ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Jumat, 10 Januari 2014

ASAL MUASAL DALA'ILUL KHOIROT OLEH Al-Imam Al-Syeikh Muhammad bin Sulaiman Al-Jazuli RA

========
Muhammad bin Sulaiman Al-Jazuli RA adalah wali besar pada zamannya,suatu hari beliau berada di tengah padang tandus.ketika itu,hendak melaksanakan ibadah dan mau berwudlu,tapi beliau tidak menemukan setetes pun air.tak lama berselang beliau menemukan sumur,namun bingung karena tak ada gayung untuk mengambil airnya.

Tiba tiba ada perempuan (satu riwayat ia adalah Robi'ah Al-Adawiyyah ) yang melihatnya dari bukit yang tinggi dan bertanya: "hai Fulan,siapa engkau...?" "Aku Al Jazuli" Jawab Al Jazuli.
Perempuan itu berkata: "Engkau orang yang sangat terkenal,kenapa harus bingung mencari air...?"
Lalu wanita itu membacakan sholawat di depan mulut sumur itu,mendadak air sumur itu naik hingga luber,Al Jazuli bersyukur bisa berwudlu.
 
Setelah selesai, Al Jazuli bertanya: "Apa yang menyebabkn engkau mendapat karomah sehebat ini...?"
"tiap waktu lisanku basah dengan sholawat,karena aku cinta & rindu pada Rosulullah saw."jawab wanita tersebut.
 
Mendengar jawaban itu, kemudian Al Jazuli pulang dan bersumpah untuk tidak melanjutkan perjalanannya.

Lalu beliau menyepi di kamar khususnya selama kurang lebih 15 tahun.Guna menyusun kitab tentang sholawat. Setelah selesai,kitab tersebut dinamakan DALA'ILUL KHOIROT.
 
Lalu Kitab itu diajarkan kepada murid-muridnya, hingga beliau wafat pada usia 63 th. Beliau di makamkan di dekat sungai,ketika terjadi banjir bandang,masyarakat sekitar khawatir karena di dekat sungai ada makam Al Jazuli.

Akhirnya mereka bermusyawarah untuk memindahkan makam Al Jazuli ke belakang masjid desa Jazulah (Maroko).
 
Ketika dibongkar, masyarakat heran karena mencium bau wangi dari dalam makam Al Jazuli.Yg lebih heran lagi,jasad beliau masih utuh seperti orang baru meninggal,padahal sudah lebih 3 th setelah itu. 
 
Semoga kita semua mendapat syafa'at Rosululloh SAW dan barokah Al-Imam Al-Jazuli RA, amiin.
============
اَللهُم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِ نَامُحَمَّدٍ فِى اْلاَوَّلِيْنَ ، وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلاَخِرِيْنَ ، وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى النَّبِيِّن، وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلمُرْسَلِيْنَ ، وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى كُلِّ وَقْتٍ وَحِيْنَ ، وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلمَلاَءِ اْلاَعْلَى اِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ
==========
اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ ، وَتَقْضِي لَنَا بِهَا جَمِيْعَ اْلحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى اْلغَايَاتِ، مِنْ جَمِيْعِ اْلخَيْرَاتِ فِى اْلحَيَاةِ وَبَعْدَ اْلمَمَاتِ ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا
==========
يادَاْئِمَ اْلفَضْلِ عَلَى اْلبَرِيَّه يَابَاسِطَ اْليَدَيْنِ بِاْلعَطِيَّه يَاصَاحِبَ اْلمَوَاهِبِ السَّنِيَّه صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ خَيْرِاْلبَرِيَّه وَاغْفِرْلِي يَاذَااْلعُلَى فِى هَذِهِ اْلعَشِيَّه 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar