1. Syaikh Umar al-Mulla dari Maushul (W 570 H). Seorang syaikh yang
sholih lagi zuhud, setiap tahunnya menyelenggarakan peringatan Maulid
Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam yang dihadiri para ulama, fuqaha, umara,
dan shulthan Nuruddin Zanki, seorang raja yang adil dan berakidahkan
Ahlus sunnah. Abu Syamah (guru imam Nawawi) berkata tentang dua tokoh
besar di atas :
قال العماد: وكان بالموصل رجل صالح يعرف بعمر الملاَّ، سمى بذلك لأنه
كان يملأ تنانير الجص بأجرة يتقوَّت بها، وكل ما عليه من قميص ورداء، وكسوة
وكساء، قد ملكه سواه واستعاره، فلا يملك ثوبه ولا إزاره. وكن له شئ فوهبه
لأحد مريديه، وهو يتجر لنفسه فيه، فإذا جاءه ضيف قراه ذلك المريد. وكان ذا
معرفة بأحكام القرآن والأحاديث النبوية.كان العلماء والفقهاء، والملوك
والأمراء، يزورونه في زاويته، ويتبركون بهمته، ويتيمنَّون ببركته. وله كل
سنة دعوة يحتفل بها في أيام مولد رسول الله صلى الله عليه وسلم يحضره فيها
صاحب الموصل، ويحضر الشعراء وينشدون مدح رسول الله صلى الله عليه وسلم في
المحفل. وكان نور الدين من أخص محبيه يستشيرونه في حضوره، ويكاتبه في مصالح
أموره
“ al-‘Ammad mengatakan , “ Di Mosol ada seorang yang shalih yang
dikenal dengan sebutan Umar al-Mulla, disebut dengan al-Mulla sebab
konon beliau suka memenuhi (mala-a)
ongkos para pembuat dapur api sebagai biaya makan sehari-harinya, dan
semua apa yang ia miliki berupa gamis, selendang, pakaian, selimut,
sudah dimiliki dan dipinjam oleh orang lain, maka beliau sama sekali
tidak pakaian dan sarungnya. Jika beliau memiliki sesuatu, maka beliau
memberikannya kepada salah satu muridnya, dan beliau menyewa sesuatu itu
untuknya, maka jika ada tamu yang datang, murid itulah yang menjamunya.
Beliau seorang yang memiliki pengetahuan tentang hokum-hukum al-Quran
dan hadits-hadits Nabi. Para ulama, ahli fiqih, raja dan penguasa sering
menziarahi beliau di padepokannya, mengambil berkah dengan sifat
kesemangatannya, mengharap keberkahan dengannya. Dan beliau setiap
tahunnya mengadakan peringatan hari kelahiran (maulid) Nabi shallahu
‘alaihi wa sallam yang dihadiri juga oleh raja Mosol. Para penyair pun
juga datang menyenandungkan pujian-pujian kepada Nabi shallahu ‘alaihi
wa sallam di perayaan tersebut. Shulthan Nuruddin adalah salah seorang
pecintanya yang merasa senang dan bahagia dengan menghadiri perayaan
maulid tersebut dan selalu berkorespondesi dalam kemaslahatan setiap
urusannya “.[1]
Adz-Dzahabi mengatakan :
وكان ذلك تحت إمرة الملك العادل السُّنِّيِّ نور الدين محمود زنْكِي
الذي أجمع المؤرخون على ديانته وحسن سيرته، وهو الذي أباد الفاطميين بمصر
واستأصلهم وقهر الدولة الرافضية بها وأظهر السنة وبني المدارس بحلب وحمص
ودمشق وبعلبك وبنى المساجد والجوامع ودار الحديث
“ Beliau (syaikh Umar) di bawah kekuasaan raja yang adil yang sunni
yaitu Nuruddin Mahmud Zanki, yang para sejarawan telah ijma’
(konsesus/sepakat) atas kebaikan agama dan kehidupannya. Beliaulah yang
telah memusnahkan dinasti Fathimiyyun di Mesir sampai ke akar-akarnya,
menghancurkan kekuasaan Rafidhah. Menampakkan (menzahirkan) sunnah,
membangun madrasah-madrasah di Halb, Hamsh, Damasqus dan Ba’labak, juga
membangun masjid-masjid Jami’ dan pesantren hadits “[2]
2. Al-Imam Abul Khaththab Ibnu Dihyah (W 633 H). Beliau telah
mengarang sebuah kitab Maulid Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam yang
beliau namakan “ at-Tanwir fi Maulid al-Basyir an-Nadzir “ dan
dihadiahkan kepada seorang raja adil, shalih, Ahlsus sunnah yakni
al-Mudzaffar.
