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhim.
Sikap kalian tersebut menunjukkan kekerdilan dan
ketololan kalian terhadap seluruh ajaran madzhab dalam Islam, yang
kesemuanya membolehkan berziarah kubur dan menjelaskan adab sopan santunnya
bagi peziarah. Sekaligus menunjukkan kebodohan kalian terhadap sunnah Nabi
(perilaku Nabi), karena beliau saw telah melakukan sendiri ziarah kubur dan
mengajarkan kepada para sahabat tentang bagaimana tatacara berziarah,
sebagaimana yang kalian ketahui dan diikuti oleh seluruh umat Islam sejak jaman
sahabat sampai jaman sekarang. Kitab-kitab susunan para ulama, baik dari
kalangan hanafiyah, malikiyyah, syafi’iyyah, hanabilah, maupun lainnya,
terdapat penjelasan tentang bolehnya berziarah.. Demikian pula kitab-kitab hadis
dipenuhi dengan penjelasan tentang kebolehan, anjuran dan tata cara ber-ziarah
kubur. Siapa saja yang sudah mengetahui hal ini, lalu mengingkarinya, tidak
ada daya bagi kami dalam hal ini selain menyerahkannya kepada Allah. Walloohu
A’lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar