ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 15 Januari 2014

Sekatenan 2014, Maulid Nabi ala Keraton Digelar Sebulan Penuh

========
Sekatenan 2014, Maulid Nabi ala Keraton Digelar Sebulan Penuh
============
Solo, NU Online
Alun-alun utara Keraton Surakarta yang sebelumnya tampak lengang, kini dipenuhi penjual aneka dagangan. Karena, Sekatenan 2014 akan diselenggrakan selama hampir sebulan. Tradisi Sekatenan sebagai perayaan Maulid Nabi dimulai sejak Jumat (20/12) hingga Sabtu (18/1).

Menurut Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta KP Winarno Kusumo, acara Sekatenan diadakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw.

“Sekaten yang menjadi tradisi keraton sudah ada sejak dahulu. Sampai sekarang Sekatenan secara turun temurun selalu diselenggarakan untuk masyarakat,” kata KP Winarno yang acap disapa Kanjeng Win, Sabtu (28/12).

Malam Sekatenannya, tambah Kanjeng Win, berlangsung sejak satu minggu (7-14/1) mendatang. Seperti tahun sebelumnya, Sekatenan ini ditandai dengan keluarnya Gamelan Kyai Guntur Madu dan Kyai Gunung Sari.

Sedangkan acara puncaknya jatuh pada Selasa (14/1) yang ditandai dengan keluarnya Gunungan Mulud atau Grebeg Mulud. Selain itu, Sekatenan diisi dengan sejumlah rangkaian acara seperti jamasan pusaka Keraton Solo dan sejumlah ritual keagamaan, pungkas Kanjeng Win.

Sekatenan memudahkan warga Solo untuk mengetahui datangnya bulan Mulud atau Rabi’ul Awwal. Karena, bulan itu ditandai dengan keramaian Sekatenan dan Grebeg Mulud.

SUMBER:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,2-id,49060-lang,id-c,daerah-t,Sekatenan+2014++Maulid+Nabi+ala+Keraton+Digelar+Sebulan+Penuh-.phpx


Tidak ada komentar:

Posting Komentar