Al-Hafidz Ibnu Katsir mengatakan :
وكان يعمل المولد الشريف في ربيع الاول ويحتفل به احتفالا هائلا وكان
مع ذلك شهما شجاعا فاتكا بطلا عاقلا عالما عادلا رحمه الله وأكرم مثواه وقد
صنف الشيخ أبو الخطاب ابن دحية له مجلدا في المولد النبوي سماه التنوير في
مولد البشير النذير فأجازه على ذلك بألف دينار
“ Dan raja konon mengadakan acara Maulid Nabi yang mulia di bulan
Rabiul Awwal, dan merayakannya dengan perayaan yang meriah, dan beliau
adalah seorang raja yang cerdas, pemberani, perkasa, berakal, alim dan
adil –semoga Allah merahmatinya dan memuliakan tempat kembalinya- syaikh
Abul Khaththab Ibnu Dihyah telah mengarang kitab berjilid-jilid tentang
Maulid Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam yang dinamakannya “ At-Tanwir fi
Maulid al-Basyir an-Nadzir “, lalu diberikan balasan atas usaha itu
oleh raja sebesar seribu dinar.”[3]
3. al-Imam Abu Syamah (W 665 H), guru al-Imam al-Hafidz an-Nawawi. Beliau mengatakan :
ومن احسن ما ابتدع في زماننا ما يفعل كل عام في اليوم الموافق لمولده
صلى الله عليه وآله وسلم من الصدقات، والمعروف، وإظهار الزينة والسرور,
فإن ذلك مشعر بمحبته صلى الله عليه وآله وسلم وتعظيمه في قلب فاعل ذلك
وشكرا لله تعالى على ما من به من إيجاد رسوله الذي أرسله رحمة للعالمين
“ Di antara bid’ah hasanah yang paling baik di zaman kita sekarang
ini adalah apa yang dilakukan setiap tahunnya di hari yang bertepatan
dengan hari kelahiran Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam dengan bersedekah
dan berbuat baik serta menampakkan perhiasan dan kebahagiaan. Karena hal
itu merupakan menysiarkan kecintaan kepada Nabi shallahu ‘alahi wa
sallam dan penganggungan di hati orang yang melakukannya. Sebagai rasa
syukur kepada Allah Ta’ala atas anugerah-Nya berupa mewujudkannya
Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam sebagai rahmat bagi seluruh alam
“[4]
4. al-Hafidz Ibnul Jauzi (W 597 H). Beliau mengatakan tentang Maulid Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam :
إنه أمان في ذلك العام، وبشرى عاجلة بنيل البغية والمرام
“ Sesungguhnya mauled (hari kelahiran) Nabi adalah sebuah keamanan di
tahun itu dan kaar gembira yang segera dengan tercapainya cita-cita dan
taujuan “[5]
5. al-Imam al-Allamah Shadruddin Mauhub bin Umar al-Jazri (W 665 H). Beliau mengatakan tentang hokum peringatan Maulid Nabi :
هذه بدعة لا بأس بها، ولا تكره البدع إلا إذا راغمت السنة، وأما إذا لم تراغمها فلا تكره، ويثاب الإنسان بحسب قصده
“ Ini adalah bid’ah yang tidak mengapa, dan bid’ah tidaklah makruh
kecuali jika dibenci sunnah, adapun jika sunnah tidak membencinya maka
tidaklah makruh dan manusia akan diberi pahala (atas bid’ah mauled
tersebut) tergantung tujuan dan niatnya “.
