ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Kamis, 03 Januari 2013

Pengurus Pusat (PP) Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (Matan) Segera Terbitkan Buku Panduan Organisasi

=======================
Matan Segera Terbitkan Buku Panduan Organisasi
=======================

Semarang, NU Online
Pengurus Pusat (PP) Mahasiswa Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (Matan) bertekad segera menerbitkan Buku Panduan Organisasi. Isinya tentang upaya melestarikan kedamaian Islam yang moderat, toleran dan inklusif di lingkungan perguruan tinggi dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Organisasi yang mewadahi mahasiswa peminat tasawuf (sufisme) ini ingin membuat pedoman bagi seluruh anggota dan calon anggota untuk mengamalkan Islam dalam keseharian, dengan mengutamakan akhlak mulia.

Ketua Umum PP Matan Dr H Hamdani Mu’in dalam rapat koordinasi PP Matan di Pondok Kiai Ibrahim Kaliwungu Kendal, Ahad (14/10) malam lalu mengatakan, buku pedoman organisasi itu diperlukan sebagai bagian dari ikhtiar untuk menangani problematika bangsa, khususnya mahasiswa yang saat ini sedang mengalami krisis moral.

“Kami ingin berbuat nyata, walaupun baru dalam lingkup kecil. Kami sedang menyusun Buku Pedoman Organisasi untuk membekali anggota dan calon anggota. Bagi kami, moral itu ihwal utama. Inti agama ini pada akhlak manusia,” tuturnya dihadapan anggota Matan dari berbagai universitas di Jawa Tengah.

Hamdani menambahkan, dirinya sangat bahagia atas sambutan mahasiswa dan civitas akademika perguruan tinggi di Jateng yang menyambut dan mendukung pendirian Matan di kampus-kampus.
Saat ini, beber dia, telah ada pengurus tingkat wilayah (provinsi), cabang (kota dan kabupaten) dan komisariat (kampus dan pondok pesantren). Pengurus wilayah yang sudah terbentuk diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau dan Batam.

Untuk cabang antara lain Malang, Kudus, Pekalongan dan Banyumas. Sedangkan pengurus komisariat yang sudah berdiri adalah STAIN Kudus, STAIN Purwokerto, Unwahas, Unisma, STAIN Pekalongan, IAIN Walisongo Semarang dan Komisariat Sunan Gunung Jati Ba’alawi Semarang.

“Untuk beberapa kepengurusan lain, insyaallah akan segera menyusul”, ujarnya.Wakil Sekjen PP Matan Syariful Anam menambahkan, buku panduan hendak diterbitkan juga berisi standard operating procedure (SOP), petunjuk teknis dan pedoman administrasi organisasi.
Suluk I dan Seminar Nasional MATAN

Dia lanjutkan, PP Matan dalam waktu dekat ini akan mengadakan Suluk Matan (Sultan) I. Sultan merupakan salah satu bentuk pelatihan pendalaman (up grading) bagi pengurus.

“Untuk mekanismenya masih dalam tahap penggodokan. Semoga sebelum akhir tahun ini bisa selesai,” terangnya.

Rapat koordinasi itu juga membahas persiapan seminar nasional yang akan diadakan di IAIN Walisongo Semarang.  Direncanakan akan mengundang tokoh nasional  terdiri dari ulama thariqah, cendekiawan, pemerintah daerah, militer dan kepolisian.

“Seminar nasional akan diadakan sekaligus pelantikan MATAN Komisariat IAIN Walisongo Semarang yang Insya Allah kami laksanakan 21 November 2012,” pungkasnya.


Redaktur   : Mukafi Niam
Kontributor: M Akmaluddin, Ichwan


sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,40320-lang,id-c,nasional-t,Matan+Segera+Terbitkan+Buku+Panduan+Organisasi-.phpx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar