ABDUL HAMID MUDJIB HAMID BERSHOLAWAT

Rabu, 06 Maret 2013

Haul KH Soleh Darat Diisi Pengajian Akbar

================
Haul KH Soleh Darat Diisi Pengajian Akbar
==============================
Semarang, NU Online
Pertama sejak tiga puluh tahun terakhir, haul waliyullah Simbah KH Sholeh Darat diisi pengajian akbar. Jika selama ini hanya ada kegiatan tahlilan di makamnyadi kompleks pemakaman umum Bergota Semarang, di haul ke-112 kali ini diisi rangkaian kegiatan besar.
Ahad (26/8 atau 8 Syawal 1433 H), akan diadakan Bedah Kitab Lathoifut Thoharoh wa Asrorus Sholah karya KH Sholeh Darat, di halaman masjid peninggalan beliau di Jalan Kakap Darat Tirto Semarang Utara, mulai pukul 08.30.

Pembedah kitab adalah dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo, Dr H In'amuzahidin MA dengan moderator Gus Lukman Hakim, cicit Kiai Sholeh Darat. Untuk mengikuti ini cukup dengan membayar Rp 20 ribu kepada panitia di lokasi acara, mendapat satu kitab tersebut dan konsumsi.

Esoknya, Senin (27/8) pukul 07.00-15.00 digelar semaan Al-Qur’an oleh 40 orang huffadz. Lalu malamnya, mulai jam 20.00,  pengajian akbar dengan pembacaan Maulid Nabi oleh Habib Luthfi bin Ali bin Yahya Pekalongan. Diperkirakan 10 ribu orang menghadiri pengajian ini, berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Plt Walikota Semarang Hendrar Prihadi dan Gubernur Jateng Bibit Waluyo direncakan hadir dan memberi sambutan dalam pengajian yang diorganisir panitia yang terdiri dari dzurriyah KH Soleh Darat dengan dukungan poenuh PCNU Kota Semarang beserta seluruh banomnya ini.

Ketua Panitia Haul ke-113 Simbah KH Sholeh Darat, Agus Taufiq mengatakan, pihaknya didukung PWNU Jateng dan PCNU Semarang serta para kiai, sayyid dan santri plus kaum muslimin Semarang telah mendapat dukungan besar dari berbagai pihak dari seantero komunitas muslim nusantara untuk kesuksesan acara ini.

Dalam rapat koordinasi terakhir beberapa hari lalu, kata dia, telah diperoleh konfirmasi bahwa seluruh pondok pesantren yang tokohnya dulu pernah menjadi murid Mbah Sholeh Darat, akan mengerahkan santri untuk menghadiri acara haul. PBNU yang disowani panitia, lanjutnya, juga menyokong penuh kegiatan tersebut. Dan dia menyampaikan banyak terima kasih atas segala perhatian dan dukungan itu.

“Alhamdulillah kami mendapat dukungan sangat besar dari berbagai pihak. Terima kasih untuk semuanya. Mari kita meneladani perjuangan Kiai Shaleh Darat Semarang, sang  maha guru para ulama dan tokoh pergerakan kemerdekaan RI abad 19 M. Hadirilah seluruh rangkaian acara haul beliau yang ke-112 ini,” ujar  satu cicit KH Sholeh Darat ini.

Adapun ziarah dan doa tahlil di makam, seperti biasa, diadakan pada 10 Syawal yang bertepatan tanggal 28 Agustus 2012. Tahlil akan dipimpin oleh ketua Jamaah Pengajian Ahad Pagi (JPAP) yang dipimpin Pengasuh Pesantren Darul Furqon Wot Prau, Semarang, KH Muhammad Muin.

Sejak tiga hari sebelum puncak haul, makam KH Sholeh Darat sudah dibanjiri ribuan orang dari berbagai daerah. Bus-bus besar maupun kecil, serta mobil pribadi dan sepeda motor, memenuhi lapangan Kalisari maupun parkiran Polrestabes Semarang dan jalan di sekitar Bergota.

Bagi pihak yang perlu informasi, dipersilakan menghubungi Sekretariat Panitia Jl Kakap Darat Tirto No 213 Dadapsari Semarang Utara Kontak Agus Triyanto:  HP 08156506358. 

sumber:http://www.nu.or.id/a,public-m,dinamic-s,detail-ids,44-id,39298-lang,id-c,nasional-t,Haul+KH+Soleh+Darat+Diisi+Pengajian+Akbar-.phpx