6. Syaikh Abul Abbas bin Ahmad al-Maghribi (W 633 H). Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan tentangnya :
كان زاهدًا إمامًا مفنّنًا مُفْتِيًّا ألَّفَ كتاب المولد وجوّده
“ Beliau seorang yang zuhud, imam, menguasai semua fan ilmu, sorang mufti dan mengarang kitab maulid dan memperbagusnya “[6]
7. Syaikh Abul Qasim bin Abul Abbas al-Maghribi. Az-Zarkali mengatakan tentangnya :
كان فقيها فاضلا, له نظم أكمل الدر المنظم , في مولد النبي المعظّم من تأليف أبيه أبى العباس بن أحمد
“ Beliau seorang ahli fiqih yang utama, memiliki nadzham (bait) yang
bernama “ Akmal ad-Durr al-Munadzdzam fi Maulid an-Nabi al-Mu’adzdzam “
dari tulisan ayahnya Abul Abbas bin Ahmad “[7]
8. al-Hafidz Ibnu Nashiruddin ad-Dimasyqi (777-842 H). Beliau
mengarang kitab Maulid dengan berjilid-jilid sebagaimana disebutkan
dalam kitab Kasyfu adz-Dzunun : 319. Di antaranya : Jami’ al-Aatsar fi
Maulid an-Nabi al-Mukhtar dan al-Lafdz ar-Raiq fi Maulid Khairul Khalaiq
dan Maurid ash-Shadi fi Maulid al-Hadi.
9. al-Imam Muhammad bin Ishaq bin Abbad (W 805 H).
وسئل الولي العارف بالطريقة والحقيقة أبو عبد الله بن عباد رحمه الله
ونفع به عما يقع في مولد النبي صلى الله عليه وسلم من وقود الشمع وغير ذلك
لأجل الفرح والسرور بمولده عليه السلام.
فأجاب: الذي يظهر أنه عيد من أعياد المسلمين، وموسمٌ من مواسمهم، وكل
ما يقتضيه الفرح والسرور بذلك المولد المبارك، من إيقاد الشمع وإمتاع
البصر، وتنزه السمع والنظر، والتزين بما حسن من الثياب، وركوب فاره
الدواب؛ أمر مباح لا ينكر قياساً على غيره من أوقات الفرح، والحكم بأن هذه
الأشياء لا تسلم من بدعة في هذا الوقت الذي ظهر فيه سر الوجود، وارتفع فيه
علم العهود، وتقشع بسببه ظلام الكفر والجحود، يُنْكَر على قائله، لأنه
مَقْتٌ وجحود.
“ seorang wali yang arif dengan thariqah dan haqiqah Abu Abdillah bin
Abbad rahimahullah ditanya mengenai apa yang terjadi pada peringatan
Maulid Nabi dari menyalakan lilin dan selainnya dengan maksud berbahagia
dengan hari kelahiran Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam. Maka beliau
menjawab :
“ Yang tampak adalah bahwa Maulid Nabi termasuk ‘id dari hari raya
muslimin dan satu musim dai musim-musimnya. Dan semua yang mengahruskan
kebahagiaan dengan malid Nabi yang berkah itu semisal menyalakan lilin,
mempercanti pendengaran dan penglihatan, berhias dengan pakaian indah,
dan kendaraan bagus adalah perkarah mubah yang tidak boleh diingkari
karena mengkiyaskan dengan lainnya dari waktu-waktu kebahagiaan.
Menghukumi bahwa semua perbuatan ini tidak selamat dari bid’ah di waktu
ini, yang telah tampak rahasia wujud, terangkat ilmu ‘uhud, tercerai
berai dengan sebabnya segala gelapnya kekufuran dan kedzaliman, maka itu
diingkari bagi pengucapnya, karena itu adalah kebencian dan
pengingkaran.[8]
10. Syaikh Islam Sirajuddin al-Balqini (724 – 805 H). AL-Maqrizi mengatakan :
فلما كانت أيام الظاهر برقوق عمل المولد النبويّ بهذا الحوض في أوّل
ليلة جمعة من شهر ربيع الأول في كلّ عام فإذا كان وقت ذلك ضربت خيمة عظيمة
بهذا الحوض وجلس السلطان وعن يمينه شيخ الإسلام سراج الدين عمر بن رسلان بن
نصر البلقيني ويليه الشيخ المعتقد إبراهيم برهان الدين بن محمد بن بهادر
بن أحمد بن رفاعة المغربيّ ويليه ولد شيخ الإسلام ومن دونه وعن يسار
السلطان الشيخ أبو عبد الله محمد بن سلامة التوزريّ المغربيّ ويليه قضاة
القضاة الأربعة وشيوخ العلم ويجلس الأمراء على بعد من السلطان فإذا فرغ
القراء من قراءة القرآن الكريم قام المنشدون واحدًا بعد واحد وهم يزيدون
على عشرين منشدًا فيدفع لكل واحد منهم صرّة فيها أربعمائة درهم فضة ومن كلّ
أمير من أمراء الدولة شقة حرير فإذا انقضت صلاة المغرب مدّت أسمطة الأطعمة
الفائقة فأكلت وحمل ما فيها ثم مدّت أسمطة الحلوى السكرية من الجواراشات
والعقائد ونحوها فتُؤكل وتخطفها الفقهاء ثم يكون تكميل إنشاد المنشدين
ووعظهم إلى نحو ثلث الليل فإذا فرغ المنشدون قام القضاة وانصرفوا وأقيم
السماع بقية الليل واستمرّ ذلك مدّة أيامه ثم أيام ابنه الملك الناصر فرج
“ Maka ketika sudah pada hari-hari yang tampak dengan ruquq,
diadakanlah perayaan Maulid Nabi di telaga ini pada setiap malam Jum’at
bulan Rabiul Awwal di setiap tahunnya. Kemduian Shulthan duduk, dan di
sebelah kanannya duduklah syaikh Islam Sirajuddin Umar bin Ruslan bin
Nashr al-Balqini, di dekat beliau ada syaikh al-Mu’taqad Ibrahim
Burhanuddin bin Muhammad bin Bahadir bin Ahmad bin Rifa’ah al-Maghrabi,
di sampingnya lagi ada putra syaikh Islam dan orang-orang selainnya, dan
di sebelah kirinya ada syaikh Abu Abdillah bin Muhammad bin Sallamah
at-Tuzari al-Maghrabi, di sampingnya lagi ada para qadhi dari kalangan
empat madzhab, dan para syaikh ilmu, juga para penguasa yang duduk
sedikit jauh dari shulthan. Jika telah selesai membaca al-Quran, maka
beridrilah para nasyid satu persatu membawakan sebuah nasyidah, mereka
lebih dari 20 orang nasyid, masing-masing diberikan sekantong uang yang
di dalamnya berisi 4000 ribu dirham perak. Dan bagi setiap amir daulah
diberikan kaen sutra. Dan jika telah selesai sholat maghrib, maka
dihidangkanlah hidangan makanan yang mewah yang dimakan oleh semuanya
dan dibawa pulang. Kemduian dibeberkan juga hidangan manisan yang juga
dimakan semuanya dan para ulama ahli fiqih. Kemduian disempurnakan
dengan nasyid pada munsyid dan nasehat mereka sampai sepertiga malam.
Dan jika para munsyid selasai, maka berdirilah para qadhi dan mereka
kembali pulang. Dan diperdengarkan sebuah senandung pujian di sisa malam
tersebut. Hal ini terus berlangsung di masanya dan masa-masa anaknya
yaitu an-Nahsir Faraj “.[9]
11. al-Hafidz al-Iraqi (725-808 H), guru al-Hafidz Ibnu Hajar. Beliau
memiliki kitab Maulid berjudul “ al-Maurid al-Hani fi al-Maulid as-Sani
“. Beliau mengtakan :
إن اتخاذ الوليمة وإطعام الطعام مستحب في كل وقت فكيف إذا انضم إلى ذلك
الفرح والسرور بظهور نور النبي صلى الله عليه وآله وسلم في هذا الشهر
الشريف ولا يلزم من كونه بدعة كونه مكروها فكم من بدعة مستحبة بل قد تكون
واجبة
“ Sesungguhnya membuat resepsi dan memberikan makanan itu dianjurkan
di setiap waktu, lalu bagaimana jika terkumpul dengan kebahagiaan dan
kesenangan dengan tampaknya cahaya Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam di
bulan mulia ini. Status kebid’ahannya tidak mengharuskannya menjadi
makruh, berpa banyak yang bid’ah itu mustahab (dianjurkan) bahkan kadang
menjadi wajib “.[10]
12. Syaikh Islam, al-Hafidz, ahli hadits dunia, imam para pensyarah hadits yaitu Ibnu Hajar al-Atsqalani. Beliau mengatakan :
أصل عمل المولد بدعة لم تنقل عن السلف الصالح من القرون الثلاثة، ولكنها
مع ذلك اشتملت على محاسن وضدها، فمن تحرى في عملها المحاسن وتجنب ضدها
كانت بدعة حسنة
“ Asal / dasar perbuatan Maulid adalah bid’ah yang tidak dinaqal dari
ulama salaf yang salih dari tiga kurun, akan tetapi demikian itu
mengandung banyak kebaikan dan juga keburukannya. Barangsiapa yang
menjaga dalam melakukannya semua kebaikan dan mejauhi keburukannya maka
menjadi bid’ah hasanah “[11]
13. al-Imam al-Allamah, syaikh al-Qurra wal muhadditsin, Qadhil
Qudhah, Syamsuddin Muhamamd Abul Khoir bin Muhammad bin al-Jazri ( W 833
H). Beliau memiliki kitab Maulid yang berjudul “ ‘Arfu at-Tarif bil
Maulid asy-Syarif “.
قال ابن الجزري : فإذا كان هذا أبولهب الكافر الذي زل القرآن بذمه ،
جوزي في النار بفرحه ليلة مولد النبي ( ص ) به ، فما حال المسلم الموحّد من
أمته عليه السلام ، الذي يسر بمولده ، ويبذل ما تصل اليه قدرته في محبته ؟
لعمري ، إنما يكون جزاؤه من الله الكريم أن يدخله بفضله العميم جنات
النعيم
“ Ibnul Jazri mengatakan, “ Jika Abu Lahab yang kafir ini yang
al-Quran telah mencacinya, diringankan di dalam neraka sebab
kebahagiaannya dengan kelahiran Nabi, maka bagaimana dengan keadaan
Muslim yang mengesakan Allah dari umarnya ini ? yang berbagaia dengan
kelahiran Nabi, mengerahkan dengan segenap kemampuannya di dalam
mencintainya, sungguh balasan dari Allah adalah memasukannya ke dalam
surge-Nya yang penuh kenikmatan “[12]
14. al-Imam al-Hafidz as-Sayuthi (849-911 H). Beliau pernah ditanya
tentang hokum memperingati Maulid Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam :
سئل عن عمل المولد النبوى في شهر ربيع الأول ،ما حكمه من حيث الشرع
هل هو محمود أو مذموم وهل يثاب فاعله أو لا؟
والجواب : عندي أن أصل عمل المولد الذي هو اجتماع الناس وقراءة ما تيسر
من القرآن ورواية الأخبار الواردة في مبدإ أمر النبي صلى الله عليه وسلم
وما وقع في مولده من الآيات ثم يمد لهم سماط يأكلونه وينصرفون من غير زيادة
على ذلك
من البدع الحسنة التي عليها صاحبها لما فيه من تعظيم قدر النبي صلى الله عليه وسلم وإظهار الفرح والاستبشار بمولده الشريف
“Suatu ketika beliau ditanya tentang peringatan Maulid Nabi yang
dilaksanakan pada bula Rabiul awwal. Bagaimana hukumnya dalam perspektif
syara’, dan apakah termasuk kebaikan atau keburukan, serta apakah orang
yang memperingatinya akan mendapatkan pahala?
Jawabannya, menurutku (as-Suyuthi) pada dasarnya amal Maulid itu
adalah berkumpulnya manusia, membaca apa yang dirasa mudah dari
al-Qur’an, riwayat hadis-hadis tentang permulaan perintah Nabi serta
hal-hal yang terjadi dalam kelahiran Nabi, kemudian disajikan beberapa
hidangan bagi mereka selanjutnya mereka pulang setelah menikmatinya
tanpa ada tambahan-tambahan lain, hal tersebut termasuk bid’ah yang
baik (bid’ah hasanah) yang diberi pahala bagi orang yang merayakannya.
Karena bertujuan untuk mengagungkan kedudukan Nabi dan menampakkan rasa
suka cita atas kelahiran yang mulia Nabi Muhammad Saw”.[13]
15. Al-Imam al-Hafidz asy-Syakhawi (831-902 H). Beliau menulis sebuah
kitab Maulid berjudul al-Fakhr al-Ulwi fi al-Maulid an-Nabawi. Beliau
juga mengatakan :
عمل المولد الشريف لم ينقل عن أحد من السلف الصالح في القرون الثلاثة
الفاضلة، وإنما حدث بعد، ثم لا زال أهل الإسلام في سائر الأقطار والمدن
الكبار يحتفلون في شهر مولده صلى الله عليه وسلم بعمل الولائم البديعة،
المشتملة على الأمور البهجة الرفيعة، ويتصدقون في لياليه بأنواع الصدقات،
ويظهرون السرور ويزيدون في المبرات، ويعتنون بقراءة مولده الكريم، ويظهر
عليهم من بركاته كل فضل عميم
“ Praktek Maulid yang mulia tidak ada nukilannya dari seorang salaf
pun di kurun-kurun utama. Sesungguhnya itu terjadinya setelahnya.
Kemudian terus dilangsungkan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia,
baik desa maupun kota di dalam merayakan maulid di bulan kelahiran Nabi
shallahu ‘alaihi wa sallam dengan resepsi yang megah yang terdiri dari
perkara-perkara mewah. Mereka bersedekah di malam-malamnya dengan
berbagai macam sedekah, menampakkan kebahagiaan dan meningkatkan
kebaikan, memperhatikan dengan membaca kelahiran Nabi Mulia, dan
nampaklah atas mereka keberkaharan Nabi yang menyeluruh “.[14]
16. Al-Allamah syaikh Muhamamd bin Umar al-Hadhrami ( W 930 H). Beliau mengatakan :
فحقيقٌ بيومٍ كانَ فيه وجودُ المصطفى صلى الله عليه وسلم أَنْ يُتَّخذَ
عيدًا، وخَليقٌ بوقتٍ أَسفرتْ فيه غُرَّتُهُ أن يُعقَد طالِعًا سعيدًا،
فاتَّقوا اللهَ عبادَ الله، واحذروا عواقبَ الذُّنوب، وتقرَّبوا إلى الله
تعالى بتعظيمِ شأن هذا النَّبيِّ المحبوب، واعرِفوا حُرمتَهُ عندَ علاّم
الغيوب، “ذَلِكَ وَمَنْ يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِنْ
تَقْوَى الْقُلُوبِ
“ Sungguh layak satu hari dimana Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam
dilahirkan untuk dijadikan ‘id. Dan pantas munculnya waktu
keberuntungan. Maka bertaqwalah kepada Allah wahai hamba Allah,
berhati-hatilah dari kesudahan dosa, bertaqarrublah kepada Allah dengan
pengagungan kepada Nabi yang tercinta ini. Kenalilah kehormatannya di
sisi Allah yang Maha Gaib “ Demikian itu barangsiapa yang mengagungkan
kehormatan Allah maka itu termasuk tanda taqwa dalam hati “.[15]
17. al-Allamah al-Hafidz Ibnu Hajar al-Haitami (W 975 H). beliau mengatakan :
والحاصل أن البدعة الحسنة متفق على ندبها وعمل المولد واجتماع الناس له كذلك أي بدعة حسنة
“ Kesimpulannya bahwa bid’ah hasanah sepakat atas kanjurannya, dan
amalan Maulid serta berkumpulnya manusia untuknya demikiannya juga
dinilai bid’ah hasanah “[16]
18. al-Imam asy-Syihab Ahmad al-Qasthalani (). Beliau mengatakan :
ولازال أهل الاسلام يحتفلون بشهر مولده عليه السلام ، ويعملون الولائم ،
ويتصدقون في لياليه بأنواع الصدقات ، ويظهرون السرر ويزيدون في المبرّات
ويعتنون بقراءة مولده الكريم ، ويظهر عليهم من بركاته كلّ فضل عميم
“ Kemudian terus dilangsungkan oleh umat Islam di seluruh penjuru
dunia, baik desa maupun kota di dalam merayakan maulid di bulan
kelahiran Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam dengan resepsi yang megah yang
terdiri dari perkara-perkara mewah. Mereka bersedekah di malam-malamnya
dengan berbagai macam sedekah, menampakkan kebahagiaan dan meningkatkan
kebaikan, memperhatikan dengan membaca kelahiran Nabi Mulia, dan
nampaklah atas mereka keberkaharan Nabi yang menyeluruh “.[17]
19. al-Imam az-Zarqani. Beliau menukilkan ucapan al-Hafidz al-Iraqi :
إن اتخاذ الوليمة وإطعام الطعام مستحب في كل وقت فكيف إذا انضم إلى ذلك
الفرح والسرور بظهور نور النبي صلى الله عليه وآله وسلم في هذا الشهر
الشريف ولا يلزم من كونه بدعة كونه مكروها فكم من بدعة مستحبة بل قد تكون
واجبة
“ Sesungguhnya membuat resepsi dan memberikan makanan itu dianjurkan
di setiap waktu, lalu bagaimana jika terkumpul dengan kebahagiaan dan
kesenangan dengan tampaknya cahaya Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam di
bulan mulia ini. Status kebid’ahannya tidak mengharuskannya menjadi
makruh, berpa banyak yang bid’ah itu mustahab (dianjurkan) bahkan kadang
menjadi wajib “.[18]
20. al-Imam al-Hafidz Wajihuddin bin Ali bin ad-Diba’ asy-Syaibani
(866-944 H). Beliau memiliki kitab Maulid yang cukup tekenal yaitu
Maulid ad-Diba’i
21. al-Hafidz Mulla Ali al-Qari (W 1014 H). Asy-Syaukani mengatakan tentangnya :
أحد مشاهير الأعلام ومشاهير أولي الحفظ والإفهام وقد صنف في مولد
الرسول{ صلى الله عليه وآله وسلم }كتابا قال صاحب اكشف الظنون اسمه (المورد
الروي في المولد النبوي
“ Salah satu ulama termasyhur, memiliki hafalan dan pemahaman kuat,
beliau telah menulis sebuah karya tulis tentang Maulid Nabi shallahu
‘alaihi wa sallam yang dikatakan oleh shahi Kasyf dz-dzunun dengan
sebutan “ al-Maurid ar-Rawi fi al-Maulid –an-Nabawi “[19]
22. al-Imam Ibnu Abidin al-Hanafi. Seorang ulama yang ucapannya
dipegang dalam Madzhab Hanafi. Beliau mengtakan ketika menysarah kitab
Maulid Ibnu Hajar :
اعلم أن من البدع المحمودة عمل المولد الشريف من الشهر الذي ولد فيه رسول الله صلى الله عليه وسلم
“ Ketahuilah, sesungguhnya termasuk bid’ah terpuji adalah praktek
Maulid Nabi yang mulia di bulan kelahiran Nabi shallahu ‘alaihi wa
sallam “.
23. Ibnul Qayyim al-Jauziyyah. Beliuu mengatakan :
والاستماع إلى صوت حسن في احتفالات المولد النبوي أو أية مناسبة دينية
أخرى في تاريخنا لهو مما يدخل الطمأنينة إلى القلوب ويعطي السامع نوراً من
النبي – صلى الله عليه وسلم – إلى قلبه ويسقيه مزيداً من العين المحمدية
“ Mendengarkan suara indah di dalam peringatan-peringatan Maulid Nabi
atau ayat yang sesuai agama yang bersifat ukhrawi di dalam sejerah kami
adalah termasuk menumbuhkan ketenangan dalam hati, dan akan memberikan
cahaya dari Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam kepada pendengarnya ke
hatinya dan mencurahkan tambahan dari sumber Muhammadiyyahnya “[20]
24. al-Imam al-Hafidz al-Munawi. Beliau memiliki kitab Maulid
berjudul “ Maulid al-Munawi “, silakan lihat kitab al-Barahin
al-Jaliyyah halaman 36.
25. al-Imam Muhammad ‘Alyasy al-Maliki. Beliau memiliki kitab berjudul “ al-Qaul al-Munji fi Maulid al-Barzanji “.
26. Ibnul Hajj. Beliau mengatakan :
فكان يجب أن نزداد يوم الاثنين الثاني عشر في ربيع الأول من العبادات
والخير شكرا للمولى على ما أولانا من هذه النعم العظيمة وأعظمها ميلاد
المصطفى صلى الله عليه وآله وسلم
“ Maka suatu hal yang wajib bagi kita di hari senin 12 Rabul Awwal
lebih meningkatkan berbagai macam ibadah dan kebaikan sebagai rasa
syukur kepada Allah yang telah menganugerahi nikmat-nikmat agung ini,
dan yang paling agungnya adalah kelahiran Nabi shallahu ‘alaihi wa
sallam “.[21]
27. al-Imam al-Khathib asy-Syarbini. Beliau memiliki kitab Maulid berjudul “ al-Maulid ar-Rawi fi al-Maulid an-Nabawi “.
28. al-Imam Ibrahim bin Muhammad al-Bajuri. Beliau memiliki kitab maulid berjudul “ Tuhfah al-Basyar fi Maulid Ibnu Hajar “
.
29. al-Hafidz asy-Syarif al-Kattani. Beliau memiliki kitab maulid berjudul “ al-Yumnu wa al-Is’ad bi Maulid Khairil Ibad “.
Dan masih banyak lagi ratusan ulama lainnya yang tidak kami sebutkan
di sini misalnya, syaikh Musthofa bin Muhammad al-Afifi, syiakh Ibrahim
bin Jama’ah al-Hamawi, Abu Bakar bin Muhammad al-Habasyi yang wafat
tahun 930 Hijriyyah, syaikh al-Barzanji, syaikh Ibnu Udzari, syaikh
al-Marakisyi, syaikh Abdushsomad bin at-Tihami, syaikh Abdul Qadir bin
Muhammad, syaikh Muhammad al-Hajuji, syaikh Ahmad ash-Shanhaji, al-Imam
Marzuqi, al-Imam an-Nahrawi, syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani, syaikh
Ahmad bin Zaini Dahlan dan lainnya.
[1] Ar-Roudhatain fii Akhbar ad-Daulatain, Abu Syamah, pada fashal (bab) : Hawadits (peristiwa) tahun 566 H.
[2] Siyar A’lam an-Nubala, adz-Dzahabi : 20 / 532
[3] Al-Bidayah wa an-Nihayah, Ibnu Katsir : 13/ 136
[4] Al-Baits ‘ala inkaril bida’ wal-Hawadits : 23
[5] Al-Mawahib al-Ladunniyyah : 1/27
[6] Tabshir al-Muntabih : 1/253
[7] Al-A’lam : 5 / 223
[8] Al-Mi’yar al-Mu’rib wa al-Jami’ al-Mughrib ‘an Fatawa ahli Afriqiyyah wal Maghrib : 11/278
[9] Al Mawa’izh wal I’tibar bi Dzikril Khutoti wal Atsar : 3 / 167
[10] Syarh al-Mawahib al-Laduniyyah :
[11] Al-Hawi lil Fatawi : 229
[12] Al-Mawahib al-Ladunniyyah : 1/27
[13] Al-Hawi lil Fatawa, as-Suyuthi : 1/189
[14] Al-Maurid ar-Rawi fi al-Maulid an-Nabawi, Mulla Ali al-Qari : 12, bisa juga lihat di as-Sirah al-Halabiyyah : 1/83
[15] Hadaiq al-Anwar wa Mathali’ al-Asrar fi sirati an-Nabi al-Mukhtar : 53
[16] Al-Fatawa al-Hadtisiyyah : 202
[17] Al-Mawahib al-Ladunniyyah : 1/148
[18] Syarh al-Mawahib al-Laduniyyah :
[19] Al-Badr ath-Thali’ :
[20] Madarij as-Salikin : 498
[21] Al-Madkhal : 1/361
sumber:http://pondokhabib.wordpress.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar